Klasifikasi Cadangan menurut standar Australia ( JORC

)

Ø Kategori Cadangan berdasarkan Geologi Diidentifikasi (Mineral) Sumber : badan khusus mineral-bantalan bahan yang lokasi, kuantitas, dan kualitas diketahui dari pengukuran tertentu atau perkiraan dari bukit geologis. Sumber daya diidentifikasi meliputi komponen ekonomi dan sub ekonomi. Untuk mencerminkan derajat jaminan geologi, sumber daya diidentifikasi dapat dibagi menjadi kategori berikut : 1.Terukur: Sumber Daya yang tonase dihitung dari dimensi terungkap dalam singkapan, parit, kerja, dan lubang bor, dan untuk yang kelas dihitung dari hasil sampling rinci. Situs untuk inspeksi, pengambilan sampel, dan pengukuran jarak begitu dekat, dan karakter geologi sangat didefinisikan dengan baik, bahwa ukuran, bentuk, dan kandungan mineral yang mapan.

2. Diindikasikan: Sumber Daya yang tonase dan kelas dihitung dari informasi yang serupa dengan yang digunakan untuk sumber daya diukur, tetapi situs untuk inspeksi, pengambilan sampel, dan pengukuran jauh terpisah atau sebaliknya kurang memadai spasi. Tingkat jaminan, meskipun lebih rendah dari sumber daya dalam kategori diukur, cukup tinggi untuk mengasumsikan kontinuitas antara titik pengamatan. Menunjukkan: Sebuah istilah kolektif untuk jumlah sumber daya terukur dan terindikasi. 3. Tersirat: Sumber Daya yang perkiraan kuantitatif sebagian besar didasarkan pada pengetahuan yang luas dari karakter geologi deposit dan yang ada sedikit, jika ada, contoh atau pengukuran.. Perkiraan didasarkan pada kontinuitas diasumsikan atau pengulangan yang ada bukti geologi. Bukti ini mungkin termasuk perbandingan dengan deposito sejenis.. Tubuh yang benar-benar tersembunyi dapat dimasukkan jika ada bukti geologi tertentu kehadiran mereka.Perkiraan sumber daya tereka harus dinyatakan secara terpisah dan tidak digabungkan dalam total tunggal dengan sumber daya diukur atau ditandai (lihat pedoman ii).

Ø Kategori sumber daya berdasarkan pertimbangan ekonomi. Ekonomi: Istilah ini menyiratkan bahwa, pada saat penentuan, ekstraksi menguntungkan atau produksi di bawah asumsi investasi didefinisikan telah ditetapkan, analitis menunjukkan, atau diasumsikan dengan kepastian yang memadai (lihat pedoman iii).

ekonomi.1. pada waktu penentuan. Subeconomic: Istilah ini mengacu ke sumber-sumber yang tidak memenuhi kriteria ekonomi. sumber daya subeconomic termasuk kategori paramarginal dan submarginal. hukum. tetapi memiliki kualitas yang cukup cukup untuk berfungsi sebagai dasar pemgambilan keputusan dalam pengembangan suatu endapan. 2. untuk membuat mereka ekonomi. 1) Cadangan Bijih “mungkin” (Probable Ore Reserves) Adalah bagian ekonomis yang dapat ditambang dari Sumberdaya Mineral Terindikasi (Indicated Ore Reserves). pemasaran. Penilaian yang sesuai dan studi telah dilakukan mencakup pertimbangan dan faktor modifikasi (modifying factors) yaitu penambangan. Karakteristik utama dari kategori ini adalah ketidakpastian ekonomi dan / atau kegagalan (meskipun hanya) untuk memenuhi kriteria yang menentukan ekonomiTermasuk sumber daya yang dapat menghasilkan perubahan didalilkan diberikan dalam faktor ekonomi atau Teknologi. 3. sosial. lingkungan. hampir memenuhi kriteria untuk ekonomi.  Cadangan Bijih Cadangan Bijih adalah bagian dari Sumberdaya Mineral Terukur dan Terindikasi yang dapat ditambang dan memiliki nilai ekonomi. Paramarginal: Itu bagian dari sumber daya subeconomic yang. Meliputi diluting material dan kerugian yang mungkin terjadi ketika material tersebut yang ditambang. dan kebijakan pemerintahan. Cadangan bijih diklasifikasikan berdasarkan tingkat kepercayaan menjadi Cadangan Bijih “mungkin” (Probable Ore Reserves) dan Cadangan Bijih “terbukti” (Proved Ore Reserves). 2) Cadangan Bijih “terbukti” (Proved Ore Reserves) Adalah bagian ekonomis yang dapat ditambang dari Sumberdaya Mineral Terukur (Measured Ore Reserves). Submarginal: Bahwa bagian dari sumber daya subeconomic yang akan memerlukan harga komoditas jauh lebih tinggi atau maju mengurangi biaya besar dalam teknologi. metalurgi. Cadangan Bijih “mungkin” (Probable Ore reserves) ini memiliki tingkat kepercayaan yang lebih rendah dari Cadangan Bijih “terbukti” (Proved Ore Reserves). Penilaian yang sesuai dan studi telah dilakukan .

lingkungan. ekonomi. . Gaya mineralisasi atau faktor lain bisa membuktikan bahwa cadangan bijih tidak ditemukan dalam beberapa endapan. hukum. sosial. metalurgi. pemasaran. Cadangan Bijih “terbukti” (Proved Ore Reserves) memiliki tingkat kepercayaan kategori estimasi cadangan yang tertinggi.mencakup pertimbangan dan faktor modifikasi yaitu pertambangan. dan kebijakan pemerintahan.

bentuk dan mineral). ukuran. 1902) a. pengambilan conto dan data produksi. Cadangan Terduga (possible) Dikategorikan berdasarkan beberapa asumsi terdapatnya endapan mineral. 1960) Berdasarkan prosentase kesalahan yang diijinkan : Untuk kategori : A = 15-20 % B = 20-30% C-2 = 60-90% C-1 = 30-60% 3. London. Kondisi geologi juga diperhitungkan (struktur. c. 1. Cadangan Boleh Jadi (Probable) Apabila endapan mineral tersebut dibatasi 2 atau 1 sisi pengambilan conto dan perluasannya berdasarkan unsure-unsur yang dapat diperkirakan. 2. Kadar dihitung berdasarkan pengambilan conto secara detil. blok dibatasi 3 atau 4 sisi pengambilan conto. b. Kesalahan yang diperbolehkan tidak lebih dari 20 %.3 atau 4 sisi blok tambang.KLASIFIKASI SUMBERDAYA DAN CADANGAN Klasifikasi sumberdaya dan cadangan diberbagai negara berbeda-beda tetapiyangn dikenal secara luas adalah . Inggris (Institution of Mining & Metallurgi. parit. Semula (1902) adalah endapan mineral yang dieksplorasi dengan pengambilan conto 2. Bijih Tereka (Inferred Ore) Tonase dan kadar dihitung berdasarkan perkiraan dan pengetahuan tentang karakteristik geologi secara umum. c. Amerika (USBM & USGS) a. . sebagian kecil dari pengambilan conto/ hasil pengukuran. Kemudian1912 menjadi endapan mineral yang dibagi beberapa blok. Cadangan dapat diperkirakan dengan baik tanpa tahap konstruksi. Rusia (Mining Institute of the Soviet Academy of Sciences. lainnya dengan jarak proyeksi data geologi. Bijih Terukur (Measure Ore ) Tonase dihitung berdasarkan dimensi singkapan. b. Cadangan Terukur (Proved). Disebut positive dan visible. Bijih Teridentifikasi (Indicated Ore) Tonase dan kadar dihitung sebagian berdasarkan pengukuran secara spesifik. penelitian dan lubang bor.

4. Terukur (Measured) b. Tereka (Inferred) 1. Klasifikasi Cadangan Menurut Mc Kelvey (1973) Indonesia mengeterapkan klasifikasi cadangan Mc Kelvey. karena :Dianggap paling detil. danwawasannya luas tentang klasifikasi cadanganDasar klasifikasi cadangan yang usulan oleh Mc Kelvey adalah : kenaikan tingkat keyakinan geologi Kenaikan tingkat pelaksanaan ekonomi a. . Terindikasi (Indicated) c. Pertimbangan geologi dan ekonomi.