You are on page 1of 11

 Setelah mempelajari Bab ini, Siswa diharapakan kompeten

dalam memahami sumber hukum Islam, Hukum taklifi & hukum wad’i, serta hikmah ibadah

yang menuntut mukalaf  Sumber utama hukum Islam Al-qur’an dan Hadist. Hukum berarti menetapkan sesuatu atau tidak menetapkannya  Menurut Istilah. Sumber Hukum Islam Pengetian Hukum dan Sumber Hukum Islam . Perintah Allah SWT.

Pengertian. Kedudukan dan Fungsi Al-Qur’an  Pengertian Al-Qur’aan berasal dari Bahasa Arab yang artinya bacaan (Harfiah) Kitab Suci umat Islam yang berisi Firmanfirman Allah yang diwahyukan dalam bahasa Arab kepada rasul/nabi terakhir. Nabi Muhammada SAW. yang membacanya adalah Ibadah (Istilah) .

Pengertian. Akidah (Keimanan) 2.Isra’.S Al. Kedudukan dan Fungsi Al-Qur’an  Fungsi  Al-Qur’aan berfungsi sebagai petunjuk dan pedoman bagi umat manusia dalam mencapai kebahagiaan hidup didunia dan diakhirat (Q. Ibadah 3. Prinsip Syari’at. . 17:9)  Sebagai pedoman hidup bagi umat manusia. isi kandungan Al-Qur’a dibagi 3 yaitu : 1.

Pengertian. cerita. Hadis Qauliyah 2. perbuatan dan takrir serta penjelasan sifat-sifat Nabi SAW. pembicaraan. Kedudukan dan Fungsi Hadis  Pengertian  Hadis artinya tidak lama. Hadis/Sunah Takririyah . ucapan.  Menurut istilah segala berita yang bersumber dari Nabi Muhamad berupa ucapan.  Hadis Nabi SAW dapat dibagi menjadi 3 yaitu : 1. Hadis/Sunah Fi’liyah 3.

.Pengertian. Kedudukan dan Fungsi Hadis  Kedudukan  Hadis menempati kedudukan pada tingkat kedua sebagai sumber hukum islam stelah Al-Qur’an.

Pengertian. Kedudukan dan Fungsi Al-Qur’an  Kedudukan Al-Qur’aan sebagai sumber pertama dan utama dari seluruh ajaran Islam .

Kedudukan dan Fungsi Hadis  Fungsi  Fungsi Hadis (Sunah) disamping Al- Qur’an adalah : 1.Pengertian. menafsirkan (bayan attafsir) 3. Mempertegas dan memperkuat hukum-hukum (bayan at-taqri ri atau ta’kid) 2. menjelaskan. . Mewujudkan suatu hukum atau ajaran yang tidak tercantum.

mengerahkan tenaga dan fikiran dengan sungguhsungguh untuk menyelidiki dan mengeluarkan (meng-istinbat-kan) hukum yang terkandung dalam al-quran dan hadis dengan syarat tertentu.  Menurut istilah berarti. artinya berusaha dengan sungguh-sungguh.Pengertian. Kedudukan dan Fungsi Ijtihad  Pengertian  Ijtihad berasal dari bahasa Arab (jahada).  Ada 8 syarat pokok untuk menjadi mujtahid .

. Kedudukan dan Fungsi Ijtihad  Kududukan  Ijtihad menempati kududukan sebagai sumber hukum islam setelah Al-quran dan Hadis.Pengertian.

yang tidak ditemukan dalil hukumnya secara pasti di dalam Alqur’an dan Hadis.Pengertian. Kedudukan dan Fungsi Ijtihad  Fungsi  Fungsi Ijtihad ialah menetapakan hukum sesuatu. .