BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Masalah
Metil isosianat (MIC) adalah senyawa organik dengan rumus molekul CH 3NCO. Metil isosianat adalah kimia intermediat dalam produksi karbamat pestisida (seperti carbaryl , karbofuran ,

metomil , dan aldicarb ).Senyawa ini juga telah digunakan dalam produksi karet dan perekat . Sifat
fisk Metil isosianat (MIC) adalah tidak berwarna, cairan yang mudah terbakar. Senyawa ini larut dalam air untuk 6-10 bagian per 100 bagian, tetapi juga bereaksi dengan air.

Metil isosianat (MIC) sangat beracun . Nilai ambang batas yang ditetapkan oleh Konferensi Amerika tentang Pemerintahan Industrial Hygienists adalah 0,02 ppm . MIC beracun jika terhirup, menelan, dan kontak dalam jumlah serendah 0,4 ppm . Gejala paparan termasuk batuk, dada nyeri, dyspnea , asma , iritasi mata , hidung dan tenggorokan , serta kulit rusak. Tingginya tingkat eksposur, lebih dari 21 ppm, dapat mengakibatkan paru atau paru-paru edema , emphysema dan pendarahan , bronkus pneumonia dan kematian . Perawatan yang tepat harus yang diambil adalah untuk menyimpan metil isosianat karena kemudahan dari exothermically polimerisasi dan kepekaan yang sama terhadap air. Hanya stainless steel atau wadah kaca dapat digunakan secara aman, MIC harus disimpan pada suhu di bawah 40 ° C (104 ° F) dan sebaiknya 4 C (39 ° F) °. Dalam hal ini saya akan membahas mengenai kasus pencemaran udara akibat kebocoran gas Metil isosianat (MIC) di Bhopal India pada tahun 1984 yang menewaskan ribuan orang. B. Manfaat dan Tujuan Pembuatan makalah ini sebagai informasi kasus pencemaran udara yang pernah terjadi agar kita dapat mengetahui penyebab dari pencemaran itu sendiri dan dapat mencegah agar kasus yang dulu terjadi tidak akan terulang kembali di masa depan yang daat merugikan banyak pihak dan merusak lingkungan sekitar. Halaman 2

Hal apa yang dapat kita lakukan terhadapat kebocoran MIC ini ? 4.BAB II RUMUSAN MASALAH 1. Apakah dampak yang terjadi pada warga sekitar ? 3. Penanggulangan apa yang dapat dilakukan ? Halaman 3 . Apakah penyebab terjadinya kebocoran MIC di Bhopal ? 2.

di 3egara bagian Madhya Pradesh di India..000 lainnya—15. perusahaan telah mematikan pendingin di sekitar bahan kimia. ada kemungkinan langkah-langkah keselamatan tersebut dibiarkan sebagai bagian dari “prosedur penghematan” yang dilakukan perusahaan tersebut di pabrik itu. Sebuah penyelidikan BBC pada 2004 memastikan bahwa kontaminasi masih terus berlangsung. Perusahaan ini menyimpan MIC dalam jumlah yang lebih besar dari yang direkomendasikan. Halaman 4 . Reaksi yang kemudian terjadi menghasilkan banyak gas beracun dan memaksa pengeluaran tekanan secara darurat. Penyelidikan yang dilakukan menyatakan bahwa beberapa langkah keselamatan lainnya tidak dijalankan dan standar operasi di pabrik tersebut tidak sesuai dengan standar di pabrik Union Carbide lainnya. Ia diakibatkan pengeluaran 40 metrik ton metil isosianat (MIC) secara tak sengaja dari pabrik pestisida Union Carbide yang terletak di kota Bhopal. demikian keterangan dari Kampanye Internasional untuk Keadilan di Bhopal. MIC merupakan perantara dalam pemhasilan karbaril. Pabrik tersebut dibuka pada 1969 dan diperluas untuk menghasilkan karbaril pada 1979. Selain itu. Kecelakaan ini langsung menewaskan ribuan jiwa dan melukai antara 150.000 hingga 600. Ada yang menyebutkan jumlah kematian yang lebih tinggi. Penyebab Penyebabnya adalah dimasukkannya air ke dalam tangki-tangki berisi MIC.000 di antaranya kemudian meninggal dari luka-luka tersebut. Dalam upaya untuk memotong biaya. Gasnya keluar sementara penggosok kimia yang seharusnya menetralisir gas tersebut sedang dimatikan untuk perbaikan. padahal bahan kimia tersebut harus disimpan pada suhu 32 derajat Fahrenheit.BAB III PEMBAHASAN MASALAH Tragedi Bhopal pada 1984 adalah musibah negara yang terburuk dalam sejarah dunia.

000 korban bencana. serta kerusakan ginjal dan hati.400 kali lebih tinggi dari ambang batas yang ditetapkan Organisasi Halaman 5 Kesehatan Dunia.Dampak Kecelakaan ini langsung menewaskan ribuan jiwa dan melukai antara 150. Pemerintah India segera menutup pabrik Union Carbide tidak lama setelah insiden dan menahan tiga petingginya.000 warga tewas akibat menghirup gas beracun.com mengungkapkan. tangki penyimpanan gas pabrik pestisida di Bhopal. Selain itu. Tragedi Bhopal merupakan salah satu insiden industri paling mematikan di dunia. Lebih dari 500. Gas kimia yang bocor itu meracuni 500. Tepat 25 tahun yang lalu. Selain itu. Union Carbide membayar 470 miliar dolar AS kepada pemerintah India sebagai dana kompensasi insiden. membentuk kumpulan awan yang menyelimuti kota Bhopal. kadar chloroform dari air tanah itu dua kali lipat lebih besar dari batas maksimal yang ditetapkan Badan Perlindungan Lingkungan Hidup AS. Kandungan zat beracun carbon tetrachloride dari air tanah di Bhopal masih 900-2. bahwa gas beracun dari pabrik Union Carbide tersebut naik ke langit. Air yang mereka minum masih mengandung kadar racun yang tinggi dan anak-anak mereka pun lahir cacat. Studi Medis Bhopal (BMA) yang berpusat di Inggris melaporkan bahwa bencana itu masih menyisakan level toksin yang tinggi.000 hingga 600. . Situs The History Channel yang dilansir vivanews. Mahkamah Agung India menyetujui rencana kompensasi yang akan membayarkan ganti rugi sebesar 350 juta dolar AS kepada lebih dari 570. Ini menyebabkan 27 ton gas methyl isocyanate lepas ke udara.000 lainnya dirawat karena mengalami keracunan. bocor.000 penduduk setempat.000 Di antaranya bahkan menderita berbagai penyakit.000 di antaranya kemudian meninggal dari luka-luka tersebut. India. tragedi yang sudah lewat 25 tahun itu rupanya masih menebar maut. Pada Oktober 2004. seperti kebutaan. Pada tahun 1989.000 lainnya—15. Lebih dari 3. Lahir Cacat Namun. 50. 120. Ada yang menyebutkan jumlah kematian yang lebih tinggi.000 penduduk terkena dampak gas beracun. kesulitan bernafas.

contohnya bila temperature tiba-tiba naik cepat dalam suatu bejana yang menyimpan material yang berbahaya. ratusan ribu orang lainnya menderita penyakit kronis jangka panjang. banyak anak yang lahir 25 tahun setelah kejadian terinfeksi gas beracun. orang Bhopali mengalami berbagai macam penyakit akibat dari kebocoran gas dan kontaminasi bahan kimia beracun lain yang dikeluarkan pabrik ke air tanah. Lokasi pabrik harus benar-benar jauh dari daerah pemukiman dan bila perlu di pulau terpencil.” kata Toogood. keterbelakangan mental. Sementara itu.“Pabrik mengeluarkan porsi sampah beracun yang sangat besar. “Di beberapa bagian pabrik dengan kedalaman tanah 100 meter ditemukan kadar racun mencapai 100 persen. Khusus untuk pabrik-pabrik kimia seharusnya diadakn pembatasan yang lebih ketat lagi.ikuti intruksinya sehingga kejadian seperti ini dapat kita cegah. Memahami prosedur bila dalam keadaan berbahaya.Bacalah reaktivitas dalam MSDS. dan kesulitan reproduksi. kelahiran cacat. Sebelum mendirikan suatu pabrik sebuah perusahaan harus mengadakan analisa dampak lingkungan (amdal). apa produk sampingannya dan bagaimana kemungkinan bahayanya serta Halaman 6 .” ungkap Colin Toogood Pemimpin Studi Ilmiah BMA. Menurut Bhopal Medis Banding (BMA). Akibatnya. Diumumkan bahan-bahan yang digunakan (precursor). Sejumlah penyakit itu antara lain kanker. kepincangan. Ada juga area di mana kita bisa menemukan sampah merkuri di atas permukaan tanah. Hal yang Dapat di Lakukan • • • Kejadian ini dapat diingat daripada kejadian lain di industry kimia dan bahwasannya system safety yang handal memang diperlukan ketika menangani matelial berbahaya Pahami reaksi kimia berbahaya dari semua material didalam proses anda. apa yang dihasilkan. kebutaan.

Sistim pengamanan dan pengendalian harus benarbenar terjamin secara berkelanjutan yang dihubungkan dengan sistim alam otomatis.bagaimana mengatasinya. Penduduk yang mungkin merupakan daerah sebaran-bahaya harus harus diberitahukan cara-cara menghadapi bahaya kimia beracun. Halaman 7 BAB IV .Obat bagi para korbanpun wajib diberikan hingga tuntas.Ketika saat ini pabrik tersebut belum dibersihkan masyarakat yang tadinya tidak tercemar bahan berbahaya akan ikut tercemar pula.sebaiknya warga sekitar Bhopalpun diberi tempat hidup layak yang lain karena pasti bila keadaan sekitar pabrik sedikitnyapun masih ada bahan berbahaya yang tak layak dihuni oleh mahkluk hidup.Sebaiknya ketika terjadi kebocoran gas tersebut pabrik segera ditutup dan bahan-bahan sisa berbahaya yang ada segera diolah agar pencemarannya tidak semakin meluas seperti sekrang ini. Dalam banyak hal bangsa kita sering menyepelekan hal-hal yang sebenarnya penting dan sering melupakan yang seharusnya selalu diingat termasuk aparat terkait. Pihak berwajib terutama rumah sakit berdekatan harus benar-benar mengetahui dan terlatih bagaimana mengatasi/ mengobati korban yang mungkin terjadi. Penanggulangan Dalam kasus ini terlihat bahwa penanggulangan bencana yang berlarut-larut dan tak dibereskan hingga akhir.sehingga akan menjadi turun temurun dan dampakpun semakin meluas.

Di dalam kasus inipun terlihat bahwa kebocoran MIC akibat kelalaian pihak pabrik yang bermaksud menekan biaya produksi namun akhirnya membahayakan warga sekitar.dan tidak adanya tanggung jawab oleh pemilik pabrik Union Carbide untuk mengolah limbah yang telah menyebabkan pencemaran udara terjadi. Halaman 8 KATA PENGANTAR . Pembersihan lahan pabrik yang hingga kini tudak dilaksanakan menambah panjang daftar korban tercemar karena masih adanya sisa-sisa kebocoran MIC yang mencemari lingkungan sekitar.KESIMPULAN Dari kasus Bhopal tersebut tercermin bahwa tidak ada ketegasan dari pemerintah untuk melindungi warganya.

Penyusun ii . Terimakasih.Tidak lupa penyusun mengucapkan terimakasih pada kedua orang tua dan dosen yang telah membimbing saya sehingga dapat memaksimalkan penyelesaian makalah ini. Semoga dengan adanya makalah ini dapat memberi kita wawasan yang lebih luas dan bermanfaat bagi para pembaca.Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah ini disusun agar pembaca mengetahui kasus yang terjadi akibat pencemaran udara dan bagaimana solusi yang dapat kita ambil.

MAKALAH KIMIA LINGKUNGAN PENCEMARAN UDARA OLEH KEBOCORAN METIL ISOSIANAT Disusun Oleh : Isty Agniya Widyasty Tingkat : 1-A JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN POLTEKES KEMENKES RI BANDUNG .

................ 8 LAMPIRAN ............................................................... LATAR BELAKANG MASALAH …………………… 2 B...... 10 i DAFTAR PUSTAKA ...........................DAFTAR ISI .................... 9 DAFTAR PUSTAKA ..... TUJUAN dan MANFAAT ………………………….... 4 BAB IV KESIMPULAN ………………………………………….............................................................. 2 BAB II RUMUSAN MASALAH ………………………………… 3 BAB III PEMBAHASAN…………………………………………............................... i KATA PENGANTAR ……………………………………………................. ii BAB I PENDAHULUAN ………………………………………… 2 A...

wikipedia.blogspot.com/2011/01/tragedi-bhopal.scribd.org/wiki/Tragedi_Bhopal Halaman 10 LAMPIRAN .com/doc/61982037/TRAGEDI-BHOPAL http://id.http://wenysilvia130706.html http://www.

Halaman 9 .

Related Interests