Kamus Bahasa Tegal

A
abab abal-abal abane abang abot abu abuh aci adang adem ader Adoh adol adong adus ail aja aja pere-pere ajeg ajib ajur akeh = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = rongga mulut jelek/tidak bekualitas kedengarannya merah berat memar memar/infeksi tepung beras masak/menanak nasi dingin memang iya? jauh menjual kalau mandi bosan nungguin, capai mengunyah jangan jgn pandang remeh tetap, kondisi sama kagum meleleh banyak

ala aleman aleman ali-ali alon-alon alot alu alu-alu alum alus amba ambekan amben ambeng ambung ames amis amleng amor ampeg amprok amprut ana anakeding

= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =

sifat yang jelek kolokan manja cincin pelan-pelan keras alat tumbuk padi sejenis lontong dari beras ketan layu halus luas nafas bale - bale hidangan untuk walimah cium babak belur/apes/malang bau hanyir masa bodoh/diam menitip beras untuk dimasak asma temu,dipertemukan ampas tahu ada segala tai lalat

andeng-andeng =

andog/anthog = andon angel angger = = =

sendawan numpang sulit kalau mengharap sejenis umbi-umbian nguap mengembala ternak kambuh kalau lompat, melompat turun datang tidak ada rasa berat berat tenang berdiri di depan pintu kerupuk pasir sengat baru tidak ada rasanya agak dingin bau kringat orang,bau tak sedap pura-pura sial

angger-angger = angkrik angob angon angot aning anjlog anjog anta anteb anteb/abot anteng = = = = = = = = = = =

antong-antong = antor antup anyar anyeb anyes apek apen-apen apes = = = = = = = =

apik aran arep-arep ari

= = = =

bagus nama berharap kalau kalau begitu plasenta ngantuk anjing lalu terlentang dingin keras asal ngawur siang sejak debu sejenis makanan dari gaplek makanan dari ketela pohon yang diparut cantik tidak kokoh,goyah

ari kaya kuwe = ari-ari arip asu atane atang-atang atis atos awag awagan awan awit awu awug-awug awul-awul ayu ayug-ayug = = = = = = = = = = = = = = = =

B
babad = potong, kantong makanan dalam perut (soto ~)

babar babarblas bablas bacin badeg badogan bae bager bagreg bagregen bakul bakuten kepriben? bal-balan baleng balik bangkong banter batang / bathang batian batir batonan bawon bayong bedhil bedod = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = lahir. wong ra genah tatane penyakit gatal pada kaki juragan.tidak berhenti bau anyir/ busuk kotor. bau (bodin/ketela bager) bajingan. tidak pernah) tidak sama sekali lanjut terus. (~ an. pemborong maunya bagaimana sih? sepak bola bau tidak sedap pulang katak Berukuran jumbo cepat bangkai batas/perbatasan teman bekerja sama upah dari hasil panen padi ikan teri air tawar senapan puntung rokok mohamad fadilah . lahiran) (~ blas/~ pisan. tidak enak. jorok makanan saja rasa pait.

apa adanya celaka tidak bermutu daun kelapa .bedogan bekel beleh beleken belekutak belih belok bengek bengep bengi bengkok bengkung benjut Berag Bereng bergajul berko betem binyak biting blabag blag-blagan blai blampakempus blarak = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = penculik lurah tidak sakit mata / mata merah sotong tidak kotor nama penyakit flu bengkak malam tidak lurus stagen benjol Gembira radang/ iritasi penjahat / perampok lampu sepeda bengkak gento/ bajingan lidi papan tulis buka-bukaan.

mungkin dubur ubi jalar jarang mandi bungsu (anak terakhir) daun jagung/ tebu dinamo sepeda compang camping memanaskan / membakar dengan ujung lidah api .bledeg bledig bledug blekesunu blektepeh blendung blengong blo'on beleholih blorok blumbang bocah bodag bodin bodol bojo bokan bol boled bolot bontot boros bos botek rowek brangas = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = guntur kejar debu males/ tidak jelas / tidak karuan atap rumah dari anyaman daun kelapa makanan dari jagung yg di rebus taburi parutan kelapa blasteran itik dan menthok / tongki bodoh tidak boleh bintik bintik sejenis kolam ikan / tmpt pembuangan kotoran anak wadah dari bambu berukuran besar ubi jalar rusak istri/suami barangkali.

biasanya di tangan jari bengkak ranting-ranting bambu kecil usil celana dalam .brangasan brecek bregas brengkolang brug bukur bula-bula bulakan buncul bundas bungah buntas butul = = = = = = = = = = = = = wajah yg seram dan menakutkan sudah banyak yang rusak / tidak mulus lagi sehat timpuk/ lempar jembatan kerang jika memang benar lapangan buaya siluman terluka di kepala senang terakhir tembus ( gol sepak bola) C cacak canggah canggal cangik cangkem cangkrang cantengen carang cawe cawe cawet = = = = = = = = = = coba nenek moyang ranting-ranting kayu untuk kayu bakar panjang lehernya mulut koreng-koreng kecil/cacar.

dewek jenis panganan dari ubi gula merah menepuk air (bunyi) alat utk ngambil air (mandi) gerobak peci.jijik cs.cawuk cebrik cekel cekli ceko cemeos cemong cengap-cengap cengar-cengir cengis cengkereg cengkrong cenos centong centung ceplik cerem ceruek cetem cetil ciblon ciduk cikar cindung ciu = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = sambar banjir kecil. becek pegang mungil cacat (pada tangan) adem.kopyah miras . dingin sekali belepotan chavaas sulit bernapas/kritis senyum cabe kecil orang yang tdk bisa diam/ pergi2 terus sabit muda alat utk ngambil nasi cangkir dari seng yang bisa buat minum juga ngambi lampu minyak pake kaleng mudah kotor.

ceroboh hidung tikus kecil berkelakar degan suara keras D Dage dalban dampar sepur damu = = = = sejenis tempe tapi dari sisa pembuatan tempe sebuah sapaan akrab rel kereta api tiup .ciu brangkal clamit Clutak cluthak cocot codot cokli cokot compong conon coro crengkeng crumut crumut cruwek cungur curut cuwawakan = = = = = = = = = = = = = = = = = = arak putih apa-apa minta Suka mencuri/ gabisa diam (tangan) panjang tangan mulut (kasar) kelelawar onani gigit bodoh bisul kecoa susah mau minta apa gak tahu / ngeyel belum mandi/ baru bangun tidur dan belum mandi kotor karena belum mandi jorok.

disalahkan dikawinkan (hewan) di tegur diajak tuk berunding dulu ditampar dimulai dipilihi . karena kelapa muda wajah tamu buka kertas suka. oleh . sama siapa .cinta pacaran pincang sangat cantik sendiri sendirian dibuka. dineb dicangcang digrawak dineb dipaido dipatilna dipenging dirimuk disit ditampek ditapuki diwatoni = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = kadang kala lho kok ! .senang.dang nganuk daning dawegan dayik dayoh deblag deluang demen demenan dengklang denokdeblong dewek dewekan diblag. ditutup diikat (leher) dicakar tutup dimarahi.

dlanggung dlaweran dobol dodolan dog doglong doglos dolan dolog druang dudu dug-dag dugal dupak duplak durung duwe = = = = = = = = = = = = = = = = = jalan kecil/setapak sering mbocorin yang dianggap rahasia/mulutnya ember bohong jualan sampai jangkung pulang pergi / baru dating langsung pergi/ main lambat kertas bukan bedug marah tendang telenan belum punya E eben edan edhek egin egin = = = = = biarkan saja gila injak masih masih .

punya tdk berisi (padi).eleg = telan eling = ingat elom = menyesal emben = embret = embuh = emut = ingat encle = biduwanita tarling endah = endi = mana enek = mual (perutnya) enggal = engko = enjos = bisa entek = habis enteng = entok = entong = habis habis habis aku. saya hampir nanti biar lusa pakai angkutan umum tidak tahu enyong / inyong = etor = bisa[/CODE][/spoiler] [spoiler=G][CODE]gableg = gablug = gabrud = gabug = tumpul perkosa bisa.mandul .

anak buah.gada gada = gagang = gageyan = gagian = gajogan = galengan = gapura pegangan cepat cepat menyesal parit diantara petak-petak tanaman bawang galur = lorong jalan kerbau gamading = gampung = gandegan = gandul = ganyami = gayap = geber = gebleg = gedang = gedeg = gedibal = gegem = buah yang mendekati matang mengais padi pergi kondangan pepaya dimarah mudah tergiur cewek jalanan agak kurang waras pisang geleng antek. mau .pesuruh genggam geger = ramai. suasana yang menjadikan ramai karena sesuat gejug = diinjak gejun = WTS gel = gelem = gelis = cepat saja / doang setuju.

gelitu = penumbuk cabe geluang = gemading = gemawok = gembil = gemblep = kertas buah yang mendekati matang suka hal baru yang berlebihan pipi tebal bergelayut sejenis makanan dari ketela rambat sejenis makanan dari ubi (getuk) gemblong tekek = gemblung = gemboran = gembrot = gembuleng = gemede = gemerah = gemuyu = genah = genau = gendakan = gendil = gendis = gila teriak-teriak gemuk sekali anak jangkrik sombong. merasa paling.ganjen gula tukar pikiran gendu-gendu ras = gendul = genengsi = gepeki = geplak = gerel = pacar botol kok begitu pegangi menepuk/nampar .lenjeh. rame tertawa jelas belajar pacar genit..

susah bernafas tiduran pakai kain sarung glito = dijitak pada bagian kepala glopot = glotak = gocelan = godong = gogok = golet = cari gonjakan = goroh = goropenan = graokan = candaan bohong pura-pura teriak teriak kotor sekali makanan dari ampas tahu pegangan daun ceret. kendi gudal = jigong gigi .terengah-engah punggung/ belakang kepala cepetan gugup.gerelan = pacaran getek = pagar bambu getek = sampan getih = darah ghubedan = gijil = gili = gimer = girap-girap = githok = giyan/gagiyan = glagepan = glelengan = pelir jalan kelereng terburu-buru.

memandikan [/CODE][/spoiler] ● [SIZE="3"][B]H[/B][/SIZE] [spoiler=H][CODE]hampad/dihampad = hajar/dihajar harikling = suatu ungkapan menyatakan tidak benar [/CODE][/spoiler] ●[B][SIZE="3"] I[/SIZE][/B] [spoiler=I][CODE]ider = keliling ijo = ilat = iler = imbuh = inyong = ireng = hitam irus = isin = itil = alat utk ngambil kuah sayur malu klitoris hijau lidah air liur tambahan.bonus aku iwak = ikan [/CODE][/spoiler] .gugah = gunyer = gupak = guyang = bangun (mengenai tidur) memutar mandi air sawah menyiram dengan air.

.● [SIZE="3"][B]J[/B][/SIZE] [spoiler=J][CODE]jabud = jaglugan = cabut tanjakan kecil yang bikin motor gak nyaman jajan = nakanan ringan jakwir = jalabiya = jaletot = jalibang = jaliteng = jaluk = minta janggitan = januka = jaran = kuda jaratan = jare sapa = jarene = kuburan kata siapa katanya sejenis luwak (banyak di kec..ayah jeblok = jebule = bentur ternyata jegin = pulang (bhs prokem tegalan) jegod = bisa jejek = tendang jembut = jengkok = jibles = kosong bulu kemaluan kursi .. bojong) tahu begitu . teman akrab makanan dari ketan digoreng diolesi gula krupuk dari ubi jangkrik merah jangkrik hitam jasak = bapak.

jigrah = dahak jigud = bisa jileng = luka pada bola mata jimpo = sapu tangan jiwog-jiwog = jlalatan = jobong = jobongan = jogan = lantai jok = jolang = jon = jonoh = jontas = ibu makanan dari singkong dipotang kecil ditaburi kela panggilan akrab daerah tegal minggir bangkrut/berantakan karena ledakan amburadul rambutnya gerakan (badan / mata) dengan pola / arah tidak tentu) bilik untuk berak disungai jamban/wc jorna = biarkan saja jos pol = jrangkong = jug = jujul = bagus sekali tengkorak minumnya tambah lagi kembalian jukut = ambil jungkat = junun = sisir mau melakukan sesuatu sudah lega[/CODE][/spoiler] ● [SIZE="3"][B]K[/B][/SIZE] [spoiler=K][CODE]kacor = pukul pakai kayu kecil .

kacori = kadiran = kajogan = dicambuk mentang-mentang menyesal kalep = bahan dari kulit yang siap pakai . untuk pompa dll kaligane = secara tidak sengaja yang tidak menguntungkan tertutupi kaling-kalingan = kalong = kamitenggeng = kanclep = kandegan = kandhegan = kangelan = kapiran = kapitcirit = kaplak = karepe = karlak = karo = dengan kastok = kathok = kurang (bisa juga d artikan hewan kelelawar) tertegun menghilang/tidak kelihatan lagi menghadiri pesta.kondangan kondangan kesulitan kecewa berak sedikit dicelana dewasa terserah pengutil ikan di pelabuhan gantungan baju celana katilambung = buah mangga layu katon = kelihatan kaur = sempat. waktu senggang kaya kiye = kaya kuwe = begini seperti itu .

kayong = kebebengen = kebelet = kebluk = kebluruken = kecehan = kecekan = kecing = kecret = kedeng = kayaknya. jalan diatas genangan air penakut tercecer juling kedik = garuk garuk keding = kejembang = kejentik = kejentok = kelakon = kelayu = kelelep = macam-macam capung berwarna capung kecil capung tercapai maunya ikut tenggelam teringat kelingan/kemuta = keloloden = kemlekeren = kemplu = Kempro = kemproh = kemrenyem = tersedak kenyangan.telur tdk menetas tp sudah berbentuk bodoh malas/ tidak rapih jorok anget-anget kuku . sepertinya kekenyangan ingin buru-buru suka tidur kebanyakan main di genangan air bermain air.

kemrewek = kemriyak = kendat = kendhel = kentir = kepaduk = Kepeyak = kepincut = keplarak = kepriben = kepros = cerewet renyah gantung diri berani gila tersandung batu Nginjak kotoran tertarik terpeleset bagaimana banyak ngomong kerah = berkelahi kerem = kesambet = kesenggruk = kesungga = kesusub = kesuwean = kethul = ketibanan = ketuk / kicit = ketunggon = ketutupan = keyunyun = kinjeng = tenggelam kesurupan keselek kakinya tertusuk pecahan kaca (beling) ketusuk selain duri kelamaan tumpul kejatuhan pelit kedudukan untuk ditempati tertutupi mendambakan/penharapan yang lebih pada sesuatu yan capung .

kiye = klalen = ini lupa klasa = tiker klatuk = klayaban = klendangan = klenger = klimpungan = selalu minta ikut jalan-jalan terus bepergian (tanpa tujuan) pingsan kewalahan kewalahan klimpungan. ket = klintong = klomoh = kluntung = kluron = kobol-kobol = kodos = kondhong = kondong = kondor = ** SENSOR ** = kopet = koplak = kopoken = koprot = kor = kored = jalan sore-sore tapi dekat basah terkena minyak kelapa yang sudah jatuh bekas di makan tupai keguguran hancur lebur sebentar-bentar makan/jajan kamar tidur kamar burut / hernia kelamin jantan belum mandi / belum cebok terminal telinga bernanah babakbelur anak kutu (di rambut) ambil yg sisa .

koreng = kowen = kraket = krapyak = krekelan = krendag = kreweng = luka belom sembuh kamu menempel tank tempur tentara naik pepohonan kaget pecahan genteng kring-kringan = bel sepeda kroangan = krojotan = kronjot = kropok = kugud = kumbah = kumplang = kumprung = kunyuk = berteriak gak ada maksudnya posisi badan tdk tenang wadah dari bambu dengan anyaman jarang / krombang keroyok berkemas-kemas cuci agak gila gila monyet kuta = sangkar jangkrik kutil = copet kutuk = ikan gabus kuwukan = telur busuk/tidak menetas [/CODE][/spoiler] ● [SIZE="3"][B]L[/B][/SIZE] [spoiler=L][CODE]labrag = beri pelajaran dengan cara disakiti .

lading = lagaran = lakeni = laki = pisau apa adanya menyetubuhi berhubungan sex lamat = serat berbentuk benang pada pohon pisang lambe = lamon = lanang = landep = landung = bibir andai/ seandainya laki-laki tajam panjang (dari atas ke bawah) langu = bau yang tidak sedap/bikin pusing kepala lara = larang = sakit mahal latar = halaman lawang = lebedang = leceng = lecit = pintu dinding yg menonjol cepat larinya asin.busuk ledes = lecet lemah = lembek = lemenggeseng = lempeng = lempong = lempung = lurus kasur tanah liat tanah lunak/tidak keras lebam .

lendotan = leneng = lenga = minyak lenga gas = pegangan pada orang/benda secara terus menuerus tiang listrik minyak tanah lenga klentik = minyak goreng lenjeh = lenyeh = lesdrek = lilir = lincak = lingir = tepi linglung = lirih = bingung genit lembek/lunak terlalu genit terjaga dari tidur meja terbuat dari bambu kecil suaranya liwat = lewat liwet = memasak nasi/nasi liwet loken = masa? longan = lontrong = loro = dua barang bekas nasi aking bawah tempat tidur lorong. gang lowakan = loyang = lugut = bulu gatal (pada bambu dsb) lukiizmmxgxc = jvbjmvoupzykoqghut lumping = lumrah = kulit binatang maklum .

lunga = pergi luruh = cari luthu = maling [/CODE][/spoiler][/QUOTE] [spoiler=M][CODE]m(b)lenger = bosan madang = madon = madong = malek = malem = mambu = mandang = mandeg = manene = mangan = mangkel = mangslep = mangzeg = maning = manja = manjat = manjing = manten = mantong = makan main perempuan makannya tambah kurang terus/tamak mengangkat lumpur dari petak sawah (petani bawang berbau kalau / malah berhenti ibunya makan menyakitkan hati masuk kedalam puas dan cocok lagi melubangi tanah untuk ditanami/ menanam naik masuk bekas makan .

amba empuk mencabut. susah diatur/dinasihati dulu/dahulu goresan luka omong kosong mblantakempus = mblatang = nakal . mbedol bawang = mencabut bawang untuk di bandel susah diatur menghardik / melarang bandel jalan berlumpur/tanah lusa pacaran sambil mesum. merobek besok keras kepala nakal.maring endi = matek = mathek = matun = kemana mendarah daging mendarah daging menyiangi rumput mau = tadi tapi udah agak lama mayeng-mayeng = mbadog = mbajor = mbangasan = mbapuk = mbedol = mbedud = mbedut = mbegis = mbeler = mbelet = mben = mbeset = mbesiki = mbethu = mbetiter = mbiyen = mblalur = main tidak tentu arah makan (kasar) kurang ajar gampang marah singk.

barangkali ibu.mblaur = malas mbleketupuk = mendongeng yang gak bisa dipercaya mblekusunut = susah diatur mbliyer = mbloak = mbojo = mbok ayu = mbokan = mboke = mboran = mbrahol = mbuh = mbuk-mbuken = mburi = mbusleng = mecece = mecicil = meledt = meletek = melong = mengantuk bertingkah laku menjurus kearah yang nakal (Ganjen kimpoi/nikah kakak perempuan kalau. mama biarkan nakal tidak tahu beri-beri belakang janjinya sering gak ditepati melotot melotot keluarkan lidah merekah/menganga bersih mengkilap melong-melong = menan = mencilak = mencit = mencolot = yakin apa tidak melotot tinggi sekali melompat .

mendot = mene = kesini menek pucang = mengko = mengkreng = menjep = menteleng = mentit = menyat = merad = merceka = berbuah banyak panjat pinang nanti cabe senyum melotot jauh di atas bangun (dari duduk) pergi berbicara merit = bau menyengat mesum = metaktak = meteng = metu = keluar metuktuk = meyeg = meyeg = miki = tadi pergi tanpa tujuan yang jelas berpindah. condong miring rambut yang sudah harus di potong mengangkang hamil minggat = mingser = mirong = mlaku = mlayu = . minggir rempeyek udang jalan(jalan-jalan) lari menggembung/menggunung posisi miring/tidak tegak.

mlebu = mlecah = mlencing = mletek = masuk lecet lari terbirit-birit mekar. merekah mlilit = sakit pada perut/ mulas mlorod = mo'ed = sarung/kain terlepas mati moci = minum teh poci moho = kue dari terigu semacam roti kukus molok-molok = bahenol/berdandan berlebihan momod = mono = mrecon = mrekungkung = mrendi = mrengkel = mresa = mresel = mriang = mrupus = mujung = muntul = empuk kesana petasan meringkuk barang murahan dan cepat rusak melilit enak dan terasa bumbunya sebentar-bentar melahirkan sakit banyak cerita/bohong penuh(melebihi tempatnya) ketela ramabat [/CODE][/spoiler] ● [SIZE="3"][B]N[/B][/SIZE] .

[spoiler=N][CODE]nbeling = ncraes = ndableg = ndakwa = ndean = ndean = ndebleh = ndedeki = ndeke = ndekok = ndopok = ngadeg = ngglibed = nggoleti = nggrayang = nggrentes = nginjeng = ngintil = nginung = tidak tahu malu kurang ajar tuduh barangkali mungkin nakal perut yang membuncit ngincar utk dimiliki kepunyaan tidur cerita berdiri melilit. membelit mencari meraba kesedihan hati yang mendalam mengintip ikut minum ngiras ngirus = sekalian ngising = ngitar = nglabruk = ngladeni = nglimur = buang hajat jalan-jalan tanpa tujuan untuk menghindari seseora tengkurap melayani mengelak .

nglunjak = ngorok = ngorong = ngoyok = ngrempyog = ngromnyah = ngrungsangi = ngrusmen = ngunduh = ngurup = nguyuh = nimbrung = ning = di memint secara paksa/berlebihan/tidak sopan mendengkur haus kejar memakai banyak perhiasan banyak bicara mengganggu makan di warung memetik hasil panen (buah-buahan) barter kencing ikut bergambung njaba = luar njagong = njangur = njeblug = njeblug = njeblung = njedag = njeglug = njejeni = njelehi = njemblem = njenggunuk = duduk duduk diam meledak meledak masuk kolam air terjengkang stater motor menjijikan muak cemberut menonjol seperti gunung .

njengkang = jatuh ke belakang njero = di dalam njetor = njetutu = njiplong = njlegibad = njogrog = njongkot = njubleg = njubleg = njungkel = njungkel = nlembuk = nok = meletus cemberut nungging enak sekali lolongan anjing duduk melamun tidak bergerak berdiri diam didepannya tersungkur jatuh tersungkur main perempuan panggilan untuk anak perempuan kurang ajar jalan pintas mengendarai meniru/menjiplak bekerja nyangkut di atas adik tanpa alas kaki mbonceng buncit nrokcok = ntratas = nunggang = nurun = nyambetgawe = nyangsang = nyarik = nyeker = nyemplak = nyemplon = nyengkuwek = berbentuk setengah melingkar dan cembung .

(saru) goyang mementingkan diri sendiri makanan dari kanji yg direbus ora acan-acan = orailok = .Nyetili = nyingkrak = nyingkrak = nyipok = nylemong = nylotom = nyluwat = nyocot = nyocrok = nyomot = nyong = nyrungseb = nyruntul = nyuled = nyungkab = nyupang = Sebel melonjak (dikasih sedikit minta lebih) keenakan mencium bicara spontan tanpa memberikan aba-aba disaat ora makan di warung/restoran membuat petakan untuk tanaman bawang merah bicara (kasar) (istilah pertanian) meratakan/menghaluskan lahan untk menanam ngambil sedikit saya banyak benda-benda / barang-barang yang dah rusak jalan merunduk menyalakan proses pengolahan tanah setelah sluwatan jasa pedukunan [/CODE][/spoiler] ● [B][SIZE="3"]O[/SIZE][/B] [spoiler=O][CODE]oglek = olihotil = ongol-ongol = ora = tidak tidak sama sekali tidak boleh .

berhias pagupon = paluh = becek pan = akan biarin. goyah oyod = akar oyong = gambas [/CODE][/spoiler][/QUOTE] [spoiler=P][CODE]pacetan = pacul = cangkul padane = seumpama cemilan padang jinggran = padhang = padung = terang terang benderang bangku panjang paes = rias.orog-orog = sejenis makanan dari gaplek oyag = berubah. biarkan memang penggembala masa bodoh/ tidak peduli dapur memberi uang sangkar burung dara panbelih = pancen = pangon = panpora = pawon = pecing = pelanggeran = definisi/penjelasan pelo = cedal Pelok = Biji mangga .

..) pentol = pepe = jemur peper = perek = pergelet = perod = pesing = petakilan = petan = petaora = kuat sejenis kayu panjang untuk menumbuk tanah yang aka (mohon bantuane d lanjutna hebat cebok dgn kayu dekat toples bekas luka / luka diatas bibir bau air kencing arogan mencari kutu nggak beres/tidak pantas peteng dedet = gelap gulita petentengan = dua orang yang saliang emosi petetan = pajangan/perabotan gelap gulita petheng ndedet = peper = cebok tidak dengan air masa iya pijar kaeh = pijara = masa sih ! gitu aja ! pilaken = pitak di kepala pilus = chiki tegal .pembontot = pemean = pendag = bungsu jemuran pincang kadang keliatan kadang nggak pendula-pendulu = pengkuh = penjug = artine...

pimen = pincuk = pir = gimana bungkus dokar/delman pisan = sekali pisin(g) = Pit = Sepeda tatakan minuman piyul = anting plembungan = balon plenis = berjudi/main kartu plesir = tamasya.wisata plongor = plontos = plowotan = pokah = poklot = poleng = ponggol = pongkeng = por-poran = Powotan = prasakua = prasakuwa = prepegan = pyan = ternit [/CODE][/spoiler] bodoh kepala gundul jembatan dari bambu beberapa batang terbelah pensil belang nasi masakan khs tegal ompong sangat sekali Titian perasaan/kalau gak salah kalau gak salah pergi belanja sebelum lebaran .

lendir kamu komplit pakaian bekas berkumpul rombengan = royoman = ruag = bongkar .● [B][SIZE="3"]Q[/SIZE][/B] [spoiler=Q][CODE]-belom ada-[/CODE][/spoiler] ● [B][SIZE="3"]R[/SIZE][/B] [spoiler=R][CODE]raimu = rambanan = rampung = rangda = rangen = rangkah = rebek = reka-reka = rembel = remed = rempon = rempugan = remuk = repyeg = riak = rika = roa = muka kamu makanan ternak dari dedaunan sslain rumput selesai janda kutu air disela-sela jari kaki pagar kayu (bambu dan sejenisnya) kotoran mata ada-ada berbuah dengan banyak sekali remas payah / memar habis dipukulin cangkulan tanah di kebun hancur repot kotoran mulut.

saudara.rudu = ribut rumab = rundag = rungsang = runtah = rusbang = rusuh = curang ruwag = roboh.bongkar kepalanya sudah gak karuan karena banyak masalah kaget kondisi yang tidak tenang sampah bangku panjang [/CODE][/spoiler] ● [B][SIZE="3"]S[/SIZE][/B] [spoiler=S][CODE]sacuil = sadulur = saudara sedikit saiki = sekarang sajege = sakale = sakhang = sampean = samplong = sapendak = sapira = satang = semenjak padahal kakak kamu. anda lembar dengan batu seminggu berapa udang besar pradipta pradipta budi triyono sauto = soto khas tegal sawangen = sedeten = kebayang-bayang pada sesuatu luka dipelipis mata .ambruk.

isis seumpama jolok (nyengget. rasa dingin yang segar. menjolok/untuk buah) pengunci kayu dari kayu anak kecil wanita anak kecil laki-laki tanggul kali singit = angker. tidak rapi.selek = cepat .wingit singsot = sinoman = bersiul membantu orang yang lagi hajatan sintruh/medeni = angker / sepi siwur = gayung untuk mandi slebor = slentong = sol-solan = sompang = tutup lumpur sepeda lorong (ruang antar bangunan) desak-desakan ruang terbuka antara rumah induk dan dapur . tidak teratur semilir angin.cepat selipan = semaput = semaya = sempal = sempalong = semrawud = semriwing = senggane = sengget = senteg = si nok = si tong = sier-sier = silit = sing = anus yang penggilingan padi tidak sadarkan diri janjinya selalu mundur terus/dijanji patah lempar (biasanya di kepala) kusut.

pas bandel serempet minum sejenis ikan kecil tutup rantai sringkah = sriwik = sruput = sruwet = stengkas = sudat = tusuk suing = sumbing (bibir sumbing) sukiki = besok sumbuk = sumineb = luka yan gatal dikepala biasanya pada anak kecil demam sung = ungkapan untuk meyakinkan sungkan = sungu = malas tanduk supa = jangkrik rumahan suri/jungkat = susuben = suwal = sisir rambut jari/kaki yang kemasukan duri celana kolor [/CODE][/spoiler] ● [B][SIZE="3"]T[/SIZE][/B] [spoiler=T][CODE]tai kelang = tinja keras .sompok = sotene = srantan = sreg = speaker yang dipakai dengan tiang keatas terkecuali sabar cocok.

psk kotoran hewan (kerbau.sapi.wts.benar tampar kaleng cabe rawit teyeng (en) = teyeng. tidak bisa kotoran unggas pasti.takon = tanya tampek = tampar tangi = bangun (daritidur) tarok = pacar tebas = sistem pembelian borongan tedeg = tegesan = anyem / pas puntung rokok tembe tumon = baru kelihatan tembelek = temenan = tempiling = tempolong = tengis = teo = sangat karat (an) bisa.kuda) kulit kayu tobel = anak kadal toing = jangan tokkowok = toli = lalu keu/jajan kuping gajah . ora tey = tiko = mati kemudian tlembo = tlembuk = tlepong = tlika = pelan/lambat pelacur.

potong[/CODE][/spoiler] ● [SIZE="3"][B]U[/B][/SIZE] [spoiler=U][CODE]ucul = udan = hujan udar = lepas udud = merokok ujug-ujug = ula = ular basa-basi tiba-tiba lepas ulas-ulas lambe = umah = umbel = rumah ingus .tolih = terus/ lalu tomprong = rabun/pengelihatan kurang tong = panggilan untuk anak laki laki tong = kotak kayu trewelu = tugel = patah tukaran = tuli = bertengkar sejenis kelinci kecil duluan / nanti dulu tumpah/jatuh memberikan sejumlah uang pada penganten bungsu tumplek = tumplek ponjen = turah = sisa turu = tidur turuk = vagina tutuh/ditutuhi = tebang.

umbelen = umrik = undar = ingusan keadan tangan tak bisa diam/ garukgaruk komedi putar unjal/ngunjal = mengangkat barang untuk dipindah untu = gigi untuk. berbusa uring-uringan = marah-marah urip = hidup urug = makannya tambah lagi urug = timbun urunan = usuk = kayu utawa = atau iuran [/CODE][/spoiler] ● [B][SIZE="3"]V[/SIZE][/B] [spoiler=V][CODE]-belom ada-[/CODE][/spoiler] ● [SIZE="3"][B]W[/B][/SIZE] [spoiler=W][CODE]wadag = wade = benci wadon = waduke = perempuan. wanita kelakuanya kasar .muntuk = upil = urang = kotoran hidung udang busa.

menyaksikan tidak tahu wingi = kemarin winginane = kemarin dulu .wadul = mengadu wagu = tidak pantas wahin = walang = waluh = wandu = wangan = wangot = wani = berani warang = warang = warang = waras = waras = wareg = wareng = waring = wedang = galak galak jahat/galak sembuh sembuh kenyang pemberi karung plastik tempat beras minuman bersin belalang labu banci. waria saluran air susah dibiliangin wedi = takut/pasir wedus = kambing welit = atap daun tebu weruh = wikan = melihat.

wingka = pecahan genteng winih = benih padi yang siap ditanam wirang = malu wirog = tikus besar wirok = tikus besar wis = wisan = wuda = bugil wudun = wungwung = bisul genteng paling atas rumah yang disemen sudah selesai [/CODE][/spoiler] ● [B][SIZE="3"]X[/SIZE][/B] [spoiler=X][CODE]-belom ada-[/CODE][/spoiler] ● [SIZE="3"][B]Y[/B][/SIZE] [spoiler=Y][CODE]ya'ul = yanu = aku (bhs prokemnya) yarik = adik (bhs prokemnya) ye ye = lompat tali yu = kakak perempuan ya (bhs prokem ) yuyu = kepiting sawah (ketam)[/CODE][/spoiler] ● [B][SIZE="3"]Z[/SIZE][/B] [spoiler=Z][CODE]-belom ada-[/CODE][/spoiler] .