FILSAFAT

(Ilmu) Filsafat

FILSAFAT ILMU

Ilmu Kedokteran

Ilmu Teknik

Ilmu Sosial

dll

PHILO = Cinta

PHYTAGORAS

PHILOSHOPIA

Bahasa Yunani
SHOPIA = kebijaksanaan

FILSUF = PECINTA KEBIJAKSANAAN

PHYLOSOPHY

Bahasa Inggris

FALSAFAH

Bahasa Arab

FILSAFAT

Bahasa Indonesia

SHOPIA Kemahiran/Kecakapan Perdagangan dan Pelayaran Kecakapan Bidang Syair dan Musik Kecakapan dalam Ilmu Pengetahuan Untuk mencapai Kebenaran Murni Filsafat : Suka/Cinta pada ilmu pengetahuan yang berdasarkan pada kebenaran Filsuf : Orang yang mencari kebenaran murni .

donc je suis Saya berpikir maka saya ada .ergo sum Je pense.DESCARTES(1596-1650): PENDIRI FILSAFAT MODERN: Filsafatnya dimulai dengan keraguan : Metode Keraguan Descartes (Cartesian Doubt): Meragukan semua ilmu pengetahuan Ahli matematika: -Analytical Geometry -Cartesian Coordinates Hal yang tidak dapat diragukan yaitu berpikir Cogito.FILSAFAT ABAD MODERN • 1.

.

ASAL FILSAFAT : 1. 3.KESANGSIAN: Kesangsian sebagai sumber utama pemikiran.matahari dan langit lalu dilakukan pengamatan dan penyelidikan.KEHERANAN: Heran melihat bintang. . 2.KETERBATASAN: Sadar bahwa dirinya sangat kecil dan lemah bila dibandingkan dengan alam sekitarnya.

Galaxi 200 milyar Galaxy BIMA SAKTI 1.75 cm .

estetika.  AL FARABI: Ilmu(pengetahuan)tentang hakekat bagaimana alam terwujud. .etika.DEFINISI FILSAFAT  PLATO : Pengetahuan yang mencoba untuk mencapai kebenaran asli.  ARISTOTELES: Ilmu(pengetahuan) yang meliputi kebenaran yang didalamnya mengandung ilmu-ilmu metafisika.logika.

ETIKA DAN ESTETIKA .DEFINISI FILSAFAT: 1.MENDALAM SAMPAI KE-AKAR-AKARNYA 3.ALAM SEMESTA DAN MANUSIA 4.KETUHANAN.UNSUR-UNSUR: LOGIKA.KEBENARAN SEJATI 2.

Perasaan serta Tanggung Jawab Moral .Nilai Kebenaran .Menjauhi Kesalahan .Meningkatkan Rasa Keindahan Berdasarkan pada perasaan .Apa yang Harus dilakukan dalam hal-hal yang baik Berdasarkan pada pikiran ETIKA Berdasarkan pada kemauan ESTETIKA : .Nilai Keindahan .Nilai Kebaikan .Bagaimana Berpikir Secara Benar : .KETERANGAN : LOGIKA : .

TIGA DIMENSI A.TIGA DIMENSI A. DIMENSI PANJANG DIMENSI LEBAR DIMENSI TINGGI DIMENSI LOGIKA DIMENSI ETIKA DIMENSI ESTETIKA . C. C. B. B.

Etika. Berlaku Universal (Padat. Berlaku Universal 3.1. Perlu Tempat 2. Logika. P x L x T (Volume) 1. Estetika = Ilmu Pengetahuan 2. Pikiran (Dapat dipahami dan dimengerti) 3. cair atau gas semua mempunyai volume) .

dan bentuk untuk wujud suatu ilmu (di dalam pengetahuan kita) 2. Melindungi bagian-bagian tubuh yang penting : otak. luas. Menegakkan berdirinya tubuh 3. Tempat melekatnya organ-organ tubuh yang membentuk sistim dan kesatuan yang bulat . paru-paru. Memberi batasan yang jelas mengenai isi. Menegakkan kegunaan dan kehadiran ilmu dalam dunia pengetahuan sehingga dapat diterima sebagai suatu kebenaran universal 3. Memberi bentuk bagi tubuh GUNA FILSAFAT BAGI ILMU PENGETAHUAN 1. hati. dll 4. jantung.GUNA RANGKA BAGI TUBUH 1. Melindungi pokok-pokok pikiran yang berada dalam suatu ilmu 4. Tempat tumbuhnya berbagai jalan pikiran dasar yang menjadi pangkal sendi ilmu pengetahuan 2.

tradisi yang ada di masyarakat Indonesia(terikat ruang dan waktu) . SECARA KHUSUS Dengan berfilsafat dapat digali kembali kekayaan kebudayaan.Dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar manusia yang tidak terikat ruang dan waktu. 2.Mendalami pertanyaan asasi manusia tentang makna realitas dan ruang lingkupnya.KEGUNAAN FILSAFAT  SECARA UMUM: 1.

luas dan mendalam .PERANAN FILSAFAT 1.PEMBIMBING: Filsafat membimbing manusia berpikir secara rasional.PENDOBRAK: Pendobrak terhadap tradisi dan kebiasaan seperti mitos yang terdapat dalam masyarakat 2.PEMBEBAS: Filsafat membebaskan manusia dari belenggu Cara berpikir mistis 3.

seperti yang diselidiki oleh ilmu pengetahuan.1941 ( Mohammad Hatta ) : 1.melainkan orang mencari tahu tentang Apa yang sebenarnya pada barang atau masalalah itu. dari mana dan kemana. dari mana jadinya dan kemana tujuannya.Filosofi meninjau dengan pertanyaan apa itu.Alam Pikiran Yunani. Disini orang tidak mencari pengetahuan sebab dan akibat daripada suatu masalah. .

pukul kentongan.gerhana akan hilang.PENGETAHUAN Pengetahuan filsafat adalah pengetahuan yang diperoleh dengan cara berpikir logis tentang obyek yang abstrak logis Pengetahuan ilmu (sains)(Ilmu pengetahuan): pengetahuan yang logis yang didukung oleh bukti empiris Ada pengetahuan dengan bukti empiris tetapi tidak logis.pengetahuan ini disebut pengetahuan mistik .pengetahuan ini bukan sains Contoh : Gerhana.

Latihan Mistik .PENGETAHUAN MANUSIA Pengetahuan Obyek FILSAFAT Abstrak Logis ILMU Empiris Metode Rasio Sains Ukuran Logis Logis& Bukti E. Rasa yakin MISTIK Abstrak Supran.

.

Hukum-hukum Alam .POLA PIKIR MITOSENTRIS (Semua yang terjadi dialam diatur oleh Dewa-Dewa) Berpikir rasionalis POLA PIKIR LOGOSENTRIS (Semua yang tejadi dialam jagad raya terjadi secara alamiah) -Tidak ditakuti -Didekati Dieksploitasi .Teori-teori ilmiah MAKROKOSMOS (Alam jagad raya) MIKROKOSMOS (Manusia) Astronomi Kosmologi Fisik Kimia Biologi Psikologi Sosial .

THALES : 624 – 546 SM .Bahan (stuff) : AIR ( Oleh karena air sangat vital bagi kehidupan manusia)  .Bapak Filsafat .SEJARAH FILSAFAT ABAD YUNANI : 1.What is the nature of the world stuff? .

2.Heraclitus : 544 -484 SM -Alam semesta dinamis -Alam semesta : suatu gerakan yang mengalir yang mengalami perlawananSuatu proses perlawanan - Benar hari ini belum tentu benar besok Teori Relativisme Semua kebenaran bersifat relatif .

3. DEFINISI : Ciri-ciri sama dikumpul. ciri-ciri lain yang tak disetujui dibuang . INDUKSI : hal-hal khusus dikumpul menjadi pengetahuan umum 2. ada kebenaran yang bersifat umum diterima oleh semua orang -TEORI DIALEKTIKA (dialegesthai= bercakap-cakap) 1.SOCRATES : 470 – 399 SM Orang bijaksana adalah orang yang tahu bahwa dia tidak tahu Menentang teori relativisme Tidak semua kebenaran bersifat relatif.

Dunia IDE:dunia yang sempurna dan abadi. Karya PLATO :POLITICIA.Mendukung Socrates dengan teori IDE .4.Dunia INDRAWI:tempat kita hidup sekarang dunia indrawi ini berasal dari dunia ide. .Dunia terbagi atas 2 bagian : 1. 2.PLATO : 427 – 347 SM : -Murid Socrates -Mendirikan sekolah AKADEMIA .REPUBLIKA dan THE LAWS.

Seorang filsuf melalui jalur akademik -Alumnus Akademia Plato -Teori : MATTER & FORM -MATTER: Bahan -FORM : Pembentuk/pembungkus -Semua obyek terdiri atas matter&form -Form tanpa matter : TUHAN .Murid Plato . ARISTOTELES : 384 – 322 SM .5.

Pengetahuan harus dicari dengan bertolak pada kenyataan. Julukan: .Fisika.ARISTOTELES • Aristoteles bertentangan dgn Plato. Aristoteles: ahli dalam bidang Biologi.anatomi. Kimia.zoologi.Bapak Ilmu Pengetahuan .Bapak Ensiklopedia.jasmani dan empiris. .embriologi dan psikologi.meteorologi.

PLOTINUS : TUHAN BUKAN UTK DIPAHAMI MELAINKAN UNTUK DIRASAKAN.SEJARAH FILSAFAT ABAD PERTENGAHAN SEJARAH FILSAFAT SEJARAH PERTARUNGAN AKAL DAN HATI(IMAN) JALAN HIDUP MANUSIA 1. ALAM SEMESTA MERUPAKAN BAYANGAN DARI YANG ASAL. TEORI EMANASI: TEORI PENCIPTAAN YAITU BAHWA ALAM SEMESTA DICIPTAKAN MELALUI PEMUNCULAN DAN TETAP BERGERAK. FILSAFAT RASIONALIS DAN SAINS TIDAK PENTING .

ANSELIMUS (1033-1109) : TEORI : CREDO UT INTELLIGAM : Percaya dulu baru mengerti Tidak perlu membuktikan adanya Tuhan.Ishould not understand) . oleh Karena saya telah beriman kepada Tuhan (I believe.that unless I believe.

Jadi ADA PERTAMA harus ada oleh karena sekarang sudah ada alam semesta 3.1.3. THOMAS AQUINAS (1225-1274) FILSAFAT RASIONAL : Menyatukan iman dan akal Membuktikan adanya Tuhan. TEORI TINGKATAN 3.2.berdasar 5 faktor : 3. TEORI KEMUNGKINAN DAN KEHARUSAN (POSSIBILITY AND NECESSITY): Bila suatu waktu tidak ada sesuatu maka tidak mungkin muncul sesuatu yang ada.3.4. TEORI KETERATURAN ALAM .5. TEORI PENGGERAK 3. TEORI PENYEBAB(EFFICIENT CAUSE) 3.

2.wartawan dan penulis Buku: Das Kapital Manusia terbagi atas 2 golongan : 1. KARL MAX (1818-1883) Filosof.Golongan yang bekerja dengan otak/akal yaitu para majikan 2.Golongan yang bekerja memakai otot/tangan yaitu para pekerja kasar Karl Max menghendaki persatuan kedua golongan untuk hidup bersama .

dimana letak kehidupan yang tidak mengenal usia/kematian .PANGERAN SIDDHARTA GAUTAMA Periode: 623 – 560 SM 4 macam peristiwa : -Orang tua -Orang sakit Raja atau BUDHA -Orang mati -Pertapa BUDH: Bangun sekaligus mengetahui SIDDHARTA GAUTAMA BUDHA: Ia yang bangun Ia yang mengetahui Hidup manusia tidak luput dari usia dan kematian.

tempat. Banyak diantaranya memusatkan pada filosofi dan kedokteran. dan juga dokter kelahiran Persia (sekarang sudah menjadi bagian Uzbekistan). Dia adalah pengarang dari 450 buku pada beberapa pokok bahasan besar. ilmuwan. The Canon of Medicine dikenal juga sebagai sebagai Qanun (Al-Qanun fi At Tibb).The Book of Healing 2.” Karangannya yang paling terkenal adalah 1.” George Sarton menyebut Ibnu Sina “ilmuwan paling terkenal dari Islam dan salah satu yang paling terkenal pada semua bidang. Dia dianggap oleh banyak orang sebagai “Bapak kedokteran modern. dan waktu.IBNU SINA (980-1037) dikenal juga sebagai AVICENNA di Dunia Barat adalah seorang filsuf. .

FAITH .VEGETARIANISM 4.BRAHMACHARYA 5.SIMPLICITY 6.NONVIOLENCE 3.GANDHI’S PRINCIPLES : 1.TRUTH 2.

Shiji.LAO TZE Lao Tzu (Tionghoa: 老子. . pinyin: Lǎo Zǐ) merupakan ahli filsafat yang terpopuler dan juga merupakan pendiri Taoisme (Tionghua: 道教 atau 道家) kini. tetapi kewujudannya terbukti dalam catatan historis Tiongkok. Riwayat hidupnya tidak banyak terdapat dalam catatan historis.

bukan manusia biasa . “Sahabat Tua”.Pionir : LAOTZU (479-289 SM) . “Sang Guru Tua” .Kitab : TAO TE-CHING Dikenal sebagai : “Putera Tua”.dikandung oleh ibunya selama 82 t .lahir sebagai orang tua dengan rambut putih guru moral yang luar biasa B.3. TAOISME A. Sejarah . Arti TAO : Secara harfiah yaitu jalan setapak Sebagai ajaran (dari kitab : TAO-TE CHING) .Legenda : .

Materialis 3.PERBEDAAN FILSAFAT BARAT DAN TIMUR 1. Spiritual .    Memperhatikan : Hal-hal lahiriah/jasmani Mengagumi keindahan Kelengkapan bumi-langit 1. Memperhatikan : Hal-hal rohaniah Percaya hal-hal magis Pendalaman agama Menggunakan perasaan (estetika) daripada akal sehat: Pengungkapan kehendak atas dasar perasaan 2. Individualistis 4. Mengggunakan akal sehat (logika): Pengungkapan kehendak atas dasar akal sehat 3. Komunalistis dan sosialis 4.    2.

FILSAFAT baru akan nampak dalam pikiran dan kesadaran kita bila ilmu pengetahuan betul-betul didalami. Suatu disiplin yang berdiri sendiri (Seperti Ilmu Lain dengan subyek pengetahuan yang otonom) 2. dan dihayati makna dan pengertiannya 4. . dan menyertai semua ilmu pengetahuan (dan jalan pikiran) 3. melandasi.1. FILSAFAT didasari oleh jiwa. diresapi. FILSAFAT mendasari.

PROGRAM PASCA SARJANA.PPDS COMBINED DEGREE FAKULTAS KEDOKTERAN UNHAS • • • • • NAMA : NO POKOK : MATERI : PENILAIAN : FORMATIF BAGIAN : .PROGRAM MAGISTER.

kel. 4 halaman novel .KESAN TUGAS PERTAMA 10% < 1 jam 1 sm tdk perlu ½ halaman cerpen 80% 1-2 jam 1 sm tdk perlu 1-2 halaman -instruksi -ujian 10% > 2 jam >2 sm disk.

ILMU PENGETAHUAN FILSAFAT • PONDASI • DASAR • LANDASAN JIWA .

4. „Alima .Ilmu : .Scientia . 3.Science .(Sains) Persamaan Ilmu dan Filsafat 1.Ilman. Keduanya menyelidiki obyek selengkap-lengkapnya dan sampai ke akar-akarnya Keduanya memberikan pengertian mengenai hubungan arti koheren yang ada antara kejadian-kejadian yang kita alami Keduanya mempunyai metode dan sistem Keduanya memberikan penjelasan tentang kenyataan tentang pengetahuan yang mendasar yang timbul dari hasrat manusia . 2.

3.Perbedaan Ilmu dan Filsafat 1. mendalam dan mendasar Obyek formal ilmu : pandangan yang bersifat fragmentasi. . Obyek material filsafat : bahan yang menjadi tinjauan penelitian atau penyelidikan yang bersifat universal.baik yang konkrit maupun abstrak dan tidak terkotak-kotak Obyek material Ilmu : bahan penelitian yang bersifat khusus dan empiris dan terfokus pada bidang disiplin masing-masing secara kaku dan terkotak-kotak Obyek formal filsafat : pandangan yang bersifat nonfragmentasi karena mencari pengertian dari segala sesuatu yang ada secara luas. spesifik dan intensif Filsafat Dilaksanakn dalam suasana pengetahuan yang menonjolkan daya spekulasi. kritis dan pengawasan Ilmu Dilaksanakan melewati pendekatan trial and error 2.

Filsafat Mengandung pertanyaan lebih jelas dan mendalam berdasarkan pada pengalaman realita sehari-hari Ilmu Menguraikan sesuatu secara logis yang dimulai dari tidak tahu menjadi tahu Filsafat Memberikan penjelasan yang terakhir. 5.4. yang mutlak dan mendalam sampai mendasar (primary cause) Ilmu Memberikan penjelasan tentang sebab-sebab yang tidak begitu mendalam dan bersifat sekunder (secondary cause) .

FILSAFAT ILMU : * SUATU DISIPLIN ILMU: Cabang ilmu filsafat yang membicarakan obyek khusus yaitu ilmu pengetahuan * LANDASAN FILOSOFIS PROSES KEILMUAN: Merupakan kerangka dasar dari proses keilmuan itu sendiri FILSAFAT ILMU : SEGENAP PEMIKIRAN REFLEKTIF. .RADIKAL MENDALAM DAN MENDASAR ATAS BERBAGAI PERSOALAN MENGENAI ILMU PENGETAHUAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN SEGALA SEGI KEHIDUPAN MANUSIA.

4. 2. sehingga kita mendapat gambaran tentang proses ilmu kontemporer Menjadi pedoman bagi dosen dan mahasiswa untuk membedakan persoalan yang ilmiah dan nonilmiah Mendorong calon ilmuwan untuk konsisten dalam mendalami ilmu dan mengembangkannya Mempertegas bahwa dalam persoalan sumber dan tujuan antara ilmu dan agama tidak ada pertentangan 3. 5. perkembangan dan kemajuan ilmu diberbagai bidang. .Tujuan Filsafat Ilmu 1. Mendalami unsur-unsur pokok ilmu. hakikat dan tujuan ilmu Memahami sejarah pertumbuhan. sehingga kita dapat memahami sumber.

darah(panas&basah) .air .empedu(dingin&kering) ORANG SEHAT : bila ke 4 cairan ini seimbang ORANG SAKIT : keseimbangan terganggu .lendir(dingin&basah) .KEDOKTERAN ABAD 17-18 : Diagnosis dan pengobatan hanya berdasarkan keluhan-keluhan Patogenesis penyakit berdasar “patologi humoral Hippokratik” yaitu berdasar 4 cairan : .SEJARAH FILSAFAT ILMU DI DUNIA KEDOKTERAN REALISME BID.

darah perifer berkontraksi Menghasilkan reaksi nadi cepat. oki harus diperlunak dengan hal-hal yang menye babkan ggn tsb yaitu isi perut dan usus.orang berdarah panas . . Oki terapi yang logis ialah obat yg mersg muntah dan laksatif.Infeksi akut = .R/ pengurangan darah WILLIAM CULLEN(1712-1790): Semua proses vital diatur oleh SSP. Demam:pemb.

KEDOKTERAN: Mulai pada permulaan abad 19. . yang bertujuan utk menemukan mekanisme penyakit. Dimulai oleh patolog-patolog Perancis yang Melakukan studi otopsi dan membandingkan dengan gejala-gejala klinis sebelum pasien meninggal.EMPIRISME DI BID. Pada abad itu juga berkembang teori fisiologis ok mereka menganggap semua penyakit sebagai akibat gangguan fisiologik. Pada abad ini pula dilakukan pemeriksaan lab.

MOLEKULER SEL INDUK (STEM CELLS) .TEKNOLOGI TRANSPLANTASI MIKR.ELEKTRON KULTUR SEL ILMU PENGETAHUAN ORGAN JARINGAN SEL ANATOMI HISTOLOGI SITOLOGI CLONING TRANSPL SS TLG TRANPL SEL EPITEL TRANSPL SEL-SEL TP INTI SEL BIOL.

ILMU PENGETAHUAN FILSAFAT • PONDASI • DASAR • LANDASAN JIWA .

.

Berfilsafat berarti ingin mengetahui apa yang telah kita tahu dan apa yang belum diketahui. Dia inginmengetahui hakekat dirinya dalam alam semesta.BERFILSAFAT      Seorang berfilsafat dapat diumpamakan sebagai seorang yang berpijak di bumi yang sedang tengadah ke bintang-bintang. Dia ingin menyimak kehadirannya dengan kesemestaan yang ada. Berfilsafat berarti pula mengoreksi diri dan berterus terang seberapa jauh sebenarnya yng dicari telah kita jangkau. .bahwa tidak semuanya kita ketahui dalam alam semesta yang seakan tak terbatas. Berfilsafat berarti berendah hati.

INGGRIS .INDONESIA .B. UMUMNYA SUDAH MENGERTI APA ARTI FILSAFAT 2.DAERAH .KESIMPULAN HASIL TUGAS FILSAFAT 1 PESERTA PPDS : 1.B. UMUMNYA MAMPU MEMBUAT KALIMAT FILSAFAT: 3 BAHASA : . LAMA WAKTU KULIAH FILSAFAT : .LEBAH MADU) *FILSAFAT YANG DIKULIAHKAN ADALAH FILASAFAT ILMU DAN BUKAN ILMU FILSAFAT 4.5% SETUJU : TAMBAH 2 JAM ( 2X/MINGGU) 3.95 % SETUJU : 1-2 JAM .B. UMUMNYA TIDAK BOSAN : *MULAI MENGERTI APA ARTI FILSAFAT *WAKTU PENYAJIAN SINGKAT( 1 JAM ) *BANYAK CONTOH MENARIK(KLONING.

METODE BELAJAR FILSAFAT ■ METODE HISTORIS ■ METODE SISTEMATIK ■ METODE KRITIK .

AXIOLOGI : Membicarakan manfaat pengetahuan .EPISTEMOLOGI: Cara memperoleh pengetahuan 2.ONTOLOGI : Membicarakan mengenai hakikat pengetahuan 3.DASAR-DASAR PROSES KEILMUAN • 1.

EPISTEMOLOGI
• RUNES(1971): epistemology is the branch of phylosophy which investigate the origin,structure,methods and validity of knowledge Disebut juga sebagai Filsafat Pengetahuan: ok berusaha mencari dan bagaimana cara mendapat sumber pengetahuan

ONTOLOGI
+ Definisi : Bagian filsafat yang mempelajari sari suatu pengetahuan(hakikat) sehingga disebut juga sebagai Filsafat pengetahuan + Obyek dikupas secara mendalam sampai pada hakikatnya sehingga disebut juga sebagai TEORI HAKIKAT + Obyeknya : yang ada dan yang mungkin ada + Macam-macam Ilmu: - Kosmologi:hakikat asal - Antropologi: hakikat manusia - Theologi : hakikat Tuhan

AXIOLOGI
1.FILSAFAT SEBAGAI KUMPULAN TEORI Utk mendukung/menentang suatu sistim kebudayaan/ekonomi/politik. 2.FILSAFAT SEBAGAI PANDANGAN HIDUP: petunjuk utk menjalani kehidupan 3.FILSAFAT SEBAGAI METODE PEMECAHAN MASALAH: memecahkan masalah dengan mencari penyebab paling awal

ASUMSI .struktur.ASUMSI • 3 asumsi mengenai obyek empiris : • ASUMSI PERTAMA : obyek-obyek tertentu mempunyai kesamaan seperti bentuk.sifat dll sehingga kita dapat mengelompokkan beberapa obyek serupa dalam satu golongan .

. sehingga kegiatan keilmuan dapat mempelajari tingkah laku suatu obyek dalam keadaan dan jangkauan waktu tertentu.ASUMSI • ASUMSI KEDUA: suatu benda tidak mengalami perubahan dalam waktu tertentu.

.ASUMSI • ASUMSI KETIGA : Suatu gejala bukan suatu kebetulan Tiap gejala mempunyai pola tertentu yang bersifat tetap dengan urut-urutan kejadian yang sama.

LANDASAN FILOSOFIS ILMU
• 1.Asumsi dasar proses keilmuan (empirisme,rasionalisme,intuisionisme ) • 2.Kerangka berpikir • 3.Kerangka teori 1+2+3 = FILSAFAT ILMU

CARA MENDAPAT PENGETAHUAN
1.EMPIRISME:pengalaman indera merupakan sumber pengetahuan yang benar 2.RASIONALISME:akal adalah dasar kepastian pengetahuan 1+2 : metode sains ilmu pengetahuan 3.POSITIVISME : -kekeliruan indera dikoreksi o/eksperimen -ukuran-ukuran -menyempurnakan metode ilmiah -empirisme + rasionalisme 4.INTUISIONISME: -indera dan akal terbatas -instinct 5.ILUMINASIONISME -berkembang di tokoh-tokoh agama

LEBAH MADU
   -

Memproduksi madu yang dapat dipakai sebagai minuman atau obat. Dalam sarang madu terdapat ribuan kantong madu berbentuk hexagonal Kenapa hexagonal: Kapasitas menampung madu lebih besar Keliling relatif lebih kecil Mengurangi ruang-ruang kosong

.Pemandu lebah mencari nektar(cairan manis) pada kuntum bunga. 4.CARA MEMBUAT SARANG: 1.Untuk ½ kg madu mereka harus mendatangi 4 juta kuntum bunga.Mulai dari 3 atau 4 tempat berbeda sedemikian rupa sehingga bertemu ditengahtengah 2.Lebah menari-nari utk memberi tahu temantemannya dimana kuntum bunga berada. 5.Antara rongga-rongga hexagonal tadi terdapat kemiringan 13 derajat 3.

.sumber di sebelah kiri. Penelitian menunjukkan matahari selalu bergerak 1derajat tiap 4 menit kearah Barat. berarti sumbernya tepat ke arah matahari. Ternyata lebah-lebah ini juga merobah posisi 1 derajat tiap 4 menit kearah Barat. Jika meliuk kearah kanan. meliuk kearah kiri.Bila badannya meliuk tegak lurus pada sarangnya. sumber diseBelah kanan.

ILMU ILMU Kerangka teori Kerangka berpikir Asumsi dasar proses keilmuan(rasionalisme.empi risme.RUANG LINGKUP FIL.intusionisme dll) .

BAHASA • 3. LOGIKA • 2. MATEMATIKA • 4. STATISTIK .SARANA ILMIAH • 1.

LOGIKA ■ LOGOS :.sesuatu yang diutarakan .kata .ungkapan lewat bahasa ■ LOGIS : MASUK AKAL ■ LOGIKA: SUATU PERTIMBANGAN AKAL ATAU PIKIRAN YANG DIUTARAKAN LEWAT KATA DAN DINYATAKAN DALAM BAHASA .suatu pertimbangan akal .

BEBERAPA DEFINISI LOGIKA 1. 2. Ilmu dalam lingkungan filsafat yang membahas prinsip-prinsip dan hukumhukum penalaran yang tepat. tepat dan teratur. . Ilmu pengetahuan(science)sekaligus merupakan kecakapan atau ketrampilan(art) untuk berpikir secara lurus.

INDUKTIF : LOGIKA INDUKTIF 2.DEDUKTIF : LOGIKA DEDUKTIF .ALUR PROSES LOGIKA • Proses berpikir Penarikan kesimpulan PENGETAHUAN CARA PENARIKAN KESIMPULAN : 1.

: akal(utk melakukan penalaran yang lurus. : manusia (proses penalaran) o.m : manusia o.tepat dan teratur) .m.f.f : aktivitas jiwa dan kepribadian LOGIKA: o.OBYEK DALAM LOGIKA • Setiap ilmu pengetahuan harus punya obyek material dan obyek formal: Psikologi : o.

SEJARAH LOGIKA ABAD YUNANI • THALES: Air adalah jiwa tumbuh-tumbuhan Air adalah jiwa hewan Air adalah jiwa manusia Air jugalah uap dan Air jugalah es Kesimpulan: AIR ADALAH ALAM SEMESTA .

DIALEKTIKA 3. SYLLOGISME Logika bersamaan dengan lahirnya filsafat Logika sebagai cabang filsafat .SEJARAH LOGIKA ABAD YUNANI • ARISTOTELES : Mengembangkan logika melalui : 1. ANALITIKA 2.

1914)& Bertrand Russel(1872 – 1970 ):” Principa Mathematica” (3jilid) .ALJABAR J.S.Mills(1806 – 1873): Mengembangkan logika induktif melalui “Systemic of logic” Alfred Whitehead(1861.SEJARAH LOGIKA ABAD PERTENGAHAN&MODERN Raymundus Lullus(1232 – 1315): Mengembangkan metode logika yg disebut ARS MAGNA------.

Menambah kecerdasan dan meningkatkan kemampuan berpikir secara tajam dan mandiri.lurus.Membantu untuk berpikir secara rasional.metodis dan koheren. 4. 2.cermat dan obyektif. 3.Meningkatkan cinta akan kebenaran dan menghindari kekeliruan dan kesesatan .Meningkatkan kemampuan berpikir secara abstrak.kritis.KEGUNAAN LOGIKA 1.tepat.

.sesungguhnya ia telah menggenggam master key untuk membuka semua pintu masuk keberbagai disiplin ilmu pengetahuan. 3.Ilmu pengetahuan tanpa logika tidak akan pernah mencapai kebenaran ilmiah.ARTI LOGIKA BAGI ILMU PENGETAHUAN 1.Logika merupakan keharusan bagi setiap ilmu pengetahuan. 2.Barang siapa mempelajari logika.

tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku. kesopanan. adat istiadat. agama. kepuasan) Buruk : bila tidak mengandung hedone . halal. ketertiban Sejarah etika 1. Hedonisme Baik : bila mengandung hedone (kenikmatan.buruk) Bagian filsafat yang mengajarkan.ETIKA Etika (Nilai baik. berkemauan atau berkehendak dengan cara yang layak.

Pragmatisme Baik : yang baik adalah yang praktis 5. cerdas dan ulet 3.2. Utilitarianisme Baik : yang berguna (utility : yang berguna) 4. Islam Wajib : baik sekali Sunnah : baik Mubah : netral Makruh : buruk Haram : buruk sekali . Vitalisme: Baik-buruk : ditentukan oleh ada tidaknya kekuatan hidup yang dikandung oleh obyek yang dinilai Baik : manusia yang kuat.

IDEALISME-IDEALISME 4.ATAU DENGAN KATA LAIN MAMBAHAS STANDAR-STANDAR (NORMA NORMA) YANG WAJIB DIPATUHI OLEH PERILAKU MANUSIA. .NILAI-NILAI 3. NORMA-NORMA TERSEBUT BERSIFAT RASIONAL OLEH KARENA RASIO MERUPAKAN SUMBER PERILAKU-PERILAKU DALAM KAPASITASNYA SEBAGAI KEKUATAN DALAM DIRI MANUSIA YANG MAMPU MENUNTUNNYA MENGETAHUI KEBAIKAN DAN KEBURUKAN SERTA MEMBEDAKAN ANTARA KEDUANYA.PRINSIP-PRINSIP 2.ETIKA/FILSAFAT ETIKA : MEMBAHAS: 1.

Jika nilai kebaikan itu tidak untuk orang lain. .maka pertamatama untuk dirinya. 2. 3.NILAI KEINDAHAN: Setiap manusia memiliki sensasi terhadap keindahan saat dia bertemu dengan sesuatu yang indah.NILAI DAN ETIKA • ADA 3 NILAI BESAR YANG SECARA UMUM DIJADIKAN MANUSIA SEBAGAI STANDAR/NORMA BAGI PERILAKU MANUSIA YAITU: 1.Manusia juga membenci keburukan.baik untuk dirinya maupun untuk orang lain.NILAI KEBAIKAN: Setiap manusia mencintai kebaikan.NILAI KEBENARAN: Setiap orang dalam masyarakat manapun selalu mencari kebenaran dan menolak kepalsuan.kesalahan dan kebohongan.

ESTETIKA Plato : •Keindahan: ( bersifat metafisis) – Realitas yang sungguh-sungguh…………. tidak berubah – Di tentukan oleh : harmoni.. . proporsi dan sugesti – Keindahan suatu obyek bukan berasal dari obyek tetapi keindahan itu menyertai obyek tersebut Plotinus •Pancaran akal Ilahi •Bila Ilahi memancarkan diri-Nya atau sinar-Nya. – Hakikat yang abadi.

…………… .Estetika: Bagian filsafat yang mengajarkan kepada kita asas-asas seni dan keindahan yang dapat jadi ukuran untuk menilai keadaan sesuatu yang nampak dimuka kesadaran kita dengan perasaan kita Keadaan sekarang: Nilai baik sebanding nilai indah •Kata “indah” lebih sering dipakai pada seni •Kata “baik” lebih sering dipakai pada perbuatan •Orang lebih tertarik pada rupa ketimbang tingkah laku •Orang yang tingkah laku baik (etika) tetapi kurang indah (estetika) akan terpilih belakangan.

Tuntutan profesionalisme dokter(Five stars) .SUMPAH HIPPOCRATES .ETIKA KEDOKTERAN • MASA LALU : .Malpraktek oleh praktisi medis 4. stem cell dll) 3.Perubahan pola hub.dokter-pasien (paternalistik ke informed consent) 2.Perkembangan IPTEK KEDOKTERAN ( cloning.IBNU SINA MASA SEKARANG: 1.

ABEL : studi interdisipliner tentang masalah yg ditimbulkan oleh perkembangan di bidang biologi dan ilmu Kedokteran.baik dalam skala mikro maupun makro termasuk dampaknya terhadap masyarakat luas. • BIOETIKA(BIOMEDICAL ETHICS): Etik yang berhubungan dengan praktek kedokteran dan atau penelitian medis.BIOETIKA • F. .

Philosophy is simple but not easy The Fourteen Essences of Philosophy .

Bersifat universal dan kekal : berlaku umum. Bersifat riil baik secara jasmaniah maupun secara batiniah dalam arti tetap nyata dalam batin sehingga setiap orang dapat mengerti dengan jalan pikiran. kehendak dan perasaannya.Philosophy is simple 1. Bersifat konstan : segala bahan dan unsurnya yang telah ada dan tetap ada oleh karena merupakan kebenaran . dimana saja dan kapan saja 3. sama bagi siapa saja. 2.

jadi merupakan kemauan seseorang akan sesuatu .Sumbernya : bakat dan hobby yang telah digariskan oleh alam Bakat: sumber segala keahlian dalam bidang tertentu yang merupakan jalannya pikiran dan perasaan seseorang terhadap sesuatu Hobi : sumber segala kesenangan akan sesuatu.PHYLOSOPHY IS SIMPLE 4.

etika dan estetika.kemauan dan perasaan merupakan dasar-dasar utama filsafat yaitu logika. . Jadi bakat dan hobby seseorang terletak dalam jiwa (sedikit banyak-tentu dipengaruhi oleh unsur-unsur jasmaniah) Hal ini berarti bahwa bakat dan hobby seseorang itu melahirkan falsafah(filsafat) yang akan menjadi pandangan/dasar hidupnya.Ketiga unsur yaitu pikiran.

pandangan yang luas dan mental yang mantap dan kerendahan hati yang terpuji . mengikuti perkembangan zaman dan senantiasa dapat mengalami perkembangan yang tiada terbatas pula 8. F = berdasar pada jiwa manusia 9.5 . F= harus selalu dan selama-lamanya berisi nilainilai kebenaran yang tertinggi agar orang dapat meyakininya 6. F= ilmu yang merupakan pengetahuan yang luas dan dalam pengertiannya 7. F = menuntut jiwa yang sungguh sportif. F = ilmu yang bersifat dinamis.

F = harus murni dari segala kepicikan dan berbagai pandangan yang hakikatnya serba sepihak . jadi harus dapat diterima kebenarannya oleh semua orang dimana dan kapan pun 3. F = universal.Philosophy is not easy 1. F = ilmu pembukti kebenaran segala ilmu sehingga sehingga menuntut pemahaman dan penghayatan yang luas dan mendalam 5. kerangka bagi segala ilmu dalam bidangnya masing-masing 2. meliputi segala ilmu yang didasarinya 4. F = ilmu yang terluas. F = ilmu yang fundamental.

sukar dimengerti. Kalau anda menganggap F itu sulit.Kesimpulan 1. oleh karena F itu sederhana dan fundamental bagi segala kehidupan manusia dan universil 2. sukar dipahami jangan pesimis. Optimisme yang tidak terkendali menyebabkan egosentrisme: percaya diri tinggi membunuh sportivitas jiwa lupa diri dalam keyakinan tak terkendali membunuh obyektivitas pikiran . Semakin yakin akan kebenaran anda harus semakin waspada. Jangan pula anggap ringan F sehingga anda terlalu optimis bahwa pandangan anda dalam berfilsafat sudah pasti benar.

Hinduism Hinduism memandang dunia ini sebagai : 1. Dunia moral dimana hukum KARMA tidak pernah bergeming sedikit pun KARMA : Secara harfiah : Karya Secara doktrin : Hukum moral sebab-akibat • Seseorang yang berbahagia saat ini merupakan dari apa yang diinginkan dan diperolehnya waktu lalu • Pikiran dan keputusan saat ini akan mempengaruhi kehidupan masa depan Oleh karena itu di dunia tidak dikenal kebetulan atau peristiwa tidak sengaja . Dunia majemuk • Horisontal : mencakup gugusan bima sakti yang tidak terhitung jumlahnya • Vertikal : meliputi berbagai lapisan yang tak terbilang banyaknya] • Segi waktu : meliputi siklus yang tak terhitung banyaknya 2.2.

FILSAFAT TAO Manusia mengikuti hukum-hukum bumi Bumi mengikuti hukum-hukum surga Surga mengikuti hukum-hukum Tao Tao mengikuti hukum-hukum alam sadarnya .

Pertanyaan : Bagaimana cara agar semua dapat hidup bersama satu sama lain .4. bangsawan-bangsawan berbuat semena-mena .Antara abad 8-abad 3 SM Dinasti CHOU (Cina) .Jawaban : • Kaum realis: ditindak dengan kekerasan • Kaum Mohis: dengan cinta kasih untuk merubah keadaan yang kacau balau . KONFUSIANISME Sejarah .Pionir : KONG FU TSU .Negara kacau.

FILSAFAT DI ARAB (Dunia Islam) • Berbeda dengan di Barat antara akal dan agama.Al-Razi (815-925) .Al-Ghazali (1059-1111) • Filsafat Islam dipengaruhi oleh Filsafat Yunani • Ayat-ayat dari Kitab Suci Al-Quran yang tidak dapat dipahami oleh akal. tidak banyak pertentangan • Tatkala akal kalah di Barat. akal di hargai di Timur • Di Timur akal berjalan bersama-sama dengan ajaran Islam • Filosof-filosof jalur rasional: .Ibnu Sina (980-1037) .dan hanya dapat dipahami oleh rasa (iman) TASHAWWUF • TASHAWWUF muncul oleh pengaruh agama Kristen dan filsafat Yunani yang mengajarkan zuhud atau membenci dunia .

SESUDAH MENGIKUTI PELAJARAN FILSAFAT. 2.APAKAH MATA KULIAH FILSAFAT MEMBOSANKAN BAGI SAUDARA? (JA WABLAH DENGAN JUJUR) 5.coba jelaskan apa arti filsafat menurut pendapat saudara sendiri.APAKAH MATA KULIAH FILSAFAT CUKUP 1 ATAU 2 JAM SAJA / MINGGU/SEMESTER 4. 6.BUATLAH SATU/BEBERAPA KALIMAT YANG MENGANDUNG ARTI FILSAFAT.APAKAH SAUDARA MENGERTI/TAHU APA ARTI FILSAFAT? Kalau mengerti. 2.Apakah ilmu yang saudara geluti sekarang berdasar pada 2 pengetahuan Filsafat dahulu kala ? Jelaskan! 3.1.Jelaskan perbedaan filsafat Yunani dan filsafat abad moder .

menuntut .ekspansif .agresif .YIN DAN YANG merupakan 2 kutub yang berlawanan dari satu kesatuan yang tunggal YIN : + kontraktif + responsif + konservatif YANG : .

YIN YANG Bumi Bulan Malam Musim Dingin Kelembaban Kesejukan Bagian dalam Feminim Menyusut Konservatif Responsif Kooperatif Intuitif Sintesis Langit Matahari Siang Musim panas Kekeringan Kehangatan Bagian permukaan Maskulin Mengembang Menuntut Agresif Kompetitif Rasional Analitis .

Li • Kesopanan untuk memperbaiki moralitas • Kesopanan dalam keluarga Ayah bersikap kasih ………… . sempurna dan terbaik • Berjiwa besar • Situasi kemanusiaan yang tidak memerlukan apapun juga yang melayani siapapun untuk kepentingan yang dilayani 3. Chun-Tzu • Kemanusiaan yang benar.• Hubungan ideal yang harus dijalani antar manusia • Puasa manusia terhadap orang lain dan diri sendiri • Berusaha membuat orang lain besar 2.

5. puisi dan budaya • Berguna untuk perubahan moral sosial • Dasar perubahan peradaban . Wen • Seni damai yang berkaitan dengan musik.4. lukisan. Te • Secara harfiah berarti kekuatan • Kekuatan yang terkandung dalam teladan moral • Etika memerintah: memerintah dengan jalan lurus.

PROGRAM MAGISTER.PPDS COMBINED DEGREE FAKULTAS KEDOKTERAN UNHAS      NAMA : NO POKOK : MATERI : PENILAIAN : FORMATIF BAGIAN : .PROGRAM PASCA SARJANA.

3. Apa kegunaan mempelajari filsafat Bagaimana pendapat Aristoteles mengenai logika Terangkan pendapat saudara mengenai filsafat Barat & timur Kedua filsafat tersebut berbeda dalam hal apa.Pertanyaan 1. 2. Bagaimana pendapat saudara mengenai logika. Jelaskan. 5. 4. menghadapi kenyataankenyataan hidup sebenarnya . etika & estetika. Jelaskan 3 cara mempelajari filsafat.

FILSAFAT DIMENSI LOGIKA DIMENSI ETIKA DIMENSI ESTETIKA DASAR / AKAR PIKIRAN TUJUAN KEBENARAN HASIL ILMU PENGETAHUAN KESERASIAN HIDUP KESENIAN KEBUDAYAAN (WAY OF LIFE) KEHENDAK KESERASIAN PERASAAN JIWA MANUSIA KEINDAHAN KESEMPURNAAN (IDE MANUSIA) .

Bagi Sidharta asal-muasal ketergantungan berasal dari: • Umur tua dan kematian • Umur tua dan kematian disebabkan oleh karena adanya kelahiran • Kelahiran disebabkan oleh karena adanya keberadaan manusia dimuka bumi • Keberadaan disebabkan oleh adanya keterikatan • Keterikatan disebabkan oleh adanya keinginan atau nafsu • Keinginan disebabkan oleh perasaan • Perasaan disebabkan oleh adanya pertemuan • Pertemuan disebabkan oleh indera manusia • Indera manusia disebabkan oleh adanya nama dan bentuk .

Ketidaktahuan . Pertemuan 2. Indera 3.Jawaban: • Kuncinya terletak pada keadaan kita untuk mengetahui rantai kehidupan • Asal mula kehidupan adalah ketergantungan • Ketergantungan tersebut berarti segala hal didunia ini dikenai hukum sebab-akibat • Orang harus menderita………. Karma 6. Kesadaran 5. Kelahiran 8. Umur tua dan kematian 7. Eksistensi 9. Perasaan 12. mengalami masa umur tua dan kemudian meninggal oleh karena ia masih dilibati 12 rantai sebab akibat : 1. Nama dan bentuk 4. Keterikatan 10. Keinginan dan nafsu 11.

esensi batin dari setiap sesuatu Manifestasi Brahma dalam jiwa disebut ATMAN Karma menghalangi persatuan manusia dan Brahma Jika pada manusia masih ada.efek akibat tidak murni • tidak menjadi atman : tidak mungkin bersatu dengan . ananda yang berarti Tuhan itu ada. chil.Karma inilah yang menghalangi manusia dengan Brahma Brahma : .Asal kata brith : yang bersifat besar .Adalah realitas dasar.Sifat besar itu adalah : sat. sadar dan bahagia .

muncullah gerak penciptaan yang tak henti-henti . Suatu lapangan latihan yang dapat memajukan manusia menuju maha tinggi 6. Dunia ini adalah LILA. kalau syarat tidak ada dunia tidak ada 5. Suatu dunia maya Maya : Dunia ini tidak perlu dipandang secara sungguh-sungguh Bukan khayalan tetapi suatu kenyataan yang bersyarat Dunia ada ok ditopang oleh syarat-syarat tertentu. permainan Tuhan Permainan sang Ilahi dalam tarian kosmis-Nya yang menggunakan seluruh alam dan isinya Dari arus energi kosmis-Nya efek tariannya.4.

rahasia dari segala rahasia. Jalan dari kenyataan terakhir : Tidak dapat ditangkap atau melampaui panca indera. mengagumkan. ia juga tidak menuntut menjadi Tuhan . sempurna. Semua kehidupan bersumber dari dirinya Ia menyelimuti segalanya dengan cintanya. ibarat jubah dan karena Ia tidak menghendaki penghormatan. melebihi semua pemikiran dan khayalan Rahasia kehidupan yang paling besar. Ia ada sebelum langit dan bumi ada Alangkah tenangnya! Alangkah heningnya! Ia mandiri dan tidak berubah.1. gerbang rahasia semua kehidupan: Ada suatu kehidupan. tetapi tidak menderita karenanya.

perenungan yang sedalam-dalamnya sampai ke “mengapa” yang penghabisan .DRIYAKARKARA: Perenungan yang sedala-dalamnya tentang sebab-sebab “ada dan berbuat”. N. IMMANUAL KANT: Ilmu(pengetahuan) yang menjadi pangkal dari semua pengetahuan yang didalamnya tercakup masalah epistemologi(filsafat pengetahuan) yang menjawab persoalan apa yang dapat kita ketahui.alam dan manusia menjadi pokok penyelidikan.DEFINISI FILSAFAT RENE DESCARTES: Kumpulan semua pengetahuan yang mana Tuhan.

DEFINISI KENYATAAN : Suatu disiplin ilmu yang menjadi kerangka utama bagi segala ilmu-ilmu kedokteran . DEFINISI FORMAL : Suatu kebijaksanaan dalam arti ingin mengetahui sesuatu yang sedalamdalamnya dengan cara berpikir radikal & menyeluruh dalam bidang kedokteran 2.FILSAFAT KEDOKTERAN 1.

kita kadang-kadang • masih berpikir walupun hanya pikiran bayangan belaka yang bersifat khayal dan naif Wujud dari suatu pemikiran adalah jalan pengertian jalan pengertian yang bertujuan untuk mencapai suatu kebenaran yang telah diterima secara universal disebut ilmu pengetahuan . kita masih tetap berpikir • Bahkan ketika tidur pun.DASAR ILMU PENGETAHUAN: Berpikir dan Bertindak • Dalam keadaan diam.

sosiologi. serta posisinya dalam kerangka umum cabang-cabang intelektual . khususnya yang berkaitan dengan metode-metode. Cornelis Benyamin : Disiplin filsafat yang merupakan studi kritis dan sistematis mengenai dasar-dasar ilmu pengetahuan. praduga-praduganya. metodologi. sejarah ilmu dan lain-lain  A. termasuk logika.Filsafat Ilmu  Peter A. Angeles : Suatu analisis dan pelukisan tentang ilmu dari berbagai sudut tinjauan. konsep-konsep.

Bagaimana asal muasal dunia terjadi? Bagaimana terjadinya proses-proses alami di sekeliling kita? Siapa/apa yang mengaturnya? DARWIN: Semuanya terjadi secara kebetulan .KARL JASPERS: Pertanyaan-pertanyaan anda lebih penting dari Jawaban-jawaban dan setiap jawaban menyebabkan pertanyaan baru.

Ilmu-Ilmu (Makrokosmos & Mikrokosmos) Spesialisasi Ilmu Arogansi Ilmu Terlepas dari nilai luhur ilmu Filsafat Dehumanisasi (budak ilmu & teknologi) Filsafat CLONING .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful