4.

Indikasi dan Kontraindikasi Kuretase Definisi Kuret adalah pembersihan sisa-sisa jaringan yang ada dalam rahim Indikasi dilakukannya Kuretase 1. Usia ibu yang lanjut 2. Riwayat obstetri/ginekologi yang kurang baik 3. Riwayat infertilitas 4. Adanya kelainan/penyakit yang menyertai kehamilan 5. Berbagai macam infeksi 6. Paparan dengan berbagai macam zat kimia 7. Trauma abdomen/pelvis pada trimester pertama 8. Kelainan kromosom

Teknik pengeluaran jaringan Pengeluaran jaringan yaitu setelah serviks terbuka (primer maupun dengan dilatasi), jaringan konsepsi dapat dikeluarkan secara manual, dilanjutkan dengan kuretase.

Clinical Review. Pengerokan yang terlalu dalam akan meninggalkan cerukan atau lubang di dinding rahim 3. gunakan sendok terbesar yang bisa masuk 4. Preterm dan Posterm Labor. kemudian tutup dan keluarkan jaringan tersebut 3. Sondage. buka dan putar 90˚ untuk melepaskan jaringan. Kontraindikasi Kuretase 1. menentukan posisi dan ukuran uterus 2. Pendarahan 2.1. Gangguan haid 4. Diakses tanggal 24 November 2012 . Infeksi Daftar pustaka Phillips Steer. British Medical Journal. dengan eksplorasi jari maupun kuret. Sisa abortus dikeluarkan dengan kuret tumpul. Masukkan tang abortus sepanjang besar uterus. Pastikan sisa konsepsi telah keluar semua.