You are on page 1of 5

Analisis teknis atau lebih dikenal dengan istilah analisis teknikal adalah merupakan suatu teknik analisis yang

dikenal dalam dunia keuangan yang digunakan untuk memprediksi trend suatu harga saham dengan cara mempelajari data pasar yang lampau, terutama pergerakan harga dan volume [1] Pada awalnya analisis teknikal hanya memperhitungkan pergerakan harga pasar atau instrumen yang bersangkutan, dengan asumsi bahwa harga mencerminkan seluruh faktor yang relevan sebelum seorang investor menyadarinya melalui berbagai cara lain. Analisis teknikal dapat menggunakan berbagai model dan dasar misalnya, untuk pergerakan harga digunakan metode seperti misalnya Indeks Kekuatan Relatif, Indeks pergerakan rata-rata, regresi, korelasi antar pasar dan intra pasar, siklus ataupun dengan cara klasik yaitu menganalisis pola grafik. Ada banyak software saham yang tersedia saat ini. Untuk kalangan profesional biasanya memakai Amibroker atau Metastock. Kedua software ini dapat diperoleh dengan membeli kepada perusahaan penerbit maupun resellernya. Ada juga software analisa saham yang bisa kita peroleh dari perusahaan sekuritas tempat kita bertransaksi saham seperti E-Trading Securities dengan HOTS (Home Onlie Trading System)

Tampilan Chart BBRI pada software IPOT

zoom in.mulai dari warna tampilan.menu zoom out. time frame . Metastock merupakan softwear untuk analisa tehnikal terbaik saat ini dan paling banyak di gunakan oleh para professional tehnikal analisis.Tampilan Chart BBRI pada software HOTS Tampilan Chart BBRI pada software Chartnexus Metastock merupakan alat untuk melakukan analisa teknikal saham yang paling populer.trader maupun para fund manager .print.bisa di seting sesuai kenyamanan kita .baik itu untuk kalangan investor.tampilan layar yang atraktif.simple dan mudah di gunakan. Beberapa fitur metastock yang sangat bermanfaat 1.

3.hold ataupun beli pada sebuah cart(saham) selain itu juga bisa mendeteksi kondisi suatu saham apakah uptrend.side way atau down trend dan seberapa kuat sinyal tersebut.ketebalan garis.indicator maupun time frame atau tampilan lain bisa anda ubah sesuai kenyamanan anda.bulanan.resistan ataupun membentuk garis trendline dengan berbagai bentuk garis trend dan juga berbagai jenis fibonacci.4 bulanan dan pertahun dan menu-menu lainnya.harian.yaitu sebuah softwear yang akan otomatis menganalisa dan memberi sinyal jual .ingin menambahkan teks ataupun merubah nilai/periode pada sebuah indicator.long (jual) atau wait dengan kata lain tool ini akan memberikan alert/rekomendasi berdasarkan data yang ada di cart .downtrend atau lagi sideway.Terdapat ratusan indicator yang sudah otomatis terinstal (dan masih bisa di tambahkan lagi. 5.maupun time zone begitu juga dengan gann line.mulai dari fibonachi fan. 2.warna background.dengan expert advisor tersebut kita bisa tahu apakah kondisi saham sedang uptrend.arc.retracement.terdapat beberapa pilihan cart (untuk cart paling banyak di gunakan adalah tipe candelistik) terdapat cart properties untuk mengedit cart mulai dari warna cart. Pada metastock 11 ini terdapat puluhan expert advisor berdasarkan sistem yang di buat para professional trader dunia seperti darvas.Menu expert advisor. Di bawah ini adalah beberapa contoh screnn shot saham yang telah di pasang expert advisor .migguan.bill Williams dan lainnya .untuk setingan warna. Di bawah ini adalah contoh tampilan metastock.gride dan lain-lain yang pasti terlengkap dari pada softwear sejenis (sekedar catatan untuk saat ini metastock merupakan softwear termahal di antara softwear sejenis yang tentunya setara dengan kwalitasnya) 4.dengan cara menambahkan secara manual) semua indicator bisa di modifikasi sesuai kenyamanan pengguna mulai dari warna garis.Menu cart .tipe cart.tampilan dan lain-lain.kita juga akan mendapat rekomendasi apakah sebaiknya short (beli).projection.Selain indicator terdapat berbagai pilihan garis untuk membuat garis support.

6.Menu untuk mencompare atau menggabungkan beberapa cart dalam satu layar.yaitu sebuah tool dalam metastock 11 yang berfungsi untuk menscreening atau menyeleksi saham dengan criteria tertentu dan hanya membutuhkan waktu beberapa detik. . atau kita akan membandingkan suatu saham dengan ihsg (dengan cara ini kita bisa tahu kateristik sebuah saham terhadap ihsg.misalnya kan kita akan menyeleksi di antara ke semua saham yang ada di BEI (sekitar 450 saham) yang hari ini megindikasikan sinyal buy berdasarkan macd. misalnya kita akan meneliti saham dalam sector mining yang pertumbuhanya paling bagus dan stabil dalam waktu 5 atau 10 tahun terakhir . dengan segala kelebihan/kemudahan tersebut tidaklah heran bila harga metastock termasuk termahal di antara softwear-softwear sejenis.apakah termasuk saham defensive atau saham yang sensitive dengan gerakan ihsg) Selain menu-menu di atas masih banyak lagi menu/tool lainnya yang sangat membantu dalam menganalisa sebuah saham.bolinger band ataupun indicator lainya. Coba bayangkan bila kita harus mengecek satu-persatu cart secara manual untuk menganalisanya.dan merupakan softwear wajib para trader khusunya para analis tehnikal.atau yang menyeleksi saham yang hari ini volumenya di atas rata-rata dan kriteria-kriteria lainya (terdapat puluhan criteria).Menu the explorer.tentunya sangat melelahkan karena jumlah saham yang ada di BEI sekitar 450 an.5.

Menu sistem tester.Builder.yang berfungsi bila anda ingin membuat indikator sendiri dengan kriteri-kriteria buatan anda 8.untuk menguji sistem anda berdasarkan indikator dan sistem yang anda buat .7.