You are on page 1of 7

TUGAS ASUHAN KEBIDANAN PATOLOGI TENTANG ENDOMETRIOSIS

Dosen pembimbing : Marmi, S. ST

Di susun oleh : Fatin Jauharah Sri Mulyani Ria Apri Susanti M10 02 0022 M10.02.0039 M10 02 0048

PROGRAM STUDI D3 KEBIDANAN SEMESTER II SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MADANI YOGYAKARTA 2011

DEFINISI Endometriosis adalah suatu penyakit dimana bercak-bercak jaringan endometrium tumbuh di luar rahim. Menurut urutan yang tersering endometruim ditemukan ditempat-tempat sebagai berikut: 1) ovarium. vulva. 2) peritoneum dan ligamentum sakrouterinum. vagina. Endometrium yang salah tempat ini biasanya melekat pada ovarium (indung telur) dan ligamen penyokong rahim. kandung kencing. pleura. vagina. kavum douglasi. 7) serviks uteri. melahirkan pertama kali pada usia diatas 30 tahun dan kulit putih. 9) kelenjar limfe. dan oerikardium. dinding belakang uterus. Biasanya endometriosis terbatas pada lapisan rongga perut atau permukaan organ perut. 3) septum rektovaginal. Endometriosis yang berat bisa menyebabkan kemandulan karena menghalangi jalannya sel telur dari ovarium ke rahim. anak perempuan.ENDOMETRIOSIS 1. saudara perempuan). Pada endometriosis jaringan endometrium ditemukan di luar kavum uteri dan di luar miometrium. 25-50% wanita mandul dan bisa juga terjadi pada usia remaja. 6) umbilikus. tuba fallopii. ligamentum rotondum dan sigmoid. Kadang jaringan endometrium tumbuh di dalam paruparu. padahal dalam keadaan normal endometrium hanya ditemukan didalam lapisan rahim. 8) parut laparotomi. dan 10) walaupun sangat sangat jarang. ureter. jaringan parut di dalam perut atau lapisan rongga dada. . Endometriosis bisa diturunkan dan lebih sering ditemukan pada keturunan pertama (ibu. plika vesikouterina. 5) apendiks. perineum.Endometriosis diperkirakan terjadi pada 10-15% wanita subur yang berusia 25-44 tahun. endometriosis dapat ditemukan di lenganm paha. Faktor lain yang meningkatkan resiko terjadinya endometriosis adalah memiliki rahim yang abnormal. Endometrium juga bisa melekat pada lapisan luar usus halus dan usus besar. 4) kanalis inguinalis. kandung kemih.

PENYEBAB Penyebabnya tidak diketahui. tetapi beberapa ahli mengemukakan teori berikut: a. Teori genetik Keluarga tertentu memiliki faktor tertentu yang menyebabkan kepekaan yang tinggi terhadap endometriosis. Teori sistem kekebalan Kelainan sistem kekebalan menyebabkan jaringan menstruasi tumbuh di daerah selain rahim. Angka kejadian antara 5-15% dapat ditemukan diantara semua operasi pelvik. 2. Kadang terjadi perdarahan ringan tetapi akan segera membaik dan kembali dirangsang pada siklus menstruasi berikutnya.2. c. Siklus menstruasi 27 hari atau kurang 3. Orgasme ketika menstruasi. Teori menstruasi retrograd (menstruasi yang bergerak mundur) Sel-sel endometrium yang dilepaskan pada saat menstruasi bergerak mundur ke tuba fallopii lalu masuk ke dalam panggul atau perut dan tumbuh di dalam rongga panggul perut. Menarche (menstruasi yang pertama) terjadi lebih awal 4. serta di sekitar fimbrie tuba. Endometriosis juga memberikan respon yang sama terhadap sinyal ini. Endometriosis jarang didapatkan pada orang-orang negro. perlengketan juga bisa menyebabkan terhalangnya perjalanan sel telur yang telah dibuahi menuju ke rahim. tetapi mereka tidak mampu memisahkan dirinya dari jaringan dan terlepas selama menstruasi. Menstruasi berlangsung selama 7 hari atau lebih 5. Proses yang berlangsung terus menerus ini menyebabkan pembentukan jaringan parut dan perlengketan di dalam tuba dan ovarium. Wanita yang ibu atau saudara perempuannya menderita endometriosis. Setiap bulan ovarium menghasilkan hormon yang merangsang sel-sel pada lapisan rahim untuk membengkak dan menebal (sebagai persiapan terhadap kemungkinan terjadinya kehamilan. dan lebi . Selain itu. Resiko tinggi terjadinya endometriosis ditemukan pada : 1. Perlengketan ini bisa menyebabkan pelepasan sel telur dari ovarium ke dalam tuba falopi terganggu atau tidak terlaksana. b.

akan tetapi kadang-kadang sifatnya seperti tumor ganas. Akan tetapi besarnya pengaruh tidak selalu sama. Di sekitarnya tampak sel-sel radang dan jaringan ikat. . GAMBARAN MIKROSKOPIK Pada pemeriksaan mikroskopik ditemukan ciri-ciri khas bagi endometriosis. dan sebagainya. selain itu bisa terdapat infiltrasi ke bawah kavum douglasi ke fasia rektovaginal. antara lain dari komposisi endometriosis yang bersangkutan (apakah jaringan kelenjar atau jaringan stroma yang lebih banyak). ke sigmoid. yakni kelenjar-kelenjar dan stroma endometrium.sering didapatkan pada wanita-wanita dari golongan sosio-ekonomi yang kuat. dan sebagainya. dan yang tidak mempunyai banyak anak. Apabila kehamilannya berakhir. Sebagai akibat dari pengaruh hormon-hormon tersebut. dan tergatung dari beberapa faktor. pigmen hemosiderin. Secara mikroskopik endometriosis merupakan suatu kelainan yang jinak. dan perdarahan bekas dan baru berupa eritrosit. dapat dipengaruhi oleh estrogen dan progesteron. 3. reaksi desidual menghilang disertai dengan regresi sarang endometriosis. dari reaksi jaringan normal di sekitarnya. Jaringan endometriosis seperti juga jaringan endometrium di dalam uterus. sebagian besar sarang-sarang endometriosis berdarah secara periodik. Pada kehamilan dapat ditemukan reaksi desidual jaringan endometriosis. Perdarahan yang periodik ini menyebabkan reaksi jaringan sekelilingnya berupa radang dan perlekatan. Yang menarik perhatian ialalh bahwa endometriosis lebih sering ditemukan pada wanita ang tidak kawin pada umur muda. memegang peranan dalam terjadinya endometriosis. dan sel-sel makrofag berisi hemosidern. Rupanya fungsi ovarium secara siklis yang terus menerus tanpa diselingi oleh kehamilan. dan dengan membaiknya keadaan. sebagai reaksi jaringan normal disekelilingnya (jaringan endometriosis). Antara lain bisa terjadi penyebaran endometriosis ke paru-paru dan lengan. Pengaruh baik dari kehamilan kini menjadi dasar pengobatan endometriosis dengan hormon untuk mengadakan apa yang dinamakan kehamilan semu (pseudopregnancy).

Nyeri waktu defekasi. Laparoskopi 2. 5. Menstruasi yang tidak teratur (misalnya spotting sebelum menstruasi) 3. terapi hormonal. Poli. a. Basium enema 5. GEJALA Endometriosis dapat menyebabkan : 1. 4. Kadang endometrioma pecah dan menyebabkan nyeri perut tajam yang timbul secara tiba-tiba. Dispareunia (nyeri ketika melakukan hubungan seksual) 4. Jaringan endometrium yang melekat pada ovarium atau struktur di sekitar ovarium bisa membentuk massa yang terisi darah (endometrioma). PENANGANAN Penanganan endometriosis terdiri atas pencegahan. khususnya pada waktu haid 5. CT scan atau MRI perut. infertilitas Jaringan endometrium yang melekat pada usus besar atau kandung kemih bisa menyebabkan pembengkakan perut. Pencegahan . Kadang tidak ditemukan gejala sama sekali.4. USG rahim 4.dan hipermenorea 6. Pada pemeriksaan panggul akan teraba adanya benjolan lunak yang seringkali ditemukan di dinding belakang vagina atau di daerah ovarium. pengawasan saja. Pemeriksaan lainnya yang biasa dilakukan : 1. Biopsi endometrium 3. perdarahan melalui rektum selama menstruasi atau nyeri perut bagian bawah ketika berkemih. nyeri ketika buang air besar. DIAGNOSA Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik. pembedahan dan radiasi. Nyeri di perut bagian bawah yang progresif dan dekat paha yang terjadi pada dan selama haid (dismenorea) 2.

Pembedahan Pada endometriosis sedang atau berat mungkin perlu dilakukan pemebdahan. Pengobatan Pengobatan tergantung kepada gejala. Jaringan endometrium menyebabakan nyeri perut atau panggul yang sangat hebat. Setelah pemebedahan . Terapi bisa dimulai segera setelah pemebedahan atau jika jaringan endometrium . diberikan terapi sulih estrogen. danazole dan agonis GnRH Adalah zat yang pada mulanya merangsang pelepasan hormn gonadotropin dari kelenjar hipofisa. Pemebedahan biasanya dilakukan pada kasus berikut : a. Obat-obatan yang dapat menekan aktivitas ovarium dan memperlambat pertumbuhan jaringan endometrium adalah pil KB kombinasi . Pelengketan yang berarti diperut bagian bawah atau panggul c. b. rencana kehamilan. tetapi setelah diberikan lebih dari bebrapa minggu akan menekan pelepasan gonadotropin. Ovarektomi(pengakatan ovarium) dan histerektomi hanya dilakukan jika nyeri perut atau panggul tidak adapat di hilangkan dengan obatobatan dan penderita tidak ada rencana untuk hamil lagi.Meigs berpendapat bahwa kehamilan adalah cara pencegahan yang paling baik untuk endometriosis. Tetapi. yang tidak adapat diatasi dengan obat-obatan Untuk membuang jaringan endometrium kadang digunakan elektrokauter atau sinar laser. b. c. yang sering kali dilakukan pada prosedur laporoskopi. usia penderita dan beratnya penyakit. Gejala-gejala endometriosis memang berkurang atau hilang pada waktu dan sesudah kehamilan karena regresi endometrium dalam sarang-sarang endometriosis.8 -5 cm. Jaringan endometrium menyumbat salah satu atau kedua tuba d. Endometriosis dingkat sebanyak mungkin. Bercak jaringan endometrium memiliki garis tengah yang lebih besar dari 3. pembedahanahnya merupakan tindakan sementara karena endometriosis sering berulang. progestin.

yang tersisa masih banyak. kecuali jika ada kontraindikasi terhadap pembedahan. perubahan suasana hati. Histerektomi sering kalai disertai dengan pengakatan tuba falopi dan ovarium Obat-obat yang biasa di gunakan untuk mengobati endometriosis obat Pil KB kombinasi Estrogen progesteron Efek samping Pembengkakan perut. kram otot. Adapun pengobatan dengan radiasi bertujuan menghentikan fungsi ovarium tidak dilakukan lagi. Pembengkakan pergelangan kaki.html . dkk. Kombinasi obat-obatan dan pembedahan d.sindroma terowongan karpal. Obat-obatan yang menekan aktivitas ovarium dan memeperlamabat pertumbuhan jaringan emdometrium b. penigkatan nafsu dan makan. Jakarta. pembengkakan pergelangan kaki. hot suara lebih vagina besar. 2008 http://medicastore. perdarahan diantara dua siklus. mual.com/penyakit/102/Endometriosis. Pemebedahan untuk membuang sebanyak mungkin emdometriosis c. Pilihan pengobatan untuk endometriosis : a. 2008. Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo. flashes. pengeroposan tulang. perubahan suasana hat Referensi: Wiknjosastro hanifa. kelainan fungsi hati. payudara mengecil. Ilmu Kandungan. maka terapi baru dilakukan 4-6 bulan setelah pemebdahan. progestin Perdarahan diantara dua siklus menstruasi.vagina kering. Agonis GnRH Hot flashes. badan. depresi. trombosis vena dalam. vaginitis atrovika. perunnbahan suasana hati. nyeri payudara. danazole Penambahan pertumbuhan berat rambut. perdarahan diantara dua siklus menstruasi. kering.