P. 1
Hakekat Hidup Rafi

Hakekat Hidup Rafi

|Views: 0|Likes:
Published by Wilda Septi Pratiwi

More info:

Published by: Wilda Septi Pratiwi on Nov 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/08/2014

pdf

text

original

Hakekat hidup Keajaiban hidup.

Semenjak awal abad ini pengetahuan kita tentang hidup telah banyak meningkat,hingga kini,diantara segala hal yang kita ketahui,kita paling menaruh rasa hormat kepada gejala hidup. Hal ini Mungkin karena adanya hubungan erat antara kesadaran kita sendriri dengan gejala hidup dibandingkan dengan keragaman corak organisme-organisme hidup. Sel sebagai satuan hidup. Kiranya satuan terpokok dari organisme hidup ialah sel tunggal.contoh bila sel tersebut mati maka sebagian kecil dari bagian sel tersebut tetap terus menyerap bahan makananya,jadi dengan kata lain bagian terkecil tersebut juga termasuk bagian sebagai satuan kehidupan. Setidak tidaknya banyak yg terjadi didalam sel berdasarkan proses kimiawi dan kiranya dapat dianalisa secara kimiawi.sel-sel ini terus menerus merusak susunan organis.karena sel sel tersebut tentu dapat menggantikan nya.reabsorbsi kimiawi yang terjadi didalam organisme,memberikan tenaga yang bebas kepada sel dan unsur unsur lain untuk berbaur menjadi jaringan jaringan sel,yang selanjutnya menggantikan jaringan yang hilang.proses perubahan kimiawi ini dinamakan metabolisme . Pembiakan (reproduction). Masih banyak misteri dalam kegiatan yang terjadi pada suatu pristiwa reproduksi yang masih belum dapat diterangkan secara proses fisio-kimiawi,meskipun telah cukup banyak yang berhasil diteliti. Di dalam pembiakan,kita dapat melihat terbaginya sel sel sebagai satu satunya proses terpenting.suatu sel hidup dan berkembang sampai pada suatu wktu tertentu,membelah dan membentuk sel baru yang masing masing hidup dan tumbuh berkembang ,pada dasarnya pembiakan manusia tersebut berasal dari pembelahan sel. Perubahan terus menerus dalam organisme. Sama hal nnya seperti atom yang didalamnya terjadi perubahan perubahan yang terus menerus dan itu juga sama terjadi pada suatu organisme.

dan perkembangan struktur serta fungsinya scara tersendiri.kita yakin bahwa manusia modren berkembang dari manusia primitif.kaku anjing . Bila meneliti tentang bentuk2 kehidupan mngkin bisa diamati bahwa kehidupan2 tersebut berasal dari kehidupan sebelumnya dan kehidupan sebelumnya tersebut berasal dari kehidupan yg dahulu bgtu pula seterusnya sehingga bisa dikatakan semua berawal dari suatu sel yang terus berkembang dan menjadi seperti sekarang.kuda dan sayap burung bersesuaian.bagaimanapun juga sel sel tersebut memiliki ketentuannya tersendiri.dapat hampir dipastikan bahwa sel seakan akan terdapat suatu kekuatan yg mengarahkan kepada perkembangan.Organisme terus mengalami perubahan terus menerus mulai dari awal hingga akhir hidupnya.dalam contoh ini kita tidak akan ragu ragu mengatakan.pertama pada proses pelipatgandaan. Pengertian evolusi secara harfiah berarti keadaan berkembang atau keadaan tumbuh. Evolusi Manusia Evolusi dan keterangan tentang hidup. Perubahan dari sebuah sel menjadi organisme bersel lebih dari satu.tapi hnya beberapa orang yang sependapat dengan hal tersebut.anda kini merupakan suatu perkembangan yang dimulai dari masa kanak kanak.pengaturan sel sel secara terorganisasi.(bukan berarti manusia berasal dari monyet atau kera melainkan manusia berkembang dari suatu organisme sederhana menjadi organisme modren seperti sekarang) Bukti yang memperkuat teori evolusi.pengertian sampingan yang lainnya adalah perkembangan tahap demi tahap yang dilawankan dengan tidak adanya perubahan sama sekali.perhatikan diri kita sendiri dalam keadaannya yang sekarang dan ketika masih kanak2. Contoh yang lain ialah dalam penyelidikan anatomi komparatif juga menunjukan. Seperti halnya dalam kehidupan sehari hari dan diambil contoh pada suatu sel. Bukti bukti yang membuktikan teori evolusi dilihat dari ciri ciri khas yang serupa dengan persamaan keturunan seperti halnya anak dengan orang tuanya.diperkirakan hewan2 ini memiliki nenek moyang yang sama namun itu Cuma salah satu contohnya saja. Kita dapat mengambil contoh lain. .dalam proses berkembang kita bisa saja merusak suatu sel maupun mencederainya tetapi kita tidak bisa mngubah asalnya menjadi jenis yang lain. bagian2 kerangka pada lengan manusia.menyangkut tiga macam segi.

hingga seseorang berkebangsaan britania pada awal abad ke 17 membuktikan bahwa peredaran darah manusia diperankan oleh jantung dan pembuluh darah.sebagai pompa yang mengalirkan darah keseluruh tubuh.memiliki struktur seperti alur rahang yang sama terdapat pada ikan dan amfibia. Didalam tubuh manusia terdapat peredaran darah yang dahulu dipandang sebagai suatu yang memiliki banyak rahasia.Yang tidak kurang ajaibnya ialah pembuktian empiris ditunjukkan bahwa semua embrio permulaan dari binatang melata yang hidup di darat.banyak ditemukan dari fosil fosil tersebut menunjukkan perubahan strukturnya yang mngkin untuk menghadapi suatu perubahan lingkungan yang baru. Peredaran darah.kedua hal tersebut saling bergantungan contohnya bila seseorang tidak makan selama beberapa minggu atau bulan dia bisa saja mati karena kebutuhan fisiknya tidak terpenuhi sama sekali.seandainya bila sumber tenaga atau bahan makanan yg diperoleh tersebut kurang atau tidak tepat maka akan berdampak pada fungsi fungsi tubuh manusia iru sendiri.contoh tubuh untuk bergerak membutuhkan tenaga dan tenaga tersebut berrasal dari bahan makanan yang dia peroleh. Contoh lain ialah fosil fosil prasejarah. Tubuh manusia memiliki mekanisme yang sangat rumit sama halnya bisa dikatakan seperti sebuah robot karena disana banyak terjadi peristiwa peristiwa kimiawi. Struktur Tubuh Manusia Fisiologi tubuh Tubuh manusia terdiri dari fisik dan roh yang saling berkaitan erat. Tubuh bagaikan sebuah mesin. .tanpa fisik roh tidak bisa hidup dan bgtu pula sebaliknya. Sistem kelenjar.dan binatang menyusui.burung.

contoh seperti saat melihat cahaya maka mata merespon cahaya tersebut dan meneruskan informasinya ke otak di otak informasi tersebut dilaporkan dan diproses sebagai suatu penglihatan.bahasa yang dipakai dalam filsafat ialah mengenai ilmu dan bukannya didalam ilmu . Bahasa yang dipakai dalam filsafat dan ilmu dalam beberapa hal saling tumpang-tindih.yaitu bertindak sebagai koordinator dan penunjuk jalan. Otak merupakan organ yang sangat rumit dan menakjubkan.Disetiap tubuh manusia memiliki suatu benda benda kecil yang disebut kelenjar yang memiliki peran besar dalam segala aktivitas tubuh. Hubungan antara Filsafat dengan Ilmu Filsafat berbicara tentang ilmu.salah satu kelenjar yang dikenal adalah kelenjar pituitaria yg terletak didekat otak yang menghasilkan enzim yang mengontrol banyak aktivitas salah satunya ialah pertumbuhan dan perkembangan. Sistem syaraf. satu hal yang tidak dapat dilakukan seorang filsuf ialah mencoba memberitahukan kepada seorang ilmuan mengenai apa yang harus ditemukannya. Segala informasi mengenai informasi dunia disekitar kita peroleh dari syaraf otak kita. .khususnya penting dalam bagian pengetahuan.keterangan mengenai sistem syaraf .didalam otak inilah timbul penginderaan dan bukanya di dalam organ indera.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->