MODUL MATA KULIAH

:

SEMINAR MANAJEMEN KEUANGAN

Mata Kuliah

: Seminar Manajemen keuangan

Materi Kuliah

: Lembaga Keuangan Non Bank

Fakultas / Jurusan

: Ekonomi / Manajemen

Semester / T.A

: Genap / 2007/2008

Tatap Muka Ke

:5

Penyusun

: Yuhasril, SE

Program Study Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Mercu Buana Jakarta Tahun 2008

Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB

Yuhasril, SE, ME SEMINAR MANAJEMEN KEUANGAN

b. Memberikan pemahaman tentang peranan dan tujuan lembaga keuangan non Bank di Indonesia. baik asuransi jiwa. b.1. 2. perusahaan anjak piutang.UMB Yuhasril. ME SEMINAR MANAJEMEN KEUANGAN . perusahaan leasing. SE. dan lain – lain.dan pengadaian Pusat Pengembangan Bahan Ajar . maupun asuransi kerugian. Perusahaan anjak piutang. seperti : pengadaian. Ruang lingkup dan fungsi dari lembaga keuangan tersebut. Tujuan Instruksional Khusus a. Perusahaan asuransi. Materi Pembahasan a.

Sindicated Lease 2. ME SEMINAR MANAJEMEN KEUANGAN . Jenis barang modal yang diinginkan g. Leverage lease ( partly finance by bank ) d. Lessee 3. Bank Kegiatan leasing dapat di lakukan dengan cara sbb ( tehnik pembiayaan leasing ) : 1. SE. Asuransi 5. Nilai barang yang di leasingkan Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Lease broker atau Packager Perjanjian dalam leasing : ( lease agreement ) e. Direct finance lease b. Independent leasing company 2. Supplier 4. Finance leasing ( Full pay out leasing ) a. Sale and lease back c. Pihak – pihak yang terlibat dalam pemberian fasilitas leasing : 1. Lessor 2. Captive lessor ( ACC.UMB Yuhasril. Nama dan alamat lessee f. Operating lease Jenis – jenis perusahaan leasing : 1.LEMBAGA KEUANGAN NON BANK Leasing : antara langsung dan langsing Sewa Guna Usaha ( Leasing ) Bergerak dalam bidang pembiayaan untuk keperluan barang – barang modal yang di butuhkah perusahaan atau Finance Companies. GE Capital ) 3.

hak dan kewajiban. dan anuitas. PERUSAHAAN ASURANSI Untuk mengurangi atau menutupi terjadinya resiko yang tidak kita inginkan di masa yang akan datang. Syarat – syarat kepemilikannya Biaya – biaya yang di kenakan k. Cost of capital 16 % dan tariff pajak 40 %. Asuransi kebakaran. X membutuhkan sebuah mesin seharga $40. j. Syarat – syarat pembayaran i. 3.h. Jika pinjam ke Bank dan jangka waktu pinjaman 5 tahun dengan bunga 12 % / th . kemalingan. kehilangan manfaat dan tanggung jawab hokum kepada pihak ketiga dari suatu peristiwa yang tidak pasti. Mesin tersebut juga bisa di leasing. dimana sewa / th $8. Berjangka. SE. Asuransi Kerugian ( Non life insurance ) Menjalankan usaha memberikan jasa untuk menanggulangi suatu resiko atas kerugian. seperti resiko kehilangan.UMB Yuhasril. jangka waktu asuransi. maka diperlukan jasa asuransi. dll. macetnya kredit bank. kebakaran. Pihak lessor juga membebankan operating costs sebesar $900 / th. Perjanjian antara tertanggung dengan pihak penanggung tertuang kedalam Polis Asuransi. Tabungan. jimlah uang yang dipertanggungkan. di mana disebutkan syarat – syarat.500 sampai akhir tahun ke lima. seumur hidup. Jenis – jenis Asuransi 1. ME SEMINAR MANAJEMEN KEUANGAN . 2. Asuransi Jiwa ( Life insurance ) Penanggulangan jiwa atau meninggalnya seseorang yang dipertanggungkan.000. Sangsi – sangsi apabila lessee ingkar janji Contoh : PT. pengangkutan. mesin tersebut di susutkan dengan metode garis lurus dan salvage value pada akhir th kelima $3. dll.000. Reasuransi Pusat Pengembangan Bahan Ajar . huru hara. Jika di beli.

Biaya administrasi Pihak – pihak yang terlibat dan perannya : 1. Jasa penagihan 2. Debitur. atau di beli ( ambil alih ). Pengambilalihan tagihan suatu perusahaan. Perusahaan anjak piutang ( factoring ) 3. PERUSAHAAN ANJAK PIUTANG ( FACTORING ) Kegiatan usaha perusahaan anjak piutang : 1.UMB Yuhasril. Jasa Pembiayaan ( financing service ) Perusahaan anjak piutang melakukan pembayaran dimuka kepada kreditur yang besarnya tergantung kesepakatan. baik dengan cara dibeli atau dengan cara lain sesuai dengan kesepakata.Yang memberikan jasa asuransi dalam pertanggungan ulang terhadap resiko yang dihadapi oleh perusahaan asuransi kerugian. Jenis – jenis usaha anjak piutang : a. ME SEMINAR MANAJEMEN KEUANGAN . 2. 2. Kreditur ( klien )yang menyerahkan taihannya kepada anjak piutang untuk di tagih. dikelola. pihak yang terlibat dengan kreditur. yaitu jasa pengelolaan kredit : Analis kelayakan suatu kredit Administrasi kredit Pengawasan kredit Perlindungan terhadap resiko kredit tsb. Full service factoring Merupakan perusahaan anjak piutang yang memberikan semau jenis jasa anjak piutang baik dalam jasa pembiayaan maupun jasa non pembiayaan. b. Pendapatan dari usaha anjak piutang : 1. SE. Mengelola usaha penjualan kredit suatu perusahaan. Jasa non pembiayaan ( non financing service ). Resource factoring Pusat Pengembangan Bahan Ajar .

Besarnya pinjaman sesuai dengan besarnya taksiran barang yang di gadaikan.UMB Yuhasril. Kenderaan bermotor c. Maturity factoring Dalam perusahaan jenis ini jasa yang diberikan pada kreditur adalah perlindungan kredityang meliputi pengurusan atas penjualan. ME SEMINAR MANAJEMEN KEUANGAN . f. e. SE. Invoice factoring Pemberian jasa hanyalah untuk yang berbentuk pembiayaan anjak piutang. d. Bulk factoring Jasa yang diberikan terhadap kreditur hanyalah jasa pembiayaan dan pemberitahuan jatuh tempo pada debitur. penagihan dari debitur dan perlindungan atas piutang dan dalam jenis ini jasa yang diberikan tampa pembiayaan. Agency factoring Dalam hal ini kreditur menyerahkan seluruh penjualan kredit pada perusahaan anjak piutang atas dasar pemberitahuan. Dalam hal ini resiko kredit tetap berada pada kreditor (klien). Barang – barang elektronik d. g. Barang – barang perhiasan b. PERUSAHAAN PEGADAIAN Untuk mengatasi agar masyarakat yang sedang membutuhkan uang. c. Barang – barang keperluan rumah tangga Pusat Pengembangan Bahan Ajar . dengan menyediakan pinjaman uang dengan jaminan barang – barang berharga. Jenis barang yang bisa dijadikan jaminan oleh pegadaian : a. Undisclosed factoring Perusahaan anjak piutang memberikan proteksi terhadap kemacetan pelunasan piutang sampai dengan persentase tertentu dari jumlah faktur yang telah disetujui.Jasa yang diberikan oleh perusahaan anjak piutang meliputi hampir semua jasa anjak piutang kecuali proteksi terhadap resiko tidak terbayarnya tagihan. Mesin – mesin e.

Kontrak forward antara suatu bank dengan nasabahnya (mungkin juga sesama bank) menyebutkan pengiriman. sewaktu the Chicago Mercantile Exchange m. 1. Divisi IMM memberikan tempat bagi para spekulator mata uang. dan pegadaian tidak peduli untuk apa uang itu digunakan. resiko valas.Apabila nasabah tidak dapat mengembalikan pinjaman dari jangka waktu yang disepakati. Melayani jasa taksiran. Disamping itu juga para pedagang yang menggunakan kontrak forward untuk menghilangkan resiko kerugian impor atau ekspor yang dilakukannya. cepat. Bekerja sama dengan pihak lain. pada tanggal tertentu. Perusahaan multi nasional juga melakukan kontrak forward untuk melindungi diri dari perubahan kurs berbagai mata uang. SE. Akhirnya para spekulator juga mungkin menjadi pelaku di pasar forward.UMB Yuhasril.embuka divisi International Money Market (IMM). Mereka menggunakan kontrak forward untuk menghilangkan resiko valas sehubungan dengan transfer dana dari satu negara ke negara lain. sejumlah mata uang tertentu. Kontrak-kontrak tersebut dapat dipergunakan untuk mengurangi resiko harga komoditas. Pasar Futures Futures merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh pihak-pihak yang bertransaksi. Pelaku di pasar forward tersebut umumnya terdiri dari para arbitrageurs. Prosedur peminjaman uang di pegadaian : mudah. tapi dapat juga untuk berspekulasi. Memberikan kredit kepada karyawan. kontrak future memberikan kewajiban bagi pihak-pihak yang bertransaksi. maka barang jaminan tersebut akan di lelang sebagai penggantinya. Sejarah pasar future mata uang dimulai pada tahun 1972. Sama seperti trasnsaksi forward. dan juga bagi mereka yang ingin Pusat Pengembangan Bahan Ajar . dan kusnya disepakati pada waktu kontrak disepakati. yaitu orang-orang yang berusaha memperoleh laba tanpa resiko dengan memanfaatkan perbedaan tingkat bunga antar negara. biaya yang dikenakan relatif ringan. ataupun instrumen keuangan (karena kontrak future dapat dilakukan untuk komoditas ataupun instrument keuangan). 2. Usaha lain yang dilakukan pegadaian : 1. Dengan demikian future mempunyai kesamaan dengan transaksi forward yang sering terjadi di pasar valuta asing. 4. ME SEMINAR MANAJEMEN KEUANGAN . Melayani jasa penitipan barang 3. ikut pembangunan perkantoran atau pembangunan lainnya.

5% . yen Jepang.000 untuk melakukan kontrak future senilai $100. yang disebut round trip (yaitu sekali pembelian dan sekali penjualan). yang jumlahnya kecil sekali. FF250. maka pemodal tersebut harus menyetor uang agar dananya kembali ke $4.1% / 0. dan maintenance margin ditentukan sebesar 65%nya. tetapi sudah distandarisasi. Pada kontrak future tidak dikenal adanya spread antara kurs beli dan kurs jual. Dalam perdagangan future juga ditentkan maintenance margin.000. frank Swiss. dan margin yang dierlukan oleh para pemodal rata-rata hanya sebesar 4% dari nilai kontrak futures. frank Perancis.05%. dollar Australia dan European Currency Unit. seorang pemodal dapat membuat kontrak forward untuk pound Inggris Untuk kontrak future.600 (yaitu 65% x $4.000. Dengan margin sebesar 4% tersebut.500.mengurangi resiko valas.UMB Yuhasril.000. 0.61).1% maka keuntungan pemodal akan mencapai. Kontrak futures saat ini tersedia untuk mata uang pound Inggris. Besarnya nilai kontrak telah ditentukan. SFr125. MIsalkan dalam contoh diatas. apabila dalam pound Inggris adalah Dengan demikian tidak bebas sesuai dengan merupakan kelipatan ₤62.000.000.000.000. Ini berarti bahwa seorang pemodal hanya perlu mnyetor dana sebesar $4.500.04 = 2. ME SEMINAR MANAJEMEN KEUANGAN . dan Pada kontrak ini. initial margin adalah sebesar $4. ₤ 62. Untuk kontrak pound Inggris senilai ₤62. atau kalau di dollarkan hanya sebesar $50 untuk round trip (pada kurs ₤:$1.000. Biaya transaksi diwijudkan dengan komisi.000. ұ12.000.000) atau kurang. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Dengan demikian perbedaan yang utama dengan kontrak forward adalah pada aspekaspek berikut ini : 1.500. yaitu A$100. sampai dengan hanya $15 9tergantung pada mata uang yang dipilih). Currencies futures merupakan kontrak atas mata uang tertentu dalam jumlah tertentu. DM125. dollar Kanada. kebuthan. dan tanggal pengiriman mata uang tersebut (atau kapan kontrak tersebut akan dilaksanakan) ditentukan oleh IMM. Dengan demikian. C$100. maka apabila kurs suatu mata uang meningkat 0. Dengan kata lain apabila jumlah uang yang disetor telah berkurang (karena rugi) mencapai $2. Maintenance margin merupakan jumlah minimal yang mengharuskan pelaku untuk manambah setoran agar kembali ke initial margin. penggunaan hutang sangat tinggi.500 biaya transaksi tersebut hanya sebesar 0. SE. Nilai kontrak untuk forward bebas sesuai dengan kebutuhan pelaku. kurs mata uang tersebut ditentukan pada saat kontrak disepakati. sebesar ₤200.

6125. dan sebagainya).500 x $1. masalah margin. dan untuk itu cara termudah adalah dengan menggunakan contoh numerikal. disebut sebagai marking to market. perkembangan pasar future di IMM semenjak diintrodusir ternyata cukup pesat. senilai $100. sampai kurang lebih mencapai harga (kurs) yang sama. terdapat pula perbedaan-perbedaan yang lain (seperti quotation. karena kedua kontrak tersebut sebenarnya berbeda. ME SEMINAR MANAJEMEN KEUANGAN .50 (yaitu 62.2. Akibat dari laba arbitrase tersebut akan membuat harga future meningkat. Bank dapat mengirim mata uang yang telah dikontrakkan pada kapan saja (asalkan hari kerja).781. dealer tersebut akan memperoleh laba arbitrase $93. tetapi sementara ini kita batasi untuk tiga aspek tersebut.6125). Disamping perbedaan-perbedaan tersebut. Penyelesaian (settlement) pada kontrak forward dilakukan sesuai dengan tanggal pada kontrak (kesepakatan antara bank dan nasabahnya). arbitrase. Sebaliknya kontrak future akan mengharuskan Hubungan antara pasar future dengan pasar forward dilakukan oleh Keuntungan Kegiatan ini Pusat Pengembangan Bahan Ajar .6110) dan menjual forward jumlah pounds yang sama. Pada tanggal settlement. Perhatikan bahwa mungkin sajakursnya tidaklah sama persis. Tanggal pengiriman untuk kontrak forward tergantung pada kesepakatan antara pemodal dengan bank. dan harga forward menurun. sesuai dengan kontrak. 3. Pada waktu yang sama harga future pounds yang berlaku di IMM adalah $. kurs forward untuk bulan Nopember 18 mata uang pounds adalah$1. untuk pengiriman bulan Juni. Mungkin yang lebih penting adalah memahami mekanisme kontrak future. tetapi laba tersebut akan menjadi $9. Memang benar untuk satu kontrak future ia hanya memperoleh laba sebesar $93. dapat diambil setiap hari.50 (yaitu 62.375 apabila ia melakukan seratus kontrak.6110 untuk penyerahan pada Nopember 18. MIsalkan di pasar antar bank. Apa yang dapat dilakukan oleh dealer mata uang asing?. Untuk kontrak future settlement dilakukan setiap hari lewat Exchange’s Clearing House. Untuk itu dealer tersebut akan membeli kontrak future pounds sebesar $100.UMB Yuhasril. SE. Untuk kontrak future.75. tetapi kerugian harus ditutup setiap hari. Meskipun besarnya kontrak future secara keseluruhan masih jauh lebih kecil dari kontrak forward.687. tanggal pengiriman sudah ditentukan pada tanggal-tanggal tertentu dalam satu tahun.75. Kontrak forward. kerugian dan keuntungan (gains) tidak direalisir sampai dengan saat jatuh tempo.500 x $1.

Keharusan mark to market tersebut juga memperkecil kemungkinan salah satu pihak yidak memenihi janji (default). Dengan demikian godaan untuk melakukan default akan lebih besar bagi transaksi forward. karena kerugian akibat perubahan harga (kurs). Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Hal ini berbeda dengan transaksi forward yang baru merealisir semua kewajiban pada saat jatuh tempo. karena keharusan untuk melakukan marking to market. ME SEMINAR MANAJEMEN KEUANGAN . Keharusan melakukan mark to market pada transaksi future mengakibatkan perbedaan dalam present value apabila dibandingkan dengan transaksi forward. SE.UMB Yuhasril. telah direalisir sebelum kontrak tersebut berakhir. dan tersedianya likuiditas untuk memenuhi kewajiban sewaktu melakukan mark to market.pemodal untuk memperoleh laba (memperoleh kas masuk) atau menderita rugi (membayar kas keluar).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful