You are on page 1of 12

PRAKTIKUM ALAT LABORATORIUM “MIKROSKOP DIGITAL”

Andjar Pudji, ST,MT
Anggota Kelompok :

Dosen Pembimbing:

1. 2. 3. 4. 5.

Abdi Wibowo (P27838011001) Abdul Ghafur S. (P27838011002) Carina Febriana (P27838011008) Diyo Fitrian Nugraha (P27838011010) Fresi Yuliana Putri T.A. (P27838011016)

KEMENTRIAN KESEHATAN RI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SURABAYA JURUSAN TEKNIK ELEKTROMEDIK SURABAYA 2012

Kedalaman lapangan Kecil. Gambar terlihat melalui mikroskop digital dapat diproyeksikan ke monitor komputer dan disimpan pada file komputer. Versi lain dari mikroskop digital kemudian dikembangkan oleh Keyence Corp dan Leica Microsystems. mikrobiologi. yang sekarang dikenal sebagai Hirox Co Ltd. sampai setidaknya 1000x pembesaran. Pembuatan ini termasuk kotak kontrol dan lensa yang terhubung ke komputer. kedalaman lapangan besar hinga 20 kali lebih besar daripada mikroskop slide. Jepang pada tahun 1986.MIKROSKOP DIGITAL 1. 2. Namun pada mikroskop digital spesifikasi 3D. Kegunaan Semua penggunaan mikroskop slide. c. seperti mikroskop slide biasa. b. dan pendidikan. Tetapi beberapa versi saat ini all-in-one (semua-dalam-satu) dan tidak memerlukan komputer. Pengertian Mikroskop digital terdiri dari mikroskop biasa dengan kamera digital yang dibangun ke dalamnya. yaitu patologi. Penemuan dari USB port mengakibatkan banyak mikroskop digital usb berkembang. Perbesaran Menggunakan kedua lensa optik dan sensor CCD atau CMOS. forensik. Spesifikasi a. 3. Sejarah Mikroskop digital pertama kali dibuat oleh sebuah perusahaan lensa di Tokyo. Terutama berguna untuk aplikasi yang memerlukan .

objek dapat dilihat dari hampir setiap sudut dan tiga dimensi fitur-fitur dapat diperiksa. serta kemampuan untuk menangkap dan menampilkan gambar secara real-time.pertukaran informasi digital seperti telepathology dan pendidikan kedokteran berkelanjutan. tidak memerlukan listrik kecuali untuk sumber cahaya. Perubahan perbesaran. . Keuntungan o Semua keuntungan dari mikroskop slide. Kekurangan Memerlukan sumber listrik untuk beroperasi. e. Video Streaming Mampu mengamati objek dan menghasilkan citra digital di waktu yang sama. walaupun beberapa termasuk viewscreens mereka sendiri. dan sebagainya akan berpengaruh langsung pada citra digital yang tampil di monitor. dan Video Recording : 1. pencarian fokus. yaitu warna terlihat jelas. d. o Pada mikroskop digital spesifikasi 3D. o Teknologi digital memungkinkan untuk gambar yang lebih baik untuk ditangkap ketika diperbesar oleh mikroskop. harga sangat mahal. Kebanyakan juga membutuhkan komputer. o Satu manfaat besar untuk menggunakan mikroskop digital di kelas adalah kemampuan untuk memungkinkan seluruh kelompok melihat dengan proyektor. penggantian objek. Beberapa mikroskop digital mempunyai kemampuan untuk melakukan Video Streaming. Ini adalah strategi pembelajaran yang efisien waktu yang akan memungkinkan akses tampilan yang jelas bagi semua siswa di kelas. Capturing. Pada mikroskop digital spesifikasi 3D.

Mampu menangkap gambar yang diamati sesuai dengan citra digital yang terlihat di monitor. Mampu merekam citra digital yang terlihat di monitor dalam rentang waktu yang diinginkan pengguna.2. pengguna dapat mengamati objek penelitiannya berulang kali dan kapan pun tanpa perlu mengatur ulang mikroskop dan objeknya. Rekaman gambar selanjutnya disimpan sebagai file video dengan format AVI. 3. Tangkapan gambar kemudian dapat disimpan sebagai file gambar dengan format BMP atau JPEG dengan beragam pilihan resolusi. Video Recording. Dengan rekaman video ini. Bagian-Bagian Mikroskop Digital . Capturing. 4.

.

5. Namun jangan membersihkannya dengan merendam lensa objektif/kondenser pada alkohol atau sejenisnya karena akan melarutkan perekat/semennya sehingga lensa lepas dari rumahnya. dan kondensor) dibersihkan dengan menggunakan tisue lensa yang diberi alkohol 70%. Pada penggunaan xilol haruslah hati-hati.) c. jangan sampai cairan xilol menempel pada bagian mikroskop non optik. dapat dibersihkan dengan menggunakan kain fanel. Sisa minyak imersi pada lensa objektif dapat dibersihkan dengan xilol (xylene). Bagian mikroskop non optik. Simpan pada tempat yang kering dan usahakan dalam lemari yang dilengkapi dengan lampu untuk mengurangi kelembaban (Mikroskop disimpan dalam lemari tertutup yang dihangatkan dengan lampu listrik 10 watt agar suhu dalam lemari lebih tinggi 5 daripada suhu kamar. terbuat dari logam atau plastik. Lensa-lensa mikroskop (objektif. Untuk membersihkan debu yang terselip di bagian mikroskop tersebut dapat digunakan kuas kecil atau kuas lensa kamera. karena akan merusak cat atau merusak bahan plastik. e. d. pakailah penutup plastik atau masukkan pada kotaknya agar terhindar dari debu. Pemeliharaan a. Jangan sekali-kali membersihkan lensa menggunakan sapu tangan atau lap kain. dan juga jangan menggunakan larutan ini kebagian lensa yang lain kecuali produsennya menyatakan bahwa tindakan tersebut aman. Lemari yang dapat menyimpan 1-4 mikroskop cukup diberi 1 buah lampu saja. Mikroskop yang telah selesai dipakai harus dibersihkan. b. .

Dari pengintegrasian tersebut maka software berfungsi: o Membuat object yang diamati dapat disimpan/save dalam bentuk file softcopy : gambar ( JPEG. Semuanya diintegrasikan oleh rekayasa perangkat lunak (software) sehingga compatible dengan OS (operating system) windows seperti windows XP. o Penghubung dengan media presentasi projector (infocus). 2800x. o Membantu lensa objectif dalam memperbesar object yang di amati dengan tingkat resolusi sampai dengan 5 MP (mega pixel) . kamera digital dan software. prinsip kerjanya hampir sama dengan mikroskop manual/mikroskop cahaya. dan memutar ulang hasil rekaman yang kemudian bisa di cetak. Pada Mikroskop Digital telah di lakukan modifikasi sebagai berikut: o Lensa okuler diganti dengan kamera digital o Penambahan komponen pendingin o Penambahan komponen pada kamera digital sehingga mampu menangkap gambar ukuran kecil/mikro o Perubahan sumber cahaya dari matahari menjadi energy listrik o LED diberi stabilizer cahaya.jpg) dan Video (AVI). Windows Vista. o Untuk Mengambil gambar.merekam. 3000x dan 1500x 3D Mikroskop Digital bisa diaplikasikan karena adanya dukungan seperangkat computer/laptop (Notebook ).6. Prinsip Kerja Secara teknis. maupun windows 7. o Cahaya LED di ubah menjadi 20 watt o Modifikasi skala pembesaran menjadi 1200x.

Cara Menggunakan Mikroskop Digital Tipe DG 2800: 1. 7. .2800x. Meletakkan mikroskop di tempat yg datar dan kuat (meja). 3000x. 2.1500x 3D. o Pencarian fokus utama (rough focusing) dan fokus halus (fine focusing) sehingga gambar lebih tajam.o Sebagai alat bantu menampilkan skala kalibrasi pembesaran 1200x. Menyalakan komputer dan menyambungkan USB dari mikroskop ke PC.

Menyalakan lampu led (atur dimmer maksimal lebih dulu. Objek letakkan pada sinar yg masuk Pilih lensa obyektiv 4x lebih dahulu.3. Memasang lampu LED dan menyambungkan ke listrik. . 4. dan mengecilkan jika diperlukan) Letakan preparat ke meja preparat.

Memutar fokus kasar hingga gambar muncul di monitor Untuk memperjelas. putar fokus halus.5. Menjalankan mikroskop digital. . program softrware aplikasi 6.

.

Daftar Pustaka o http://oryzasativa135rsh.pdf .id/data/data/upimages/S OP_Microscope.blogspot.malangkota.go.html o mikroskopdigital.com/2010/07/12/bagia n-bagian-mikroskop-dan-fungsinya/ o http://lh.wordpress.com/bagian-bagian-mikroskopmultimedia-berkamera o sulistyaindriani.com/2011/01/mikroskopdigital.8.