EXECUTIVE SUMMARY MANAGEMENT CONTROL SYSTEM

DELL COMPUTER

Dosen: Sugiarto, Drs., MBA, M.Acc. Kelompok 4: Anung Triningrum Hasnan Ridwan Lutfan Widagdo R. Susetyo Fajar 11/325585/PEK/16066 11/325604/PEK/16085 11/325610/PEK/16091 11/325621/PEK/16102

PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA

Management Control System

2012

Management Control System

DELL COMPUTER CORPORATION
COMPANY PROBLEM

Pada Agustus 1993, Dell melibatkan Bain & Company Inc. sebuah perusahaan kontak bisnis global yang membantunya mengembangkan seperangkat ukuran untuk meilai kinerja unit bisnis. Namun dalam implementasinya, ada beberapa manajer dalam Dell yang menentang penggunaan fakta dan data dalam pengambilan keputusan harian dan hal tersebut kecepatan mempersulit untuk perusahaan. Dell menyadari pada kebutuhan langkah untuk bisnis. mempercepat lajunya setiap

Perusahaan menelusuri dan secara sistematis mengurangi jumlah rantai nilai agar semakin efisien. Hal tersebut membuat pelanggan secara persis memperoleh konfigurasi yang mereka inginkan dan Dell mengurangi kebutuhannya untuk pabrik, peralatan dan R&D. Akibatnya Dell mengubah bisnis produk menjadi industri jasa.
Analisis Kasus

Rantai nilai yang semakin pendek, menciptakan suatu sistem yang efektif dan efisien. Tujuan keuangan utama mengarahkan evaluasi manajerial pada Dell berdasarkan ROIC atau Return on Invested Capital. Scorecard yang dimiliki Dell meliputi ukuran financial maupun ukuran non financial. Scorecard tersebut dihasilkan secara realtime (bersamaan waktu dengan peristiwanya) dan ukuran kinerja yang relevan dibagi menurut segmen pelanggan, kategori produk dan negara. Setelah 21 tahun beroperasi, Dell dapat menyesuaikan perusahaan dalam hal informalitas dan kecepatan serta energinya. Menjadikan struktur tersebut menjadi keunggulan serta keuntungan kompetitif bagi Dell dan proses pembuatan keputusan menjadi semakin terlokalisasi. Jika sebuah permasalahan tidak memerlukan perhatian tingkat tinggi, keputusan yang dibuat akan dilakukan tanpanya.

Management Control System

Saluran

komunikasi

yang

efisien

dan

akses

pada

manajemen

memastikan bahwa bahkan gagasan-gagasan dari staf junior, yang dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan, dapat diimplementasikan, tanpa mengurangi efek birokrasinya. Sama halnya manajemen senior juga memotong jalinan struktur datanya untuk dengan cepat menerapkan suatu strategi dan merespon pasar yang kompetitif. Sebagai contoh dalam industri PC dan elektronik yang bersifat dinamis menyebabkan Dell harus bersifat cepat dalam merespon situasi dan kondisi yang ada di market mereka. Ketika kompetitor mengumumkan bahwa penjualan mereka menurun, Dell dapat dengan cepat melakukan perubahan harga pad aproduk mereka dan mengumumkannya dengan cepat kepada pelanggan dan konsumen mereka. Hal tersebut dikarenakan sistem manajemen rantai nilai yang dimiliki Dell begitu efektif dan efesien dan dapat dikendalikan seluruhnya oleh Dell. Sehingga hal tersebut dapat menjadi keunggulan kompetitif yang meningkatkan daya saing Dell di pasaran. Jawaban Pertanyaan 1. Apakah strategi Dell? Apa dasar yang digunakan oleh Dell untuk membangun keunggulan bersaingnya? Jawab: Dalam menjalankan bisnisnya, Dell memiliki strategi dengan cara melakukan penjualan langsung dari pabrik kepada konsumen. Dell secara radikal mengubah jaringan supply chain mereka agar lebih efektif dan efisien dengan cara memotong posisi middlemen yang selama ini menjadi perantara antara pabrikan PC dan konsumen mereka di industri PC. Dell berusaha mengubah pakem supply chain yang ada dengan cara menghapuskan retailer sehingga dapat memangkas biaya serta dapat lebih dekat dengan konsumen karena Dell berada di garis depan penjualan produk mereka. Hal tersebut menjadikan Dell lebih kompetitif dan lebih responsif.

Management Control System

Dell tidak menggunakan retailer atau sales people. Hal tersebut memberikan keuntungan bagi Dell karena Dell dapat lebih memahami apa yang menjadi keinginan konsumen dan dapat lebih cepat merespon permintaan konsumen. Di sisi lain, biaya produksi dan biaya yang tidak perlu dapat dipangkas yang menyebabkan Dell dapat lebih efisien dalam hal production dan operational cost yang sehingga harga akhir produk pun akan menjadi lebih murah dan hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi konsumen atau pelanggan Dell. Adanya komponen PC yang semakin standard dan memungkinkan Dell untuk melakukan untuk mass customization membuat Dell Dell hanya memungkinkan menggunakan outsourcing.

menangani proses perakitan. Selebihnya Dell hanya mengontrol jaringan supply chain yang dimilikinya. Strategi ini terbukti berhasil dan menjadikan Dell semakin kokoh di puncak. Dell dapat menghemat biaya produksi dan memberikan keuntungan dan keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Competitive Advantage Dell Salah satu keunggulan Dell adalah diferensiasi produk yang dimilikinya dan juga low cost strategy akibat dari supply chain mereka yang sangat efektif dan efisien. Adapun yang menjadi keunggulan kompetitif dari Dell adalah :
 Model bisnis Dell yang membuat Dell dapat melakukan penjualan

langsung dan memotong supply chain mereka dengan cara menghilangkan retailer serta melakukan slacing dalam proses produksi mereka dengan cara menggunakan outsourcing. Hal tersebut membuat Dell dapat menghemat waktu dan mengeliminasi biaya-biaya yang tidak perlu. Sehingga harga akhir produk yang mereka tawarkan semakin kompetitif. Sistem supply chain yang pendek dan efektif membuat Dell menjadi lebih responsif dalam mengatasi permasalahan dan merespon permintaan dan keinginan konsumen.

Management Control System

 Dell mengubah pakem yang ada di industri PC. Dell menerapkan proses bisnis yang cepat dengan cara lebih responsif dan lebih awal memperkenalkan teknologi mereka kepada konsumen. Hal tersebut memicu pertumbuhan Dell itu sendiri dan mengubah paradigma industri PC sebelumnya yang bersifat lambat.  Sistem supply chain yang terintegrasi memungkinkan Dell untuk mengontrol semua lini industri mereka mulai dari hulu hingga hilir. Adanya sistem supply chain yang sistematis semakin memudahkan Dell dalam menelusuri permasalahan yang ada dan lebih cepat dalam merespon dan menyelesaikan permasalahan tersebut. 2. Bagaimana sistem kontrol Dell membantu dalam melaksanakan strategi perusahaan? Jawab: Sistem kontrol Dell Dalam menjalankan proses bisnisnya, ada beberapa manajemen kontrol sistem yang dilakukan oleh Dell yaitu :
 Mengurangi jumlah pelaku dalam supply chain Dell itu sendiri

dengan konsep “zero touch”. Hal tersebut menyebabkan Dell menjadi lebih aware dan lebih mudah dalam menghandle semua pekerjaan maupun proses produksi. Konsep “zero touch” juga memungkinkan konsumen mendapatkan spesifikasi yang mereka inginkan tepat waktu dan membuat Dell mengeliminasi pabrik, peralatan dan juga R&D departemen.
 Penggunaan ROIC sebagai ukuran financial serta penggunaan

balance scorecard yang menggabungkan ukuran financial dan non financial untuk mengukur kinerja unit bisnisnya. Selain itu Dell juga mengimplementasikan real time basis sebagai basis pengukuran kinerja mereka. Dell juga mengkategorikan pengukuran kinerja unit

Management Control System

bisnis mereka berdasarkan segmen konsumen, kategori produk dan juga negara.