JOB SHEET 7 RANGKAIN ADDER HALF ADDER A.

PENDAHULUAN Half adder adalah suatu rangkaian logika yang mempunyai 2 buah input dan 2 buah output yang bekerja berdasarkan hukum penjumlahan biner. Inputnya terdiri dari 2 buah bit bilangan biner yang akan ditambahkan dan outputnya terdiri dari jumlah 2 buah bit tersebut dan 1 buah carry. Bila dijumlahkan 2 buah bilangan biner yang jumlahnya lebih besar dari pada panjangnya satu bit, maka carry-nya harus dibangkitkan terlebih dahulu (selalu ditambah panjangnya satu akan menghasilkan jumlah yang sama dengan nol dan satu carry). Bila menjumlahkan bit berikutnya, maka kemungkinan adanya sebuah carry dari penjumlahan sebelumnya harus diperhatikan.

B. TUJUAN ఊ Dapat merangkai half adder ఊ Dapat menganalisa cara kerja half adder ఊ Dapat membuktikan kembali konsep half adder C. ALAT DAN BAHAN ఊ IC 7408, 7432 dan 7468 ఊ Trainer digital ఊ Kabel jumper D. LANGKAH KERJA 1. Rangkaikan seperti gambar dibawah !

2. Isi tabel kebenaran dan pembuktian gambar ! LAPORAN TEKNIK DIGITAL GUMILAR NUR MUHAMAD

a. Masukan 00

b. Masukan 01

c. Masukan 10

d. Masukan 11

LAPORAN TEKNIK DIGITAL

GUMILAR NUR MUHAMAD

E. PERTANYAAN 1. Sebuah half adder dapat dipasang mempunyai dengan kemungkinan satu carry penjumlahan sebelumnya. a. Benar b. Salah F. KESIMPULAN Dalm praktek kali ini kami dapat memahami apa itu rangkaian adder atau rangkaian penjumlahan khususnya rangkain half adder, dan dapat disimpulkan bahwa half adder merupakan rangkaian logika yang memiliki 2 buah input dan output yang bekerja berdasarkan hukum penjumlahan binner.

LAPORAN TEKNIK DIGITAL

GUMILAR NUR MUHAMAD