You are on page 1of 7

Transaksi inventori TRANSFER INVENTORI bisa menjadi suatu proses dimana persediaan/inventori secara fisik dicari dari lokasi

ke lokasi, misalnya dari gudang untuk berbelanja lantai, atau, pengalihan aset dari satu account ke account lainnya dalam sama entity atau entity alternatif.

Transaksi antar Inventaris

Transaksi inventori adalah bentuk pertukaran paling umum dari intercorporate. Secara signifikan, prosedur konsolidasi yang berkaitan dengan transfer inventori cukup mirip dengan yang dibahas dalam aktiva tetap. Secara konseptual, penghapusan transfer inventori antara perusahaan terkait tidak berbeda daripada jenis lain dari transaksi intercompany atau transaksi antar. Semua pendapatan dan biaya item yang dicatat oleh partisipan harus dieliminasi atau dihilangkan sepenuhnya dalam penyusunan laporan pendapatan konsolidasi, dan semua keuntungan dan kerugian direkam pada transfer yang ditangguhkan sampai barang tersebut dijual ke sebuah nonaffiliate. Para eliminasi memastikan bahwa hanya biaya historis inventori untuk perusahaan yang dikonsolidasikan termasuk dalam neraca konsolidasi ketika inventori masih di tangan dan dibebankan pada beban pokok penjualan pada periode inventori tersebut dijual kembali kepada nonaffiliates.

Transfers at Cost Barang dagangan kadang dijual kepada perusahaan-perusahaan yang terkait dengan biaya penjual atau nilai yang tercatat. Ketika penjualan intercorporate tidak mencakup untung atau rugi, jumlah saldo neraca inventori pada akhir periode tidak memerlukan penyesuaian untuk konsolidasi karena jumlah yang tercatat, inventori untuk afiliasi pembelian adalah sama dengan biaya untuk afiliasi mentransfer dan konsolidasi entitas. Bahkan ketika penjualan intercorporate mencakup tidak ada keuntungan atau kerugian, bagaimanapun, menghilangkan sebuah entri diperlukan untuk menghapus kedua pendapatan dari penjualan intercorporate dan biaya terkait pokok penjualan dicatat oleh penjual. Hal ini untuk menghindari melebih-lebihkan kedua account. Laba bersih konsolidasi tidak terpengaruh oleh menghilangkan entri saat transfer dilakukan pada biaya karena baik pendapatan dan biaya pokok penjualan dikurangi dengan jumlah yang sama.

Transfer pada keuntungan atau kerugian Perusahaan menggunakan pendekatan yang berbeda dalam menetapkan harga transfer intercorporate. Di beberapa perusahaan, harga jual untuk afiliasi adalah sama dengan harga untuk setiap pelanggan lain. Beberapa perusahaan secara rutin menaikkan inventori yang ditransfer ke afiliasi dengan persentase tertentu dari biaya. Apapun metode yang digunakan dalam menetapkan harga transfer intercorporate, proses eliminasi harus menghapus efek dari penjualan tersebut dari laporan konsolidasi. Ketika intercorporate penjualan termasuk keuntungan atau kerugian, ada dua aspek eliminasi workpaper yang diperlukan dalam periode transfer untuk mempersiapkan laporan keuangan konsolidasian. Dan dua aspek itu adalah :

Aspek pertama : Fokus pada Laporan Pendapatan/Income Penghapusan laporan income efek dari penjualan intercorporate pada periode di mana terjadi penjualan, termasuk penjualan dari penjualan intercorporate dan biaya terkait pokok penjualan dicatat oleh afiliasi. Aspek kedua : Fokus pada Neraca Penghapusan dari inventaris pada neraca setiap keuntungan atau kerugian pada penjualan yang tidak disahkan oleh reseller inventory bagi orang luar. Pengaruh Sistem Inventori Sebagian besar perusahaan menggunakan baik sistem perpetual atau periodik sistem kontrol inventori untuk melacak persediaan/inventori dan harga pokok penjualan. Karena sebagian besar perusahaan menggunakan sistem persediaan perpetual, pembahasan dalam bab ini berfokus pada prosedur konsolidasi yang digunakan sehubungan dengan persediaan perpetual. Berikut pembahasannya : Downstream Sale(Penjualan Hilir) Sistem Perpetual Untuk tujuan konsolidasi, laba tercatat pada penjualan inventori intercorporate diakui pada periode di mana persediaan tersebut dijual kembali kepada pihak yang tidak terkait. Laba bersih konsolidasi harus berdasarkan laba realisasi mentransfer afiliasi. Karena antar keuntungan dari penjualan hilir pada buku induk, laba bersih konsolidasi dan klaim keseluruhan pemegang saham perusahaan induk harus dikurangi dengan jumlah penuh dari keuntungan yang belum direalisasi.

Ketika sebuah perusahaan menjual item inventori untuk afiliasi, berikut salah satu dari tiga hasil situasi : 1. Item ini dijual kembali kepada nonaffiliate selama periode yang sama; 2. Item ini dijual kembali kepada nonaffiliate selama periode berikutnya, atau, 3. Item ini diadakan selama dua periode atau lebih oleh afiliasi pembelian. 1. Realisasi Laba di Periode Yang Sama Diperlukan Penghapusan masuk: Penjualan $ 10.000 Harga Pokok Penjualan $ 10.000 Perhatikan entri penghapusan tidak mempengaruhi laba bersih konsolidasi karena penjualan dan harga pokok penjualan keduanya dikurangi dengan jumlah yang sama. Tidak ada penghapusan laba antar diperlukan karena semua laba antar telah diwujudkan melalui inventori penjualan kembali kepada pihak eksternal selama periode berjalan. 2. Realisasi Laba di Periode Selanjutnya Ketika inventori dijual ke afiliasi keuntungan dan inventori tidak dijual kembali selama periode yang sama, penyesuaian yang tepat diperlukan untuk mempersiapkan laporan keuangan konsolidasi periode penjualan antar dan dalam setiap periode berikutnya sampai persediaan tersebut dijual ke sebuah nonaffiliate. Dengan cara ilustrasi, asumsikan bahwa persediaan Produk Peerless pembelian di 20X1 sebesar $ 7.000 dan menjual persediaan selama tahun untuk Makanan Khusus sebesar $ 10.000. Setelah itu, Makanan Spesial menjual persediaan untuk Korporasi nonaffiliated seharga $ 15,000 pada tanggal 2 Januari 20X2. Penghapusan Diperlukan Entry (20X1): Penjualan $10.000 Harga Pokok Penjualan $ 7.000 Inventarisasi $ 3.000 3. Inventori Dimiliki Dua atau Lebih Periode

Perusahaan dapat membawa biaya inventori yang dibeli dari afiliasi selama lebih dari satu periode akuntansi. Sebagai contoh, biaya item mungkin dalam lapisan persediaan LIFO dan akan dimasukkan sebagai bagian dari saldo persediaan sampai lapisan tersebut dilikuidasi. Sebelum likuidasi, perlu menghilangkan entri dalam workpaper konsolidasi setiap kali laporan siap untuk menyatakan kembali inventori untuk biaya kepada entitas konsolidasi.

Misalnya, jika Makanan Khusus terus memegang persediaan dibeli dari Produk Peerless, entri menghilangkan berikut ini diperlukan dalam workpaper konsolidasi setiap kali neraca konsolidasian disusun selama bertahun-tahun setelah tahun penjualan antar perusahaan, selama persediaan tersebut diadakan: Saldo Laba, 1 Januari Inventarisasi Hilangkan mulai laba persediaan. Catatan: Penyesuaian laporan untung rugi ada diperlukan dalam periode menyusul penjualan intercorporate sampai inventori tersebut dijual kembali kepada pihak eksternal dengan entitas konsolidasi. Upstream Sale(Hulu Penjualan) - Sistem Perpetual Ketika penjualan hulu inventori terjadi dan persediaan yang dijual kembali oleh induk untuk nonaffiliate selama periode yang sama, semua entri menghilangkan di kertas kerja konsolidasi adalah identik dengan yang di kasus hilir. Ketika persediaan tidak dijual kembali ke nonaffiliated sebelum akhir periode, kertas kerja eliminasi berbeda dari kasus hilir hanya dengan pembagian laba yang belum direalisasi antar perusahaan untuk kedua kepentingan pengendalian dan noncontrolling. Penghapusan keuntungan yang belum direalisasi antar perusahaan harus mengurangi kepentingan kedua kelompok kepemilikan setiap periode sampai keuntungan dikonfirmasi dan inventori dijual kembali kepada pihak nonaffiliated. $ 3000 $ 3.000

Penjualan dari Satu Anak Perusahaan untuk Perusahaan Anak yang lain

Transfer persediaan sering terjadi antara perusahaan yang berada di bawah pengendalian bersama atau kepemilikan. Ketika salah satu anak perusahaan menjual barang dagangan untuk anak lain, identik entri menghilangkan dengan yang disajikan sebelumnya untuk penjualan dari anak perusahaan dengan induknya. Jumlah penuh dari setiap keuntungan yang belum direalisasi antar dihilangkan, dengan penghapusan laba dialokasikan secara proporsional terhadap kepemilikan anak perusahaan yang menjual.

Biaya Yang Terkait dengan Transfer

Ketika persediaan ditransfer dari satu afiliasi ke yang lain, beberapa biaya tambahan, seperti pengangkutan, sering terjadi dalam transfer. Biaya ini harus diperlakukan dengan cara yang sama seperti jika afiliasi beroperasi divisi dari sebuah perusahaan tunggal. Jika biaya tambahan akan diinventarisasi dalam mentransfer unit dari satu lokasi ke lokasi lain dalam perusahaan yang sama, pengobatan yang juga akan sesuai untuk konsolidasi.

Lebih rendah dari Biaya atau Pasar

Persediaan yang dibeli dari afiliasi mungkin ditulis oleh afiliasi pembelian di bawah kekuasaan yang lebih rendah-dari-biaya-atau-pasar jika nilai pasar lebih kecil dari harga transfer antar. Situasi demikian dapat diilustrasikan dengan mengasumsikan bahwa perusahaan induk pembelian persediaan sebesar $ 20.000 dan menjualnya kepada anak perusahaan sebesar $ 35.000. Juga, menganggap bahwa anak masih memegang persediaan pada akhir tahun dan menentukan bahwa pasar nilainya (biaya penggantian) adalah $ 25.000 pada waktu itu. Anak menulis persediaan turun dari $ 35.000 sampai nilai pasar lebih rendah sebesar $ 25.000 pada akhir tahun dan mencatat entri berikut: Kerugian Penurunan Nilai Persediaan $ 10.000 Inventarisasi $ 10.000 Menulis persediaan ke nilai pasar.

Sementara entri ini merevaluasi persediaan menjadi $ 25.000 pada buku anak perusahaan, penilaian yang tepat dari sudut pandang konsolidasi adalah biaya asli $ 20.000 dari persediaan untuk imduk. Oleh karena itu, menghilangkan entri-ditampilkan pada berikutnya geserdiperlukan dalam konsolidasi workpaper.

Penjualan $ 35.000 Harga Pokok Penjualan $ 20.000 Inventarisasi $ 5.000 Kerugian Penurunan Nilai Persediaan $ 10.000

Hilangkan penjualan antar persediaan.

Hilangnya persediaan direkam oleh anak harus dihilangkan karena penilaian persediaan $ 20.000 untuk tujuan konsolidasi di bawah nilai pasar $ 25.000 persediaan.

Penjualan dan Pembelian sebelum Afiliasi

Kadang-kadang perusahaan yang telah menjual persediaan untuk satu sama lain kemudian bergabung bersama dalam kombinasi bisnis. Perlakuan konsolidasi keuntungan pada transfer persediaan yang terjadi sebelum penggabungan usaha tergantung pada apakah perusahaan berada pada waktu itu independen dan transaksi penjualan adalah hasil dari tawar-menawar lengan panjang. Sebagai aturan umum, efek dari transaksi yang bukan hasil tawar-menawar lengan panjang harus dihilangkan. Namun, menggabungkan dua perusahaan tidak berarti bahwa transaksi sebelum mereka satu sama lain tidak lengan panjang. Keadaan sekitar transaksi sebelumnya, seperti harga dan kuantitas unit ditransfer, harus diperiksa. Dengan tidak adanya bukti sebaliknya, perusahaan yang telah bergabung bersama dalam kombinasi bisnis dipandang sebagai telah terpisah dan independen sebelum kombinasi.

Dengan demikian, jika penjualan sebelumnya adalah hasil dari ketentuan pasar yang wajarpanjang tawar-menawar, mereka dipandang sebagai transaksi antara pihak-pihak yang tidak terkait. Oleh karena itu, tidak ada penghapusan atau penyesuaian yang diperlukan dalam penyusunan laporan konsolidasi setelah kombinasi, bahkan jika persediaan masih dipegang oleh afiliasi.

Ringkasan Konsep Kunci

Laporan keuangan konsolidasi disusun untuk entitas konsolidasi seolah-olah itu adalah sebuah perusahaan tunggal. Oleh karena itu, efek dari semua transaksi antar perusahaan dalam entitas harus dieliminasi dalam penyajian laporan keuangan konsolidasi.

Untuk transaksi antar inventori, penjualan antar perusahaan dan harga pokok penjualan harus dihilangkan. Selain itu, keuntungan antar mungkin tidak diakui dalam konsolidasi sampai dikonfirmasi oleh reseller untuk inventori untuk pihak eksternal. Keuntungan yang belum direalisasi antar perusahaan harus dieliminasi sepenuhnya dan dialokasikan secara proporsional terhadap kelompok pemegang saham afiliasi jual. Jika persediaan mengandung keuntungan yang belum direalisasi antar dijual selama periode tersebut, biaya konsolidasi pokok penjualan harus disesuaikan untuk mencerminkan biaya yang sebenarnya untuk perusahaan yang dikonsolidasikan dari persediaan yang dijual, jika inventori masih diadakan di akhir periode, itu harus disesuaikan dengan biaya aktual untuk perusahaan yang dikonsolidasikan.