You are on page 1of 10

Pertumbuhan Fisik Pada Individu

Makalah Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik

Oleh Kelompok Kelas III B
Abrianto Putra Lensi Dodi Haryadi Imam Tantowi Yahya Al Januar R.M Resha Apriyadi Usman (33 2010 070) (33 2011 063) (33 2011 045) (33 2011 055) (33 2011 061)

Dosen Pembimbing : Dra. Rosmini Djauhari, M.M.

Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang 2012

munculnya ciri-ciri kelamin yang utama (primer) dan ciri kelamin sekunder. Perubahan fisik adalah perubahan – perubahan fisik yang terjadi dan merupakan gejala primer dalam pertumbuhan remaja. Perubahan fisik yang tampak jelas adalah tubuh berkembang pesat sehingga mencapai bentuk tubuh orang dewasa yang disertai pula dengan berkembangnya kapasitas produktif. Perubahan-perubahan ini meliputi perubahan ukuran tubuh. B. Tujuan . Latar Belakang Fisik atau tubuh manusia merupakan sistem organ yang kompleks. perubahan proporsi tubuh. Rumusan Masalah C.BAB I PENDAHULUAN A.

jenggot ) 9. Pertumbuhan tinggi bandan mencapai tingkat maksimum setiap tahunnya 8. Tumbuh bulu yang halus berwarna gelap pada kemaluan 4. anggota – anggota badan menjadi panjang). Menstruasi ( haid ) 7. Tumbuh bulu – bulu ketiak Pada anak laki –laki : 1. Pertumbuhan tulang – tulang ( badan menjadi tinggi. Tumbuh rambut yang halus di wajah ( kumis.BAB II Pembahasan A. 2. Awal. Tumbuh bulu yang halus berwarna gelap di kemaluan. perubahan – perubahan ini meliputi : 1. Perubahan ukuran tubuh 2. Definisi Pertumbuhan fisik adalah perubahan – perubahan fisik yang terjadi dan merupakan gejala primer dalam pertumbuhan remaja. Mencapai pertumbuhan ketinggian badan yang maksimum setiap tahunnya 5. 4. Testis membesar 3. Pertumbuhan payudara 3. Akhir perubahan suara . Bulu kemaluan menjadi keriting 6. Ejakulasi ( keluarnya air mani ) 6.perubahan suara 5. Bulu kemaluan menjadi keriting 7. Munculnya ciri –ciri kelamin yang utama ( primer) dan ciri kelamin ke dua ( sekeunder ) Menurut Muss yang di kutip oleh Sarlito Wirawan ( 1991 ) urutan perubahan – perubahan fisik adalah sebagai berikut: Pada anak perempuan : 1. Tumbuh bulu ketiak 10. Perubahan proporsi tubuh 3. Pertumbuhan tulang – tulang 2.

baik dibagian luar maupun dibagian dalam tubuh. 3. perubahan ini terjadi baik didalam maupun dibagian luar tubuh anak. Tumbuh bulu di dada B. Kelenjar pituitari yang terletak didasar otak mengeluarkan dua macam hormon yang diduga erat ada hubungannya denganperubahan pada masa remaja.11. Kelenjar ini diaktifkan oleh rangsangan yang dilakukan kelenjar hypothalamus. Ciri kelamin yang utama . anak akan brtambah tinggi 10 sampai 15 cm dan bertambah berat 5 sampai 10 kg setelah terjadi pematangan keamin ini. Selama 4 tahun pertumbuhan tiggi badan anak akan bertambah 25 persen dan berat tubuhnya hamper mncapai dua kali lipat. Selama masa remaja. Kedua hormon itu adalah hormon pertumbuhan yang menyebabkan terjadinya perubahan ukuran tubuh dan hormon gonadotropik atau yang serng disebut dengan hormone yang merangsang gonadotropik yaitu merangsang gonad agar mulai aktif bekerja. Pertumbuhan anak laki-laki akan mencapai bentuk tubuh dewasa pada usia 19 sampai 20 tahun sedang bagi anak perempuan pada usia 18 tahun. dimasa kanak-kanak jantungnya kecil sedangkan pembuluh darah kulit kurang egitu tampak. Setahun sebelumpematangan ini. Rambut – rambut di wajah bertambah tebal dan gelap 12. Anak laki-laki tumbuh terus lebih cepat dari anak perempunan. Adapun perubahan-perubahan fisik yang penting dan yang terjadi pada masa remaja ialah: 1. Misalnya. Dibagian luar tampak pertumbuhan kaki dan tanan lebih panjang disbanding dengan tubuh. 2. Perubahan proporsi tubuh Ciri tubuh yang kurang proporsional pada masa remaja ini tidak sama untuk seluruh tubuh. yaitu kelenjar yang dikenal sebagai kelenjar untuk merangsang pertumbuhan pada saat remaja dan terletak diotak. Penyebab Perubahan Penyebab perubahan pada masa remaja adalah adanya dua kelenjar yang menjadi aktif bekerja dalam sistem endokrin. Pada masa puber yang terjadi malah sebaliknya. Perubahan ukuran tubuh Irama pertumbuhan mendadak menjadi cepat sekitar 2 tahun sebelum anak mencapai taraf pematangan kelaminnya. baik perubahan struktur tubuh maupun fungsinya. sluruh tubuh mengalalami perubahan.

5 tahun dan 16 tahun 2. Sedangkan pada anak perempuan. proses kematangan seksual C. pinggul melebar lebih lebar dari pada lebar bahu. Bagi remaja laki-lai permulaan percepatan pertumbuhan berbeda-beda dan berkisar antara 10. tumbuh rambut diketiak. 1. dan suara bertabah nyaring. sehingga hanya mungkin untuk memberikan ukuran rata-rata dan penyebarannya saja. bahu melebar lebih lebar dari pada pinggul. Bagi remaja perempuan.5 tahun dan 11. percepatan pertumbuhan 2. otot-otot mulai tampak. Sedangkan ciri kelamin kedua pada laki-laki adalah tumbuh kumis dan jenggot. Ciri kelamin kedua Yang dimksud dengan ciri kelamin kedua pada anak perempuan adalah membesarnya buah dada dan mencuatnya putting susu. tumbuh bulu ketiak. indung telurnya mulai berfungsi pada usia 13 tahun. Puncak pertumbuhan ukuran fisik dicapai pada umur 12 tahun. 4.5 tahun. Percepatan Pertumbuhan Perbedaan individual tentang pertumbuhan tampak dalam perbedaan awal percepatan dan cepatnya pertumbuhan. Perubahan fisk sepanjang masa remaja meliputi dua hal. yaitu saat pertama kali mengalami menstruasi tau haid. namun kematangan seksual anak-anak remaja berjalan secara individual. dan bulu dsekitar alat kelamin serta perubahan jaringan kulit menjadi lebih kasar dan pori-pori membesar. tumbuh jakun. D. yaitu pada saat pertama anak laki-laki mengalami “mimpi basah”. . yakni kurang lebih bertambah 6-11 cm setahun. nada suara membesar. bulu dada. Ketika memasuki masa remaja alat kelamin mulai berfungsi pada saat ia berumur 14 tahun.5 tahun dengan umur rata-rata 10. tumbuh rambut disekitar alat kelamin. percepatan pertumbuhan dimulai antara umur 7. yaitu: 1. Proses Kematangan Seksual Meskipun kematangan seksual berlangsung dalam batas-batas tertentu dan urutn tertentu dalam perkembangan cirri-ciri kelamin sekundernya.Pada masa kanak-kanak alat keamin yang utama masih belumberkembang dengan sempurna.

permulaan kematangan sksual 3.Adapun tiga kriteria yang membedakan anak laki-laki dari pada anak perempuan.5 tahun. Pada anak laki-laki. . kriteria kematangan seksual 2. Menarche merupakan ukuran yang baik karena hal itu menentukan salah satu cirri kematangan seksual yang pokok. Permulaan Kematangan Seksual Permulaan kematangan seksual pada anak perempuan kira-kira 2 tahun lebih cepat mulainya dari pada anak laki-laki. Menarche merupakan tanda permulaan kematangan seksual dan terjadi sekitar usia 13 tahun dengan penyebaran normal antara 10 sampai 16. 2. urutan gejala-gejala kematangan 1.5 dan 17 tahun. Pada usia kurang lebih 15-16 tahun. Kriteria kematangan seksual Kriteria kematangan sksual tampak lebih jelas pada anak perempuan dari pada anak lakilaki. Jadi kra-kira satu tahun sesudah dilaluinya puncak percepatan pertumbuhan. 3. Hal ini terjadi pada usia antara 8 dan 13 tahun. pada anak laki-laki maupun perempuan pangkal tenggorokannya (jakun) mulai membesar yang menyebabkan pita suara menjadi lebih panjang. Disamping itu menarche juga merupakan manifestasi yang jelas meskipun pada permulaannya terjad pedarahan yang masi sedikit. Menarche atau menstruasi pertama dipakai sebagai tanda permulaan pubertas . Anak laki-laki mengalami hal itu lebih banyak. kematangan seksual dimulai dengan pertumbuhan testes yang dimulai antara umur 9. yaitu dalam hal 1. Perubahan dalam pita suara tadi menyebabkan anak gadis mendapatkan suara yang lebih tinggi dan lebih nyaring.5 tahun dan berakhir antara 13. Urutan Gejala-gejala Kematangan Seksual Pada anak wanita kematangan dimulai dengan suatu tanda kelamin sekunder dengan tumbuhnya buah dada (payudara) yang tampak dan bagian susu yang sedikit memucat.5 dan 13. sedangkan suara anak laki-laki berubah agak menjadi berat. yaitu diposisi ntuk konsepsi (hamil) dan melahirkan.

Keanekaragaman Perubahan Proporsi Tubuh Sewaktu masih anak-anak. perbedaan bentuk tubuh anak laki-laki dan anak perempuan semakin jelas. Diantara perubahan-perubahan fisik itu. Remaja laki-laki cenderung menuju bentuk tubuh mesomorf (cenderung menjadi anak yang kekar. antara lain adalah : 1. Status Sosial Ekonomi 6. yaitu sesudah tercapai puncak percepatan pertumbuhan tadi. Pada anak laki-laki disamping pertambahan berat karena pertumbuhan kerangka. Kondisi-kondisi lain yang mempengaruhi pertumbuhan fisik anak. mulai berfungsinya alat-alat reproduksi (ditandai dengan haid pada wanita dan “mimpi” yang pertama pada laki-laki). tampak kekuatan juga bertambah. Kesehatan Perubahan psikologis muncul antara lain sebagai akibat dari perubahan-perubahan fisik. Pengaruh Gizi 3. namun pada akhir masa kanak-kanak. Pengaruh keluarga 2. c. bentuk tubuh mereka tidak terlalu terlihat perbedaannya. Gangguan Emosional 4. Pada anak perempuan berat badan sebagian besar disebabkan oleh tumbuhnya lemak yang membuat bentuk badan khas permpuan. Jelas Kelamin 5. sedangkan anak perempuan kalau tidak endomorf (cenderung menjadi gemuk dan berat) akan memperlihatkan ciri ektomorf (cenderung kurus dan bertulang panjang). saat mulai memasuki tahap remaja. yang terbesar pengaruhnya pada perkembangan jiwa remaja adalah pertumbuhan tubuh (badan menjadi makin panjang dan tinggi). pertumbuhan dan penguatan urat daging dan otot juga merupakan penyebab yang penting.Dengan bertambahnya berat dan panjang badan. Hal ini tampak jelas pada anak laki-laki dari pada anak perempuan. . berat dan segitiga). Bersama-sam dengan percepatan pertumbuhan pada anak laki-laki terjadi suatu percepatan pertambahan kekuatan yang mencapai puncaknya pada umur kira-kira 15-16 tahun.

dalam pikirannya telah membentuk konsep tertentu mengenal wajar tidaknya kehidupan kelaminya dalam penampilan seseorang. Maka dari itu pemerintah membentuk kelompok yang bernilai positif untuk membantu proses pertumbuhan seorang anak. seni dan lain-lain. Bagi anak laki-laki perkembnagan kelamin lebih awal. bahakan dalam beberapa kasus tampak semakin parah.Anak-anak remaja biasanya terlalu memperhatikan keadaan tubuhnya yang sedang mengalami proses perubahan. Misalnya. seperti : sekolah dimana sekolah itu memiliki kegiatan-kegiatan. Remaja yang banyak perhatianya terhadap kelompok . prilaku sosial. pramuka. Tanggapan atas perubahan dirinya itu dapat di golongkan menjadi dua. Pengaruh ketidaknyamanan pada masa remaja yang paling menetap adalah hal dalam penyimpangan usia kematangan kelaminya. . yaitu: mereka yang terlalu memperhatikan normal tidaknya dirinya dan mereka terlalu memperhatikan tepat tidaknya kehidupan kelaminnya. Apabila mereka ketinggalan dari sebayanya maka anak itu sendiri minat dan kegiatan anak sebayanya kurang. kelompok-kelompok itu sendiri memiliki dua pengaruh. yaitu positif dan negatif itu sendiri. secara sosial sangat menguntungkan. sedangakan pada anak perempuan jika perkembangan kelaminya lebih awal. dan kepribadian. Pada saat seorang mencapai masa remaja. minat. Salah satu dari beberapa konsekuensi masa remaja yang paling penting adalah pengaruh jangkah panjang terhadap sikap. Sejumblah studi telah menemukan bahwa ciri kepribadian dan sikap tertentu yang sudah terbentuk ini biasanya sulit untuk di hilangkan. Dimana kelompok itu sendiri.olah raga. maka ia akan di sambut dengan hal yang tidak menyenangkan. perbedaan dalam hal kecepatan pertumbuhan contoh: tinggi pendeknya tubuh anak itu sendiri. prilaku remaja tersebut banyak di pengaruhi oleh kelompok itu sendiri. Misal.

Kesimpulan B. Saran – Saran .BAB III PENUTUP A.

Diakses pada tanggal 15 Oktober 2012. . 2012.html. http://kajianpsikologi. Makna dan Karakteristik Pertumbuhan Fisik Individu.net/artikel_detail-19921.Daftar Pustaka Anonim.guru-indonesia.