OUTPUT DAN OUTCOME NO. 1.

KEGIATAN Transektoral OUTPUT OUTCOME Meningkatkan kepedulian Menjadikan kita lebih terhadap data yang terdapat tahu terhadap data di balai desa. yang terdapat di balai desa. Mengetahui keadaan objektif desa Gadingan. Meningkatkan kepedulian Dapat mengumpulkan dan kerja sama terhadap warga sehingga sesama warga melalui adanya kesadaran kegiatan lokakarya desa terhadap terbentuknya yang tertuju pada keluarga yang dapat terbentuknya pos diperdayakan. pemberdayaan keluarga (POSDAYA). Dengan adanya pelantikan Terbentuknya tahap pengurus POSDAYA dapat awal yaitu susunan menjadi motivasi bagi kepengurusan setiap keluarga, bahwa POSDAYA. dengan posdaya keluarga dapat diperdayakan. Pendelegasian peserta KKN Pemecahan masalah POSDAYA berbasis Masjid yang terpenting dan pemecahan masalah diambil dari masalah yang sudah terkumpul yang ada dari setiap ketika lokakarya desa. desa ketika lokakarya desa. Menjadikan anak-anak lebih Memberikan pandai dalam membaca al- pengalaman bagi kita Quran. bagimana cara mengajar membaca Al-Quran dengan baik dan benar . Petugas dan kader-kader Memberikan posyandu dapat terbantu pengalaman bagi kita dalam menangani pelayanan bagaimana kegiatan kegiatan posyandu (polio, posyandu imunisasi dls.). berlangsung, dari mulai imunisasi,

2.

Lokakarya Desa

3.

Pelantikan Pengurus Posdaya

4.

Lokakarya Kecamatan

5.

Mengajar Mengaji Setiap Bada Maghrib (sebelum bulan Ramadhan)

6.

Posyandu

7.

Senam (setiap sabtu sebelum bulan Ramadhan)

Suasana senam menjadi lebih ramai dan lebih semangat. Menjalin kebersamaan lebih erat dengan warga, kegiatan ramadhan lebih hidup .

8.

Kegiatan Ramadhan (Kultum, Tarawih, Tadarus)

9.

Pesantren Ramadhan

Memberikan pengajaran dan pembelajaran kepada santri (anak-anak SD peserta pesantren Ramadhan) tentang pengetahuan agama dan pengetahuan umum, games dan mengaji bersama serta sholat Duha berjamaah dalam suatu kegiatan yaitu pesantren Ramadhan. Lebih dekat dengan anak-anak SD dan juga gurunya.

polio, menimbang, pemeriksaan ibu hamil, ibu menyusui dan lain sebagainya. Menjadikan kita lebih akrab dengan ibu-ibu PKK dan menjadikan kita sebih sehat. Lebih semangat beribadah, meningkatkan kekhusuan dalam beribadah dan lebih akrab lagi dengan warga . Memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan bisa mengajar sambil bermain dengan santri (anak-anak SD peserta pesantren Ramadhan) dalam kegiatan Ramadhan. Dapat lebih mengetahui karakteristik setiap anak didik, melatih kesabaran, emosional, dalam menghadapi anak didik pada saat pembelajaran berlangsung.

Deskripsi dari setiap pilar :

Pendidikan (Agama) : Dari setiap kegiatan yang telah kami laksanakan bahwa dari segi pendidikan terutama keagamaan di Desa Gadingan ada kemajuan yaitu terlihat dari antusias warga (anak-anak) dalam belajar melalui bimbingan belajar Mengaji bada maghrib disertai pemberian penguatan materi melalui pembelajaran pesantren Ramadhan. Lingkungan hidup dan Kesehatan : meningkatkan kesadaran keluarga dan masyarakat akan pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan melalui kegiatan bersihbersih bersama setiap hari jumat (JUMSIHAT), mengikuti senam rutin yang dilaksanakan setiap minggu guna menjadikan hidup lebih sehat; Ekonomi : Meningkatkan pemahaman keluarga dan masyarakat umum akan pentingnya berwirausaha melalui pemberdayaan barang-barang kerajinan yang sudah ada sehingga bernilai guna dan jual lebih paten dan dapat dipasarkan lebih jauh. Sosial : Meningkatkan kepedulian dan kerja sama terhadap sesama warga melalui kegiatan lomba antar Rukun Tetangga, kegiatan aksi bersih, dan senam rutin. Lembaga/ Institusi Pendukung yang ada :
• PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan TK; • Karang taruna setempat;

• Poskesdes (Posyandu); • DKM; • DTA 2; • KUD; • MUD; • Tokoh masyarakat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful