MODUL 5 PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI TAMPILAN LCD MENGGUNAKAN MODUL VGA PADA FPGA

Adhela Indah Permatasari (18211028) Asisten: Tommy Gunawan Tanggal Percobaan: 24/11/2012 EL2195-Praktikum Sistem Digital

Laboratorium Dasar Teknik Elektro - Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB
Abstrak Pada percobaan modul 5 ini, akan dipraktekkan bagaimana mengimplementasikan modul VGA dalam FPGA. VGA rangkaian yang dibuat dapat ditampilkan secara lebih menarik, tidak hanya di LED atau 7-Segment, tetapi juga dalam bentuk yang lebih nyata dan menusiawi yaitu pada monitor LCD. Pada percobaan ini, pertama-tama praktikan akan mencoba membuat bendera Republik Indonesia, yaitu bendera warna merah putih dengan memodifikasi file color_rom_vhd. Setelah itu, praktikan juga akan membuat suatu kotak kecil dengan yang akan ditampilkan pada LCD. Terakhir, praktikan akan mencoba membuat kotak yang dibuat pada percobaan sebelumnya bisa bergerak-gerak. Dari ketiga percobaan ini, nantinya dapat disimpulkan bahwa implementasi interface dari rangkaian FPGA tidak hanya pada fisik FPGA, namun juga dapat ditampilkan pada LCD. Kata kunci: VGA, , panduan. 1. PENDAHULUAN 2.1

2.

STUDI PUSTAKA

VGA merupakan singkatan dari Video Graphics Array. Saat ini merupakan salah satu interface rangkaian yang popular. VGA menggunakan sinyal warna RGB dan sinyal sinkron.  Sinyal RGB Merepresentasikan intensitas masingmasing warna merah, hijau dan biru pada masing masing piksel yang aktif.  Horizontal Sync Sinyal ini horizontal  .Vertical Sync Sinyal ini aktif pada range piksel vertikal aktif pada range piksel

JUDUL SUB-BAB

Percobaan pada praktikum 5 terdiri atas beberapa percobaan diantaranya :

Uraian pada bagian/ bab ini (dan bab lainnya) dapat ditulis dalam bentuk sub-bab jika diperlukan.

1.1

PERCOBAAN 5A

3.

METODOLOGI
   Komputer yang sudah diinstall quartus Monitor LCD FPGA Altera DE1

Pada percobaan 5C, praktikan akan mengimplementasikan kode VHDL yang sudah dibuat sebelumnya, yaitu membuat bendera merah putih yang ditampilkan pada monitor LCD.

Alat yang digunakan pada percobaan ini adalah :

1.2

PERCOBAAN 5B

Pada percobaan 5B, praktikan akan mengimplementasikan modifikasi dari kode percobaan 5A, yaitu membuat suatu kotak dengan ukuran tertentu yang ditampilkan di layar LCD.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1.3

PERCOBAAN 5C

Pada percobaan 5C., praktikan akan mengimplementasikan rancangan berupa kotak yang bisa digerakkan. Merupakan modifikasi dari percobaan 5B.

Laporan Praktikum - Laboratorium Dasar Teknik Elektro – STEI ITB

1

1 PERCOBAAN 5A Gambar sebuah bujur sangkar berukuran 50x50 piksel dengan kode VHDL Kompilasi dan download hasilnya pada FPGA Amati hasilnya pada monitor LCD Gambar 4-3 Flowchart Percobaan 4C 3.3 PERCOBAAN 5C Buat kode VHDL yang membuat bendera RI Kompilasi kode dan download ke FPGA Lihat hasilnya pada monitor LCD Gambar 4-1 Flowchart Percobaan 4A 3.2 PERCOBAAN 5B Laporan Praktikum .Laboratorium Dasar Teknik Elektro – STEI ITB 2 .3.

tetapi kotaknya bisa digeser-geser.3 HASIL PERCOBAAN 5C Hasil percobaan ini menghasilkan tampilan yang sama dengan percobaan 5B.Modifikasi kode pada percobaan 5B sehingga kotak yang dibuat bisa digerakkan Kompilasi dan download pada FPGA Amati hasilnya pada monitor LCD Gambar 4-3 Flowchart Percobaan 4C 4. 4. Gambar 5-1 Hasil Percobaan 5A Gambar tersebut dapat dihasilkan dari potongan kode yang menyatakan batas horizontal dari tampilan. untuk menyesuaikan output yang dihasilkan nantinya. 4.1 HASIL DAN ANALISIS Gambar 5-2 Hasil Percobaan 5B HASIL PERCOBAAN 5A pada Percobaan 5A menghasilkan tampilan monitor LCD seperti gambar berikut Potongan kode diatas menyatakan batas-batas daerah yang harus diberi warna. Agar dapat digeser-geser.Laboratorium Dasar Teknik Elektro – STEI ITB 3 . Percobaan 5B menghasilkan tampilan monitor LCD seperti gambar berikut Laporan Praktikum .2 HASIL PERCOBAAN 5B pada Bagian ini menyatakan deklarasi clockdiv. Bagian ini menyatakan deklarasi signal batas di awal proses. Sedangkan potongan kode di bawah menyatakan warna yang harus diberikan di batas-batas tersebut. maka batas-batas bagian yang haus diwarnai harus dijadikan signal. Potongan kode diatas menyatakan batas-batas daerah yang harus diberi warna. Signal batas tersebut harus ditambah dan dikurangi suatu bilangan bulat tertentu ketika kita menekan push button pada FPGA. Sedangkan potongan kode di bawah menyatakan warna yang harus diberikan di batas-batas tersebut.. 4.

2012. yang akan bermanfaat untuk percobaan selanjutnya yaitu perancangan digital. Sehingga harus disesuaikan port input dan outputnya pada kode VHDL top-level entity DAFTAR PUSTAKA [1] Mervin T. Pada implementasinya. Institut Teknologi Bandung. Laporan Praktikum . Hutabarat. dapat disimpulkan bahwa rangkaian FPGA dapat ditampilkan dalam tampilan monitor LCD. Praktikum Sistem Digital. karena terjadi kesalahan pada saat menghubungkan input-input dari pushbutton. praktikan juga mendapatkan gambaran bagaimana menggabungkan modul selain VGA yaitu GPIO dan Audio Codec. Hal ini dapat menjadikan tampilan jauh lebih menarik. bahkan VGA dapat digunakan untuk membuat game berbasis FPGA. 5.Laboratorium Dasar Teknik Elektro – STEI ITB 4 . Laboratorium Dasar Teknik Elektro. KESIMPULAN Dari seluruh rangkaian percobaan diatas.Bagian ini menyatakan pemrosesan dari rangkaian. Selain VGA. Arif Sasongko. bisa saja terjadi ketidaksesuaian antara input dan output. Percobaan ini belum berhasil diimplementasikan pada LCD. sehingga menyebabkan terjadinya error seperti pada percobaan 5C.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful