P. 1
Ukuran

Ukuran

|Views: 44|Likes:
Published by A'Jadang Gfi

More info:

Published by: A'Jadang Gfi on Nov 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2014

pdf

text

original

Ukuran, Jenis dan Kualitas Batu Bata

Ukuran Batu Bata Saat ini ukuran batu bata yang beredar dipasaran mempunyai ukuran dimensi bervariasi baik yang dijumpai dari hasil pabrikasi maupun hasil pekerjaan lokal atau industri rumah tangga. Untuk bangunan, ukuran standard yang biasa dipergunakan adalah : 1. Panjang 240 mm, Lebar 115 mm dan Tebal 52 cm 2. Panjang 230 mm, Lebar 110 mm dan Tebal 50 cm Penyimpangan yang diijinkan untuk ukuran tersebut adalah : Panjang maksimum 3%, Lebar maksimum 4 % dan Tebal maksimum 5%. Jenis Batu Bata : 1. Batu Bata Tanah Liat, terbuat dari tanah liat dengan 2 kategori yaitu bata biasa dan bata muka. Bata biasa memiliki permukaan dan warna yang tidak menentu, bata ini digunakan untuk dingding dengan menggunakan morta(campuran semen) Ssebagai pengikat. Bata jenis ini sering disebut sebagai bata merah. Bata muka , memiliki permukaan yang baik dan licin dan memupnyai warna dan corak yang sragam . Disamping dipergunakan sebagai dinding juga digunakan sebagai penutup d dan sebagai dekoratif. 2. Batu Bata Pasir – Kapur, sesuai dengan namanya batu bata ini dibuat dari campuran kapur dan pasir dengan perbandingan 1 : 8 serta air yang ditekankan kedalama campuran sehingga membentuk batu bata. Klasisifikasi Kekuatan Bata A. Berdasarkan Kuat Tekan 1. Mutu Bata Kelas I : Kuat Tekan Rata – rata lebih besar dari 100 kg/cm2. 2. Mutu Bata Kelas II :Kuat Tekan Rata-rata 80 – 100 kg/cm2 3. Mutu Bata Kelas III : Kuat Tekan Rata-rata 60 – 80 kg/ cm2 B. Berdasarkan Compressive Strength (Bata Jenuh air ) dan Penyerapan Air 1. Batu Bata Kelas A : Compressive strength diatas 69,0 N/mm2 dan nilai penyerapan tidak lebih 4,5 % 2. Batu Bata Kelas B : Compressive strength diatas 48,5 N/mm2 dan nilai penyerapan tidak lebih 7% Kualitas Batas : 1. Batu bata harus bebas dari retak atau cacat, dan dari batu dan benjolan apapun 2. Batu bata harus seragam dalam ukuran, dengan sudut tajam dan tepi yang rata.

:! Umumnya memiliki ukuran: panjang 17 . Hanya yang terdiri dari kandungan pasir tertentu. 2. kuat tekan dan daya serap air yang dipersyaratkan Pengecekan Batu bata yang baik : 1.23 cm. lebar 7 . Permukaan harus benar dalam bentuk persegi satu sama lainuntuk menjamin kerapian pekerjaan. BATU BATA MERAH .:! Berat rata-rata 3 kg/biji (tergantung merek dan daerah asal pembuatannya). tebal 3 . Untuk dinding kedap air diperlukan campuran 1:2 atau 1:3 (artinya. kemudian berat air ditimbang. batako PC. Batako & Celcon Ingin membangun rumah dan membeli bahan? Tahu tentang bata merah. Setidaknya untuk menambah pengetahuan.3. dapat digunakan perbandingan 1:4 hingga1:6. batako tras. tapi pada kesempatan ini hanya ini dulu 1. Mempunyai ukuran. Sebuah tes yang sederhana dapat dilakuakn dengan cara : Mengambil sebuah batu bata dan menimbang ukurannnya. Bata Merah. Untuk dinding yang tidak harus kedap air. . nggak ada salahnya membaca.11 cm. Sebuah suara kusam menunjukkan batu bata yang lembut atau goyah. 4. Selisih i hasi timbangan setelah direndam dan sebelum direndam maka dapat dihitung jumlah daya serap air nya.:! Bahan baku yang dibutuhkan untuk pasangan dinding bata merah adalah semen dan pasir ayakan. Tidak semua tanah lihat bisa digunakan.:! Batu bata merah dibuat dari tanah liat yang dicetak. Secara visual pengujian batu bata yang baik dan mempunyai kekuatan yang baik akan memberikan suara dering jika diketok. 1 takaran semen dipadu dengan 3 takaran pasir yang sudah diayak). . . . kemudian batu bata direndam air selama 24 jam. Sebuah batu bata yang baik tidak harus menyerap lebih dari sepersepuluh jumlah air. kemudian dibakar. dan bata hebel? Meski nggak ingin apa-apa.5 cm. Sebenarnya ada banyak material dinding.

5 kg) .Kedap air.Semen = 0. .38 x 1 m2 0. maka kira-kira membutuhkan 70 buah batu bata. . . .Waktu pemasangan lebih lama dibandingkan batako dan bahan dinding lainnya.23 m3 . antara 9 . Sedangkan kebutuhan semen dan pasirnya. . maka mebutuhkan: . .Keretakan relatif jarang terjadi.23 x 1 m2 0.038 x 1 m2 0.23 x 5 m2 = 1.Batu bata = 70 x 5 x 1 m2 = 350 m2 .19 x 1 m2 0.:! Untuk dinding seluas 1 m2.  Biaya lebih tinggi.Kuat dan tahan lama.29 x 1 m2 0.046 x 1 m2 0.15 sak (atau 57. sebagai berikut: Perbandingan yang Digunakan Semen 1 1 1 1 1 Pas 2 3 4 5 6 Kebutuhan Bahan Semen (sak) 0.:! Kelebihan dinding bata merah: .043 x 1 m2 0.046 x 5 m2 = 0. sehingga jarang terjadi rembesan pada tembol akibat air hujan.:! Kekurangan dinding bata merah: .:! Jadi untuk dinding berukuran 5 m2.Penggunanaan rangka beton pengakunya lebih luas.048 x 1 m2 0.049 x 1 m2 Keterangan: Satu sak semen berisi 50 kg. bila menggunakan bata berukuran 23 cm x 17 cm x 5 cm.Pasir ayak = 0.17 x 1 m2 Pasir Ayak (m)3 0. bila akan menggunakan campuran 1:4..12 m2.

dan tinggi 18 .Dinding mudah retak.30 cm. . . BATAKO SEMEN PC / BATAKO PRES . .:! Kekurangan dinding batako putih: .Pemasangan relatif lebih cepat. dan air.Harga relatif murah.:! Ada yang dibuat secara manual (menggunakan tangan). .Menyerap air sehingga dapat menyebabkan tembok lembab.215 sak .Semen = 0.:! Untuk dinding seluas 1 m2. .Penggunaan rangka beton pengaku relatif lebih banyak.Batako tras = 25 buah . . lalu dibakar.18 cm. . dan tinggi 14 . ada juga yang menggunakan mesin.:! Batako pres dibuat dari campuran semen PC dan pasir atau abu batu.20 cm.025 m3 . tebal 8 .:! Kelebihan dinding batako putih: . kira-kira membutuhkan: .Rapuh dan mudah pecah.BATAKO PUTIH (TRAS) .5 . . tebal 8 – 10 cm.:! Batako putih dibuat dari campuran tras. antara 7. Campuran tersebut dicetak. Perbedaannya bisa dilihat pada kepadatan permukaan batakonya.Pasir ayak (pasir pasang) = 0.40 cm. 3. Tras merupakan jenis tanah berwarna putih / putih kecoklatan yang berasal dari pelapukan batu-batu gunung berapi.:! Untuk dinding seluas 1 m2. kira-kira membutuhkan: . . batu kapur.:! Umumnya memiliki ukuran panjang 25 . .9 m2.:! Umumnya memiliki ukuran panjang 36 .10 cm.

12 m2.Kedap air sehingga sangat kecil kemungkinan terjadinya rembesan air.16 liter .Mudah terjadi retak rambut pada dinding. Tetapi bisa juga menggunakan bahan seperti pemasangan batako. Bahan dasar acian/semen tersebut adalah pasir silika.. . semen ini hanya dicampur dengan air. .:! Kelebihan dinding batako pres: . .Penggunaan rangka beton pengakunya lebih luas.Bata hebel/celcon = 8 buah .:! Kekurangan dinding batako pres: . dengan menggunakan semen khusus.Batako pres = 15 buah . semen.Air = 0. . .Semen instan = 11.125 sak  Pasir ayak (pasir pasang} = 0.015 m3 . Untuk menggunakannya.15 – 0. .:! Bisa langsung diberi aci tanpa harus diplester terlebih dulu. dan zat aditif.Mudah dilubangi karena terdapat lubang pada bagian sisi dalamnya.Harga relatif lebih mahal dibanding batako tras. dan memiliki tingkat kerataan yang baik. antara 9 . filler.Kedap air sehingga sangat kecil kemungkinan terjadinya rembesan air.:! Kelebihan dinding bata hebel/celcon: . . . Bata ini cukup ringan. kira-kira membutuhkan: .Semen PC = 0.:! Umumnya memiliki ukuran 60 cm x 20 cm dengan ketebalan 8 cm – 10 cm. .:! Untuk dinding seluas 1 m2.43 kg .Pemasangan lebih cepat. halus. BATA RINGAN (HEBEL/CELCON) .:! Bata hebel dibuat dengan mesin di pabrik.

Hanya toko material besar yang menjual dan penjualannya dalam jumlah m3.Penggunaan rangka beton pengakunya lebih luas.Ringan. ..:! Kekurangan dinding bata hebel/celcon: . antara 9 – 12. . . dan mempunyai kekedapan suara yang baik.Harga relative lebih mahal. tahan api. . .Pemasangan lebih cepat.Tidak semua tukang pernah memasang bata jenis ini. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->