Aidil Fitra Jufri, 1106014072 LTM PBL 1

PERENCANAAN UNTUK KEBERLANJUTAN MASA DEPAN Mengapa perlu ? 1. 2. Dunia semakin menuju urban atau perkotaan . Hanya sedikit penduduk yang memiliki kontak langsung dengan alam. Perlu kondisi alam di perkotaan. Kesan kota yang buruk.
Akibat Bila Tidak ada Perencanaan yang Baik

Proses

3. 4.

1. Terjadi degradasi lingkungan, baik fisik maupun sosial. 2. Kota akan tampak tidak terawat. 3. Fasilitas umum yang buruk.

1. Terjadi pada setiap level rumah, kota/kabupaten, provinsi, bahkan negara. 2. Rencana pemanfaatan tanah dan sumber daya alam. 3. Penduduk memiliki proses perencanaan untuk penggunan tanah.

Contohnya

Taman kota
Definisi

1. Penyediaan transportasi yang baik dan efisien. 2. Proses daur ulang sampah. 3. Melakukan perencanaan rumah tinggal yang baik.

Hal yang dapat dilakukan 1. Meningkatkan pengembangan secara berkelanjutan. 2. Mengembangakan dan mendorong perjanjian internasional mengenai lingkungan. 3. Meningkatkan kesadaran tentang tata kelola kota yang baik.

Suatu sistem lingkungan pedesaan atau bentukkan perkotaan dikelilingi oleh area hijau.
Manfaatnya 1. 2. 3. 4. Menjaga buangan air. Pengaturan air menjadi lebih baik. Kota yang nampak lebih asri. Dapat meminimalisir polusi udara.

Nama Judul NPM Data Publikasi

: Aidil Fitra Jufri : Perencanaan untuk Pembangunan Masa Depan : 1106014072 : Kehler, Stahler, dkk. 2011. MPKT B Science, Technology, Health. United States of America: Copyright Clerance Center.

Perencanaan untuk keberlangsungan masa depan merupakan langkah yang sangat penting untuk tetap mengeksistensikan keberadaan makhluk hidup dan juga untuk menghindari pendegradasian lingkungan secara lokal, regional maupun global. Ada dua cara yaitu, dengan perencanaan lingkungan dan perlindungan hukum atas lingkungan. Perencaan wilayah meliputi, penggunaan tanah (pengaturan pemukiman dan gedung). Hal ini sangat penting untuk menyeimbangkan kapasitas kemampuan tanah dengan bangunan diatasnya dan juga sirkulasi udara yang bagus. Tidak hanya itu, penghijaun juga hal perlu diperhatikan. Penghijauan sangat berpengaruh kepada kemampuan tanah untuk mengikat beban diatasnya, untuk mengurangi polusi dan juga untuk keindahan. Sirkulasi dan ketersediaan air merupakan salah satu hal yang paling essensial yang perlu diperhatikan. Cara yang kedua adalah perlindungan hukum atas lingkungan. Dalam hal perlindugan hukum untuk lingkungan yang lebih luas biasanya ditangani oleh hukum internasional dan diplomasi.keduanya membahas tentang isu isu yang mengambil perhatian banyak negara dan biasanya ditangani dengan beberapa kebijakan, persetujuanpersetujujan dan perjanjian.