Kata Pengantar

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga Modul Praktikum Ergonomi Sesi 3 tahun ajaran 2012/2013 ini dapat diselesaikan dengan baik. Modul ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi mahasiswa dalam pelaksanaan praktikum ergonomi, baik dari segi pemahaman konsep maupun proses pelaksanaan praktikum. Kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran dari semua pihak berkenaan dengan modul ini. Melalui kritik dan saran tersebut diharapkan kualitas isi modul dapat meningkat sehingga perbaikan kualitas pelaksanaan praktikum dapat tercapai secara berkesinambungan. Semoga modul praktikum ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Yogyakarta, 21 Oktober 2012 Tim Penyusun

Tim Penyusun: Asisten Laboratorium: 1. Andriani Shelvia Sari Purba 2. Nila Khusnika Sari 3. Rizky Amalia Putri 4. Okky Pratiwi 5. Dinan Winardo 6. Yopie Yutama Surbakti Dosen Pembimbing: 1. Ir. Rini Dharmastiti, M.Sc., Ph.D. 2. Budi Hartono, ST., MPM., Ph.D. 3. Dr. Herianto, ST., M.Eng 4. M.K. Herliansyah, ST., MT., Ph.D 5. Ardiyanto, S.T.

1

MODUL VII BIOMEKANIKA

7.1 Tujuan Praktikum 1. Praktikan mampu menggunakan pendekatan biomekanika sebagai salahsatu alternatif tools dalam ergonomic assessments 2. Praktikan mampu memahami konsep dan persamaan dalam

biomekanika sebagai salahsatu alternatif tools dalam ergonomic assessments

7.2 Alat dan Bahan 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Beban angkat Timbangan berat badan Mistar ukur Goniometer Video recorder Kalkulator Software SOFIEBiomechAns Peralatan yang dibutuhkan untuk pengukuran software Laptop

7.3 Prosedur Praktikum 1. Praktikan dibagi menjadi 2 kelompok. Salah satu kelompok melakukan penghitungan beban kerja secara manual, kelompok lainnya melakukan simulasi pengangkatan beban kerja menggunakan software

2

Analisis beban kerja secara manual     Pilih salah seorang anggota kelompok yang bertugas sebagai pengangkat beban. Ukur massa tubuh pengangkat beban Operator akan mengangkat beban dari lantai (0 cm diatas lantai) dengan dua posisi pengangkatan yang berbeda. Pengangkat beban melakukan gerakan diam seakan

mengangkat benda (box) dari bawah (0 cm dari lantai). lalu dilakukan pengambilan gambar seluruh badan dari kedua subjek, kemudian ukur sudut-sudut dan panjang dari segmen tubuh operator yang telah di tentukan. Segmen-segmen tubuh tersebut yaitu : a. b. c. d. e. f.   Lengan Bawah dan Telapak Tangan Lengan atas Pinggul Panggul Paha Betis

Demikian seterusnya untuk posisi pengangkatan yang kedua. Lakukan perhitungan Compression Force dengan cara memasukkan data yang di dapat ke dalam rumus yang ada untuk mencari nilai yang akan menentukan baik buruknya beban angkat yang diberikan kepada kedua operator.

Analisis postur tubuh mana yang paling baik untuk pengangkatan beban angkat tersebut

3

4 Daftar Bacaan Chaffin. Format dan isi laporan harus sesuai seperti petunjuk asisten. G. dan Anderson. 7. Penerbit Guna Widya. D.B. E. Berikan kesimpulan mengenai data hasil olahan software Analisis postur tubuh mana yang paling baik untuk pengangkatan beban angkat tersebut 2. Ukur massa tubuh pengangkat beban Pasangkan alat marker pada tubuh pengangkat beban Posisikan pengangkat beban pada tempat yang disediakan Pengangkat beban akan seolah-olah mengangkat beban dengan dua posisi pengangkatan yang berbeda Rekam pergerakan pengangkatan beban dengan 1 file rekaman berisi 1 posisi pengangkatan (jadi akan ada dua file rekaman) Asisten akan memasukkan file ke software Asisten akan memberikan data hasil olahan software. 1984. Nurmianto. Occupational Biomechanics. Berikan rekomendasi terkait hasil praktikum. Surabaya 4 .. 2008. 3. Konsep Dasar dan Aplikasinya. Ergonomi. Wiley:New York. Analisis beban kerja menggunakan software           Pilih salah seorang anggota kelompok yang bertugas sebagai pengangkat beban. Praktikan membuat laporan seusai praktikum Ergonomi.

433 0.436 0.57800 0.682 Leher.105 0.14200 0.5 LAMPIRAN Perbandingan Massa tiap Segmen dan Letak Pusat Massa menurut Dempster (Winter.1.01100 0.433 0. 2009) Nama Segmen Massa Segmen Tubuh per Total Massa Tubuh Lokasi Pusat Massa per Panjang Segmen (Proximal) Lengan Bawah dan Telapak Tangan Lengan atas Batang Tubuh.00725 0.500 5 .05000 0.02325 0. dan Kepala Panggul Paha Betis Telapak kaki 0. 0.660 0.01400 0.

a.Berikut ini merupakan langkah penghitungan secara manual berdasarkan segmen-segmen tubuh. Lengan bawah (Lower Arm) 6 .

b. Lengan Atas (Upper Arm) 7 .

c. Pinggul M3 = M(L5/S1) 8 .

d. Panggul 9 .

Paha 10 .e.

f. Betis 11 .

Berikut ini ilustrasi dan persamaan yang digunakan untuk mendapatkan gaya tekan pada L5/S1 Gaya Tekan L5/S1 pada Model Biomekanika Statis Chaffin (Nurmianto. 1994) ML5/S1 = m3 12 .

13 .

1981) 14 .Penarikan Kesimpulan AL (Action Limit) = 3500 N MPL (Maximum Permissible Unit) = 6500 N Kondisi Fc < AL AL < Fc < MPL Fc > MPL Keterangan Aman Perlu Hati-Hati Berbahaya Sumber : (NIOSH.

1. kemudian mengukur suhu ruangan dengan menggunakan termometer ruangan dan mengukur kelembapan ruangan dengan sling termometer. Praktikan mampu memahami bahwa perbedaan beban kerja dapat berpengaruh terhadap aspek fisiologi manusia. 6. 3. Praktikan mampu mengetahui pengaruh beban kerja terhadap indikator fisiologi manusia. 2.3 Prosedur Praktikum Pilih empat orang praktikan untuk melakukan pengujian fisik secara bergantian. Sediakan satu orang praktikan untuk mengamati heart rate monitor dan mencatat denyut nadi pada menit yang telah ditentukan. 2. 8. Praktikan memasuki ruangan penelitian. 15 . 4.MODUL VIII FISIOLOGI MANUSIA 8. 3. 5.2 Alat dan Bahan 1. Treadmill Alat pengukur denyut nadi (Heart Rate Monitor) Stopwatch Termometer ruangan Sling termometer Lembar Kerja Alat tulis 8. Praktikan mampu mengetahui beberapa indikator fisiologi manusia.1 Tujuan 1. 7.

6. 8. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Bab 6 : Heavy Work.2.4.4 Daftar Bacaan Grandjean. Sementara praktikan lain bergantian melakukan task pertama. 2004. 1986. Setelah praktikan pertama selesai melakukan task pertama. 5. Bab 7 : Beban Kerja. Praktikan melakukan task pertama menggunakan treadmill selama 5 menit dengan kecepatan 2 km/jam. Pada saat bekerja. 1 orang praktikan mengamati heart rate monitor dan mencatat denyut nadi pada menit ke 1. Fitting the Task to The Man. Tarwaka. PT Gramedia : Jakarta. 4. dan 5.2. E. Setelah semua praktikan selesai melakukan task pertama. Kesehatan Kerja dan Produktivitas. 8. Taylor & Francis: London and Philadelphia. Praktikan melakukan persiapan pengujian fisik dengan menggunakan treadmill. Praktikan membuat laporan. Praktikan mengukur denyut nadi pada saat istirahat sebelum melakukan kerja. 9. kemudian beristirahat. An Ergonomic Approach. dkk.3. Pearce. 16 . Ergonomi. ulangi langkah 1-6 dengan perubahan kecepatan treadmill menjadi 5 km/jam. Praktikan memakai heart rate monitor yang telah diolesi dengan Ultrasound Gel di bagian diafragma dada. Praktikan merekap semua data kemudian menganalisis data tersebut.C. E. 3. 2006. 7. untuk Keselamatan.

Pengukuran Suhu dan Kelembapan Ruangan No Nama Suhu ruangan Temperatur bola kering (Tg) Temperatur bola basah (Twb) Kelembapan ruangan 17 .8.5 Lampiran Nama Kelompok Mulai Pukul Selesai Pukul : : : : Worksheet 1.

Worksheet 2. Pengukuran Denyut Nadi No Nama Denyut sebelum kerja Denyut saat kerja pada kecepatan 2 km/jam (Menit – ke) 1 2 3 4 5 1 Denyut saat kerja pada kecepatan 5 km/jam (Menit – ke) 2 3 4 5 18 .

19 .

kemudian jika seluruh praktikan sudah melakukan pengujian dilanjutkan kembali untuk pengujian Website B. Stopwatch 3. 2. Praktikan dapat memahami pengertian dan atribut usabilitas. Praktikan dapat mengetahui cara menilai dan menganalisis atribut usabilitas suatu produk. Task yang diberikan dikerjakan secara berurutan dan menggunakan PC/laptop. Alat Tulis 5. Pengujian 20 .2 Alat dan Bahan 1. 9. 3. Website dari yang akan diuji 2. Pertama kali pengujian dilakukan pada Website A.1 Tujuan Praktikum 1. Laptop/PC 9. Lembar Kerja 4. Praktikkan dapat membandingkan atribut usabilitas beberapa produk.3 Prosedur Praktikum 1. 2. Praktikan akan diberi penjelasan dan pengarahan terlebih dahulu oleh asisten mengenai task yang akan diselesaikan. Satu orang praktikan masuk secara bergiliran ke dalam suatu ruangan.MODUL IX USABILITAS 9.

21 . Praktikan dapat membandingkan perbandingan waktu pada pengujian pertama.1 apakah task yang dikerjakan selesai dalam batas waktu yang ditentukan/tidak. Praktikan akan mengerjakan task pada website yang akan diperintahkan oleh asisten dengan menggunakan komputer. Task yang diberikan memiliki batas waktu sementara asisten menilai pada worksheet pada Tabel 6. Asisten mencatat dalam worksheet pengerjaan yang dilakukan praktikan dalam Tabel 6. d.masing-masing website dilakukan 3 (tiga) kali dengan langkah sebagai berikut: Pada pengujian pertama (learnability dan efficiency): a. b. Kuesioner yang sudah diberikan oleh asisten kemudian diisi oleh praktikan sebagai user dan secara kuantitatif dihitung jumlahnya dari skala 1 hingga 5 dengan keterangan. Asisten menyerahkan worksheet yang sudah diisi oleh asisten ke praktikan untuk praktikan analisis. Pada pengujian kedua (memorability): a. Kemudian asisten memberikan kuesioner terhadap website agar diisi oleh praktikan di luar ruangan. Pada pengujian ketiga (satisfaction): a. Praktikan akan mengerjakan task pada website yang akan diperintahkan oleh asisten dengan menggunakan komputer b.2 c. 1= sangat sulit (SS).

Praktikan menjumlahkan error rate masing-masing praktikan untuk dapat membandingkan antara Website A dan Website B.2= sulit (S). How Many Users Does it Take to Change a Web Site?.. Academic Press. dan 5= sangat mudah (SM)..co.syntagm. 3= cukup(C). William. 6.3 5. Setelah mengisi kuesioner. 9. praktikan kembali masuk dengan urutan yang sama seperti diawal untuk melakukan pengujian website kedua dengan langkah dan prosedur yang sama seperti di atas dan tetap didampingi oleh asisten.4 Daftar Bacaan Nielsen. praktikan keluar ruangan dan menghitung secara akumulatif total waktu pengerjaan kelompok pada bagian Tabel 6. 1993.htm 22 .uk/design/articles/howmany. 3. Analisis dibuat dalam laporan sesuai dengan format yang sudah ditentukan dan memberikan kesimpulan. [diakses online pada tanggal 20 Agustus 2012]. URL: http://www. San Diego. Setelah itu. Kemudian praktikan menganalisis masalah-masalah yang ditemui dalam kedua website yang diujikan dengan atribut usabilitas lalu membuat rekomendasi untuk kedua perangkat. 4= mudah (M). Usability Engineering. Hudson. J. 4. 2001.

co. [diakses online pada tanggal 20 Agustus 2012].Hudson. 2001. 2003. Tim and Kalbach. James. How Many Users Does it Take to Change a Web Site?.uk/design/articles/howmany.htm Bosenick. Journal of Digital Information Vol 4 No 1. 23 . Web Page Layout: A Comparison Beetween Left and Right Justified Site Navigation Menus. William.. URL: http://www.syntagm. Hamburg.

1 Pengujian Pertama Untuk Learnability dan Efficiency Nama : No Aktifitas (Task) Waktu (sekon) Web A 1 2 Membuka menu sejarah kampus Membuka menu struktur Waktu (sekon) Web B organisasi kampus 3 4 5 6 7 Membuka menu galeri foto Membuka menu denah kampus Membuka menu contact person Membuka menu fasilitas kampus Membuka menu informasi alumni 24 .9.5 Lampiran Worksheet Tabel 9.

3 Total Waktu Penyelesaian Pekerjaan Pengujian Website A Website B Total Waktu (detik) Waktu Rata-Rata (detik) 25 .2 Pengujian Kedua Untuk Memorability Nama: Kelompok: No Aktifitas (Task) Waktu (sekon) Web A Error Rate (%) Web A 1 2 Membuka menu sejarah kampus Membuka menu struktur Waktu (sekon) Web B Error Rate (%) Web B organisasi kampus 3 4 5 6 7 Membuka menu galeri foto Membuka menu denah kampus Membuka menu contact person Membuka menu fasilitas kampus Membuka alumni Jumlah Rata-rata menu informasi Tabel 9.Tabel 9.

Saya kesulitan membuka menu contact person 6.4 Tabel Mengukur Satisfaction Nama: Kelompok: Website A Keterangan 1 SS 2S 3C 4M 5 SM 1. Saya kesulitan membuka denah kampus 5. Saya kesulitan membuka menu fasilitas kampus 7.Kuesioner Isilah dengan memberi √ (centang) pada masing-masing keterangan! Tabel 9. Saya kesusahan ketika membuka sejarah kampus 2. Saya mudah membuka menu informasi alumni Jumlah 26 . Saya tidak kesulitan membuka menu galeri foto 4. Saya kesulitan membuka menu struktur organisasi kampus 3.

Saya kesulitan membuka menu fasilitas kampus 7. Saya mudah membuka menu informasi alumni Jumlah 27 . Saya kesusahan ketika membuka sejarah kampus 2. Saya kesulitan membuka menu struktur organisasi kampus 3.Nama: Kelompok: Website B Keterangan 1 SS 2S 3C 4M 5 SM 1. Saya tidak kesulitan membuka menu galeri foto 4. Saya kesulitan membuka menu contact person 6. Saya kesulitan membuka denah kampus 5.

5 Data Error Rate Kelompok: Praktikan 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Error Rate (%) Web A Error Rate (%) Web B 28 .Tabel 9.

.. (NIM) (NIM) (NIM) (NIM) (NIM) (NIM) PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI JURUSAN TEKNIK MESIN DAN INDUSTRI UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA 2012 29 .....Format Halaman Sampul LAPORAN PRAKTIKUM ERGONOMIKA (JUDUL MODUL) KELOMPOK 1 Nama Nama Nama Nama Nama Nama 1 2 3 4 5 .

Sampul Sampul dibuat di kertas HVS warna hijau (khusus laboratorium ergonomika) 30 . IV. Landasan Teori Metodologi Penelitian Hasil dan Pembahasan Kesimpulan Daftar Pustaka Lampiran Tata Cara Penulisan 1.1 Latar Belakang 1.Format Laporan Praktikum Halaman Sampul Depan Daftar Isi Daftar Gambar Daftar Tabel Bagian Utama. yaitu: I. V. III. Naskah Naskah dibuat di kerta HVS A4 minimum 70 gram dan tidak bolak balik 2.2 Tujuan II. Pendahuluan 1.

Jarak dari kalimat terakhir sampai sub bab berikutnya = 3 spasi g. Huruf miring digunakan untuk penulisan istilah asing Judul bab ditulis dengan huruf Bold dan HARUS KAPITAL d. b. 5. Jarak Baris Jarak antara 2 baris dibuat 1. Batas Tepi a. Laporan diketik dengan huruf Times New Roman 12 dan untuk seluruh naskah harus dipakai jenis huruf yang sama. Jarak dari judul bab ke kalimat pertama atau judul sub bab = 4 spasi f. Tepi atas Tepi bawah Tepi kiri Tepi kanan : 4 cm : 3 cm : 4 cm : 3 cm 31 . i. b. c. h. j. Jarak dari sub bab sampai sub-sub bab = 3 spasi Judul bab ditulis di tengah (center) Judul sub bab ditulis rata kiri (align left) Isi bab ditulis rata kanan-kiri (justify) 4.3. d.5 spasi. c. kecuali judul tabel dan gambar yang lebih dari 1 baris dan daftar pustaka yang diketik dengan jarak 1 spasi ke bawah. Judul sub bab ditulis dengan huruf Bold dan Harus Kapital pada huruf pertama. e. Jenis Huruf a.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful