SOAL DAN JAWABAN 1. Sebutkan syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pengajuan ijin penyelenggaraan PAUD.

Jawab : a. Surat Permohonan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten, Cq Kabid PLSPO yang diketahui lurah, camat dan penilik PLS Kecamatan. b. Akta Notaris pendirian yayasan c. Bentuk dan nama lembaga d. Visi dan Misi lembaga e. Program kegiatan mengajar f. Sarana dan Prasarana g. Data keterangan yang berisi - Data pengelola, pendidik, pengasuh (fotocopy SK Pengangkatan, ijazah terakhir, jumlah jam mengajar) - Data peserta didik - Denah lokasi - Surat keterangan kepemilikan bangunan - Surat ijin lingkungan diketahui RT/Kadus/Lurah - Struktur Organisasi 2. Pengelolaan ijin menitik beratkan pada 4 komponen, coba sebutkan! Jawab : 1. Pengelolaan tenaga kerja, Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2. Peserta didik 3. Sarana Prasarana 4. Pengelolaan Keuangan 3. UU No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS Pasal 1 ayat (6) berisi tentang apa? Jawab : Tenaga kependidikan yang berkualitas sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya serta berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan. 4. Sebutkan 3 unsur utama yang harus ada dalam diri seorang pendidik yang profesional! Jawab : a. Pendidikan yang memadai, disiapkan secara khusus melalui lembaga pendidikan dengan kualifikasi tertentu. b. Keahlian dalam bidangnya. c. Komitmen dalam tugasnya.
5. Sebutkan langkah-langkah penting dalam preoses perekrutan sebagai kelanjutan

perencanaan tenaga pendidikan. Jawab : a. Menyebarluaskan pengumuman tentang kebutuhan tenaga pendidik dalam berbagai jenis dan kualifikasinya sebagaimana proses perencanaan yang telah

b. d. pemecahan masalah. misalnya melanggar peraturan yang berlaku seperti melanggar sumpah jabatan. f. Sebutkan prinsip yang harus diperhatikan dalam penyelenggaraan pembinaan tenaga pendidik.Penampilan – Kepantasan bekerja di Dunia Pendidikan .ditetapkan. Karena permintaan sendiri untuk berhenti. c. Menentukan persyaratan bagi pelamar dengan persyaratan-persyaratan yang ditetapkan baik administasi maupun akademis.Pengetahuan Umum – Faktor lain yang ditetapkan penguasa. pengembangan profesi. pemeliharaan motivasi kerja dan ketahanan organisasi pendidikan. e. mengidap . Karena adanya penyederhanaan organisasi yang menyebabkan adanya penyederhanaan tugas disatu pihak lain diperoleh kelebihan tenaga kerja. Pembinaan tanaga pendidik berorientasi pada perubahan tingkah laku dalam rangka peningkatan kemampuan profesional dan atau sistem sekolah dan menyediakan bentuk-bentuk penghargaan. atau kerjasama dengan instansi lain. c. Karena mencapai batas usia pensiun menurut ketentuan yang berlaku.ketrampilan Komunikasi . melanggar peraturan disiplin. Jawab : a. d. 6. (misalnya magang). Karena yang bersangkutan tidak cukup cakap jasmani maupun rohani. seperti cacat karena suatu hal yang menyebabkan tidak mampu lagi bekerja. baik karena kebutuhan-kebutuhan yang berorientasi terhadap lowongan jabatan/posisi dimasa yang akan datang.Pendidikan – Minat .Pengalaman – Sikap dan nilai-nilai . Pembinaan tenaga pendidik dirintis dan diarahkan untuk mendidik dan melatih seseorang sebelum maupun sesudah menduduki jabatan/posisi. kesejahteraan dan intensif sebagai imbalannya guna menjamin terpenuhinya secara optimal kebutuhan sosial ekonomis maupun kebutuhan sosial-psikologis. korupsi dan sebagainya.Umur . c. b. 7. Menyelenggarakan pengujian berdasarkan standar seleksi dan dengan menggunakan tehnik-tehnik seleksi atau cara-cara tertentu yang dibutuhkan. Penilaian kinerja yang bersangkutan menurun meskipun sudah diberikan peringatan oleh atasan. Jawab : a. Karena yang bersangkutan melakukan penyelewengan atau tindakan pidana. b. Standar-standar seleksi misalnya: .Tujuan-tujuan – Kesehatan mental . Pembinaan tenaga pendidik sebenarnya dirancang untuk memenuhi tuntutan pertumbuhan dalam jabatan. dapat melalui media publikasi atau rekomendasi terbatas. Sebutkan beberapa alasan yang menyebabkan seorang tenaga pendidik diberhentikan dari pekerjaannya. kegiatan-kegiatan remedial. Pendidik tenaga pendidik patut dilakukan untuk semua jenis tenaga pendidik.Kesehatan fisik – Motivasi .

berubah ingatan dan sebagainya. Seleksi Seleksi dilakukan apabila jumlah pendaftarannya melebihi daya tampung yang tersedia. h. g. open house.Data staff . b. Karena ijin mengembangkan diri.Form permohonan ijin .menyakit yang membahayakan diri dan lingkungan. 10. Pencatatan dan perlengkapan apa saja yang diperlukan sejak siswa diterima disekolah sampai siswa tamat/ meninggalkan sekolah? .Dan persyaratan yang lain yang sudah ditentukan yang dianggap perlu oleh lembaga.Ijazah . Coba sebutkan administrasi yang diperlukan untuk pengelolaam tenaga pendidik! Jawab : a. bisa melalui media massa. Pengumuman Setelah pengumuman penerimaan peserta didik baru.Membayar administrasi .Form tugas keluar .SK Mengajar . Kegiatan apa yang perlu disiapkan dalam rekruitment peserta didik setiap tahun ajaran baru? Jawab : a. Administrasi Kelembagaan . penyebaran brosur. c. i. dan lain-lain. d. Syarat-syarat pendaftar . Pendaftar Jadwal penerimaan peserta didik tersebut disebarluaskan kepada masyarakat.Mengisi formulir .Riwayat Kesehatan b. dilakukan sosialisasi aturan-aturan sekolah yang wajib dipenuhi peserta didik baru. pengumuman sekolah.Daftar penerimaan gaji . 8.Curiculum vitae . Karena meninggal dunia atau karena hilang sebagaimana dinyatakan oleh pejabat yang berwenang. pameran.Daftar hadir staff . Administasi Kepegawaian .Kartu Kependudukan .Mengumpulkan foto . Karena meninggalkan tugas dalam jangka waktu tertentu sebagai pelanggaran atas ketentuan yang berlaku.Form evaluasi staff secara berkala 9.

Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) . Buku Induk b.Pembelian dengan biaya SPP . Accounting/ pembukuan c. contoh untuk kegiatan fisik yaitu pembuatan gedung.Buku penghapusan . biaya perawatan gedung. Pertanggungjawaban 12. Proses pengadaan . Coba sebutkan prosedur manajemen keuangan! Jawab : a. untuk non fisik yaitu Pelatihan atau Diklat pendidik. Laporan perkembangan peserta didik. Pemakaian .Buku pembelian . Pencatatan/ pengurusan . Sebutkan garis besar tentang manajemen sarana dan prasarana! Jawab : a. 13. Dana Masyarakat . Buku daftar Mutasi anak didik f.Kartu barang e.Bantuan dari BP3 atau komite sekolah .Barang tidak habis pakai d. Buku Catatan pribadi peserta didik e.Bantuan dari masyarakat c.Anggaran rutin. Coba sebutkan sumber anggaran pendidikan yang berasal dari anggaran dan dana masyarakat! Jawab : a. contoh untuk gaji pegawai. Budgeting/ penganggaran b. Buku Kleper c. biaya ujian.Pembelian dengan biaya dari pemerintah . Auditing .Barang habis pakai . Daftar Presentasi d.Jawab : a.Bantuan atau hibah dan lainnya yang sah menurut aturan yang ada.Buku inventaris .Anggaran pembangunan. dll . 11.Iuran BP3/ Komite sekolah . b. Penentuan Kebutuhan b. Anggaran Negara .

Jaringan transportasi e. Coba sebutkan hambatan dalam komunikasi yang dapat mengganggu/ memperlambat komunikasi yang efektif. Lama tempuh tidak melebihi 15 menit atau 1. b. Perkembangan anak usia sekolah c. 18. d. e.Hambatan perilaku. Ada berapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan lokasi yang ideal untuk sekolah. b. Memperkenalkan nama-nama tempat di sekolah dan di kelas. Cukup murid e. serta pengenalan peraturan dan tata tertib sekolah.14. Sebutkan hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemetaan sekolah! Jawab : a. Peserta didik dapat mengerti dan mentaati segala peraturan yang berlaku di sekolah. sikap otoriter. Hambatan Personal/ Individu Hambatan ini disebabkan beberapa faktor diantaranya. Agar calon peserta didik merasa betah di sekolah. Sebutkan! Jawab : a. Mudah dijangkau b. Hambatan Teknis 17. kegunaan masingmasing tempat. kecemasan. Penyelenggaraan kurikulum 15. diantaranya. Jawab : ada 5 macam a. Apa tujuan diadakannya orientasi bagi calon peserta didik! Jawab : a. Friendship Grouping . c.5 Km perjalanan d. Hambatan Organisasional c. Perkembangan pemukiman penduduk b. Mengenalkan peserta didik dengan orang-orang yang berada di lingkungan sekolah berserta tugasnya masing-masing. Ada berapakah dasar-dasar pengelompokan peserta didik? Coba sebutkan!. sikap egosentris. yaitu .Kelebihan informasi . Tidak bertolak belakang dengan perkembangan pemikiran (primitif) 16. Pendayagunaan fasilitas f. dan hambatan tersebut digolongkan menjadi berapa golongan! Coba sebutkan!.Sematik atau perbedaan bahasa . perbedaan persepsi dan informasi berlebihan. Jawab : a. Lembaga pendidikan yang sudah ada d. semua warga sekolah yang lama harus bersikap ramah kepada calon peserta didik dan selalu siap membantu apabila diperlukan. Jauh dari tempat yang ramai c. Peserta didik dapat aktif dalam kegiatan sekolah.

Leading . What to do when children are sick h.Membatasi sasaran dan menetapkan pelaksanaan-pelaksanaan kerja untuk mencapai efektivitas maksimum melalui proses penentuan target. How to handle children on special diets g. Jawab : ada 3 Jenis a. . Organizing . dan tenaga kerja yang diperlukan untuk penyusunan rangka kerja efisien. Why greating children is important d. b. How to handle discipline e.Menetapkan tentang apa yang harus dikerjakan.Menyediakan fasilitas-fasilitas perlengkapan. Teknik “Inner control” b. How to handle special-needs children f. Directing atau Commanding e. Sebutkan solusi Kathy Lee dalam menawarkan solusi pada pengelolaan peserta didik! Jawab : a.b. How to learn children names c.Mengelompokkan komponen kerja ke dalam struktur organisasi secara teratur.Membentuk struktur wewenang dan mekanisme koordinasi . d. Ada berapa jenis tehnik pembinaan disiplin kelas? Coba sebutkan!. c. c.Merumuskan dan menentukan metode serta prosedur . . mengadakan latihan dan pendidikan tenaga kerja dan mencari sumber-sumber lain yang diperlukan. Forecasting Planning termasuk Budgeting .Mengambil keputusan . Jawab : dibagi menjadi 10 bagian a. e. kapan dan bagaimana melakukanya. Teknik “Cooperative control” 20. 21. . How to hep teacher understand the difference between a child-centered and teacher-dirested curriculum. Teknik “External control” c. Staffing atau Assembling Resources d. How to children with allegies.Mempersiapkan dan mengkomunikasi rencana-rencana dan keputusankeputusan b. Secara umum manajemen dibagi menjadi berapa? Coba sebutkan!. .Mengembangkan alternatif-alternatif . Achievement Grouping Aptitude Grouping Attention or Interest Grouping Intelligence Grouping 19.Memilih.

.f. Sebutkan beberapa pendapat tentang fungsi-fungsi manajemen yang dikemukakan oleh beberapa penulis! Jawab : a. . Prajudi Atmosukirjo: planning. Division of work . komando control. Pembinaan 23. d.Memberi bimbingan dan nasihat . organisasi. Coordinating . controling. organzing. 24. Pelaksanaan c.Memilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya . Jawab : ada 4 macam a. organizing.Memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka trampil dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Henry Fayol : planning.Mengadakan pertemuan-pertemuan dalam mana diberi penjelasanpenjelasan . reporting. organizing. b. controling.Perencanaan merupakan upaya sistematis yang menggambarkan penyusunan rangkaian tindakan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi atau lembaga dengan mempertimbangkan sumber-sumber yang tersedia atau sumber-sumber yang dapat disediakan. controling. Luther Gullich: planning. coba sebutkan. b.Memberi semangat inspirasi dan dorongan kepada bahawan supaya mereka bertindak. organizing. coocrdinating. Allen: Leading. Fungsi pokok manajemen pendidikan dibagi menjadi berapa macam? Coba sebutkan!. John Robert Beishline: perencanaan. Louis A.Dengan memberi instruksi .Perencanaan merupakan kegiatan untuk mengerahkan atau menggunakan sumber-sumber yang terbatas secara efisien untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Mengadakan komunikasi agarada bahasa yang sama antara manajer dan bawahan. c. i.Dengan memberi perintah . Perencanaan . planning. Commanding. .Mengadakan coaching . g. staffing. Henry Fayol mengemukakan bahawa prinsip-prinsip manajemen dibagi menjadi 14 baguan. Pengawasan d. e. Jawab : a. budgeting. directing. coordinating. h.Bila perlu memberi teguran Motivating Controling Reporting - 22. directing atau actuating.

Adanya pelayanan pendidikan swasta. Konsep diri merupakan faktor penting dari setiap perilaku. 2005: 118). Klarifikasi nilai e. . k. .Tersedianya dan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan.Tersedianya fasilitas sarana dan prasarana pendidikan. . . .Kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan pendidikan. 25 Tahun 2000 s/d 2004 tentang Program Pembangunan Nasional. i. . . 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. c. 4) Adanya Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. 1) UU RI No. pemimpin harus menerima semua perasaan pegawai dengan tehnik komunikasi yang menimbulkan kepatuhan dari dirinya. j. meliputi. Jawab : a. Konsekuensi-konsekuensi logis dan alami.b. .Tersedianya perundang-undangan pendidikan. f.Adanya dunia usaha/ industri yang bersedia kerjasama dengan sekolah.Kurangnya dedikasi dan mutu sebagian tenaga pendidik (SDM).Adanya partisipasi dukungan masyarakat di bidang pendidikan. Peluang/ Kesempatan (Opportunities). d. . . meliputi.Masih adanya krisis ekonomi yang melemahkan kamampuan masyarakat secara finansial. n.Adanya promosi pendidikan yang dilakukan melalui. Ketrampilan berkomunikasi. h.Belum optimalnya fungsi tim perencanaan. meliputi: . Kekuatan (Strength).Kurangnya informsi di bidang pendidikan. m. . d. b.Adanya dukungan pemerintah Kabupaten. 5) Adanya Dunia Usaha dan Industri. . Authority and Responsibility Discipline Unity of command Unity of direction Subordination of individual interest to general interest Remuneration of personnel Centralization Scalar chain Order Equity Stability Of Tonure Of Personnel Initiative Ecsprit de Corp 25. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah. c. Bagaimana strategi membina disiplin yang dikemukakan oleh Taylor dan User (dalam Mulyasa. .Keamanan aparat untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan.Perilaku dan budaya masyarakat yang kurang mendukung program pendidikan. Ancaman (Threats) . l. d. . 2) UU RI No. Sebutkan analisis SWOT terhadap manajemen pendidikan di Indonesia! a. c.Tugas rangkap pemberi pelayanan pendidikan. Latihan keefektifan pemimpin f. Kelemahan/ Kekurangan (Weaknesses). b. . perilaku yang salah terjadi karena pegawai telah mengembangkan kepercayaan yang salah terhadap dirinya. Terapi realitas 26. . 3) UU RI No. g.Kurangnya kepedulian pihak swasta terhadap pendidikan. e.

Apa tugas dan peranan dari SISDIKNAS pada abad ke XXI? Jawab : a. religio mental. i. karyawan. d. dan aspek ketenagakerjaan. baru berdasarkan pengalaman/ pendapat. Rela memberikan ganjaran. Menciptakan kondisi di mana para karyawan aktif berpartisipasi dalam menciptakan keunggulan mutu. Memberikan kepuasan kepada pemilik. Ciptakan kepemimpinan yang berorientasi pada bawahan dan aktif memotivasi karyawan bukan dengan cara otoriter sehingga diperoleh suasana kondusif bagi lahirnya ide-ide baru. b. Sebutkan syarat-syarat pelaksanaan TQM dalam suatu perusahaan! Jawab : a. Meningkatkan mutu pendidikan aspek akademik. melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai luhur bangsa. . f. baru menyusul hasil. Setiap langkah kegiatan harus selalu terukur jelas sehingga pengawasan lebih mudah. h. pemasok. Setiap keputusan harus berdasarkan pada data. Menjaga. e. Program dan pelatihan hendaknya menajdi urutan utama dalam upaya peningkatan mutu. b. Memiliki wawasan jauh ke depan dalam mencari laba dan memberikan kepuasan c. dan para pemegang saham. Fokus utama ditujukan pada proses.- Belum mempunyai pemerintahan Kabupaten untuk membantu biaya penyelenggaraan pendidikan sepenuhnya. 27. Setiap perusahaan/ organisasi harus secara terus menerus melakukan mutu produk dan pelayanan sehigga dapat memuaskan para pelanggan. pengakuan bagi yang sukses dan mudah memberikan maaf bagi yang belum berhasil/ berbuat salah. 28. g.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful