Kamaludin Hidayat 240110090120 4.

2 Pembahasan Pada praktikum kali ini sama seperti praktikum sebelumnya praktikum diadakan di lahan praktikum FTIP yang berlokasi di ciparanje. Ada beberapa hal yang diukur oleh praktikan pada praktikum kali ini, seperti mengukur traktor, mengukur jarak yang dilalui ban depan maupun belakang untuk mencari nilai slip ataupun skid. Pada praktikum kali ini digunakan traktor 4 Wheel Drive atau 4WD, pada praktikum kali ini untuk operator semua kelompok diwakilkan oleh asisten dosen, agar kecepatan traktor konstan tidak berubah - ubah dan mungkin juga agar praktikum dapat berjalan lancar dan efisien waktu. Dari hasil pengukuran pada traktor di dapatkan hasil diameter ban depan sebesar 85 cm, untuk diameter ban belakang sebesar 124 cm. kecepatan ban belakangnya adalah 26.69 m/s. Dari hasil slip yang didapat pada kelompok kami yaitu sebesar 4.33%, slip ini merupakan suatu kondisi dimana traktor mengalami pergerakan perputaran roda berulang – ulang pada satu titik lokasi dengan tingkat kelicinan tertentu. Dengan terjadi nya slip ini akan membuat traktor sukar untuk melaju, kemampuan laju berkurang, jarak tempuh lebih sedikit, dan waktu pembajakan menjadi lebih lama. Dalam hasil kelompok kami dengan besarnya slip sebesar 4.33% tidak terlalu mempengaruhi kemampuan laju traktor tersebut. Kemudian kami juga diperintah kan untuk menghitung nilai skid, pada kelompok kami didapat nilai skid sebesar -1,086%. Skid adalah kondisi traktor bergerak dalam kondisi bergeser. Perputaran roda terjadi yang kemudian diiringi dengan pergeseran keadaan traktor, atau kendaraan lainnya dari kedudukan semula. Dengan demikian traktor akan mengalami irama pergerakan yang tidak stabil yang mengelok – elok saat ia berjalan walaupun perputaran rodanya tinggi pada saat itu. Dari pengukuran jarak yang dihasilkan oleh ban depan traktor adalah sejauh 38,936 m, sedangkan untuk ban belakang traktor adalah sejauh 37,25 m dengan kecepatan rata – rata 3,98 km/jam. Mungkin dengan hasil slip yang didapat dengan 4.33% dikarenakan lahan yang kering pada lahan praktikum, berbeda apabila mungkin traktor dijalankan pada lahan yang basah mungkin hasil dari slip kemungkinan akan jauh lebih besar.

Kamaludin Hidayat 240110090120 BAB V PENUTUP

5.1 Kesimpulan Kesimpulan yang dapat diambil pada praktikum kali ini adalah sebagai berikut : 1. Mengukur traktor, mengukur jarak yang dilalui ban depan maupun belakang untuk mencari nilai slip ataupun skid adalah hal yang lakukan pada praktikum kali ini. 2. Pada praktikum kali ini digunakan traktor 4 Wheel Drive atau 4WD. 3. Praktikum kali ini untuk operator semua kelompok diwakilkan oleh asisten dosen. 4. Slip ini merupakan suatu kondisi dimana traktor mengalami pergerakan perputaran roda berulang – ulang pada satu titik lokasi dengan tingkat kelicinan tertentu. 5. Hasil slip maupun skid bisa berubah - ubah sesuai keadaan lahan.

5.2 Saran Saran yang dapat diambil agar nantinya paktikum dapat berjalan dengan lancar: 1. Perhatikan arahan asisten agar praktikum dapat berjalan dengan lancar. 2. Teliti dalam pengamatan baik dalam pengukuran maupun perhitungan skid ataupun slip. 3. Pembagian kerja di dalam kelompok agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar. 4. Mengulung meteran dengan berhati – hati agar tidak kusut.