1. Apa perbedaan antara System Contruction dengan System Implementation?

System construction/konstruksi sistem adalah pengembangan, instalasi, dan penguj ian komponen-komponen sistem. Sinonimnya yang umum digunakan yaitu system developmen t yang lebih sering digunakan untuk menjelaskan keseluruhan daur hidup. System implementation/implementasi sistem adalah instalasi dan pengiriman sistem keseluruhan ke produksi (berarti operasi sehari-hari). 2. Sebutkan dan jelaskan 4 phase dalam system contruction menurut Whitten? Construction Phase 1. Build and Test Networks Membangung sistem disekitar jaringan yang sudah ada. Jika ingin membangung sistem jaringan dengan fungsionalitas harus ditest sebelu m program digunakan. Construction Phase 2. Build and Test Databases Implementasi skema database testing dengan sampel data Memberikan struktur database yang sudah berisi Construction Phase 3. Install and Test New Software Jika sistem yang digunakan merupakan software baru, harus dilakukan instalasi da n testing Construction Phase 4. Write and Test New Programs mengembangkan program in-house menggunakan komponen yang sudah ada pada library menciptakan komponen baru. Testing dan dokumentasi

3. Sebutkan dan jelaskan 5 phase dalam system implementation menurut Whitten? Implementation Phase - 1. Conduct System Test Test network, databases, purchased software, new in-house software, dan menjamin bahwa software yang ada bekerja dengan baik. Implementation Phase 2. Prepare Conversion Plan Perencanaan untuk bagaimana mengubah sistem yang lama menjadi sistem baru. Bagaimana melakukan instalasi dan mengisi database bagaimana training user Finalisasi dokumen. Pemecahan masalah. Implementation Phase 3. Install Databases Mengisi data base baru dengan data yang ada dari sistem yang lama. Rekonstruksi data yang disi. Melakukan konfirmasi kebenaran data yang dikonversi Implementation Phase 4. Train Users User ditraining disertai dengan dokumentasi. Implementation Phase 5. Convert to New System Ownership melakukan transfer dari analysts and builders ke end users.

Sebelum sistem baru diimplementasikan ke seluruh organisasi. yaitu Pilot. da n sumber-sumber pemrosesan data bisa diperoleh sedikit demi sedikitselama period e waktu yang cukup luas.urah disbanding metode parallel. Sistem lama dan sistem baru beroperasi secara serentak untuk beberapa periode wa ktu. Pada konversi ini. Konversi Paralel. . Kelemahannya : Biaya besar untuk penduplikasian fasilitas-fasilitas dan biaya pe rsonel yang memelihara sistem rangkap tersebut. s istem pilot ini harus membuktikan di tempat pengujian tersebut. Apabila konversi telah dilakukan maka tid ak ada cara untuk kembali ke sistem lama atau pemutusan sistem lama yang disebut cold turkey. Kelemahannya : Biaya yang harus diadakan untuk mengembangkan interface temporer dengan sistem lama. Segala kesalahan bisa dilokalisi r dan dikoreksi sebelum implementasi lebih jauh dilakukan. daya terapnya terbatas. Tolong sebutkan kelebihan dan kelemahan dari masing-masing cara konversi tersebut? 1. Kelebihannya : Kecepatan perubahan dalam organisasi tertentu bisa diminimasi. output dari masing-masing sistem tersebut dibandingkan. Dalam melakukan konversi system ada 4 cara yang dapat dipilih oleh seorang IT Manager. Modifikasi terhadap konversi langsyung merupakan konversi uji coba . Mengsekmentasi sistem. Konversi ini menghindarkan dari resiko yang ditimbulkan oleh konversi langsung dan member waktu yang banyak kepada pemakai u ntuk mengasililasi perubahan. Phase.4. Direct. dan lebih . Mensegmentasi organinisasi yaitu hanya sebagian dari organisasi mencoba mengmban gkan sistem baru. Kelebihannya : Biaya konversi relative tidak mahal Kelemahannya : Mempunyai resiko kegagalan cukup tinggi 2. Konversi Phase-in. 3. Konversi Langsung. 4. dan Paralel. dan perbedaan direkonsiliasi. Kelebihannya : Pendekatan ini memberikan derajat proteksi ynag tinggi dari kegag alannsistem yang baru. dan terjadi kemunduran semangat di o rganisasi karena orang-orang tidak pernah merasa menyelesaikan sistem. Sistem baru diimplementasikan beberapa kali yang secara p erlahan mengganti sistem yang lama. Adalah pengimplementasian sistem baru. konversi Pilot. Kelebihannya : Konversi ini sedikit berisiko dibandingkan metode konversi langsu ng.

html LN week 10 http://classes.com/2010/06/dkonversi-sistem.blogspot. .sumber: http://anittaratna.soe.ucsc.edu/ism058/Winter05/Lectures/chap019.ppt Kelemahannya : Membutuhkan area (sebagian) dari operasi untuk uji coba.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful