You are on page 1of 14

BAB I MASYARAKAT ARAB PRA ISLAM Pembahasan tentang bangsa Arab pra Islam selalu identik dengan sebutan

jahiliah, meskipun perlu dipahami kembali makna jahiliah. Selama ini jahiliah menunjukkan kecerdasan bangsa Arab baik melalui syi’ir dan lainnya1. Berbicara mengenai Arab pra Islam maka harus selalu dikaitkan dengan lingkungan dan keadaan alam sekitarnya serta kondisi masyarakat. Ke 3 faktor itulah yang menentukan karakteristik atau watak suatu bangsa. Untuk itu pembahasan Arab pra Islam bisa dipahami dari 4 aspek, yaitu (1) aspek geografis, (2) politik, (3) kepercayaan, (4) social, (5) ekonomi. Namun tetaplah dipahami bahwa kedatangan Islam di Arab meminjam istilah Roeslan Abdul Gani bukan pada masa vacuum cultural, artinya sudah ada peradaban yang terbilang matang sebelumnya. Pemahaman akan ke-5 aspek tersebut akan sangat membantu kita dalam memahami sebab atau faktor merebaknya Islam di jazirah Arab bahkan kemundurannya nanti. A.KONDISI GEOGRAFIS Dinamakannya jazirah Arab bukan berarti bangsa Arab saja yang mendiaminya melainkan mereka menjadi kelompok mayoritas di dalamnya. Secara etimologis Arab berarti padang pasir atau gurun. 2Letak jazirah Arab ini di ujung Barat Daya Asia. Sebelah Utara berbatasan dengan Syam, sebelah Timur dengan Persi dan Laut Oman, sebelah selatan oleh samudra India dan sebelah
1

Baca lebih lanjut dalam Ahmad Amin, Fajr islam, penter, Thoha Husein, Bulan Bintang, Jakarta, 1968, hal 63 2 Prof. Syafiq Mughni, Masyarakat Arab Pra Islam, Ensiklopedi Tematis Jlid 1 Akar dan Awal,PT Ichtiar Baru Van Hoeve, Jakarta, h.11

sangat kurang air dan tidak ada suatu ketenangan hidup untuk menetap dalam suatu tempat7. dua buah taman yang terletak di kanan kiri. Yaman Berada di Arab Selatan Merupakan turunan dari Qohthon Identik dengan Yamaniyyun Hidup menetap (QS. Saba’ : 15)6 Arab Utara Hijaz Arab ini bisa dipersempit ke dalam 2 wilayah yaitu Yaman dan Hijaz.3 Untuk memahami geografis tersebut dapat dilihat di bawah ini :5 No 1. 3 4 Ibid. hal 15 Ibid. 3. dikatakan bahwa lingkungan bangsa Arab adalah padang pasir yang tandus. 5 Ibid. hal 17. Sedangkan Yaman dari dahulu terkenal dengan tanahnya yang subur dan kaya Geografis Arab di atas dipertegas dengan pernyataan Abdul Razak. Kalam Mulia.4Perbedaan kedua daerah Keturunan Ismail bin Ibrahim Identik dengan Adnanniyyun Ada yang Masih mengembara dan tidak menetap (Al Quraisy: 1-5) Secara rinci ke-2 daerah di atas dapat digambarkan sebagai berikut: a. suatu negri yang mekmur yang diridhoi oleh Tuhan (Saba: 15) 7 Abdul Razak Nawfal. Kondisi ini berdampak pada psikologis penduduknya dimana mereka selalu berpindah-pindah dan tidak mau berusaha untuk hidup lebih baik. 4. Tokoh-Tokoh Cendikiawan Muslim. b. Jakarta. hal 20 6 Firman Allah : Sungguh terdapat bukti-bukti akan kebesaran Allah yang terletak pada tempat kediaman suku Saba’. pen. 2. Muhammadiyah Djakfar. Makanlah kamu sekalian dari pemberian Tuhanmu dan bersyukurlah kepadaNya. Hijaz adalah daerah yang tanahnya tandus namun merupakan jalan perdagangan yang menghubungan antara Syam dan Yaman.Baratnya dibatasi Laut Merah. hal : 5 .

salah satunya dipengaruhi oleh aspek geografis. Sebaliknya daerah Makkah dan sekitarnya terkesan sulit dalam menerima ajaran baru dikarenakan geografis daerahnya pun menggambarkan itu. tidak memihak salah satu kekuasaan karena semua amir bertujuan pada peningkatan ekonomi yang bersendikan perdagangan. 13 . Irak dan wilayah teluk Persia dan Jazirah Arab bagian utara.Kedua daerah di atas semakin menjelaskan struktur masyarakat yang dihadapi Nabi dalam menjalankan dakwahnya. tidak dipengaruhi baik oleh perkembangan agama-agama yang ada di sekitarnya maupun kekuasaan politik yang melingkupinya. Asia Kecil. Kerajaan Byzantium Romawi (Timur di sebelah Barat dan kerajaan Sasaniah Persia di sebelah Timur. sangat mudah dan cepat menerima ajaran baru dikarenakan aspek geografis mendukung. Sejarah dan Kebudayaaan Islam jilid I.8 Hedjaz bisa tetap bebas dari 2 kekuasaan kerajaan tersebut dikarenakan . Kesulitan Nabi ataupun kemudahannya. Ensiklopedi Tematis. pertama . kedua. Daerah utama kerajaan Romawi adalah Rum (Turki dan Eropa sekarang). Mesir. Masyarakat Arab Pra Islam. Jazirah Arab (dalam hal ini Hedjaz) sendiri merupakan daerah netral.KONDISI POLITIK Jazirah Arab sebelum Islam diapit 2 kerajaan besar. proyek pembinaan PTAI IAIN Alauddin. Hal ini terlihat dari adanya isi perjanjian yang menyatakan bahwa :9 1. sehingga dapat dikatakan Islam yang dasarnya diletakkan oleh nabi di Mekkah dan Madinah adalah agama yang murni. B. Penduduk Madinah misalnya. Sedangkan kerajaan Persia meliputi Iran. Ke-2 kerajaan tersebut tidak pernah sepi dari peperangan. secara geografis sulit dijangkau. akibatnya rakyat ke-2 kerajaan hidup dalam penderitaan. Afrika Utara dan Etiopia. yakni 4 bulan dari tanggal 10 Dzulhijjah sampai 10 Rabiulakhir 8 Tim penyusun texk book Sejarah dan Kebudayaan Islam Ditjen Depag. Ujung Pandang 1981. Siria (Syam). Perdagangan di Mekkah harus mengindahkan ketertiban pelaksanaan ibadah terutama pada bulan-bulan haram . sikap politik para amirnya yang non blok. h. hal:2 9 Syafiq Mugni.

Daerah kekuasaan meliputi Irak. Suatu bangsa yang bukan Arab asli dan bahasanya juga bukan bahasa Arab tapi bahasa Ibrani dan Surjani. India dan Mesir. Sabaiyah (610-115 SM) yang terkenal dengan bendungan Ma’rib (Sad al Ma’rib) wilayah. ingat kembali peristiwa yang digambarkan dalam Surat Al Fiil 11 Ibid. Kerajaan yang ada pada periode ini adalah kerajaan Ghassaniah 10 12 dan Himyariyah yang identik dengan peperangan dan perluasan 13 yang Keamanan Mekkah telah teruji. Para pedagang Arab maupun Asing yang tidak ikut menandatangani perjanjian dikenakan pajak perdagangan 10 % ketika masuk Mekkah Berbicara mengenai pemerintahan di kalangan bangsa Arab sebelum Islam terbuktikan dengan adanya kerajaan-kerajaan seperti berikut11 yaitu 1. Arab Musta’rabah yang berpusat di Mekkah dan Yatrsib. Berdiri pada tahun 220 oleh Jafnah bin AmrRajanya yang paling .2. kaum Tsamud dan kerajaan al Ambath (Amaliqah). Para amir Mekkah tidak boleh mencampuradukkan persoalan politik yang timbul akibat persaingan negara-negara di sekitarnya 3. Syria. Arab Aribah yang sering disebut Qathaniyyah Kerajaan yang didirikan berada di Yaman yaitu kerajaan Mainiyah. India dan Yaman 4. Data pendukung disinyalir sangat sulit ditemukan. 2. hal:5 12 Tertulis dari QS 13 Ghassan berasal dari dari nama sebuah sumber air sebelah Selatan Syam (Suriah). Bangsa ini berasal dari keturunan Ismail anak Ibrahim. Para pedagangan diberikan jaminan keamanan10 lalu lintas perdagangan di Laut Merah dan diberikan kebebasan mengimpor komoditas dari Afrika.Arab Baidah Mereka mendirikan kerajaan Aad. 3.

2. 1 14 Negara kecil di antara 2 negara besar yang bermusuhan.Kerajaaan di perkotaan yang terletak di 3 kawasan yaitu Yaman.merupakan Buffer State14 nya Romawi dan menjadikan agama Kristen sebagai agama resminya . Sedangkan Hirah15 merupakan Buffer Statenya Persia yang pada perkembangan selanjutnya diambil alih oleh orang Persia. pen Syirikil Syah. Muhammad A Biography Of The Prophet . 2001. Karen Amastrong. Dalam keadaan ini. hal 63 . Akbar. Kerajaan Hirah bertugas untuk mengamankan perdagangan Persia dari para penyamun Arab Badui. 2003. bahwa keadaan politik sebelum Islam bisa dibagi menjadi 3. terletak di Tepi Barat Sungai Eufrat. Ensiklopedi Islam jilid 1 h. Kerajaan ini berlangsung sampai pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab. Sejarah Islam sejak zaman Nabi Adam hingga Abad ke XX. Raja pertamanya adalah Amr bin Adi (268) dan Raja terakhirnya adalah Al Munzir bin An Nu’man (628-632). Dan menggabungkan diri dengan pemerintahan Islam setelah dikalahkan oleh Khalid bin Walid . kota Najaf sekarang. hal :57 hal 57 15 Hirah muncul abad ke-3 . Risalah Gusti. Namun dalam referensi lain16 dikatakan. yaitu : 1. 13 16 Usaairy. wilayah utara dan Hijaz. 3. Adapun rincian kerajaan di masing-masing ini dapat dipahami dari bagan di bawah ini : terkenal adalah Jafnah bin Amr.Kerajaan Kindah ( 480-529) Pendirinya adalah Hajar Akil Al Mirar (suka makan buah-buahan yang pahit) atau yang merupakan julukan dari Hujr bin Amr. Disebut juga kerajaan Manazirah. dan raja terakhirnya adalah Jabalah bin Al Aiham. mereka tunduk di bawah kerajaan Himyar. Muhammad Sang Nabi: Sebua Biografi Kritis. Jakarta.Kabilah Badui (pedalaman) Merupakan kabilah yang hidupnya terpencar-pencar dan diikat oleh ikatan darah dan fanatisme. Kerajaan Hirah inilah yang menyebarkan budaya baca tulis bagi masyarakat Mekkah atau Hedjaz. tidak ada kerajaan karena adanya ketidaktundukkan antara satu kabilah dengan kabilah lain.

Anbath (400 SM- Himyar 105 SM Tadmur Hirah Ghassan Hijaz Quraisy .Main dan Qathan Yaman (1200-700 SM) Saba’ – Ratu Bilqis & bendungan Ma’rab Kerajaan di perkotaan Wil. Utara Ker.

Risalah Gusti. hal : 11 19 Opcit. Autsan (patung yang terbuat dari batu) dan Ashnam (patung yang terbuat dari kayu.19 Sdengan kondisi ini masyarakt Arab disebut juga masyarakat pagan yaitu masyarakat yang menyembah berhala. Muhammad A Biography Of The Prophet . perak. setiap suku Badui di jazirah Arab memiliki hukumnya sendiri dan dalam keadaan selalu berperang dengan kelompok suku lainnya.18Namun demikian keyakinan tersebut telah tercampur yang kemudian disebut dengan agama Watsaniyah yaitu agama yang memperserikatkan Allah dengan mengadakan penyembahan kepada Anshab (batu yang belum memiliki bentuk). Hal ini dipertegas dengan pernyataan Karen Amrstrong bahwa Seluruh Arab dalam kondisi perpecahan kronis. 1971. Al Maarif Bandung. logam dan semua patung yang tidak terbuat dari batu). Dengan kata lain Arab sejak lama sudah menjadi tempat penyemaian agama sedangkan tempat di sekelilingnya telah dipagari dengan bermacam agama. hal :40 18 Rustam Ibtahim dan Ghazali. Djajamurni. hal 5 20 Dalam sura Al Furqon (25) ayat 43 . pen Syirikil Syah. Sejarah Islam. 2001. Jakarta. emas. KONDISI KEPERCAYAAN Masyarakat Arab sebelum Islam telah menganut agama yang mengakui Allah sebagai Tuhan mereka dan ini tetap diyakini sampai kerasulan nabi Muhammad saw.Kerajaan-kerajaan di atas secara umum dapat dikatakan dalam kondisi politik yang labil dimana satu sama lain selalu disibukkan untuk mempertahankan diri atau memperluas kekuasaan.20 17 Karen Amstrong. Sejarah Kebangkitan Islam dan perkembangannya di Indonesia. hal:8 Lihat juga Saifudin Zuhri. Muhammad Sang Nabi: Sebua Biografi Kritis.17 C.

Kondisi tersebut secara jelas dapat dipahami ketika 21 Agama Yahudi dianut kuat oleh masyarakat Yaman.Bustama A Gani. beberapa ajaran masih terpelihara dan tetap dijalankan dengan patuh hanya saja dibaurkan dengan upacara pemujaan kepada berhala-berhala. Italia. Sehingga dapatlah disebutkan bahwa kepercayaan atau agama sebelum Islam sebagai berikut: No 1 2 3 4 5 6 Kristen23 Ajaran Zoroaster24 Budha Watsani25 yang kemudian berkembang ke kasta Berhala/ Watsani Ratu Balqis yang menyembah matahari Agama/ kepercayaan Tempat Romawi dan Eropa Persia Tiongkok India Arab Yaman Jadi Arab dahulu sudah menjadi tempat penyemaian agama sedangkan tempat di sekelilingnya telah dipagari dengan bermacam agama. lihat di Fuad Muhammad Shibel. Kebudayaan Islam menurut Tinjauan Tonybee.Selain agama Watsaniyah juga terdapat agama Yahudi 21 dan agama Nasrani22. 1977. 22 Agama Nasrani muncul di Palestina kemudian menyebar ke Yunani. hal 20 24 Ajaran menyembah api 25 Pemujaan berhala . h. (2) nestoria. madzhab yang mengatakan bahwa Isa Al Masih hanya mempunyai satu tabiat yaitu tabiat keTuhanan. Bahra dan Taglib 23 Terdapat 2 madzhab yaitu (1) Monophyshite. Ensiklopedi Tematis jilid 1 . Khaibar dan Taima dan juga Bahrein. Secara ringkas dapat dikatakan bahwa bangsa Arab pada umumnya tidak meninggalkan agama Hanif. pen. Lembah Al Qura. Agama Nasrani inipun muncul di Ghassanian. Isa Al Masih mempunyai tabiat yaitu tabiat kemanusiaan tetapi mereka memepercayai kata sebagai Tuhan karena dengan kata itylah sempurnanya kejadian Isa Al Masih. Ragam agama/kepercayaan di atas belum mampu memainkan perannya secara maksimal terbukti masih adanya dekadensi moral yang terjadi dan bahkan bisa dibilang parah pada saat itu. 30. dan dianut juga oleh masyarakat Madinah. Bulan Bintang. Jakarta.

menyesatkan pengikutnya dan membiarkan mereka bertambah sesat. hakim dan pemuka agama berkomplot menindas rakyat.. 26 Seperti dalam salah satu syiir …. Namun demikian. rampasan yang menghalalkan segala macam cara sehingga bisa dikatakan tidak terikat dengan aturan moral yang ketat. tidak mengindahkan sopan santun. Jahiliah dalam konteks ini bukan lawan kata dari ilm namun lawan kata dari hilm (lemah lembut). Bulan Bintang Jakarta.memperbincangkan kondisi sosial masyarakat pra Islam. 1968. biadab dan tidak bermoral. penter Thoha Husein. dunia saat itu penuh dengan para penguasa. Adapun peta agama masyarakt Arab pra Islam dapat dilihat di bawah ini: D.. Sebagian besar pemuka agama dan penganjur moral telah menjadikan kedudukan serta pengaruhnya untuk mengumbar hawa nafsunya. kesetiakawanan mereka tidak diragukan lagi.KONDISI SOSIAL Perbincangan kondisi sosial masyarakat Arab pra Islam selalu dikaitkan dengan jahiliyah yang berasal dari kata jahl yang berarti bodoh lawan kata dari ilm. hal 26 . 26Tiada nilai yang bersumber pada kitab suci yang dipegangi dan ditaati.” dikutip dalam Ahmad Amin. Badui menggandalkan peperangan. Kondisi sosial ini bisa dipahami dari pembagian bangsa Arab di atas. Fajr Islam. Jadi yang dimaksud dengan jahiliah adalah perilaku kasar.” mereka tidak minta bukti lagi kalau saudaranya terlibat dalam satu perselisihan…. Mengutip pernyataan M. sabr (sabar) dan adab. Athiya Al Abrasyi. yaitu yang hidup menetap dan yang tidak menetap (Badui).

. Artinya masyarakat di sekililing Nabi sama sekali tidak diperkenalkan dengan tertib hukum. Al Maarif Bandung. 1985.The Preaching Of Islam. Nawawi Rambe. Sejarah Dakwah Islam.di puncak kekacaubaluan. hal 5 28 Ibid.Hal ini diperkuat dengan pernyataan Thomas Carlyle dalam On Heroes HeroWorship and The Heroic in History yang dikutip Zuhri. hal : 14 . bintang dan bulan. Kami dulunya orang-orang bodoh. Di permukaannya tidak dijumpai wajah yang layak dibanggakan segala-galanya mendendam risau gelisah. mengerjakan perbuatan-perbuatan keji. menyembah patung-patung. Demikian itulah kebiasaan kami hingga Allah mengutus Rasul yang berasal dari golongan kami sendiri….. tiada pemimpin yang membimbing mereka dan mendidiknya27 Situasi dunia sebelum Islam atau disaat Nabi Muhammad memulai tugasnya sebagai Rasulullah-utusan Allah. “29 Mereka diyakini telah meninggalkan sifat keutamaan terbukti mereka menyembah batu serta mempertuhan kayu terutama yang telah dipahat menjadi patung. Ini 27 Saifudin Zuhri Sejarah Kebangkitan Islam dan perkembangannya di Indonesia. makan bangkai. . sebagian menghambakan diri kepada matahari. Widjaya Jakarta. hal 5 29 Thomas W Arnold.‫قوم يضربون في الصخراء ل يعتني بهم عدة قرون‬ “ Itulah bangsa Arab (dikala itu)suatu bangsa petualang di gurun pasir. pen. saling berhantam satu sama lain selama berabad-abad. suatu masyarakat yang hakekatnya tidak ada pemimpin kecuali kelas penguasa yang memeras tenaga lahir batin terhadap klas bawahannya..merusak silaturahmi dan menyakiti tetangga. yang kuat memeperkosa yang lemah. dimana-mana onar belaka28 Hal senada juga dapat dipahami dari pembicaraan raja Najasi pada kamum muslimin yang berhijrah kepadanya: “…. amat sengsara penuh derita. Bendabenda yang tiada kuasa sedikitpun untuk merubah nasibnya sendiri.

Kelebihan dan kekurangan tersebut secara detail diungkapkan Rustam Ibrahim seperti di bawah ini: Kelebihan atu kebaikan orang Arab sebelum Islam yaitu : 1. sangat hormat kepada tamu.hal 9 31 Disebut dalam QS at Takwir ( 81) ayat 9 dan An Nahl (16) ayat 58 32 Syafiq Mughni.30 Perlakuan masyarakat Arab pra Islam terhadap wanita merupakan perilaku yang sangat terkenal . Terbukti dengann banyaknya ahli sastra yang masyhur seperti. Umrul Qais. bagaimana mereka mengubur anak wanita karena malu 31 maupun dalam perlakukan lainnya meskipun hanya terdapat pada Bani Tamim dan Bani Asad32 sedangkan Bani lainnya memposisikan wanita secara sejajar. 2001. Muhammad A Biography Of The Prophet . Masyarakat Arab pra Islam. Risalah Gusti.diibaratkan Saifudin Zuhri sebagai kumpulan domba dimana serigala menjadi pimpinannya. Sebagian besar pemuka agama dan penganjur moral telah menjadikan kedudukan serta pengaruhnya untuk mengumbar hawa nafsunya. Menurut Athiyah Al Abrasyi. pen Syirikil Syah. nabi Muhammad diutus untuk merobah sama sekali wajah seluruh permukaan bumi dengan pancaran kebenaran. h. Secara sosial bangsa Arab mempunyai kelebihan dan kekurangan . dikatakan Al Balazuri dalam Futuhul Bulkdan yang dikutip Karen Amstrong. mereka persiapkan segala keperluan tamu selama masih menjadi tamunya 3. Dunia tidak mengenal moral dan agama. 22 . An Nabighah dan lainnua 2. suka berterus terang menyatakan apa adanya apa yang ada di hatinya 30 Dikatakan hanya ada 17 orang yang bisa baca tulis. Muhammad Sang Nabi: Sebua Biografi Kritis. menyesatkan pengikutnya dan membiarkan mereka bertambah sesat. Keadaan di atas serupa dengan keadaan di tempat kelahiran Nabi Muhammad terbukti dengan kuantitas orang terpelajar (baca= bisa baca tulis) yang sangat minim. keadilan dan kasih sayang. halus tutur bahasanya mereka sudah mempunyai kesusartraan tinggi. Ensiklopedi Tematis jilid 1.

mermandang rendah kaum wanita 3. suka berjudi dan minum khamar 4. 1971. Jakarta. Hal ini disebabkan letak Mekkah atau Hedjaz di jalur perdagangan dan mereka telah berhubungan dagang (ekspor impor) dengan pedagang dari India. bahwa kedatangan Islam di masa dan tempat yang tepat. hal:17-18 . Hidup menyamun dan merampok kabilah di padang pasir itu 2. sehingga siapapun orangnya pastilah menginginkannya. E. Kepiawaian mereka berdagang sudah teruji. EKONOMI Masyarakat Arab dalam aspek ekonomi dikenal dengan masyarakt yang mengandalkan kehidupannya dari bercocok tanam dan berdagang. 33 Rustam Ibrahim. negara Asia Selatan dan sejemlah negri Teluk Persia. Inti ajaran Islam yang damai laksana siraman air yang menyejukkan suasana. Adapun bangsa Arab yang menetap berhasil mendirikan kerajaan jauh sebelum datangnya Islam bisa dikatakan lebih berbudaya. tidak mau tunduk kepada suatu susunan pemerintahan yang baik 5. Djajamurni. sangat mudah tersinggung sehingga soal yang kecil dapat menumpahkan darah besar-besaran33 Gambaran di atas sangatlah penting diketahui untuk pembahasan peradaban Islam di Timur Tengah berikutnya. buah kismis. anggur dan barang-barang lainnya. negeri pantai Afrika . Secara tidak langsung peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam proses peradaban Islam tidak pernah terlepas dari watak atau adat istiadat bangsa Arab . berani dan setia pada anggota2 sukunya. Keempat kondisi di atas setidaknya menyakinkan kita. Sejarah Islam. Mereka bersedia bertempur guna mempertahankan nama baik kabilah dan anggotanya Sedangkan kekurangannya adalah sebagai berikut : 1. Adapun komodini ekspor masyarakat Arab Selatan dan Yaman adalah dupa. hal ini ngterlihat dari banyaknya sahabat besar Nabi yang berprofesi sebagai pedagang. kemenyan.4. Adapun komoditi import mereka adalah kayu untuk bahan bangunan.

palawija. sutra. Terblokadenya lalu lintas perdagangan Byzantium di utara Hedjaz dan Laut Merah 9. Byzantium dan Sasaniah karena keduanya terus berperang 6. Kemajuan produksi loka berupa barang pecah belah dan kemajuan aspek pertania 2. Terisolasinya perdagangan orang Ethiopia di Laut Merah karena diblokade oleh tebtara Yaman pada 575 Adapun dari sektor pertanian maka masyarakat Arab telah menghasilkan tanaman kacang-kacangan. Jatuhnya Atab Selatan dan Yaman secara politis ke tangan Ethiopia pada 552 dan kemudian ke tanga Persia pada 575 7. Dan diantara komoditi pertanian yang paling digemari adalah wijen dan gandum yang dihasilkan dari daerah Yaman yang terkenal dengan tanahnya yang subur. h. Ensiklopedi Tematis jilid 1. Mundurnya perekonomian dua raksasa. Letak geografis Hedjaz yang strategis di Jazirah Arab 5. anggur. budak.bulu burung unta. batu mulia. Adanya anggapan bahwa perdagangan merupakan profesi paling bergensi 3. Masyarakat Arab Pra Islam. kapas. sayur. kurma. Kesuburan tanah Yaman salah satunya disebabkan adanya bendungan Ma’rib yang dididirikan oleh Kerajaan Saba’. 34 Safiq Mughni. Terjalinnya suku-suku ke dalam politik dan perjanjian perdagangan lokal meupun regional antara pembesar Hedjaz dan pihak penguasa lain seperti Syam 4. Adapun faktor pendorong kemajuan perdagangan mereka adalah:34 1.15 . Dibangunnya pasar lokal dan pasar musiman seperti Ukaz 8.