You are on page 1of 20

SEMARANG HOME FOR EVERYONE HUMANIST BRAND FOR HUMANITY CITY

EKO NURSANTY
Program Studi Arsitektur Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) SEMARANG

Disajikan pada SEMINAR NASIONAL ”MEMBANGUN CITY BRANDING KOTA SEMARANG” JURUSAN PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA UNIVERSITAS DIPONEGORO Semarang, 9 Agustus 2011.

Pengertian
• City branding adalah upaya sebuah kota dalam semua ukuran menempatkan diri mereka untuk bersaing secara geografis dan posisinya sebagai bagian dari dunia. • Pencarian identitas secara global berdasarkan potensi sumberdaya dan kondisi yang menguntungkan serta akses ke pasar telah membawa kota terlibat dalam pasar global. • Wisatawan internasional menunjukkan kecenderungan untuk mengunjungi kota-kota tradisional yang dulunya kurang dikenal, sehingga muncul kota-kota dan daerah yang unik.
29/11/2012 SEMARANG HOME FOR EVERYONE HUMANIST BRAND FOR HUMANITY CITY 2

Latar Belakang
• Persaingan antar kota-kota besar di dunia untuk menarik wisatawan. • Kompetisi untuk menarik investor. • Kompetisi antar kota untuk membangun identitas sebagai kota pilihan terbaik.

29/11/2012

SEMARANG HOME FOR EVERYONE HUMANIST BRAND FOR HUMANITY CITY

3

Tujuan
City branding adalah membangun identitas kota agar menjadi pilihan terbaik bagi : Calon pegunjung Wisatawan Investor Mahasiswa Orang yg akan mengintensifkan sebagai tempat terfokus (mis. Politikus, dsb).
29/11/2012 SEMARANG HOME FOR EVERYONE HUMANIST BRAND FOR HUMANITY CITY 4

Strategi
• Dengan paradigma baru ini berarti bahwa kota-kota yang ambisius proaktif harus membentuk dan mempengaruhi apa yang dunia pikirkan tentang mereka dan posisinya serta pasar mereka sendiri dengan tujuan strategis.

29/11/2012

SEMARANG HOME FOR EVERYONE HUMANIST BRAND FOR HUMANITY CITY

5

Kesadaran masyarakat
• Ada hubungan langsung antara citra kota atau reputasi dengan daya tarik sebagai tempat untuk dikunjungi, hidup, investasi, dan belajar. • Pecepatan dalam membangun modal sosial dan mendorong pertumbuhan ekonomi. • Setiap tahun, kota harus mencoba untuk menembus dunia yang penuh dengan begitu banyak alternatif pilihan, iklan, pilihan media, dan pesan pemasaran.
29/11/2012 SEMARANG HOME FOR EVERYONE HUMANIST BRAND FOR HUMANITY CITY 6

Brand Cities

29/11/2012

SEMARANG HOME FOR EVERYONE HUMANIST BRAND FOR HUMANITY CITY

7

Brand icon heritage

29/11/2012

SEMARANG HOME FOR EVERYONE HUMANIST BRAND FOR HUMANITY CITY

8

Kajian Teori : Brand Architecture
• Brand arsitektur adalah sebuah pendekatan organisasional untuk mendesain dan mengatur sebuah portofolio brand. Menjelaskan cara-cara dimana brand sebuah tempat dapat diorganisir menjadi sub-sub brand dengan cara yang sama berdasarkan service yang mampu mereka lakukan. Tantangan utama bagi sebuah brand kota adalah pada masalah bagaimana mengembangkan kuatnya brand induk utama yang koheren di berbagai bidang yang aktivitas yang berbeda dengan khalayak sasaran yang berbeda.

“Apa yang datang dipikiran Anda ketika Anda berpikir tentang kota ini? ”

29/11/2012

SEMARANG HOME FOR EVERYONE HUMANIST BRAND FOR HUMANITY CITY

9

Kajian Teori : Network approach and Suistainability • Prinsip-prinsip kemitraan yang efektif termasuk keterwakilan; komitmen jangka panjang, visi bersama; berbagi tanggung jawab; percaya satu sama lain; kese-larasan dan keterlibatan; membuat brand investasi, dan kemauan untuk mengevaluasi dampak dan efektivitas. • Ada dua dimensi suistainable yang jelas terungkap dalam makalah ini:  Dimensi suistainable yang mengacu pada keberlanjutan dari brand kota.  Dimensi keberlanjutan kota itu sendiri sebagai lingkungan hidup dan ditinggali.
29/11/2012 SEMARANG HOME FOR EVERYONE HUMANIST BRAND FOR HUMANITY CITY 10

Kajian Teori : Place for life
Sikap penduduk dalam kota tempat mereka tinggal, bekerja dan bermain dapat mempengaruhi persepsi wisatawan dan pengunjung melalui rekomendasi dan keluhan mereka. Keterampilan penduduk, bakat dan kemampuan kewirausahaan juga berkontribusi terha-dap kota dan pertumbuhan daerah dan kesejahteraan. Dengan cara ini, warga dapat menambah nilai ekuitas brand dari kota di mana mereka tinggal.
29/11/2012 SEMARANG HOME FOR EVERYONE HUMANIST BRAND FOR HUMANITY CITY 11

Membangun City Branding Kota Semarang
• Memberikan brand pada sebuah kota adalah gagasan menemukan atau mencipta-kan beberapa keunikan yang membedakan satu tempat dari tempat lain dalam rangka untuk mendapatkan nilai brand yang kompetitif. • Keunikan tersebut biasanya dibuat melalui tiga upaya: kepribadian asosiasi, bangunan utama dan acara berciri khas.
29/11/2012 SEMARANG HOME FOR EVERYONE HUMANIST BRAND FOR HUMANITY CITY 12

Semarang and Special Citizens Branding
• Asosiasi Kepribadian terjadi ketika kota-kota mengasosiasikan dirinya dengan individuindividu tertentu (biasanya kepribadian artistik), dengan harapan bahwa kualitas yang unik dari individu yang ditransfer ke sebuah tempat.

29/11/2012

SEMARANG HOME FOR EVERYONE HUMANIST BRAND FOR HUMANITY CITY

13

Semarang and Tourism Branding
• Pilihan kota untuk berwisata dipengaruhi oleh pandangan wisatawan yang bervariasi dan selalu dibangun secara sosial. • Mereka melakukannya karena memiliki persepsi yang disebabkan oleh berbagai saluran media yang membangun pandangan mereka. • Panduan wisata, artikel koran, iklan dan cerita di majalah, brosur promosi, televisi dokumenter , kartu pos, website, blog dan situs foto publik memungkinkan untuk membentuk gambaran apa yang diharapkan ketika mengunjungi suatu tempat.

29/11/2012

SEMARANG HOME FOR EVERYONE HUMANIST BRAND FOR HUMANITY CITY

14

Semarang and Local Food Branding.
• Wisata kuliner adalah proses yang mengubah dimakannya bahan mentah menjadi produk yang lebih canggih • Diupayakan adanya nilai tambah berupa lokasi makan dan situasinya. • Didalam wisata kuliner, dilakukan secara pemanenan, ditampilkan proses memasak dan melayani, adalah upaya untuk membuat kelompok berkumpul di sekitar nilai yang sama dan ekspresi yang mampu menarik kelompok lain ke dalam kelompoknya.
29/11/2012 SEMARANG HOME FOR EVERYONE HUMANIST BRAND FOR HUMANITY CITY 15

Semarang and New Green Space Branding
• Munculnya banyak kota-kota baru, ada peningkatan pengakuan bahwa tanaman hidup dan ruang-ruang publik baru merupakan vitalitas kota secara global. • Perkotaan telah menciptakan ruang hijau yang saling berhubungan yang mengubah cover perkotaan untuk kepentingan manusia dan lingkungan. • Infrastruktur hijau dan bentuk-bentuk baru kehidupan kota memberikan manfaat fungsional, termasuk udara bersih dan air, dan meningkatkan kualitas hidup, sebagai ruang publik baru memungkinkan penduduk untuk berhubungan satu sama lain dan dengan alam.
29/11/2012 SEMARANG HOME FOR EVERYONE HUMANIST BRAND FOR HUMANITY CITY 16

Semarang and New Green Space Branding
• Kota dengan ruang hijau berlimpah memegang keunggulan kompetitif dalam ekonomi global dengan perusahaan yang semakin mobile dan penuh tenaga kerja. • Muncul kota-kota yang dapat mendukung inisiatif biaya rendah dan efisiensi tinggi untuk mempromosikan pertumbuhan lapangan kerja, mengurangi biaya pemeliharaan infrastruktur, dan menarik warga kreatif serta pengunjung internasional.

29/11/2012

SEMARANG HOME FOR EVERYONE HUMANIST BRAND FOR HUMANITY CITY

17

Semarang and Online City Branding
• Internet menyediakan fasilitas perusahaan dengan segala fasilitas untuk iklan, penjualan, distribusi langsung dan saluran dukungan untuk umpan balik pelanggan. • Perkembangan internet dan alat juga telah mengubah caracara dimana kota-kota dapat dan harus berkomunikasi untuk membangun brand lokal mereka. • Tantangan khusus untuk branding sebuah tempat, di mana kehadiran fisik diperlukan untuk mengalami tempat yang sesuai dengan brand yang telah lebih dulu dikomunikasikan secara online jauh melebihi realitas tempat itu sendiri.

29/11/2012

SEMARANG HOME FOR EVERYONE HUMANIST BRAND FOR HUMANITY CITY

18

Kesimpulan
• Persaingan antar kota mengintensifkan objek wisata yang potensial, promosi pariwisata, hosting olahraga dan acara budaya, daya tarik investasi. • Pendekatan yang lebih interdisipliner harus menjadi sesuatu yang lazim di bidang branding kota, mencerminkan kebutuhan keragaman dalam rangka untuk menangkap kompleksitas dan sifat multi dimensi branding kota. • Warga mewujudkan budaya lokal sebuah kota, memiliki dan mengoperasikan bisnis lokal, dan mewakili kepribadian tempat itu.
29/11/2012 SEMARANG HOME FOR EVERYONE HUMANIST BRAND FOR HUMANITY CITY 19

Kesimpulan
• Diantara faktor-faktor tertentu yang bisa digabungkan untuk membangun kekhasan sebuah kota adalah skala, kepribadian, sejarah, nilai-nilai, komposisi perumahan dan aset perkotaan. • Kota harus mengidentifikasi komponen-komponen ini, atau fitur, dan bagaimana mereka saling terkait dan terstruktur untuk melestarikan keunikan mereka dan berkomunikasi diantara sesama penduduknya. • Warga harus terlibat dalam proses penciptaan brand kota mereka dalam rangka membangun identitas yang kredibel, menarik dan berkelanjutan dalam pikiran para pemangku kepentingan yang melayani.
29/11/2012 SEMARANG HOME FOR EVERYONE HUMANIST BRAND FOR HUMANITY CITY 20