ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DI RUMAH SAKIT BALIMÉDISTRA (BALIMÉD

)

Nama : I Putu Adi Sukmawan NIM : 11810331180593

Prodi : Ekonomi Manajemen

Dari waktu ke waktu. perawatan dan penegakan diagnosis yang tepat yang semuanya akan bermuara pada kenyamanan dan keselamatan penderita saat menjalani perawatan. 2. profesional.PENDAHULUAN Rumah sakit merupakan salah satu sarana vital dalam upaya pelayanan terhadap kesehatan masyarakat. Meningkatkan kemampuan/kompetensi tenaga medis dan paramedis dengan pelatihan/training. cepat. kebutuhan masyarakat semakin meningkat baik dari segi kualitas maupun kuantitas. dengan tujuan untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan dalam satu atap dengan lebih profesional. berlokasi di jalan Mahendradatta. 3. pelayanan rawat jalan. Oleh sebab itulah pengelola rumah sakit harus mendesain pelayanan yang sesuai untuk dapat memuaskan keinginan masyarakat. Rumah sakit BaliMéd memiliki motto “Care With Integrity and Safety” serta memiliki visi “Menjadi rumah sakit keluarga pilihan dan terdepan dalam pelayanan medis yang berkualitas cepat. 4. rasional dan aman” serta beberapa misi sebagai berikut: 1. Memberikan pelayanan dengan standar kualitas tertinggi di seluruh elemen rumah sakit yang berorientasi pada kepuasan pelanggan. inovatif dan informatif antar elemen rumah sakit. Pelayanan kesehatan yang dimaksud dapat berupa kegiatan pelayanan rawat inap. Rumah sakit ini didirikan oleh 57 orang spesialis dari berbagai cabang ilmu kedokteran yang berbeda. dan terintegrasi sehingga akan lebih memudahkan pemeriksaan. masyarakat tidak hanya membutuhkan pelayanan kesehatan yang hanya sekedar untuk menyembuhkan penyakit yang diderita. dinamis. mudah dan akurat. namun proses pelayanan yang dilakukan juga semakin diperhatikan. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana pelayanan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Demikian juga dengan kebutuhan akan pelayanan kesehatan. 5. pasien dan keluarga pasien. Rumah sakit BaliMédistra (BaliMéd) adalah sebuah rumah sakit yang dikelola pihak swasta. Menjalin kerjasama vertikal dan horisontal dengan intuisi pelayanan kesehatan lainnya di dalam maupun luar negeri dalam berbagai bentuk kegiatan. rasional. Masyarakat menuntut pelayanan yang nyaman. . Sebuah rumah sakit pada umumnya melaksanakan semua bentuk pelayanan kesehatan tersebut. Menciptakan suasana serta hubungan kerja yang harmonis. dan pelayanan rawat darurat. sehingga mampu memberikan keamanan pada penderita. Pada masa sekarang.

Room Rate : Rp. 275.Admin : Rp.000.000.id) .000.000.000.000. 200.000. 150. paket pilihan yang dikemas secara khusus sesuai dengan pilihan. Cempaka.Admin : Rp.000. 125. Tujuan :  Memantau dan menemukan sedini mungkin keluhan dan masalah pasien setelah menjalani rawat inap dirumah sakit BaliMéd.000.balimedhospital.000.Visite Doctor : Rp. 160. Pregnancy Exercise/Senam Hamil Merupakan program yang diberikan untuk ibu hamil. 200. 50.Visite Doctor : Rp. 100.Nursing : Rp.Visite Doctor : Rp.Room Rate : Rp. Dimana kegiatan ini diawali dari kelas Executive dan Suite tetapi tidak menutup kemungkinan untukkelas lain yang telah diseleksi.600. 50. mulai dari paket Canigara.000.000. Program ini dilaksanakan selain untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima juga untuk membinahubungan baik dengan pelanggan yang merupakan bagian dari services RS BaliMéd. 150.000.000. Home Visite Merupakan program kegiatan kunjungan rumah yang dilakukan kepada pasien yang sudah pulang rawat inap dari RS BaliMéd.100. 100.Visite Doctor : Rp.000. 450. dan tidak dikenakan biaya dimana nanti hasil yang didapatkan dari kunjungan rumah ini juga akan difeedback kepada dokter yang merawat.  Memberi konseling terhadap pasien akan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi setelah menjalani rawat inap.000 Nursing : Rp.co.100. Medical Checkup Medical Check Up Rumah Sakit BaliMéd menyediakan beragam paket pemeriksaan kesehatan.Paviliun Cempaka A (VIP A) Paviliun Canigara A Admin : Rp.(www.Room Rate : Rp.000.000.Visite Doctor : Rp.Nursing : Rp.Paviliun Cendana Executive Paviliun Cempaka C Admin : Rp. 200. 1.Nursing : Rp.Room Rate : Rp. Room Rates Paviliun Cendana Suite Paviliun Cempaka B Admin : Rp.Nursing : Rp.100. 195. 375. b.000.Room Rate : Rp.Nursing : Rp. 100.  Mendekatkan hubungan pasien dengan petugas kesehatan umumnya dan dengan RS BaliMéd khususnya c.000. Paket-paket tersebut bisa dipilih dengan pilihan yang lengkap. 250.Cendana sampai dengan paket Dewandaru.Room Rate : Rp.Visite Doctor : Rp. 180.150.Program dan Layanan Rumah Sakit BaliMéd memiliki prigram dan layanan sebagai berikut: a.Admin : Rp.000.250.000.000.000.

000 per hari. Hal itu dimaksudkan untuk memberikan layanan menyeluruh pada berbagai tingkat penghasilan pasien dan dapat dipilih sesuai kemampuan dan keinginan. regional. kota. atau perilaku berbeda yang mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran terpisah. wilayah kecamatan. . Produk yang dibeli konsumen biasanya dipersepsikan erat hubungannya dengan penghasilan yang didapatkan orang tersebut. terdapat enam paket kamar rawat inap dengan room rate dan biaya layanan yang berbeda. menilai. mengatur barang atau jasa. dan memilih bauran pemasaran. Jika dilihat dari rentang harga paket kamar rawat inap. Perilaku konsumen adalah perilaku yang konsumen tunjukkan dalam mencari. menukar. yang mereka anggap akan memuaskan kebutuhan mereka. pihak manajemen harus menerapkan strategi pemasaran yang baik. wilayah kelurahan dan kompleks perumahan. menetapkan pasar sasaran. berada di kisaran Rp 445. Analisis Segmentasi Pasar Secara umum segmentasi pasar dapat diartikan sebagai suatu proses untuk membagibagi atau mengelompokkan konsumen ke dalam kotak-kotak yang lebih homogen. Walaupun tidak menutup kemungkinan masyarakat datang dari berbagai wilayah lain.PEMBAHASAN Untuk menjalankan visi dan misi serta program dan layanan tersebut. Rumah sakit BaliMéd terletak di Jalan Mahendradatta yang merupakan salah satu jalan utama di kota Denpasar dan merupakan wilayah yang sedang berkembang pesat terutama sektor bisnis dan perumahan. yaitu masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar lokasi. karakteristik. Demografi Salah satu faktor penentu dalam segmentasi demografik adalah tingkat penghasilan. Untuk memahami perilaku konsumen dengan baik terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu : menganalisa segmentasi pasar. Di sekitar lokasi ini tidak terdapat rumah sakit lain. Menurut Kotler segmentasi pasar adalah tindakan membagi pasar menjadi kelompok pembeli berbeda dengan kebutuhan. Dengan demikian terdapat segmen pasar yang potensial. Salah satu strategi pemasaran adalah dengan memahami perilaku konsumen. propinsi. Strategi Segmentasi Segmentasi Geografik Segmentasi geografik membagi pasar menjadi beberapa unit secara geografik seperti negara. menggunakan. Berikut adalah pengertian segmentasi pasar menurut beberapa ahli: Pride & Ferrel (1995) mengatakan bahwa segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli. memosisikan produk.000 – Rp 2. Dilihat dari room rates yang disediakan oleh rumah sakit BaliMéd.000.

Dengan adanya laboratorium klinik yang terintegrasi. nyaman dan mudah. seluruh kegiatan diagnosa dan pengobatan pasien dapat dilakukan dengan lebih cepat. Contohnya pada beberapa rumah sakit. . Selain itu perusahaan yang mempekerjakan banyak karyawan pada umumnya memberikan fasilitas tanggungan kesehatan. sehingga pasien biasanya diberikan pengantar untuk melakukan check laboratorium di tempat lain. Perusahaan tersebut bekerjasama dengan rumah sakit yang dipercaya untuk memberikan layanan kesehatan terhadap karyawannya. Layanan ini memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pasien dan menimbulkan kesan bahwa rumah sakit memberikan pelayanan maksimal dan menghargai pasiennya. dibagi dalam beberapa paket yang dapat dipiih sesuai kebutuhan. Rumah Sakit BaliMéd menyediakan berbagai layanan unggulan yang dapat dipilih oleh pasien. Kemudian terdapat layanan home visite yang merupakan layanan nilai tambah bagi pasien yang sudah selesai rawat inap. Rumah sakit BaliMéd merupakan rumah sakit dengan layanan satu atap. alasan atau motivasi untuk berobat ke RS BaliMéd. bisnis jasa pertanggungan kesehatan/asuransi berkembang pesat. pengertian pasar sasaran adalah : Proses penyeleksian produk atau pelayanan terbaik sehingga benar-benar berada pada posisi yang terbaik guna mencapai keberhasilan perusahaan. serta persepsi dan preferensi terhadap rumah sakit BaliMéd. penanggung biaya pengobatan. Mulai dari layanan medical checkup yang lengkap. Pada saat ini. pemasar harus mengerti betul tentang teknik-teknik dalam mengukur potensi pasar dan meramalkan permintaan pada masa yang akan datang. Dengan demikian terdapat segmen pasar yang diperoleh dari jasa asuransi dan perusahaan. Maka dalam hal ini. Hal ini memberikan layanan maksimal sesuai dengan keinginan dan keperluan pasien. tidak terdapat fasilitas laboratorium klinik. Psikografik Segmentasi psikografik membagi pembeli menjadi kelompok berbeda berdasarkan pada karakteristik kelas sosial. Apabila perusahaan ingin menentukan segmen pasar mana yang akan dimasukinya.tentunya kemungkinan pasien yang dapat memanfaatkan fasilitas ini adalah pasien dengan tingkat penghasilan menengah ke atas. Hal ini memotivasi calon pasien untuk berobat di rumah sakit BaliMéd. Rumah sakit BaliMéd telah bekerjasama dengan banyak perusahaan. Hal ini terdiri dari jenis layanan yang dipilih. gaya hidup atau kepribadian. maka langkah yang pertama adalah menghitung dan menilai potensi profit dari berbagai segmen yang ada tadi. seluruh layanan terintegrasi sehingga memudahkan pasien yang berobat. Penentuan Pasar Sasaran (Targeting) Menurut Saladin (2003 : 86). Rumah sakit BaliMéd menjadi rujukan dari banyak perusahaan asuransi kesehatan. hal ini menyebabkan kurang nyamannya pasien dalam berobat.

observasi. rumah sakit BaliMéd menyediakan program home visite untuk pasien rawat jalan. Misalnya. rawat inap. Dari analisis sebelumnya. dan pasien dengan layanan pertanggungan/asuransi. sesuaidengan daya beli masing-masing.Berikut beberapa teknik yang dapat digunakan:  Konsentrasi pasar tunggal. dan rawat jalan. sebuah perusahaan memutuskan untuk memproduksi satu jenis produk. Rumah Sakit BaliMéd menyediakan semua jenis layanan kesehatan mulai dari tahap diagnosa.     Rumah Sakit BaliMéd menggunakan teknik spesialisasi pasar. Semua proses pengobatan dapat dilakukan di dalam rumah sakit tanpa perlu berpindah ke lokasi lainnya untuk sekedar melakukan uji laboratorium ataupun diagnosa lainnya. penanganan penyakit. Layanan-layanan tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Biasanya perusahaan yang lebih kecil melakukan pilihan ini Spesialisasi produk. sebuah perusahaan memutuskan untuk memproduksi hanya mesin ketik listrik bagi sekelompok pelanggan. Hal ini merupakan salah satu nilai lebih yang dimiliki oleh rumah sakit BaliMéd. Mereka menyediakan sebuah produk untuk setiap orang. Spesialisasi selektif. kecuali bahwa setiap kegiatan usaha itu mengandung peluang yang menarik. layanan tersebut diarahkan untuk suatu kelompok pasien yang spesifik yaitu pasien yang memiliki panghasilan tingkat menengah ke atas. Hal ini sangat memudahkan dan memberikan kenyamanan kepada pasien. Positioning Penentuan posisi lebih menjurus kepada nilai lebih yang dimiliki rumah sakit BaliMéd dibandingkan dengan pesaing yang tertanam dibenak pelanggan. . Spesialisasi pasar. Untuk layanan rawat inap dapat dipilih beberapa paket kamar yang disediakan. tetapi diarahkan untuk kelompok pelanggan yang kecil. sebuah perusahaan bergerak dalam berbagai kegiatan usaha yang tidak ada hubungan dengan yang lainnya. Selain itu nilai lebih lainnya adalah seluruh pelayanan terintegrasi. ialah sebuah perusahaan dapat memusatkan kegiatannya dalamsatu bagian daripada pasar. Peliputan keseluruhan. misalnya sebuah perusahaan memutuskan untuk membuat segala macam mesin tik. Namun walaupun menyediakan semua jenis layanan. yang lazim dilaksanakan oleh industri yang lebih besar untuk mengungguli pasar.

Stanton : “Marketing mix is the term that is used to described the combination of the four inputs that constitute the core of an organization’s marketing system. Penanganan penyakit juga dilakukan dengan menggunakan peralatan yang sangat canggih. pemakaian.Strategi bauran pemasaran (marketing Mix) Menurut Philip Kottler :“Marketing mix is the set of marketing foola that the firm uses to pursite its marketing objectives in the target market. Kemudian penanganan lanjutan terhadap hasil diagnosa diberikan dengan layanan terbaik. atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan. the price structure. Sedangkan menurut William J. Produk Definisi produk menurut Philip Kotler adalah : “A product is a thing that can be offered to a market to satisfy a want or need” . Jasa pelayanan kesehatan dimaksud adalah pemberian jasa diagnosa penyakit. b. beserta program-program lain yang didesain untuk meberikan pelayanan maksimal kepada pasien. Untuk pasien rawat jalan diberikan layanan home visite untuk memastikan kondisi pasien. Harga Segmentasi pasar yang dipilih oleh rumah sakit BaliMéd adalah segmen masyarakat berpenghasilan menengah ke atas. pembelian. . Product (Produk) Price (Harga) Promotion (Promosi) Place (Tempat) a. These four elements are the product offering. kamar rawat inap yang nyaman dengan fasilitas lengkap yang dapat dipilih sesuai kemampuan dan keperluan disediakan dalam beberapa paket. pengobatan baik dengan rawat inap maupun rawat jalan. Produk adalah sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian. Dengan demikian harga yang ditawarkan juga disesuaikan. d. Produk yang ditawarkan oleh rumah sakit BaliMéd adalah jasa pelayanan kesehatan. Dari definisi-definisi diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa marketing mix merupakan kombinasi dan empat variabel yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan dan dapat dikendalikan oleh perusahaan seefektif mungkin. c. Hal ini dapat dilihat dari daftar room rates yang disediakan. Variabel-variabel tersebut dapat dikelompokkan menjadi empat kelompok utama yang dikenal dengan 4 p’s yaitu : a. and the distribution system”. Proses diagnosa penyakit dilakukan oleh dokter-dokter yang memiliki reputasi terbaik. the promotion activities. Namun sesuai dengan harga yang diberikan. pelayanan yang didapatkan juga lebih maksimal. b.

. hal ini menyebabkan terdapat target pasar yang sangat potensial. Rumah sakit BaliMéd memilih target pasar masyarakat yang berada pada segmen kelas menengah ke atas. Tempat Pemilihan tempat atau lokasi juga memegang peranan penting dalam upaya pemasaran. Promosi Promosi memegang perana penting dalam pemasaran produk. Selain itu. Sebaiknya dilakukan promosi secara aktif sebagai salah satu upaya pemasaran untuk lebih mengenalkan rumah sakit BaliMéd kepada masyarakat. dengan cara merujuk pasiennya untuk melanjutkan pengobatan di rumah sakit BaliMéd. Promosi dilakukan dengan cara promosi tidak langsung (public relation). Rumah sakit BaliMéd utamanya melakukan promosi secara tidak langsung melalui tempat praktek para dokter. kerjasama yang dilakukan dengan berbagai perusahaan pemberi kerja secara tidak langsung juga mempromosikan rumah sakit BaliMéd kepada para karyawannya. yang merupakan salah satu wilayah yang sedang berkembang pesat dari sektor bisnis dan perumahan. 2. Hal ini merupakan salah satu pendukung strategis bagi pengembangan rumah sakit ke depannya. 3. d. Di sekitar lokasi tidak terdapat rumah sakit pesaing. Adapun saran yang dapat diberikan adalah: 1. Rumah sakit BaliMéd berlokasi di Jalan Mahendradatta. Teknik penentuan target pasar (targeting) yang dipilih rumah sakit BaliMéd adalah teknik spesialisasi pasar. Rumah sakit BaliMéd merupakan rumah sakit yang memberikan pelayanan menyeluruh secara terintegrasi dalam satu lokasi. Hal ini mungkin dilakukan karena promosi secara pasif/tidak langsung sudah cukup untuk mencapai target pemasaran. KESIMPULAN DAN SARAN Dari paparan di atas dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. 4. Promosi secara aktif memang dilakukan hanya dalam skala kecil.c. hal ini memudahkan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien. yaitu melalui tempat praktek dokter dan kerjasama dengan perusahaan pemberi kerja.

Related Interests