P. 1
Uni Eropa

Uni Eropa

|Views: 144|Likes:
Published by Agung Bullnerd II

More info:

Published by: Agung Bullnerd II on Nov 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/11/2015

pdf

text

original

Uni Eropa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

European Union
[tampilkan]

Motto: United in diversityTemplat:Infobox European Union/RefTagTemplat:Infobox European Union/RefTagTemplat:Infobox European Union/RefTag

Lagu: Ode to Joy
Lagu kebangsaan Uni Eropa

Ode to JoyTemplat:Infobox European Union/RefTag (orchestral)

Kesulitan mendengarkan berkas ini? Lihat bantuan.

Political centres

Brussels Luxembourg Strasbourg

Bahasa resmi

23[tampilkan]

Demonim

EuropeanTemplat:Infobox European Union/RefTag

Anggota negara

27[tampilkan]

Pemimpin

-

Dewan Eropa Komisi Eropa Parlemen Eropa Dewan Uni Eropa

Herman Van Rompuy José Manuel Barroso Jerzy Buzek Helle Thorning-Schmidt (Denmark)

Legislatif

Legislatif Uni Eropa

-

Majelis Tinggi

Dewan Uni Eropa

-

Majelis Rendah

Parlemen Eropa

Pendirian Perjanjian Paris Perjanjian Roma Perjanjian Maastricht Perjanjian Lisbon 1 Desember 2009 23 Juli 1952 1 Januari 1958 1 November 1993

Luas Total Air (%) 4.324.782 km2 3.08

Penduduk Perkiraan 2011 502,486,499 Templat:Infobox European Union/RefTag

- Kepadatan 116.455 PDB (nominal) Total Per kapita Perkiraan 2010 (IMF) $16. dan di bidang-bidang lainnya lembaga-lembaga organ yang bersifat supranasional .242 trillion $32. Organisasi internasional ini bekerja melalui gabungan sistem supranasional dan antarpemerintahan. keputusan-keputusan ditetapkan melalui musyawarah dan mufakat di antara negaranegara anggota. Di beberapa bidang.eu Kode telepon See list Uni Eropa (UE.203 trillion $30.2/km2 PDB (KKB) Total Per kapita Perkiraan 2010 (IMF) $15. Namun.euTemplat:Infobox European Union/RefTag Situs web resmi europa. yang terdiri dari negara-negaraEropa. kembali ke tahun 1950-an. Persatuan ini didirikan atas nama tersebut di bawah Perjanjian Uni Eropa (yang lebih dikenal dengan Perjanjian Maastricht) pada 1992.7 (EU25)Templat:Infobox European Union/RefTag (low) IPM (2010) 0.537 Gini (2009) 30. bahasa Inggris: European Union atau EU) adalah sebuah organisasi antarpemerintahan dan supra-nasional.835 (very high) Mata uang euro (€) (EUR)[tampilkan] Zona waktu Musim panas (DST) (UTC+0 to +2) (UTC+1 to +3Templat:Infobox European Union/RefTag) Ranah Internet . yang sejak 1 Januari 2007 telah memiliki 27 negara anggota. banyak aspek dari EU timbul sebelum tanggal tersebut melalui organisasi sebelumnya.

2 Kerjasama dan harmonisasi di wilayah-wilayah lain 4 Politik o o o o o o o o  4.1 Kebijakan eksternal 3.4 Parlemen 4.7 Anggaran 4.menjalankan tanggung jawabnya tanpa perlu persetujuan anggota-anggotanya. yaitu    Swedia (sejak 1 Januari 1995) Finlandia (sejak 1 Januari 1995) Estonia (sejak 1 Mei 2004) .6 Dewan 4.Mahkamah Eropa.3 Dewan Uni Eropa 4. dan Bank Sentral Eropa.8 Gambaran kedudukan Eropa 5 Ekonomi o      5.1 Standar hidup 6 Perbandingan dengan blok-blok/negara-negara lain 7 Nama Uni Eropa dalam bahasa-bahasa Eropa 8 Referensi 9 Lihat pula 10 Pranala luar [sunting]Anggota Sejak 2007 Uni Eropa memiliki 27 negara anggota.5 Pengadilan Eropa 4. Daftar isi [sembunyikan]    1 Anggota 2 Awal dan sejarah 3 Kebijakan utama o o  3. Lembaga organ penting di dalam UE adalah Komisi Eropa. Pada tanggal 12 Oktober 2012. Uni Eropa ditetapkan sebagai penerimaPenghargaan Perdamaian Nobel tahun 2012. Dewan Eropa. Terdapat pula Parlemen Eropa yang anggota-anggotanya dipilih langsung oleh warga negara anggota. Dewan Uni Eropa.1 Pemerintahan 4.2 Komisi Eropa 4.

                        Latvia (sejak 1 Mei 2004) Lituania (sejak 1 Mei 2004) Polandia (sejak 1 Mei 2004) Denmark (sejak 1973) Jerman (sejak permulaan) Belanda (sejak permulaan) Belgia (sejak permulaan) Luksemburg (sejak permulaan) Irlandia (sejak 1973) Britania Raya (sejak 1973) Perancis (sejak permulaan) Portugal (sejak 1986) Spanyol (sejak 1986) Italia (sejak permulaan) Malta (sejak 1 Mei 2004) Austria (sejak 1 Januari 1995) Slovenia (sejak 1 Mei 2004) Republik Ceko (sejak 1 Mei 2004) Slowakia (sejak 1 Mei 2004) Hongaria (sejak 1 Mei 2004) Yunani (sejak 1981) Siprus selatan (sejak 1 Mei 2004) Bulgaria (sejak 1 Januari 2007) Rumania (sejak 1 Januari 2007) Kroasia kelak akan jadi anggota pula. Belgia dan (beberapa kali setahun) di Strasbourg (Perancis). Status Turki masih belum jelas. Parlemen Eropa dipilih secara langsung oleh penduduknya. Parlemen Eropa berunding di Brusel. [sunting]Awal dan sejarah .

[sunting]Kebijakan utama . Setelah itu terbentuk juga European Economic Community didirikan oleh Perjanjian Roma pada 1957 dan diimplementasikan pada 1 Januari 1958. keinginan untuk mendirikan Uni Eropa semakin meningkat. dan negara-negara Benelux. mereka telah terjadi beberapa kali dalam sejarah Eropa. Oleh karena itu dibentuklah European Coal and Steel Community oleh Jerman. Awal penyatuan ini diciptakan dengan cara paksa. didorong oleh keinginan untuk membangun kembali Eropa dan menghilangkan kemungkinan perang lainnya. Dikarenakan koleksi bahasa Eropa dan budayanya. percobaan penyatuan ini biasanya melibatkan pendudukan dari negara yang tidak bersedia.Italia. ditandatangani pada April 1951 dan dimulai pada Juli1952. 1957 Artikel utama untuk bagian ini adalah: Sejarah Uni Eropa Percobaan untuk menyatukan negara Eropa telah dimulai sebelum terbentuknya negara-negara modern. Uni Eropa telah ber-evolusi dari sebuah badan perdagangan menjadi sebuah kerja sama ekonomi dan politik. KekaisaranFranks dari Charlemagne dan Kekaisaran Suci Roma menyatukan wilayah yang luas di bawah administrasi yang longgar selama beberapa ratus tahun. Belakangan pada 1800-an customs union di bawah Napoleon I Prancis dan penaklukan pada 1940an oleh Nazi Jerman hanya terjadi sementara saja. menciptakan ketidakstabilan. dan kemudian ditaklukan dan diperintah Kekaisaran Roma yang berpusat di Mediterania. Kemudian komunitas tersebut berubah menjadi Masyarakat Eropa yang merupakan 'pilar pertama' dari Uni Eropa. Eropa didominasi oleh bangsa Celt. Tiga ribu tahun lalu. Hal ini terjadi oleh Perjanjian Paris (1951). Salah satu percobaan penyatuan secara damai melalui kerjasama dan persamaan anggota dibuat oleh pasifis Victor Hugo pada 1851. Perancis. Setelah Perang Dunia I dan Perang Dunia II.Acara penandatanganan Perjanjian Roma.

Ketegangan antara UE dan kompetensi nasional (atau sub-nasional) bertahan lama dalam perkembangan Uni Eropa. Eroskeptisisme. . Parlemen Eropadan Dewan Uni Eropa.  Ko-operasi: negara-negara anggota. (Lihat pula Perhimpunan Perdagangan Bebas Eropa (EFTA). Wilayah Ekonomi Eropa (EEA) and Langit Tunggal Eropa.  Harmonisasi: hukum negara-negara anggota diharmonisasikan melaluiproses legislatif UE. yang melibatkan Komisi Eropa. beberapa negara anggota memiliki beberapa tradisi domestik pemerintahan regional yang kuat. yang dikenal sebagai Acquis Communautaire. Akibat dari hal ini hukum Uni Eropa semakin terasa hadir dalam sistem-sistem negara anggota. Kecenderungan ini ditandai dengan meningkatnya jumlah kebijakan dalam UE.Peta negara-negara anggota UE (ISO 3166) Dari pergantian namanya dari "Masyarakat Ekonomi Eropa" ke "Masyarakat Eropa" hingga ke "Uni Eropa" menandakan bahwa organisasi ini telah berubah dari sebuah kesatuan ekonomi menjadi sebuah kesatuan politik.) Semua negara calon anggota harus memberlakukan undang-undang agar selaras dengan kerangka hukum Eropa bersama. Hal ini menyebabkan peningkatan fokus tentang kebijakan regional dan wilayah Eropa. Pertama. Gambaran peningkatan pemusatan ini diimbangi oleh dua faktor. kontrol Bantuan Negara dan liberalisasi. (Lihat pula Antar-pemerintahanisme vs. Sebuah Committee of the Regions didirikan sebagai bagian dari Perjanjian Maastricht. yang bertemu sebagai Dewan Uni Eropa sepakat untuk bekerja sama dan mengkoordinasikan kebijakan-kebijakan dalam negeri mereka.) Lihat tabel negara yang ikut serta dalam sejumlah inisiatif. Kedua. kebijakan UE mencakup sejumlah kerja sama yang berbeda.  Pengambilan keputusan yang otonom: negara-negara anggota telah memberikan kepada Komisi Eropa kekuasaan untuk mengeluarkan keputusan-keputusan di wilayah-wilayah tertentu seperti misalnyaundang-undang kompetisi. Supra-nasionasisme (atas).

  Kebijakan bersama tentang asilum dan imigrasi.[sunting]Kebijakan eksternal  Suatu tarif eksternal bersama bea cukai. [sunting]Pemerintahan Uni Eropa memiliki tujuh institusi: Parlemen Eropa.  Kerjasama dalam masalah-masalah kriminal. perjanjian tentang definisi bersama mengenai kejahatan dan prosedur-prosedur ekstradisi. termasuk pembentukan Satuan Reaksi Cepat Eropa dengan 60. namun demikian hal ini masih lama baru akan terwujud. Mahkamah Eropa. secara umum hukum tersebut dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok: hukum yang mulai berlaku tanpa kebutuhan untuk mengukur implementasi skala nasional.  Suatu kebijakan keamanan bersama sebagai suatu sasaran.  Suatu kebijakan luar negeri bersama sebagai sebuah sasaran masa depan. dan posisi yang sama dalam perundingan-perundingan perdagangan internasional. dan hukum yang berlaku dengan kebutuhan tersebut. sementara tugas . termasuk saling berbagi intelijen (melalui EUROPOL dan Sistem Informasi Schengen). dan Mahkamah Audit Eropa. Bank Sentral Eropa. Dewan Uni Eropa. Komisi Eropa. Pendanaan bersama untuk penelitian dan pengembangan teknologi.000 anggota untuk maksud-maksud memelihara perdamaian. Rancangan Program Keenam berlaku dari 2002 hingga 2006.  Pendanaan untuk program-program di negara-negara calon anggota dan negara-negara Eropa Timur lainnya. Pembagian antara negara-negara anggota (dalam surat delapan) dan anggota-anggota yang saat itu belum bergabung (dalam surat Vilnius) pada saat penyerbuan Irak 2003 menyoroti seberapa jauh sasaran ini berada di depan sebelum ia dapat menjadi kenyataan.  Pembentukan sebuah pasar tunggal Masyarakat Energi Eropa melalui Perjanjian Komunitas Energi Eropa Tenggara [sunting]Kerjasama  dan harmonisasi di wilayah-wilayah lain Kebebasan bagi warga UE untuk ikut memilih dalam pemilihan pemerintahan setempat dan Parlemen Eropa di negara anggota manapun juga. melalui Rancangan Program untuk Penelitian dan Pengembangan Teknologi selama empat tahun. Hukum yang dicanangkan oleh institusi Uni Eropa dikeluarkan dalam beberapa cara. [sunting]Politik Uni Eropa memiliki kompetensi yang didasarkan pada Perjanjian-perjanjian Uni Eropa dan prinsip subsidiaritas yang menyatakan bahwa aksi Uni Eropa hanya bisa diambil saat suatu tujuan tidak dapat diraih secara memadai oleh hanya sebuah negara anggota. seorang staf militer UE dan sebuah pusat satelit UE (untuk maksud-maksud intelijen). Wewenang untuk meneliti dan mengamandemen legislasi dibagi antara Parlemen Eropa dan Dewan Uni Eropa. serta bantuan ke banyak negara berkembang melalui program Phare and Tacis-nya. Dewan Eropa.

bukan kepentingan negara masing-masing. Pada tanggal 1 Desember 2009. baik kepala negara atau kepala pemerintahan. namun Komisaris terikat pada komitmen untuk mewakili kepentingan Uni Eropa sebagai keselurahan. Kebijakan moneter eurozone diatur oleh Bank Sentral Eropa. ex officio Wakil Presiden Komisi.eksekutif ditangani oleh Komisi Eropa dan. dan mengadakan sidang sedikitnya empat kali setahun. Presiden Komisi Eropa dan satu wakil per negara anggota. Perjanjian Lisboa diberlakukan dan Van Rompuy mulai . Komisi juga menjadi motor integrasi Eropa. Dewan Eropa aktif terlibat dalam negosiasi perubahan perjanjian dan mendefinisikan agenda dan strategi kebijakan Uni Eropa. terdapat juga badan-badan tambahan yang bertugas untuk memberikan saran bagi Uni Eropa atau beroperasi dalam area yang spesifik. Dewan Eropa menggunakan peran kepemimpinannya untuk menyelesaikan perselisihan antara negaranegara anggota dan institusi-institusi Uni Eropa. [sunting]Komisi Eropa Artikel utama untuk bagian ini adalah: Komisi Eropa Artikel utama untuk bagian ini adalah: Presiden Komisi Eropa Komisi Eropa bertindak memegang fungsi eksekutif dan bertanggung jawab untuk memprakarsa legislasi dan kepemimpinan harian Uni Eropa. Herman Van Rompuy terpilih sebagai Presiden permanen pertama Dewan Eropa. Secara eksternal. Komisaris yang paling menonjol adalah Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Kebijakan Luar Negeri dan Keamanan. satu orang dari setiap negara anggota. Dewan Eropa terdiri dari Presiden Dewan Eropa. ditunjuk oleh Dewan Eropa. Disamping itu. Penafsiran dan penerapan hukum Uni Eropa dan perjanjian-perjanjian dipastikan oleh Mahkamah Eropa. Pada tanggal 19 November 2009. Salah satu dari 27 anggota kabinet menjabat sebagai Presiden Komisi (saat ini José Manuel Durão Barroso). oleh Dewan Eropa (tidak boleh disamadengankan dengan Dewan Uni Eropa yang disebut terlebih dahulu). Parlemen Eropa menyelenggarakan pemilihan untuk persetujuan atas ke-27 Komisaris sebagai satu badan. Dua puluh enam Komisaris lainnya kemudian ditunjuk oleh Dewan Uni Eropa dengan persutujuan presiden yang dinominasikan. Komisi bekerja sebagai kabinet pemerintahan. Dewan Eropa berfungsi sebagai "Kepala Negara kolektif" dan meratifikasi dokumen penting (misalnya perjanjian dan persetujuan internasional). [sunting]Dewan Uni Eropa Artikel utama untuk bagian ini adalah: Dewan Uni Eropa Artikel utama untuk bagian ini adalah: Presiden Dewan Uni Eropa Dewan Eropa memberikan pengarahan kepada Uni Eropa. Dewan Eropa digambarkan oleh beberapa pihak sebagai "otoritas politik tertinggi" Uni Eropa. serta untuk menyelesaikan krisis politik dan perbedaan pendapat atas masalah dan kebijakan kontroversial. secara terbatas. Setelah itu. dengan 27 Komisaris yang bekerja dalam area kebijakan yang berbeda-beda. SetelahPresiden Komisi.

Pada akhirnya. Memastikan representasi eksternal Uni Eropa. dan bukan berdasarkan kewarganegaraan mereka. baik selama konvokasi Dewan Eropa dan pada periode waktu antara dua konvokasi. Dewan juga melakukan fungsi eksekutif dalam Kebijakan Bersama Luar Negeri dan Keamanan. Presiden Parlemen Eropa melaksanakan peran pembicara (speaker) dalam parlemen dan mewakili Parlemen secara eksternal. para anggota duduk menurut fraksi politik. Dewan terdiri dari seorang menteri dari setiap negara anggota. Dewan Eropa (European Council) merupakan institusi yang berbeda denganMajelis Eropa (Council of Europe). lihat di bawah). Komposisi Dewan dapat berubah-ubah dan bergantung pada bidang kebijakan yang ditangani. dan harus melaporkan kembali kepada Parlemen serta tunduk pada kritik atau pertidakserujuan dari Parlemen. membentuk setengah bagian lain daripada lembaga legislatif UE. [sunting]Parlemen Artikel utama untuk bagian ini adalah: Parlemen Eropa Artikel utama untuk bagian ini adalah: Presiden Parlemen Eropa Parlemen Eropa membentuk setengah badan legislatif Uni Eropa (setengah lainnya adalah Dewan Uni Eropa. Komisi bertanggung jawab kepada Parlemen. Meskipun Parlemen Eropa dipilih secara nasional. Presiden PE dan Wakil Presiden dipilih oleh Parlemen Eropa setiap dua setengah tahun. [sunting]Anggaran .menjabat. Meskipun komposisi yang berbeda. Selain fungsi legislasi. [sunting]Pengadilan Eropa Artikel utama untuk bagian ini adalah: Pengadilan Eropa Artikel utama untuk bagian ini adalah: Presiden Pengadilan Eropa [sunting]Dewan Artikel utama untuk bagian ini adalah: Dewan Eropa Artikel utama untuk bagian ini adalah: Presiden Dewan Eropa Dewan Uni Eropa. organisasi internasional yang lepas dari Uni Eropa. menggerakan konsensus dan menyelesaikan perbedaan antar anggota merupakan tugas Presiden. Parlemen Eropa dan Dewan Uni Eropa meluluskan undang-undang secara bersama-sama di hampir semua wilayah di bawah prosedur legislatif biasa. Setiap negara memiliki sejumlah jatah kursi yang kemudian dibagi menjadi konstituen subnasional dimana hal ini tidak mempengaruhi sifat proporsional dari sistem suara. memerlukan persetujuan Parlemen untuk menjabat. Sebanyak 736 (akan segera menjadi 751) Anggota Parlemen Eropa (Inggris: MEP) secara langsung dipilih oleh warga negara Uni Eropa setiap lima tahun berdasarkan perwakilan proporsional suara yang dikumpulkan oleh masing-masing partai politik. atau yang seringkali disebut sebagai Dewan. Dewan tetap dianggap sebagai satu tubuh. Hal ini juga berlaku untuk masalah anggaran Uni Eropa. dan terkadang sebagai Dewan Menteri.

administrasi sekitar 6%. lingkungan.03% dari PDB. Mahkamah juga memberikan pendapat dan usulan undang-undang keuangan dan tindakan anti-penipuan. Pembangunan pedesaan. Parlemen menggunakan laporan audit untuk memutuskan antara menyetujui atau menolak penanganan anggaran Komisi. dan Perancis diperkirakan telah menghabiskan € 801 milyar. Dalam anggaran 2010 sebesar € 141. kebebasan. Pada tahun 1960. Mahkamah Audit Eropa memastikan bahwa anggaran Uni Eropa dipertanggungjawabkan dengan benar.Keduapuluh tujuh negara anggota Uni Eropa memiliki anggaran yang disepakati sebesar € 120.7 milyar untuk tahun 2007 dan € 864. Mahkamah belum pernah memberikan persetujuan absolut terhadap rekening UE sejak tahun 1993. Uni Eropa sebagai mitra global dan kewarganegaraan. dan perikanan memakan sekitar 11% anggaran. item pengeluaran terbesar adalah kohesi & daya saing. anggaran dari Komunitas Ekonomi Eropa adalah sebesar 0. dengan hanya sekitar 6% dan 1% dari seluruh anggaran Uni Eropa dipergunakan untung masing-masing ihwal.3 milyar untuk periode 2007-2013.10% dan 1.05% dari perkiraan PDB negara-negara anggota Uni Eropa untuk periode masing-masing. yaitu sekitar 45% dari total anggaran. disusul oleh pertanian dengan sekitar 31% dari total anggaran. pengeluaran Inggris untuk tahun 2004 diperkirakan akan € 759 milyar. Pengadilan Auditor secara hukum berkewajiban memberikan Parlemen Eropa dan Dewan Eropa "pernyataan keyakinan atas keandalan rekening dan legalitas serta keteraturan transaksi yang mendasarinya". [sunting]Gambaran Legislatif kedudukan Eropa Eksekutif Yudikatif Komisi Eropa Dewan Uni Eropa Pengadilan Eropa Dewan Eropa Parlemen Eropa [sunting]Ekonomi . Anggaran tersebut merupakan 1. Lembaga kelima Uni Eropa.5 miliar. Sebagai perbandingan. Mahkamah menyediakan laporan audit untuk setiap tahun buku kepada Dewan dan Parlemen. keamanan dan keadilan menjadi juru kunci.

723. dan oleh karena itu diharapkan pertumbuhan GDP yang cepat akan membantu dinamika Uni Eropa. GDP (PPP) per kapita 2004 menunjukkan negara-negara di atas dan bawah rata-rata UE .2%. Ekonomi UE diharapkan tumbuh lebih jauh dalam dekade berikutnya sejalan dengan lebih banyak negara bergabung dalam persatuan ini .Penduduk dan PDB per kapita negara-negara anggota dan kandidat Uni Eropa Artikel utama untuk bagian ini adalah: Ekonomi Uni Eropa Bila dianggap sebaga satu kesatuan.3% pada kuarter 2 2005 1.816 PPP. Uni Eropa memiliki ekonomi terbesar di dunia denganGDP 2004 11.dan terlebih lagi negara-negara baru ini biasanya lebih miskin dari rata-rata UE. sedangkan negaraindustri lainnya seperti Amerika Serikat diperkirakan akan tumbuh sekitar 3. Meskipun begitu UE hanya akan tumbuh sekitar 0. Data ini untuk perkiraan tahun 2005 dan grafnya dari tahun 2004. [sunting]Standar hidup Berikut adalah sebuah tabel dan tiga graf menunjukkan GDP (PPP) per kapita dan GDP nominal per kapita untuk Uni Eropa dan anggotanya.

821 73. 2004 GDP (PPP) per kapita.003 48.299 31.691 Austria 267.802 37.753 Denmark 187.688 Belgia 324.159 35.718 46.674 66. Uni Eropa 12.721 34.329.GDP (PPP).068 . dolar int.900 29.147 Irlandia 164. 2004 Negara anggota PDB (PPP) PDB (PPP) PDB (nominal) juta per kapita per kapita dolar int. dolar int.110 26.203 Luksemburg 30.053 32.190 40.

561 29.669 20.099 30.837 30.825.635 Perancis 1.785 Swedia 267.976 19.855 Spanyol 1.527 Yunani 236.866 Malta 7.015 13.818 36.745 20.311 21.340 24.218 29.227 36.929 Portugal 203.026.427 29.703 30.Finlandia 161.803 27.498.488 11.695 18.742 Republik Ceko 198.522 Belanda 498.909 20.006 Siprus 16.627 11.529 20.525 Hongaria 162.180 Britania Raya 1.424 .260 21.429 Jerman 2.175 Slovenia 43.059 Estonia 22.388 16.947 19.574 38.101 Italia 1.150 33.461 9.694.019 33.239 16.537 39.811.706 29.471 30.289 16.

416 Turki 570.000 553.338 7.638 12.925 Sumber: CIA World Factbook [1] All other figures.227 13.205 3.440 7.487 Latvia 30.975 2.793 Bulgaria 71.839 11.328 Rumania 183.773 456. [sunting]Perbandingan dengan blok-blok/negara-negara lain GDP (PPP) juta $US Blok Luas km² Penduduk GDP (PPP) Negara per kapita anggota $US Uni Eropa 4.064.258 3.129 16.335 366.000 2.349 7.162 8.400. current prices). dolar int.044 10 CSN 17.268 Polandia 512.110 8.752 24.285.603 Negara Kandidat GDP (PPP) GDP (PPP) GDP (nominal) juta per kapita per kapita dolar int. dolar int.059 6. 2005 per capita GDP.381 9.748 7.715.958 4. Kroasia 55. 2005 per capita GDP PPP.364 8.172.669.249 25 ASEAN 4.422.000 4.890 13. source: IMF web site (2005 GDP PPP.106 14.Slowakia 87.549 Lituania 49.635.900.187 12 .

190. Union Européenne (Bahasa Perancis) 10. Unión Europea (Bahasa Spanyol) 3.896 53 Negara besar Pembagian politik India 3.249.200 143.000.874 958.984.596. Ευρωπαϊκή Ένωση (Bahasa Yunani) 8.075.600.900 89 Pada tahun 2003.100 50 Kanada1 9. Európai Unió (Bahasa Hongaria) 11.515.039 12.000 1. Euroopa Liit (Bahasa Esti) 6.282.960 1. IMF 1 Anggota NAFTA [sunting]Nama Uni Eropa dalam bahasa-bahasa Eropa Berikut merupakan nama "Uni Eropa" dalam 23 bahasa resmi yang digunakan di Uni Eropa.100 35 Republik Rakyat Cina 9. Warna cyan untuk angka terbesar. hijau untuk yang terkecil.000 39.797.338 1.631.889. Unione Europea (Bahasa Italia) 12.000 1.500 850.670 32.800 13 Rusia 17.102.847.287. Eiropas Savienība (Bahasa Latvi) .624 7.000 8.942 3 AU 29.590 1.200 33 AS1 9. Sumber: CIA World Factbook 2004. Europäische Union (Bahasa Jerman) 5.418 296.588.900 29. An tAontas Eorpach (Bahasa Irlandia) 7.638 430.700 29.507.306.000 3.433. Evropská unie (Bahasa Ceko) 2.000 5. European Union (Bahasa Inggris) 9.571 11.900.495.[1] 1. Europæiske Union (Bahasa Denmark) 4.782.NAFTA 21.000 3.

pada tanggal 1 Juni 1955 menunjuk Paul Henry Spaak (Menlu Belgia) sebagai ketua komite yang harus menyusun laporan tentang kemungkinan kerja sama ke semua bidang ekonomi. Uniunea Europeană (Bahasa Romania) 23. keberhasilannya bergantung pada dua negara besar. Europese Unie (Bahasa Belanda) 16. membentuk European Economic Community (EEC) atau Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE). yaitu Prancis. L-Unjoni Ewropea (Bahasa Malta) 15. Namun. Inggris. Maurice Schuman berkeinginan menyatukan produksi baja dan batu bara Prancis dan Jerman dalam wadah kerja sama yang terbuka untuk negara-negara Eropa lainnya. sekaligus mengurangi kemungkinan terjadinya perang.13. Keinginan itu terwujud dengan ditandatanganinya perjanjian pendirian Pasaran Bersama Batu Bara dan Baja Eropa atau European Coal and Steel Community (ECSC) oleh enam negara. Unia Europejska (Bahasa Polski) 17. EEC (MEE). Usaha untuk mempersatukan Eropa sudah dilakukan. Eropa mengalami kemiskinan dan perpecahan. Pada konferensi di Brussel tanggal 22 Januari 1972. 2. Rancangan Spaak itu disetujui pada tanggal 25 Maret 1957 di Roma dan kedua perjanjian itu mulai berlaku tanggal 1 Januari 1958. dan Denmark bergabung . terdapat tiga organisasi di Eropa. Keberhasilan ECSC mendorong negara-negara The Six State membentuk pasar bersama yang mencakup sektor ekonomi. Belanda. Laporan Komite Spaak berisi dua rancangan yang lebih mengintegrasikan Eropa. Belgia. Euroopan unioni (Bahasa Finlandia) 19. Keenam negara tersebut selanjutnya disebut The Six State. membentuk European Atomic Energy Community (Euratom) atau Badan Tenaga Atom Eropa. União Europeia (Bahasa Portugis) 18. yaitu ECSC. Jerman Barat (Republik Federal Jerman-RFJ). Irlandia. Európska únia (Bahasa Slowakia) 21. dan Euratom (EAEC). Europos Sąjunga (Bahasa Lituavi) 14. dan Italia. Европейски съюз (Bahasa Bulgaria) terbentuknya MEE Sejak berakhirnya Perang Dunia II. Dengan demikian. Evropska unija (Bahasa Slovenia) 20. Europeiska Unionen (Bahasa Swedia) 22. Luksemburg. Hasil pertemuan di Messina. yaitu Prancis dan Jerman Barat. yaitu: 1. Pada tahun 1950 Menteri Luar Negeri Prancis.

Komisi berperan sebagai pemegang kekuasaan eksekutif dan badan pelaksana MEE. Keanggotaannya terdiri atas Menteri Luar Negeri negara-negara anggota. d) Mahkamah Peradilan (The Court of Justice) Keanggotaan Mahkamah Peradilan MEE sebanyak tujuh orang dengan masa jabatan enam tahun yang dipilih atas kesepakatan bersama negara anggota. serta memberikan usul dan kritik kepada sidang MEE dalam segala bidang. Tugasnya memberikan nasihat dan mengajukan usul kepada Dewan Menteri dan kepada Komisi tentang langkah-langkah kebijakan yang diambil. Untuk melancarkan aktivitasnya. menghapuskan semua rintangan yang menghambat lajunya perdagangan internasional. Fungsinya merupakan peradilan administrasi MEE.dalam MEE. antara lain: 1. serta modal. 3. Di samping itu komisi juga mengamati dan mengawasi keputusan MEE. Hasil kerjanya dilaporkan setiap tahun kepada Majelis Umum (General Assembly). a) Majelis Umum (General Assembly) atau Dewan Eropa (European Parliament) Keanggotaan Majelis Umum MEE berjumlah 142 orang yang dipilih oleh parlemen negara anggota. dan peradilan antarnegara anggota untuk menyelesaikan perselisihan yang timbul di antara para negara anggota. integrasi Eropa dengan cara menjalin kerja sama ekonomi. dan memperluas lapangan kerja. peradilan pidana terhadap keanggotaan komisi. Tugasnya menjamin terlaksananya kerja sama ekonomi negara anggota dan mempunyai kekuasaan membuat suatu peraturan organisasi. c) Badan Pengurus Harian atau Komisi (Commision) Keanggotaan Badan Pengurus Harian atau Komisi MEE terdiri atas sembilan anggota yang dipilih berdasarkan kemampuannya secara umum dengan masa jabatan empat tahun. meluaskan hubungan dengan negara-negara selain anggota MEE. MEE membentuk Pasar Bersama Eropa (Comman Market ). 3. Peradilan konstitusi berfungsi untuk menyelesaikan konflik perjanjian internasional. memperhatikan saran-saran baru. serta mengawasi pekerjaan Badan Pengurus Harian atau Komisi MEE serta meminta pertanggungjawabannya. melainkan juga karena pelaksanaannya memerlukan pengaturan bersama yang meliputi industri. Ketuanya dipilih secara bergilir menurut abjad negara anggota dan memegang jabatan selama enam tahun. keuangan. 4. Masyarakat Ekonomi Eropa membentuk beberapa organisasi . Untuk mewujudkan tujuannya. 2. memajukan perdagangan dan menjamin adanya persaingan bebas serta keseimbangan perdagangan antarnegara anggota. Tujuan Pembentukan Organisasi MEE MEE menegaskan tujuannya. barang. 2. Dengan demikian keanggotaan MEE sebanyak 12 negara. keseragaman tarif. Pada tahun 1981 Yunani masuk menjadi anggota MEE yang kemudian disusul Spanyol dan Portugal. dan perekonomian. memperbaiki taraf hidup. dan kebebasan bergerak dalam hal buruh. Bukan saja karena meliputi sektor ekonomi. MEE merupakan organisasi yang terpenting dari ketiga organisasi tersebut. b) Dewan Menteri (The Council) Dewan Menteri MEE mempunyai kekuasaan tertinggi untuk merencanakan dan memberikan keputusan kebijakan yang diambil. Struktur Organisasi MEE Organisasi MEE memiliki struktur organisasi sebagai berikut.

Kenggotaan Uni Eropa terbuka bagi semua negara dengan syarat: 1. Bulgaria dan Rumania juga diharapkan bergabung dengan Uni Eropa. menghormati hak asasi manusia (HAM). Belanda diadakan pertemuan anggota MEE. Polandia. Pada tahun 2007. d) Pasar Tunggal (Single Market). Italia. Sepuluh negara yang menjadi anggota baru Uni Eropa sebelumnya berada di wilayah Eropa Timur. Prancis. 4. Hal itu berkaitan dengan bertambahnya anggota.95% pemilih menyatakan setuju. Belanda. dan Yunani. Sejarah I. dan bersedia menjalankan segala peraturan perundang-undangan Eropa. permintaan Turki untuk menjadi anggota Uni Eropa masih ditangguhkan. Lithuania. setelah diratifikasi oleh semua parlemen anggota masyarakat Eropa. yaitu: a) Parlemen Eropa (European Parliament). Hongaria. yakni Inggris. The Treaty on European Union mulai dilaksanakan pada tanggal 1 Januari 1993. Untuk mendirikan organisasiorganisasi tersebut pada tanggal 7 Februari 1992 di Maastrich. Sejarah Pendirian Uni Eropa . penegakan hukum. Siprus. Sementara itu. negara tersebut berada di kawasan Benua Eropa. Belanda. b) Sistem Moneter Eropa (European Monetary System). Estonia. dengan pelaksanaan secara bertahap. Hasil pertemuan itu dituangkan dalam sebuah naskah perjanjian yang disebut The Treaty on European Union (TEU) atau Perjanjian Penyatuan Eropa yang telah ditandatangani oleh Kepala Negara/Pemerintah di Maastrich. Negara anggota Uni Eropa yang baru itu adalah Republik Ceko. dan Slovenia. 2. Malta. Beberapa bentuk perjanjian yang pernah dilakukan MEE harus mengalami beberapa kali amandemen. Denmark. Portugal. Irlandia. negara tersebut harus menerapkan prinsip-prinsip demokrasi. Perubahan Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) menjadi Uni Eropa (UE) Melalui perjanjian Maastrich. Masyarakat Eropa hanya mengenal satu mata uang yang disebut European Currency Unit (ECU) atau (European Union – EU). c) Unit Uang Eropa (European Currency Unit). Menurut perhitungan suara referendum Prancis yang diselenggarakan pada tanggal 20 September 1992 tentang perjanjian Maastrich. Pada tahun 2004 keanggotaan Uni Eropa berjumlah dua puluh lima negara. Spanyol. Jerman. Latvia. Hal itu disebabkan Turki belum melaksanakan perubahan (reformasi) politik dan ekonomi di dalam negerinya. Mulai tahun 1999. menunjukkan bahwa 50. Luksemburg. Republik Slovakia. Belgia. Referendum dimaksudkan untuk mendapatkan persetujuan dari 12 negara anggota Masyarakat Eropa. ke–12 negara anggota Masyarakat Eropa dipersatukan dalam mekanisme Kesatuan Eropa.baru.

Karena pada dasarnya peperangan adalah pilihan negara-negara yang tidak beradap dan bermartabat. pemerintahan komunis di Berlin timur membangun tembok yang memisahkan antara eropa timur dan barat dengan tujuan membatasi pengikut mereka untuk bersentuhan dengan angin kebebasan yang berhembus di Eropa barat yang dikenal dengan Tembok Berlin.Negara-negara Eropa terkungkung dalam peperangan berdarah antara negara tetangga yang bermuara pada perang dunia II (PD II). Berakhirnya PD II yang menyisakan abu dengan kemenangan di tangan sekutu dan munculnya perang dingin antara sekutu dan Rusia memunculkan ide tentang cara terbaik untuk menyelematkan Eropa di masa depan. jasa. melalui Traktat Roma dibentuklah “European Economic Community (EEC)” dengan prinsip menuju kepada terciptanya “Common Market (CM)”. adalah menlu Perancis yang mengemukan ide-ide nya dalam sebuah presentasi pada tanggal 9 May 1950 (“Europe Day”). berhasil menyatukan Eropa secara politik dan ekonomi sekaligus meningkatkan martabat negara-negara Eropa. Ide tersebut akhirnya tertuang ke dalam terbentuknya “European Coal and Steel Community (ECSC)” yang ditanda tangani pada tanggal 18 April 1951. “CM” adalah tahap integrasi suatu wilayah atau negara-negara dimana pergerakan barang dagang. modal dan orang di Eropa belum sepenuhnya bebas untuk semua negara anggota. Schuman: II. Robert Schuman. Tindakan pemerintahan komunis tidak menyurutkan usaha 6 negara untuk memperkuat kerjasama ekonomi dan politik mereka. Sejak tahun 90-an. Di barat mereka mendirikan sebuah organisasi dengan nama “Council of Europe” atau disebut juga dengan Dewan Eropa pada tahun 1949. jasa. Pada bulan Agustus 1961. Jerman. yaitu barat dan timur. Usaha bersama ini memungkinkan negara-negara anggota secara bersama-sama untuk mengontrol produksi makanan dengan sistim memberikan harga yang setara untuk semua petani. Perkembangan Uni Eropa Ditandai dengan peluncuran pesawat ulang alik Rusia Sputnik I pada tanggal 25 Maret 1957. negara anggota sepakat untuk membentuk usaha bersama dalam kerangka “Common Agriculture Policy” (“CAP”). “ECSC” yang dibentuk oleh 6 negara pionir yang juga merupakan anggota Dewan Eropa yaitu Perancis. Eropa terbagi menjadi 2 kubu. Sampai saat ini proyek “CM” masih dalam proses penyempurnaan. Kebijakan ini berhasil dalam menjamin tersedianya pasokan makanan di Eropa. Luxemburg dan Italia terbukti setelah lebih dari setengah abad. Artinya. Belanda. . Pada tanggal 30 Juli 1962. modal dan penduduk dibebaskan secara bertahap sampai tidak ada lagi hambatan. Cuplikan suasana sebelum dan saat pidato R. pergerakan barang dagang. kebjikanan diarahkan kepada pengurangan surplus produksi dan peningkatan kualitas pangan. Belgia. bahkan kelebihan suplai.

anggota UE bertambah menjadi 12 negara dengan masuknya Yunani tahun 1981 serta Spanyol dan Portugal tahun 1986. Kegagalan EFTA disinyalir karena kurangnya landasan hukum untuk berintegrasi secara politik seperti yang dilakukan UE. Dengan demikian. anggota parlemen UE bukan lagi delegasi negara anggota. Pendapat lainya adalah sebagai syarat mutlak untuk terjadinya pasar tunggal yang efektif dan efisien. keruntuhan komunis di Eropa tengah dan timur berawal di Polandia dan Hungaria yang kemudian berlanjut dengan . Rencana ini kemudian direalisasikan dengan pelaksanaan European Exchange Rate Mechanism (ERM) pada tanggal 24 April 1972 yang pada prinsipnya membatasi fluktuasi nilai antar mata uang anggota. Inggris dan Irlandia yang otomatis meninggalkan keanggotaan mereka di “European Free Trade Area (EFTA)”. Oleh karena itu ditandatanganilah “Single European Act (SEA)”. pimpinan UE sepakat membentuk “European Regional Development Fund (ERDF)” pada tahun 1974. enam anggota UE setuju untuk menghilangkan bea cukai dan menyamaratakan tarif untuk negara ketiga (“Custom Union”). hijau dan sebagainya. Walaupun bea cukai sudah dihapuskan tahun 1968. masyarakat eropa diberikan hak untuk memilih langsung wakil mereka di parlemen UE yang sebelum merupakan delegasi parlemen negara anggota. melainkan delegasi dari lintas partai yang ada di negara-negara anggota seperti partai sosialis. namun hambatan dagang masih tetap dirasakan dikarenakan perbedaan peraturan pada masing-masing negara anggota. Untuk mempertahankan stabilitas mata uang serta menghapus biaya transaksi perdagangan. UE untuk pertamakali merencanakan pembentukan mata uang tunggal pada tahun 1970. Ada juga yang berpendapat tujuan EMU adalah untuk meningkatkan peranan UE dalam sistem keuangan dunia. Pertumbuhan ini juga terlihat dengan negara ketiga dan sekarang menjadikan UE sebagai salah satu pasar tujuan ekspor terbesar di dunia termasuk Indonesia. Sejak 1979. konservatif. liberal. Seiring dengan berhasilnya kerjasama ekonomi dan politik di Eropa Barat. Program ini berlanjut sampai sekarang dengan prioritas peningkatan kualitas infrastruktur didaerah-daerah periferi (tertinggal). Sejak itu perdagangan antara negara anggota bertumbuh secara cepat. Jumlah dana yang dikeluarkan kurang lebih sepertiga dari total belanja UE. ERM merupakan langkah awal terbentuknya Euro (30 tahun kemudian). Sebagai catatan. EFTA sekarang masih ada dengan jumlah yang semakin menipis (4 anggota).Pada bulan Juli 1968. Untuk mengurangi jurang antara si kaya dan si miskin. Pada dekade 80-an. Tahun 1973 merupakan tahun pertama ekspansi UE menjadi 9 anggota dengan bergabungnya Denmark. “SEA” juga memberikan wewenang lebih kepada parlemen UE untuk mengatur masalah pelestarian lingkungan.

Mata uang EURO untuk pertamakali digunakan hanya untuk transaksi komersial dan keuangan pada tanggal 1 Januari 1999. Belanda dan Portugal. Ini sekaligus menjadi moment perubahan nama dari Komunitas Masyarakat Eropa menjadi Uni Eropa. UE berhasil menetapkan aturan main untuk rencana mata uang tunggal. Jerman. peperangan terjadi di wilayah Balkan termasuk Yugoslavia. Reformasi institusi dilakukan melalui penandatanganan Traktat Amsterdam pada tahun 1997. Inggris. Sementara European Exchange Rate Mechanis m (EERM) diterapkan untuk menahan fluktuasi kurs antara mata uang anggota dengan ECU. Aktifitas penyedotan mata uang lama seperti . Luxemburg. Runtuhnya tembok berlin: Mengawali tahun 90-an. Eskpansi terbesar dalam sejarah UE dimulai prosesnya pada Desember 1997 yang kali ini melibatkan 10 negara eropa timur yang baru terbebas dari perang sipil. negara-negara anggota UE sepakat memperkuat integrasi mereka melalui penandatanganan Traktat Uni Eropa atau Traktat Maastricht pada 7 Februari 1992. distribusi dan efisiensi ekonomi. meberikan prioritas pada peluang kerja dan hak-hak warga negara anggota. Traktat ini pada dasarnya bertujuan untuk memberikan kuasa kepada UE untuk bersuara di pentas dunia. Pasar tunggal Eropa menjadi kenyataan pada tahun 1993 dengan diratifikasinya perangkat hukum untuk menjamin bergerak dengan bebasnya faktor produksi yang mengarah kepada skala ekonomis. Sedangkan mata uang kertas dan koin akan dicetak belakangan. Denmark dan Swedia berjibaku untuk berdiri di luar kerangka EURO dengan alasan politis (kedaulatan keuangan) untuk mensukseskan peluncuran EURO sebagai mata uang masa depan Eropa dan Dunia digunakanlah “European Currency Unit (ECU) sebagai satuan nilai tukar mata uang negara anggota dengan EURO. Ekspansi ketiga UE ditandai dengan bergabungnya Austria. Bebaslah mereka dari kungkungan komunis. Perancis. komunitas kerjasama luar negeri dan kerjasama di bidang keamanan dan peradilan yang terkenal dengan tiga pilar kebijakan UE. Negara yang setuju memakai EURO sebagai mata uang ada 12 negara (Yunani masuk tahun 2001).runtuhnya Tembok Berlin tahun 1989 diikuti eksodus penduduk dari timur ke barat.68 dstnya. Finlandia dan Swedia pada tahun 1995 sehingga menjadi 15 negara anggota (hampir seluruh negara Eropa Barat). sedangkan koin memiliki ciri khas negara anggota. Uang kertas EURO memiliki fitur yang sama di semua negara. Kroasia dan Bosnia tahun1991. Perjanjian “schengen” dimana visa tidak dibutuhkan lagi untuk memasuki wilayah anggota yang meratifikasi ditandatangani oleh tujuh negara anggota yaitu Belgia. Melalui traktat ini. Berbeda dengan UE. Spanyol. Misal 1 Deutsche Mark = € 0. Perayaan tahun baru 2002 sekaligus menjadi momentum peluncuran EURO sebagai mata uang tunggal di 12 negara UE.

UE sangat berhasil memperluas integrasi dari segi kwantitas. UE Masa Kini Bergabungnya 10 negara Eropa Timur May. Konstitusi yang sudah ditandatangani itu untuk sementara belum bisa diratifikasi. (19. Peristiwa Bersejarah Tahun 1946 Pidato Zürich.“Deutsche Mark (DM)” dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Gagalnya referendum di Belanda dan Perancis 2005 merupakan peringatan bagi UE bahwa segala sesuatu ada batasnya termasuk integrasi. Pimpinan UE mendeklarasikan “period of reflection” untuk sementara masing-masing anggota memikirkan ulang secara seksama alasan kegagalan ratifikasi ini yang merupakan hal yang cukup memprihatinkan pemimpin UE. Kronologis Sejarah UE Untuk menyederhanakan alur sejarah panjang UE. karena akan berdampak positif terhadap pengurangan transaksi perdagangan dan stabilitas mata uang. Walau perwakilan ke-25 negara anggota UE telah menandatangani konstitusi UE oktober 2004. Kekhawatiran tentang adanya keterbatasan UE dalam memperdalam integrasi dan adanya defisit demokrasi dalam sistem pengambilan keputusan UE yang cenderung ”Top Down” mulai mengemuka. W. Sementara pencetakan dan distribusi mata uang baru merupakan tugas logistik baru yang menyenangkan. traktat baru yang mampu mengakomodasi kondisi baru institusi. Churchills. berikut ditampilkan tabel kronologis peristiwa sejarah penting UE. Usaha UE untuk meingkatkan kwalitas integrasinya sejak anggotanya berjumlah 27 yaitu dengan menampung aspirasi di Perancis dan Belanda dan merevisi konstitusi UE yang ditolak tahun 2005 menjadi Traktat Lisbon (TL) kembali mendapatkan batu sandungan setelah referendum di Irlandia menyatakan tidak untuk TL. ekspansi ke timur terus bergulir. Bagaimana sejarah UE bergulir pada detik-detik ke depan? Mari sama-sama kita pasang mata dan telinga. IV. Dengan keanggotaan yang semakin besar. Sebagimanan disebutkan sebelumnya. Apakah rakyat masih bersama mereka? Terlepas dari gagal diratifikasinya konstitusi UE pertama yang sudah ditandatangani. namun belum tentu berhasil dalam mempertahankan kwalitas integrasinya. negara-negara anggota baru ini sudah antri sejak tahun 1997. III. Kali ini Bulgaria dan Romania resmi menjadi anggota baru Januari 2007 yang menjadikan UE sekarang beranggotakan 27 negara anggota. ternyata rakyat di negara anggota jauh lebih berkuasa. 2004 merupakan ekspansi terbesar UE. September) Keterangan Lain-lain .

Jerman Rencana Perancis tentang Komunitas Ansuransi Eropa dan 1953 1955 Komunitas Politik Eropa.Diskusi masuknya Denmark. 1960 1961 1965 1966 1969 Austria. Jerman Pendirian EFTA : Inggris.Pendirian NATO. Swedia Rencana Fouchet Perjanjian Fusi (8 April). Italia.Laporan Davignon (Oktober) Lain-lain Kerjasama Politik EC EC Summit Politik Internasional Anggota Anggota EC 1970 1973 1976 . Liechstenstein. Perancis. Norwegia. Inggris.Pendirian OEEC (OECD. (4 April) Lain-lain 1949 . Swiss. Belanda.Konvensi Hak Asasi Manusia Eropa (4 November) . Belanda. Inggris dan Denmark Laporan Tindermans .Paris . Luxemburg.Pendirian Dewan Eropa/Council of Europe (5 may) .Pendirian Komunitas Ekonomi Eropa dan Komunitas Atom Eropa Kerjasama Politik Summit Summit EC Anggota 1957 .Pendirian ECSC (18 April 1951/25 Juli 1952) 1951 . Perancis. Irlandia dan Norwegia Masuknya Irlandia. (7 Maret) .Pidato Robert Schumans (9 May) Lain-lain Summit Lain-lain Summit EC Anggota 1950 .Roma . krisis EC : Politik pengosongan kursi Kompromis Luxemburg (29 Januari) Konferensi Den Haag .Belgia. Italia. (16 April) Lain-lain 1948 . Finlandia. dibantah di parlemen Konferensi Messina .Pendirian WEU (EEC).1947 Perjanjian Dünkirchen (Perancis dan Inggris) . Luxemburg.Belgia.

SF Treaty of Amsterdam (Treaty of European Community) Unifikasi Moneter Eropa (EMU) Treaty of Nice (baru berlaku mulai 1 Februari 2003) Peluncuran EURO (EU-12) Ekpansi UE ke timur berdering Bergabungnya 10 Negara Eropa Timur (lihat politik) Referendum di Perancis dan Belanda menolak Konstitusi UE (May) Bergabungnya Bulgaria dan Rumania Bulgaria dan Rumania memasuki Eurozone (EU-14) Referendum di Irlandia menolak Treaty of Lisbon (June) EC EC . S. Anggota 1981 .Penandatanganan EEA (Akta Ekonomi Eropa) .Masuknya Yunani Dewan Eropa : Stuttgart 1983 Peresmian Uni Eropa .Inisiatif Genscher-Colombo EC EC Kerjasama Anggota Summit Kerjasama Summit EC Kerjasama Pol.Masuknya Spanyol dan Portugal Aplikasi I Turki Laporan Delors Fase I Unifikasi mata uang Treaty of Maastricht (Treaty of European Union Masuknya A.Reformasi mendasar 3 komunitas Eropa (17 Februari) .Pendirian Kerja Politik Eropa (1 Juli 1987) 1986 1987 1989 1990 1991 1995 1997 1999 2000 2002 2004 2005 2005 2007 2007 2008 .1978 1979 Pendirian EWS (Dewan Sosial dan Ekonomi Eropa) Pemilihan langsung anggota Parlemen Eropa .

menarik untuk mengikuti perjalanan sejarah pembentukan Uni Eropa hingga berhasil menjadi satu organisasi regional yang tangguh dan disegani dunia internasional. Kawasan Pasar Bebas Amerika Utara (NAFTA). sebuah organisasi regional yang sangat berpengaruh di dunia dan beranggotakan 25 negara di Eropa .TONGGAK-TONGGAK PENTING SEJARAH PEMBENTUKAN UNI EROPA Oleh Yuri Alfrin Aladdin Jakarta. Tidak ada satupun keputusan UE yang tidak dicermati oleh negara-negara lainnya karena setiap kebijakannya dipastikan dapat membawa dampak internasional berhubung kebijakan tersebut merupakan kebijakan bersama yang harus ditaati oleh semua negara anggotanya. contohnya saat terjadi serangan AS-Inggris ke Irak. Karena itu. untuk kebijakan luar negeri sampai saat ini masih merupakan kelemahan UE. contohnya seperti kebijakan penggunaan mata uang tunggal euro yang ditolak rakyat Inggris. meskipun dalam beberapa kasus. di antara organisasi-organisasi regional lainnya seperti Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). 5/5 (ANTARA) .Uni Eropa (UE). terlihat dengan buntunya Konperensi Moskow tanggal 24 April 1947 mengenai isu Jerman yang meyakinkan Barat bahwa Uni Soviet – sekutu saat bertempur melawan Nazi Jerman – akan menjadi sumber ancaman seketika terhadap demokrasi Barat. karena perpecahan di dalam membuat suatu kebijakan luar negeri bersama. Kebijakan bersama UE tersebut sangat terlihat pengaruhnya di bidang ekonomi. AS berkeinginan untuk menarik Jerman (Barat) ke dalam suatu persekutuan negara-negara Eropa Barat untuk dapat menghadapi ancaman Blok Timur. Blokade kota Berlin oleh pihak Soviet pada Juni 1948 telah membagi negara tersebut menjadi dua negara. serta Mercosur (asosiasi kerjasama perdagangan negara-negara Amerika Latin). Sementara. Blok Barat vs Blok Timur Sejarah pembentukan UE bermula saat berakhirnya Perang Dunia II yang ternyata tidak serta merta mewujudkan perasaan aman di hati masyarakat Eropa. yang kemudian makin meningkatkan ketegangan di antara dua blok. Denmark dan Swedia. yakni Blok Barat yang terdiri atas AS dan Eropa Barat serta Blok Timur yang terdiri atas negara-negara Eropa Timur yang dipimpin Uni Soviet. Bahkan ASEAN sendiri bercita-cita dapat berkembang seperti UE. Organisasi regional ini diakui banyak pengamat internasional sebagai satu-satunya organisasi regional yang paling berhasil mengintegrasikan negara-negara anggotanya dalam satu kebijakan bersama. Hal tersebut hanya dapat dicapai dengan cara menyingkirkan rivalitas lama antara Perancis dan Jerman. strategi yang . Suatu ancaman akan terjadinya Perang Dunia III antara pihak Barat dan Timur berkembang demikian cepat. akan merayakan hari jadinya ke-56 pada tanggal 9 Mei mendatang. keputusan-keputusan UE masih memberikan pengecualian untuk tidak ditaati disebabkan kondisi-kondisi khusus yang dialami negara anggota. yang membuat Uni Eropa terpecah dalam dua kubu. Apapun juga.

maka EEC Treaty lebih merupakan sebuah traktat kerangka kerja ("framework treaty"). Keduanya mulai berlaku sejak tanggal 1 Januari 1958. yang menggantikan "Special Council of Ministers" di ketiga "Communities". Deklarasi tersebut Antara lain berisi penghilangan rivalitas antara Jerman dan Perancis. kuota impor. pekerja dan modal dari sektor batu bara dan baja dari negara-negara anggotanya dapat bergerak dengan bebas. Tujuan utama ECSC Treaty adalah penghapusan berbagai hambatan perdagangan dan menciptakan suatu pasar bersama dimana produk. Perjalanan organisasi kerjasama regional ECSC hingga terbentuknya "European Union" (Uni Eropa) ditandai dengan beberapa traktat yang menjadi tonggak bersejarah bagi organisasi itu. Belgia. para Menlu dari enam negara penandatangan ECSC Treaty bersidang di Messina. Jika ECSC dan Euratom merupakan traktat yang spesifik dan rinci . seorang pejabat tinggi Perancis yang bertanggungjawab dalam hal perencanaan modernisasi Perancis. Pada musim semi 1950. 1985 Pada tanggal 14 Juni 1985.dilancarkan AS adalah dengan meminta pihak Perancis melakukan pendekatan kepada pihak Jerman (Barat). Hasil utama dari traktat ini yaitu bahwa ketiga Communities tersebut masing-masing memiliki organ eksekutif yang berbeda-beda. namun lebih dikenal dengan Euratom dan European Economic Community (EEC). melembagakan "Rotating Council Presidency" untuk masa jabatan selama enam bulan. Schuman lalu bekerjasama dengan Jean Monnet . Tujuan utama EEC Treaty adalah penciptaan suatu pasar bersama diantara negara-negara anggotanya melalui pencapaian suatu "custom unions" (kesatuan kepabeanan) yang di satu sisi melibatkan penghapusan "customs duties" (bea masuk) di antara anggota UE. Luksemburg dan Perancis dengan hasil utama yakni pembentukan ECSC dan penghapusan rivalitas lama antara Jerman dan Perancis. Jean Monnet lalu menyusun suatu deklarasi yang kemudian disepakati Pemerintah Jerman dan Perancis pada 9 Mei 1950 yang dapat dianggap sebagai landasan awal bagi Federasi Eropa. The Treaty of Rome (Euratom dan EEC). dimana mereka sepakat untuk secara bertahap menghapuskan pemeriksaan di perbatasan mereka dan menjamin pergerakan bebas manusia. yang traktat-nya ditandatangani tanggal 18 April 1951 di Paris dan berlaku sejak 25 Juli 1952 sampai tahun 2002. Selain itu. Belgia. 2. . Itali. 1952 Proses integrasi Eropa bermula dari dibentuknya Komunitas Batu Bara dan Baja Eropa ("European Coal and Steel Community"/ECSC). Traktat-traktat tersebut yakni : 1. Jerman. Pada tanggal 25 Maret 1957 di Roma ditandatangani European Atomic Energy Community (EAEC). juga dilakukan harmonisasi kebijakan-kebijakan nasional negara anggota menyangkut "custom unions" yang diimplementasikan melalui kebijakan yang disebut sebagai "The Four Freedom of Movement" yaitu pembebasan barang. Selain itu . serta memberi dasar bagi pembentukan "Federasi Eropa". Traktat ini ditandatangani oleh Belanda. 1957 Pada tanggal 1-2 Juni 1955. Namun sejak tanggal 1 Juli 1967 dibentuk satu Dewan dan satu Komisi untuk lebih memudahkan manajemen kebijakan bersama yang semakin luas. dimana Komisi Eropa mewarisi wewenang "ECSC High Authority". baik warga mereka maupun warga negara lain. serta di sisi lain memberlakukan suatu "Common Customs Tariff (CCT/ Tarif Kepabeanan Bersama) terhadap negara ketiga (nonanggota UE). Menlu Perancis Robert Schuman. menggantikan Badan-badan Audit ECSC. pekerja dan modal melintas di antara sesama negara anggota UE. jasa. 3. Sejak saat itu ketiga communities tersebut dikenal sebagai European Communities (EC). The Treaty of Paris (ECSC). Luksemburg dan Perancis menandatangani "Schengen Agreement". serta membentuk Badan Audit Masyarakat Eropa. serta melakukan terobosan kerjasama di bidang baja dan batubara (ECSC) yang dianggap lebih mudah untuk diwujudkan. dilakukan pembentukan Dewan Menteri UE. Jerman. dipercaya AS dan Inggris untuk menjalankan misi penting yakni membawa Republik Federal Jerman (RFJ) kembali ke persekutuan Blok Barat. Belanda. Italia. Schengen Agreement. "EEC Commission" dan "Euratom Commission". Euratom dan EEC. dan memutuskan untuk memperluas integrasi Eropa ke semua bidang ekonomi. dan berbagai hambatan perdagangan lain diantara negara anggota.

Selain itu . dengan dihadiri oleh Presiden Komisi Eropa. Masyarakat Eropa mencanangkan pembentukan sebuah Pasar Tunggal Eropa. Finlandia. Norwegia dan Swedia (1996). pendidikan. TEU mencakup. serta memperkenalkan prinsip subsidiarity. Portugal dan Spanyol (1991). pasar tunggal. maka TEU menambahkan karakter lain yaitu kerjasama dibidang Common Foreign and Security Policy (CFSP) dan Justice and Home Affairs (JHA). yang bertemu paling tidak setahun dua kali. Denmark. Bidang-bidang yang masuk dalam prosedur tersebut adalah: pergerakan bebas pekerja. serta memberikan UE suara yang lebih kuat di dunia internasional dengan menunjuk seorang High Representative for the CFSP dan membuat struktur institusi UE lebih efisien. Selain itu. "European Political Cooperation" secara resmi diterima sebagai forum koordinasi dan konsultasi antar pemerintah serta seluruh persetujuan asosiasi dan kerjasama serta perluasan Masyarakat Eropa harus mendapat persetujuan Parlemen Eropa. Negara yang tidak (atau belum) menyetujui kerjasama tersebut dapat bergabung di kemudian hari. dan mulai berlaku mulai tanggal 1 Juli 1987. 5. yang dianggap sebagai problem utama Eropa saat ini. yang ditandatangani pada bulan Pebruari 1986. European Council (para Kepala Negara dan Pemerintahan ke-15 negara anggota UE) merevisi TEU dan menghasilkan sebuah traktat baru yang disebut sebagai "The Treaty of Amsterdam" yang mempunyai empat tujuan utama. mengubah European Communities (EC) menjadi European Union (EU). perlindungan lingkungan. Traktat itu juga menyediakan kemungkinan dilakukannya "enhanced cooperation". memasukkan dan memodifikasi traktat-traktat terdahulu (ECSC. yaitu membatasi wewenang institusi UE agar hanya menangani masalah-masalah yang memang lebih tepat dibahas di level UE. Austria (1995). Selain itu. penelitian. "Common Foreign and Security Policy" (CFSP) dan "Justice and Home Affairs" ( JHA). 4. Brussels. 1997 Pada pertemuan mereka tanggal 17 Juni 1997 di Amsterdam. . menambah area kebijakan yang harus diputuskan dengan mekanisme "qualified majority" (tidak lagi "unanimity"). Meskipun penyediaan lapangan kerja tetap merupakan kewajiban utama pemerintah nasional. Hasil utama dari kesepakatan ini adalah pembentukan tiga pilar kerjasama UE. budaya dan perlindungan konsumen. Kesepakatan ini juga memberikan wewenang yang lebih besar kepada Parlemen Eropa untuk ikut memutuskan ketentuan hukum UE melalui mekanisme prosedur keputusan bersama dengan Parlemen dan Dewan UE bersama-sama memutuskan suatu produk hukum. yaitu: beberapa negara anggota (minimal sdelapan anggota) dapat melakukan suatu kerjasama meskipun tidak semua negara anggota menyetujuinya. Tujuan utama Single Act adalah pencapaian pasar internal yang ditargetkan untuk dicapai sebelum 31 Desember 1992. yaitu: riset dan pengembangan teknologi. Single European Act. Euratom dan EEC). lingkungan. 6. Traktat ini juga menyepakati penghapuskan hambatan terakhir menuju "Freedom of Movement" dan memperkuat keamanan. Salah satu contohnya adalah bentuk-bentuk kerjasama dalam kerangka CFSP. juga diputuskan untuk memperpanjang masa jabatan Komisioner menjadi lima tahun dari sebelumnya 2 tahun dan pengangkatannya harus mendapat persetujuan Parlemen.Perjanjian ini kemudian diperluas dengan memasukkan Itali (1990). Hasil utama kesepakatan ini yakni melembagakan pertemuan reguler antara Kepala Negara dan/atau Pemerintahan negara anggota Masyarakat Eropa. dengan meningkatkan kerjasama negara anggota di bidang "Justice and Home Affairs". Jika traktat pembentukan "European Community" (TEC) memiliki karakter integrasi dan kerjasama ekonomi yang sangat kuat. Traktat Amsterdam menekankan perlunya usaha bersama seluruh negara anggota untuk mengatasi pengangguran. kesehatan. 1987 Berdasarkan White Paper yang disusun oleh Komisi Eropa dibawah kepemimpinan Jacques Delors pada tahun 1984. termasuk hak voting) jika negara anggota tersebut melakukan pelanggaran HAM. Single Act. Trans-European Network. The Treaty of Maastricht (Treaty on European Union). Antara lain. memprioritaskan hak-hak warga negara dan penyediaan lapangan kerja. dan kebijakan sosial. terutama berkaitan dengan gelombang ke-6 perluasan ("enlargement"). terutama ditujukan sebagai suplemen EEC Treaty. The Treaty of Amsterdam. Yunani (1992). 1992 "Treaty on European Union" (TEU) yang ditandatangani di Maastricht pada tanggal 7 Februari 1992 dan mulai berlaku tanggal 1 November 1993. traktat ini juga menyepakati pemberian wewenang pada Dewan Menteri untuk menjatuhkan hukuman pada negara anggota (dengan mencabut sementara beberapa hak mereka. yaitu "European Communities".

negara tersebut menerapkan prinsip-prinsip demokrasi. . dan batas maksimum jumlah Komisioner akan ditetapkan setelah UE beranggotakan 27 negara. penegakan hukum. Yunani (1981). Keanggotaan UE terbuka bagi setiap negara Eropa yang ingin menjadi anggota dengan dua persyaratan yang harus dipenuhi. 2000 Pertemuan "European Council" tanggal 7-9 Desember 2000 di Nice mengadopsi sebuah traktat baru yang membawa perubahan bagi empat masalah institusional. dan kedua. Traktat tersebut juga merubah bobot suara negara-negara anggota UE mulai 1 Januari 2005 (sudah termasuk negara-negara anggota baru). Polandia. Uni Eropa semakin mengarah kepada "super state" negara Eropa Bersatu . Melihat perjalanan sejarah pembentukan UE. yakni Uni Eropa. visa dan imigrasi sebagai kebijakan bersama (kecuali bagi Inggris dan Irlandia). KTT UE Kopenhagen . yaitu pertama. Hongaria. jumlah Komisioner dibatasi menjadi satu Komisioner tiap satu Negara (tidak lagi berdasarkan perbandingan jumlah penduduk). Turki masih didorong untuk melakukan reformasi politik dan ekonomi dalam negerinya agar memenuhi kriteria standar UE ("Copenhagen Criteria"). penghormatan HAM dan menjalankan segala peraturan perundangan UE ("acquis communautaires"). Latvia. bobot suara di Dewan Uni Eropa. 8. antara lain. Italia. Jerman. Hasil utama dari kesepakatan tersebut . Banyak pengamat internasional juga menyimpulkan bahwa setelah keberhasilan penyatuan mata uang tunggal euro. Denmark. Estonia. Siprus. Kita tunggu ! (Y006) . mulai 2005. Austria. Luksemburg dan Belanda (1952-1957l). negara yang bersangkutan harus berada di benua Eropa. Disepakati pula. 7. kita dapat menyimpulkan bahwa organisasi regional ini telah mencapai tingkat kedewasaan yang tinggi dengan negara-negara anggotanya bersedia menyerahkan sebagian kedaulatannya pada supra struktur yang lebih tinggi. Menuju Negara Eropa Bersatu UE saat ini telah beranggotakan 25 negara. traktat juga memasukkan "Schengen Agreement" dalam TEU (dengan pengecualian pada Inggris dan Irlandia) serta menjadikan suaka ("asylum"). Finlandia dan Swedia (1995). The Treaty of Nice. serta Republik Ceko. Perancis. Lithuania. terdiri atas Belgia. Portugal dan Spanyol (1986). Irlandia dan Inggris (1973).Disisi lain. mengganti sistem "unanimity" (suara mufakat bulat) dengan "qualified majority" (mayoritas memenuhi persyaratan) dalam proses pengambilan keputusan dan pengeratan kerjasama. Selain itu. membatasi jumlah anggota Parlemen maksimal sebanya 732 orang dan sekaligus memberi alokasi jumlah kursi tiap negara anggota (sudah termasuk negara anggota baru). juga disepakati mengganti mekanisme pengambilan keputusan bagi 30 pasal dalam TEU yang sebelumnya menggunakan "unanimity" dan diganti dengan menggunakan mekanisme "qualified majority voting". Untuk mewujudkan impian itu mungkin masih memerlukan perjalanan panjang mengingat hal itu membutuhkan kerelaan negara-negara anggotanya untuk melepaskan kedaulatan pemerintahannya masing-masing. Sementara itu. Denmark. tanggal 12-13 Desember 2002 telah memutuskan akan menerima keanggotaan Bulgaria dan Rumania yang saat ini masih dalam proses perundingan aksesi. yang wacananya pernah menjadi polemik di beberapa media massa Eropa. Republik Slovakia dan Slovenia mulai 1 Mei 2004. dengan memperhatikan perluasan anggota UE. yakni komposisi dan jumlah Komisioner di Komisi Eropa. dengan suatu pemerintahan tunggal . pada tahun 2007. Konvensi Masa Depan Eropa dan Traktat Aksesi 10 Negara Anggota Baru Berbagai traktat UE tersebut akan mengalami perubahan. sebagai hasil dari konvensi mengenai Masa Depan UE dan Traktat Aksesi 10 negara anggota baru yang ditandatangani tanggal 16 April 2003 dan mulai berlaku tanggal 1 Mei 2004. Malta.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->