Sistem Informasi Manajemen

BAB I PENDAHULUAN

A. Logo Perusahaan LG Group merupakan sebuah chaebol (kolongmerat) besar Korea Selatan, yang memproduksi perangkat elektronik (termasuk domotik), telepon genggam dan petrokimia. Nama LG berasal dari singkatan “Lucky – Goldstar”, nama perusahaan tersebut sampai tahun 1995.

B. Sejarah Perusahaan Semangat inovasi dan kepeloporan mengawali langkah LG sejak mereka memproduksi rangkaian produk kimia dan elektronik di korea. Pendiri sekaligus pemilik, In Hwoi Koo, mendirikan Lucky Chemical Industrial Co (sekarang bernama LG Chemical) pada tahun 1947 sehingga sejarah LG terukir. Perusahaan yang memulai gerakkannya dengan memproduksi Lucky Cream ini merambah pula ke industri plastik. Inilah pertama kali ada industri plastik di Korea. Semangat Koo terpancar pada putaran roda perusahaan yang terus meluncurkan produk-produk baru yang diperlukan dalam kehidupan manusia. LG pun meningkatkan standar hidup masyarakat Korea dengan memproduksi barang-barang plastik lainnya seperti sisir, tempat sabun, sikat gigi, dan peralatan makan. Secara bersamaan, LG mendirikan pula Goldstar yang sekarang bernama LG Electronics pada tahun 1958. Langkah ini ditempuh masih dalam rangkaian proses memperluas industri plastik mereka. Kemudian mereka membuka babak baru dalam industri elektronik dengan memproduksi radio pada tahun 1959 untuk pertama kali di Korea. Dengan ini, LG telah mengukuhkan fondasi di dua sektor industri, yaitu kimia dan elektronik. Bersamaan dengan itu, LG pun memperluas jaringannya di industri kimia dan elektronik yang menjadi fondasi sebuah perusahaan besar. Tanpa menunggu lama, mereka juga mendirikan Lucky Oils and fats pada tahun 1960 dan mulai memproduksi sabun. Lucky Chemical (sekarang LG Chemical) memproduksi hiti, deterjen sintetis, pada tahun 1964. Produksi ini termasuk yang pertama di Korea. Pada 1962 LG pun membentuk Corea Cable Industrial Co dimana sekarang bernama LG Cable dan mengembangkan sayap di industri listrik dan elektronik. Pada masa itu pula
1
Dwi agustina - 1209216366

Sistem Informasi Manajemen

LG Electronics pun memproduksi radio, kipas angin, telepon, telepon otomatis, kulkas, televisi hitam-putih, dan mesin cuci yang pertama di Korea. Dengan mendirikan Honam Oil Refining Co (atau LG Caltex Oil) perusahaan penyulingan minyak pertama di Korea pada tahun 1967 LG melibatkan diri ke sektor bahan dasar. Ini membuka jalannya menuju industri kimia dan logam berat. Kemudia LG (Lucky Group) pun terus mengembangkan jaringannya dalam bidang elektronik dengan menambah usahanya di penjuru dunia, setelah berhasil LG pun masuk ke Indonesia dibawah pimpinan Presiden Direktur Young Ha Kim dengan nama perusahaan PT. LG ELECTRONICS INDONESIA sebagai perusahaan tunggal untuk menjual produk LG Elektonik di Indonesia. Dengan adanya kebutuhan elektronik di masyarakat yang terus meningkat, tentunya LG Electronik Indonesia pun terus meningkatkan dirinya, terbukti dengan bertambahnya cabang-cabang di seluruh Indonesia yaitu LG Cabang Bandung, LG cabang Banjarmasin, LG Cabang Denpasar, LG cabang Yogyakarta , LG Cabang Makasar, LG Cabang Medan, LG Cabang Manado, LG Cabang Padang, LG Cabang Surabaya, LG Cabang Pekanbaru, LG Cabang Samarinda, LG Cabang Semarang, dan LG Cabang Palembang,. Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan karyawannya maka perusahaan selain memberikan gaji juga mengikutsertakan karyawannya dalam program jamsostek, asuransi kecelakaan dan memberikan bonus per semester.

C. Visi dan Misi Perusahaan 1. Visi a. Global Top 3 Oleh 2010 (Global Top 3 Pada Perusahaan Elektronika / Telekomunikasi) b. Strategi Pertumbuhan ( Inovasi Tercepat / Tingkat Pertumbuhan Tercepat) c. Inti Kompetensi ( Kepemimpinan Produk, Kepemimpinan Pasar, Sumber Daya Manusia Yang mempunyai kualitas kepemimpinan ) d. Budaya Kerjasama ( Tidak ada alasan, "kami" bukan "saya", Tempat Kerja yang menyenangkan)

LG Electronics sedang mengejar dengan visi abad 21 menjadi pemimpin digital global sejati yang dapat membuat pelanggan senang di seluruh dunia melalui produk digital yang inovatif dan layanan.

2
Dwi agustina - 1209216366

Sistem Informasi Manajemen

LG Electronics telah menetapkan jangka menengah baru dan visi jangka panjang, yang bertujuan untuk mencapai posisi sebagai salah satu dari tiga perusahaan elektronik, informasi, dan perusahaan-perusahaan telekomunikasi terkemuka di dunia pada tahun 2010. Dengan demikian, LG merangkul filosofi "Perusahaan Yang Hebat dengan Sumber Daya Manusia Yang Hebat" dimana hanya orang-orang besar dapat membuat perusahaan besar, dan mengejar dua strategi pertumbuhan yang melibatkan "inovasi cepat" dan "pertumbuhan cepat." Demikian juga, kita berusaha untuk mengamankan tiga kemampuan inti : kepemimpinan produk, kepemimpinan pasar, dan orang-orang yang berpusat pada kepemimpinan.

2. Misi a. Pertumbuhan cepat Pertumbuhan cepat adalah hasil dari strategi yang dirancang untuk memperluas dan penghasilan dengan cepat, sementara meningkatkan tingkat pertumbuhan dari segi nilai moneter, bukan kuantitas. b. Inovasi cepat Kemajuan yang pesat melibatkan inovasi inovasi sangat tinggi tujuan dan mengamankan keunggulan kompetitif, membidik target 30% lebih dari apa yang dapat dicapai pesaing kita. Fast inovasi juga berarti 30% lebih banyak penjualan dan peningkatan pangsa pasar kami, pengembangan produk baru dan pembukaan produk tersebut 30% lebih cepat, mengembangkan teknologi dan membangun nilai perusahaan tiga tahun ke depan dari pesaing kita. c. Kemampuan inti  Kepemimpinan produk mengacu pada kemampuan untuk mengembangkan kreatif, atas produk-produk berkualitas, khusus yang menggunakan teknologi baru.  Kepemimpinan pasar mengacu pada kemampuan untuk mencapai peringkat atas, di seluruh dunia, berkat kehadiran pasar yang tangguh di negara-negara di seluruh dunia.  Orang kepemimpinan mengacu pada dominasi pasar dicapai dengan memilih dan memelihara pemain tim berbakat mampu menginternalisasi dan melaksanakan inovasi di seluruh papan. d. Produk Kepemimpinan

3
Dwi agustina - 1209216366

Sistem Informasi Manajemen

Kepemimpinan produk mengacu pada kemampuan untuk mengembangkan kreatif, atas produk-produk berkualitas dengan menggunakan teknologi baru khusus. e. Pasar Kepemimpinan Kepemimpinan pasar mengacu pada kemampuan untuk mencapai "LG merek No 1" tujuan, berkat untuk-midable kehadiran pasar di seluruh dunia f. Orang Kepemimpinan Orang kepemimpinan mengacu kepada orang-orang berbakat, yang tampil sangat baik oleh internalisasi dan melaksanakan inovasi.

g. Budaya Perusahaan Orang kepemimpinan mengacu kepada orang-orang berbakat, yang tampil sangat baik oleh internalisasi dan melaksanakan inovasi. h. No Excuses Orang kepemimpinan mengacu kepada orang-orang berbakat, yang tampil sangat baik oleh internalisasi dan melaksanakan inovasi. i. 'Kami' bukan 'aku' Kami mengejar budaya perusahaan yang mendorong semua karyawan untuk bekerja sama dan membentuk tim yang kuat. j. Fun Kerja Kami menciptakan suatu tempat kerja di mana kreativitas individu dan kebebasan bekerja dihormati dan dibuat menyenangkan.

Misi ini jelas mendukung langkah-langkah untuk mewujudkan visi LG dengan mengembangkan ide-ide kreatif SDM yang dimiliki oleh LG sehingga dengan memiliki SDM yang berkualitas dan kreatif akan membuahkan ide-ide kreatif untuk inovasi produk dan memajukan perusahaan dengan inovasinya sehingga bisa mewujudkan cita-citanya untuk menjadi salah satu dari tiga perusahaan terbesar di Indonesia dalam bidang elektronik dan telekomunikasi.

D. Tujuan dan Sasaran LG Elektonik LG Electronic Indonesia terus fokus untuk membidik pasar di segmen high-end dengan menggelontorkan produk-produk mewah atau pada khususnya produk home appliances dengan desain mewah dan harga tinggi.

4
Dwi agustina - 1209216366

Sistem Informasi Manajemen

Tujuan LG adalah mengembangkan teknologi yang inovatif dan proses efisien yang menciptakan pasar baru, memperkaya hidup semua orang, dan terus menjadikan LG sebagai pemimpin digital yang terpercaya.

5
Dwi agustina - 1209216366

Sistem Informasi Manajemen

BAB II PEMBAHASAN
LG Electronics (LG) adalah pemimpin global dan inovator dalam teknologi elektronik konsumen, komunikasi mobile dan home appliances, mempekerjakan lebih dari 84.000 orang yang bekerja di 112 operasi termasuk 81 anak perusahaan di seluruh dunia. Pada tahun 2008, penjualan secara global mencapai $ 44.7 milyar, LG terdiri dari lima unit bisnis ; Home Entertainment, Mobile Communications, Home Appliance, penyejuk udara, dan Business Solutions. LG adalah salah satu perusahaan terkemuka di dunia produsen panel datar TV, produk audio dan video, mobile handset, AC dan mesin cuci. LG Electronics didirikan pada tahun 1958 dan sejak itu memimpin jalan ke era digital yang maju berkat keahlian teknologi manufaktur yang diperoleh oleh banyak home appliances seperti radio dan TV. LG Electronics telah meluncurkan banyak produk baru, diterapkan teknologi baru dalam bentuk perangkat mobile dan TV digital di abad 21 dan terus memperkuat statusnya sebagai perusahaan global. Sumber daya perusahaan memiliki 2 pilar utama yaitu fisik dan konseptual yang terbagi ke dalam subsitem, yaitu : a. Fisik 1) Sumber Daya Input (SDI) 2) Proses 3) Sumber Daya Output (SDO) b. Konseptual 1) Standar 2) Manajemen 3) Pengolah Informasi (PI) Berikut ini merupakan uraian dari subsistem yang ada di perusahaan LG Electronics (LG) : a. Fisik 1) Sumber Daya Input (SDI) Dalam proses ini berisi tentang sumber daya yang terlibat di dalam kegiatankegiatan perusahaan. LG Electronics (LG) terdiri dari :  Karyawan perusahaan  Manajemen perusahaan
6
Dwi agustina - 1209216366

Sistem Informasi Manajemen

 Mesin-mesin, baik dalam kegiatan produksi maupun kegiatan operasional kantor  ATK  Bahan baku guna produksi 2) Proses Dalam proses ini berisi tentang kegiatan-kegiatan yang berlangsung di dalam dan di luar perusahaan. LG Electronics (LG) terdiri dari :  Produksi  Penelitian  Job training  Seminar 3) Sumber Daya Output (SDO) Dalam proses ini berisi tentang hasil yang dihasilkan dari kegiatan-kegiatan yang terjadi di perusahaan. LG Electronics (LG) terdiri dari :  Barang – barang hasil produksi, seperti : alat-alat elektronik . Para konsumen dapat menggunakan barang-barang elektronik yang sesuai dengan seleranya  Kesejahteraan, (bagi para seluruh karyawan baik dari jajaran manajemen sampai produksi)  Pelayanan, hal ini bisa berupa iklan produk yang beredar di media masa. Yang bertujuan guna memberikan informasi tentang keunggulan dan inovasi-inovasi produk yang dihasilkan. c. Konseptual 1) Standar Dalam standar, ini berisi tentang hal-hal dasar yang harus dimiliki oleh

perusahaan. LG Electronics (LG) terdiri dari :  Anggaran perusahaan (produksi, bahan baku, pembelian, penjualan, dll)  Rencana kegiatan (produksi, manajemen, pemasaran, dll)  Peraturan (perizinan sesuai hukum yang berlaku) 2) Manajemen Dalam manajemen ini berisi tentang struktur organisasi perusahaan. LG Electronics (LG) terdiri dari :  Dewan komisaris  Presiden komisaris  Komisaris
7
Dwi agustina - 1209216366

Sistem Informasi Manajemen

 Dewan direktur  Presiden direktur  Direktur  Keuangan dan akuntansi  Informasi dan teknologi  Hukum  EESH  Personalia  General affair  Branch management support  Humas  Iklan dan promosi  Logistic  Ekspor dan impor  Product marketing  Branch sales  Branch service  Produksi  Penelitian dan pengembangan  Quality assurance  Pembelian 3) Pengolah Informasi (PI) Dalam pengolah informasi ini berisi tentang data-data perusahaan, misalnya LG Electronics (LG) memanfaatkannya dalam mengendalikan inventori

perusahaannya. Hal ini terlihat jelas karena PT. LG Electronics Indonesia sendiri memiliki suatu portal yang terdiri dari sistem-sistem yang dapat diakses oleh semua pegawai PT. LG Electronics Indonesia yang berada di seluruh Indonesia. Portal tersebut dinamakan LG Electronics Enterprise Portal atau dapat disingkat dengan LGEP. Seluruh pegawai yang telah memiliki akses resmi dapat menggunakan portal ini untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan. Akses tersebut berupa e-mail yang didapatkan secara resmi dari PT. LG Electronics Indonesia. Sehingga dengan log-in menggunakan e-mail tersebut ke dalam portal ini seluruh pegawai akan mendapatkan atau memberikan informasi terbaru mengenai data-data perusahaan. Namun, portal dan e-mail ini hanya dapat diakses di lingkungan
8
Dwi agustina - 1209216366

Sistem Informasi Manajemen

perusahaan saja. PT. LG Electronics Indonesia dalam mengendalikan inventori yang dimiliki perusahaan. Sistem tersebut dinamakan Global Digital Logistic System atau dapat disingkat dengan GDLS. Alasan memakai sistem informasi GDLS, untuk : a. Mengetahui pengiriman barang dari pusat ke cabang perusahaan ataupun sebaliknya, meliputi ekspedisi yang digunakan dalam pengiriman, barang-barang apa saja yang dikirim dan kapan waktu keberangkatan dan kedatangan barang setelah sampai di tujuan. b. Membuat jadwal-jadwal pengiriman barang dari pusat ke cabang perusahaan ataupun sebaliknya, meliputi zona tujuan, rute perjalanan dan no truk yang digunakan untuk melakukan pengiriman. c. Mendapatkan informasi mengenai jumlah persediaan barang yang tersedia di gudang perusahaan baik gudang pusat maupun cabang. d. Mengetahui apakah adanya pengembalian barang yang telah dikirim dikarenakan adanya barang yang tidak laku terjual ataupun barang yang telah rusak/cacat. e. Mengetahui berapa nilai barang yang telah dikirim atau diterima termasuk biaya loading barang ke gudang dan biaya tambahan lainnya. Sistem ini terdiri dari beberapa subsistem yang memiliki fungsi berbeda berdasarkan tujuan penggunaan data, antara lain : a. Delivery Dalam subsistem ini dapat digunakan untuk membuat jadwal pengiriman barang, untuk mengkonfirmasi pengiriman barang, untuk mengalokasikan truk yang digunakan untuk pengiriman barang, untuk mengetahui status pengiriman barang dan untuk mengetahui apakah ada pengiriman yang tertunda atau keterlambatan atas pengiriman barang. b. Cost Dalam subsistem ini dapat digunakan untuk me-manage berbagai faktor-faktor pengiriman (biaya-biaya lain, kondisi barang, wilayah tujuan, tarif yang digunakan), untuk mengetahui apabila terjadi kesalahan selama pengiriman, untuk me-manage pengiriman barang termasuk biaya-biaya atas pengiriman tersebut. c. Stock Dalam subsistem ini dapat digunakan untuk mengetahui status penerimaan barang, perhitungan fisik persediaan barang di gudang dan status persediaan barang.

9
Dwi agustina - 1209216366

Sistem Informasi Manajemen

d. Return Dalam subsistem ini dapat digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengembalian barang yang tidak laku terjual dan rusak/cacat.

10
Dwi agustina - 1209216366

Sistem Informasi Manajemen

BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan Dan Saran LG Electronics (LG) adalah pemimpin global dan inovator dalam teknologi elektronik konsumen, komunikasi mobile dan home appliances, terdiri dari lima unit bisnis – Home Entertainment, Mobile Communications, Home Appliance, penyejuk udara dan Business Solutions. LG merupakan salah satu perusahaan terkemuka di dunia produsen panel datar TV, produk audio dan video, mobile handset, AC dan mesin cuci. Sistem yang digunakan oleh PT. LG Electronics Indonesia dalam mengendalikan inventori yang dimiliki perusahaan tersebut dinamakan Global Digital Logistic System atau dapat disingkat dengan GDLS. Sistem ini memiliki banyak manfaat seperti mengetahui pengiriman barang dari pusat ke cabang perusahaan ataupun sebaliknya, membuat jadwaljadwal pengiriman barang dari pusat ke cabang perusahaan ataupun sebaliknya, serta mempermudah dalam pemberian informasi mengenai keluar masuknya barang yang telah diproses. Sistem ini terdiri dari empat sub sistem yaitu delivery, cost, stock dan return.

11
Dwi agustina - 1209216366