You are on page 1of 5

LAPORAN PRAKTIKUM ANATOMI TUMBUHAN (AHYT 236

)

BUNGA, BUAH DAN BIJI

Oleh: ROBBY PRIMADANI AIC204002 KELOMPOK II

Dosen Pembimbing: Drs. Adria Rifarin Adrak Drs. H. Muchyar, M.P PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN IPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN 2006

TEORI DASAR Bunga merupakan alat reproduksi Angiospermae. Meletakkan masing-masing sayatan di atas kaca benda selanjutnya memberikan setetes air dengan menggunakan pipet kemudian menutup dengan kaca penutup.Mikroskop b. mesokarp (kulit tengah) dan endokarp (kulit dalam). stilus (tangkai putik) dan di ujungnya stigma (kepala putik). Karpela ini secara tersendiri atau bersama-sama membentuk ovarium (bakal buah). ALAT DAN BAHAN: a. dibentuk oleh meristem ujung khusus yang berkembang dari ujung pucuk vegetatif setelah dirangsang oleh faktor internal dan eksternal untuk keperluan itu. tetapi sering sulit untuk dipisahkan. Parenkim 3. Bila hanya mempunyai alat kelamin jantan saja disebut bunga jantan dan . CARA KERJA 1. Biji pada Angiospermae tersusun atas embrio. Berkas pengangkut 5.Biji Phaseolus vulgaris II. Mesofil III. HASIL PENGAMATAN 1. Alat: . buah dan biji. sebaliknya bila hanya mempunyai alat kelamin betina saja disebut bunga betina (Sumardi dan Agus. Bagian bunga yang menghasilkan mikrospora (tepung sari) disebut androecium yang tersusun oleh satuan-satuan yang disebut stamen (benang sari) dan terdiri dari tangkai benang sari (filamen) dan kepala sari (antera). 3. : Kamis. Trikoma 2. 2. Perikarp dapat terbagi tiga lapis secara jelas yaitu eksokarp (kulit luar). Bagian bunga yang menghasilkan megaspora (sel telur) disebut ginaecium yang tersusun oleh karpela (megasporofil = daun buah). mahkota. stamen dan putik disebut bunga lengkap. Keterangan: 1. Membuat sayatan melintang setipis mungkin pada masing-masing bahan. Bahan: . 1992).Kaca benda dan kaca penutup . Bakal buah tersusun oleh satu sampai banyak karpela (daun buah) tergantung dari jenis tumbuhannya.Silet .PRAKTIKUM XI Topik Tujuan Hari/ tanggal Tempat : Bunga.Buah Capsicum frutescens . Mahkota Hibiscus rosa-sinensis Gambar menurut hasil pengamatan dengan perbesaran 40x12. Bila bakal buah berkembang menjadi buah. Di dalam bakal buah terdapat satu atau lebih bakal biji (ovulus) yang terikat oleh placenta pada bakal buah. Namun kebanyakan bunga mempunyai struktur yang tidak lengkap misalnya tidak mempunyai salah satu alat kelamin atau keduanya. endosperm (kadang-kadang tidak ada) dan jaringan pelindung kulit biji atau testa yang berasal dari integumen (Woelaningsih. karpela akan berubah menjadi perikarp yang umumnya bersatu dengan bagian-bagian buah yang lain membentuk kulit buah.Mahkota dan kelopak Hibiscus rosa-sinensis . Mengamati masing-masing preparat di bawah mikroskop. IV.Pipet .5. 18 Mei 2006 : Laboratorium Biologi FKIP UNLAM Banjarmasin I. Jaringan bunga karang 4. Bunga yang mempunyai kelopak. 1984). buah dan biji : Mengamati susunan anatomi dari bunga.

Keterangan: 1. Epidermi s 2. Berkas pengangkut 7. Parenkim 6.5. Epidermi s 3.5.2. Epidermi s 2.5. Parenkim Gambar menurut literatur (Woelaningsih. Biji Phaseolus vulgaris Gambar menurut pengamatan dengan perbesaran 40x12. Parenkim dengan kromoplas 3. . Parenkim dengan kromoplas 3. 1984: 30) Keterangan: 1. Keterangan: 1. Keterangan: 1. Kelopak Hibiscus rosa-sinensis Gambar menurut hasil pengamatan dengan perbesaran 40x12. Trikoma 2. Septum Buah Capsicum frutescens Gambar menurut hasil pengamatan dengan perbesaran 10x12. Sel raksasa 4. Epidermi s 4. Sklerenki m 5.

4. trikoma yang banyak dan parenkim. Pada kembang sepatu . Buah Capsicum frutescens Pada penampang melintang irisan buah lombok dijumpai banyak jaringan penyusunnya antara lain epidermis.): Divisio : Magnoliophyta Classis : Magnoliopsida Subclassis : Dilleniidae Ordo : Malvales Familia : Malvaceae Genus : Hibiscus Species : Hibiscus rosa-sinensis 2. Yang terdapat pada kelopak dengan jelas hanyalah epidermis. lalu terdapat juga jaringan bunga karang pada bagian di bawah parenkim. epidermis terdapat pada bagian luar dan tersusun rapat. ANALISIS DATA 1. 3. pada jaringan bunga karang ini juga terdapat berkas pengangkut serta derivat epidermis yaitu trikoma. Pada kelopak bunga kembang sepatu juga terlihat beberapa jaringan yang tidak begitu banyak dibandingkan dengan yang terdapat di mahkota bunga. Undang Ahmad. Dibagian ini juga banyak terdapat jaringan mekanik yang berupa sel raksasa. Parenkim 6. 1994. Epidermi s kotiledon 7. Klasifikasi (Dasuki. Amilum khususnya pada bagian mahkotanya terdapat epidermis pada bagian paling luar dan epidermis ini sangat tipis mungkin hanya terdiri dari satu lapis sel saja. Mahkota dan kelopak Hibiscus rosa-sinensis Pada mahkota bunga kembang sepatu dapat terlihat jelas bagian penyusun daun tersebut walaupun bagian-bagian yang dimilikinya tidak selengkap apa yang terdapat pada bunga mawar. Dibagian terdalam buah (endocarpium) dijumpai ovarium buah dan ovulum yang V. Palisade Mikrosklereida Parenkim Epidermis kotiledon Parenkim kotiledon Gambar menurut literatur (Woelaningsih. Amilum yang retak 5.2. Jaringan palisade 3. dan di bawah dari epidermis terdapat jaringan parenkim yang mengandung plastida dan plastida ini berupa kromoplas dimana dapat mengandung xantofil maupun karoten. Jaringan parenkim juga yang tersusun sangat rapat. Epidermi s 2. Parenkim kotiledon 8. 5. Disebelah dalamnya ditemukan bagian mesokarpium yang terdiri atsa sel-sel parenkimatis yang banyak menyimpan cadangan makanan. 1984: 31) Keterangan: 1. Terdapat lapisan epikarpium yang terdapat berada paling luar dan terdiri atas selapis sel epidermis. diantara jaringan parenkim terdapat kloroplas atau plastida yang berwarna hijau selain itu juga terdapat kromoplas yang merupakan plastida berwarna selain hijau. 6. Makroskl ereida 4. dan di dekat epidermis terdapat mesofil walaupun tidak begitu jelas terlihat.

palisade dan pengangkutan. Woelaningsih. Struktur anatomi buah secara umum terdiri dari tiga bagian pokok yaitu enokarpium. Klasifikasi (Dasuki. 1994. 3. Pada kulit biji terdapat bagian-bagian yang berisi jaringan antara lain epidermis yang terdapat dibagian permukaan selain itu juga dijumpai jaringan palisade berbentuk tiang yang tersusun memanjang dan seperti tiang. Sri. KESIMPULAN 1. Undang Ahmad. Jakarta: UT. 1987. Bagian yang kedua adalah kotiledo.berperan penting dalam fertilisasi. Jakarta: UT. Disebelah dalam palisade terdapat makrosklereida yang bersifat kuat. 1984. Di dalam parenkim kotiledo terdapat amilum yang letaknya menyebar. Sri. Endokarpium merupakan bagian yang berbatasan dengan biji. DAFTAR PUSTAKA Woelaningsih. pada bagian ini terdapat klorofil.): Divisio : Magnoliophyta Classis : Magnoliopsida Subclassis : Asteridae Ordo : Solanales Familia : Solanaceae Genus : Capsicum Species : Capsicum frutescens VI. Anatomi Tumbuhan. Struktur anatomi biji secara umum terdiri dari kulit biji dan endosperm. Undang Ahmad. 1994. parenkim. mesokarpium dan endokarpium. Anatomi Tumbuhan. Struktur pada mahkota dan kelopak bunga mirip seperti pada daun karena terdiri dari jaringan epidermis.): Divisio : Magnoliophyta Classis : Magnoliopsida Subclassis : Rosidae Ordo : Fabales Familia : Fabaceae Genus : Phaseolus Species : Phaseolus vulgaris VII. Klasifikasi (Dasuki. disebelah dalam dijumpai jaringan parenkim yang tersusun agak rapat dan terdapat ruang antar sel. 2. . kaku dan keras. 3. Biji Phaseolus vulgaris Pada irisan melintang terdapat dua bagian utama pada biji buncis yaitu kulit biji dan kotoledo.