BIOLOGI BASIDIOMYCOTA

( Kelompok 2 )

D I S U S U N
Oleh :

Vina Maudia Rizki Nst Crismonika Lestari Widya Nurhidayah Futra Setiawan Ebi Chanciago Roy Saputra Kelas : X.8

TAHUN AJARAN 2012-2013 SMA NEGERI 15 PALEMBANG
Pembahasan

Spora yang dihasilkan oleh basidium disebut basidiospora. ada yang bersimbiosis dengan akar tumbuhan membentuk mikoriza Reproduksi Basidiomycota : • Reproduksi aseksual (Basidiomycota) : Spora basidium benang hifa (bersekat.Hifa (+) dan hifa (-) saling mendekat . Merupakan kelas jamur yang hifa. Aktivitasnya adalah menguraikan polimer lignin pada kayu dan berbagai bagian tumbuhan yang lain. satu inti) . .miselium (miselium tumbuh hingga basidium menghasilkan basidospora kemudian lanjut ke reproduksi seksual) • Reproduksi seksual (Basidiomycota) : Basidiospora .Ujung miselium dikariotik berkembang menjadi basidium . Pada umumnya jamur ini merupakan saproba yang penting. Contohnya : jamur merang (Volvariella volvacea).dua inti haploid dalam basidium bersatu menjadi 2n (kariogami) . jamur kuping (auricularia auricular).empat tonjolan pada ujung basidium (sterigma) .miselium sekunder (dikariotik) . Nama Basidiomycota berasal dari kata basidium.hifa (inti dua haploid) berpasangan (dikariotik) .miselium bersekat. dan bila telah kawin (hifa berinti gandanya) menghasilkan suatu tubuh buah tipe basidiokarp dengan badan penghasil spora generatifnya. dan mutualisme Perkembangbiakan secara seksual Miselia dikariotik berumur panjang memiliki tahapan diploid sementara. yaitu suatu tahapan diploid dalam daur hidup Basidiomycota yang berbentuk seperti gada.4 inti haploid (meiosis ) basidiospora hifa bersekat . jamur linggi (ganoderma sp) dan lainnya Ciri-Ciri Basidiomycota - : Anggotanya kebanyakan mikroskopis Hyfanya bersekat Memiliki tubuh buah berbentuk panjang Lembaran-lembaran yang berliku-liku atau bulat Hidupnya saprofi Parasit.Kata basidiomycetes berasal dari (basidium = kubus dan mykes = jamur).dinding selnya larut (plasmogami) .

). misalnya saprofit pada serasah daun. batang pohon yang mati. Klasifikasi Basidiomycota : Manfaat Basidiomycota : • Basidiomycota yang telah dibudidayakan sebagai bahan makanan antara lain jamur merang (Volvariella volvacea).(Campbell et al. Cara Basidiomycota hidup : Yaitu saprofit dengan mengubah susunan zat organik yang mati. Jamur champignon (Agaricus bitorquis). hifa dapat juga langsung menyerap bahanbahan organik dalam bentuk sederhana yang dikeluarkan oleh inangnya. sp). Jamur Shiitake/payung (Lentinus edodes) dan jamur tiram (Pleurotus. Sebagian besar jamur saprofit mengeluar-kan enzim hidrolase pada substrat makanan untuk mendekomposisi molekul kompleks menjadi molekul sederhana sehingga mudah diserap oleh hifa. Ada pula yang berkhasiat sebagai obat yaitu Jamur Ling zhi. 2003: 192). dll. sp. jamur kayu seperti jamur kuping (Auricularia. Selain itu. merang padi. .

kemudian hifa membentuk miselium. Jenis lainnya ada yang bersimbiosis dengan akar tumbuhan membentuk mikoriza. Ustilago maydis (smut fungi). dll. Jamur yang parasit hidup pada organisme inangnya. Daur hidup Basidiomycota : Dimulai dari pertumbuhan spora basidium (Reproduksi aseksual) . Habitat mereka ada di terrestrial dan akuatik dan bisa dikarakteristikan dengan melihat basidia . Habitat Basidiomycota Ditanah : Di air & Jamur Basidiomycotina umumnya hidup sebagai saprofit pada sisa-sisa makhluk hidup. Reproduksi seksual dengan cara membentuk basidiospora. . misalnya serasah daun di tanah. Amanita muscaria.Kerugian Basidiomycota : • Basidiomycota yang merugikan. Spora basidium akan tumbuh menjadi benang hifa yang bersekat dengan satu inti. antara lain : Puccina graminis (jamur karat). dan batang pohon mati. misalnya tumbuhan dan manusia. merang padi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful