Instalasi Ubuntu Server

MIRNA 16

MIRNA RIZKI LESTARI XI-TKJ-A OS JARINGAN I. MENGINSTALL UBUNTU SERVER

RABU, 03-08-2011 NO.EXP: 1 PEMBIMBING: 1. PAK ADI 2. PAK DIKI

PENDAHULUAN Dalam suatu system Jaringan Komputer, terdapat beberapa kompter yang satu di antaranya berfungsi sebatai server. Untuk computer server, kali ini kita akan menginstalkan Sistem Operasi menggunakan ubuntu server yang berbasis TUI (Text User Interface). TUJUAN - Mengetahui step dalam melakukan instalasi Ubuntu Server - Siswa dapat mempraktekannya sesuai SOP ALAT DAN BAHAN - 1 unit PC - VMware atau Virtual Box - Ubuntu Server 10.04 LANGKAH KERJA

II.

III.

IV.

1. Masukkan CD Instalasi Linux Ubuntu Server, tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan awal instalasi. Lalu pilih bahasa untuk proses instalasi Ubuntu Server.

MIRNA 16

2. Pilih “Install Ubuntu Server” untuk melanjutkan proses instalasi Ubuntu Server.

3. Pilih salah satu bahasa sebagai default language system Ubuntu Server.

MIRNA 16

4. Pilih lokasi negara, jika tidak ada pilihan negara anda, pilih 'other' lalu tekan „enter‟ untuk melanjutkan proses instalasi

5. Pilih bagian benua di mana negara anda berada lalu tekan „enter‟ untuk melanjutkan proses instalasi

Pilih negara di mana anda berada lalu tekan „enter‟ untuk melanjutkan proses instalasi .MIRNA 16 6.

Pilih pengaturan keyboard (contoh „USA‟) lalu tekan „enter‟ untuk melanjutkan proses instalasi . bagian ini bisa dilewati saja jika tidak ingin melakukan proses deteksi.MIRNA 16 7. Pilihan untuk mendeteksi keyboard yang terpasang. 8.

MIRNA 16 .

ini menunjukan bahwa system tidak menemukan perangkat jaringan yang terhubung karna sedang di jalankan di virtual box . proses penginstallan sedang menambah komponen tambahan 10. Jika sudah selesai tunggu sebentar.MIRNA 16 9. Lalu jika ada dialog box ini langsung continue saja.

kemudian pilih „continue‟ untuk melanjutkan proses instalasi 12. . Sistem akan mendeteksi zona waktu wilayah anda. Masukkan nama “hostname” yang dikehendaki.MIRNA 16 11.

Kali ini kita akan membagi partisi secara „manual‟.MIRNA 16 13. maka pilih „manual‟ lalu tekan „enter‟ untuk melanjutkan proses instalasi . Pilihan untuk memandu proses partisi.

Pilih mount point. file system. dll untuk mengatur .MIRNA 16 14.

MIRNA 16 15. pilih „yes‟ untuk membuat new empty partition table .

MIRNA 16 16. Untuk memulai pembuatan partisi pilih free space .

Ukuran dalam pembuatan partisi root:home:boot = 3:2:1.MIRNA 16 Pada pembuatan partisi dalam UBUNTU SERVER minimal harus ada 3 yaitu root. boot & swap.  Pembuatan SWAP : Beri size untuk pembuatan SWAP (2x RAM): Beri type pada partisi ini : .

MIRNA 16 Beri location for the new partition : Lalu isi pada use as. mount point & Bootable flag : .

pilih „done setting up the partition‟ .MIRNA 16 Jika sudah.

MIRNA 16  Pembuatan ROOT: Pilih FREE SPACE untuk membuat partisi baru : .

MIRNA 16 Berikan size untuk partisi ROOT ini: Lalu pilih type untuk partisi ini .

Ubah jenis file system nya menjadi EXT4 .MIRNA 16 Lalu pilih location for the new partition.

pilih „done setting up the partition‟ .MIRNA 16 Jika sudah.

MIRNA 16  Membuat partisi BOOT PIlih FREE SPACE untuk membuat partisi baru Berikan size untuk BOOT : .

MIRNA 16 Beri type untuk partisi boot ini : .

MIRNA 16 Lalu edit mount point nya menjadi „/boot‟ dan bootable flagnya menjadi „on‟ . pilih lagi „done setting up the partition‟: . Jika sudah.

MIRNA 16 17. Jika sudah selesai dalam pembuatan partisi pilih „Finish partitioning & write changes to disk‟ dan klik „enter‟ untuk melanjutkan proses instalasi Dan pilih YES untuk menyimpan perubahan pembagian partisi yang telah di lakukan pada disk : .

Ketikkan username akun Ubuntu Server anda untuk login ke Ubuntu Server nanti. . Ketikkan nama lengkap dari user Ubuntu Server lalu pilih „continue‟ untuk melanjutkan proses instalasi 19. lalu pilih „continue‟ untuk melanjutkan proses instalasi Ubuntu Server.MIRNA 16 18.

MIRNA 16 20. Ketikkan password dari akun Ubuntu Server anda (dianjurkan untuk mengkombinasikan password) untuk login ke Ubuntu Server nanti. Lalu pilih „continue‟ untuk melanjutkan proses instalasi Ubuntu Server. .

Lalu pilih „continue‟ untuk melanjutkan proses instalasi Ubuntu Server. . Verifikasi password akun Ubuntu Server anda.MIRNA 16 21.

Jika ingin sistem mengenkripsi data pada direktori home saat login silahkan pilih „Yes‟ atau jika tidak silakan pilih „No‟ untuk melanjutkan proses instalasi Ubuntu Server. 23. lalu pilih „continue‟ untuk melanjutkan proses instalasi .MIRNA 16 22. Jika anda memerlukan alamat „proxy‟ untuk mengakses internet silahkan masukkan alamat „proxy‟ tersebut tetapi bisa juga di kosongkan jika tidak memerlukan „proxy‟.

MIRNA 16 24. . Sistem sedang melanjutkan proses pengaturan APT (Advanced Packaging Tool).

Pilih software yang akan dipasang pada sistem Ubuntu Server lalu tekan „enter‟ untuk melanjutkan proses instalasi (bisa diinstall kemudian hari. . kosongkan saja).MIRNA 16 25. Pilih “No automatic updates” jika anda tidak akan memperbarui sistem Ubuntu Server lalu tekan „enter‟ untuk melanjutkan proses instalasi 26.

Instalasi Ubuntu Server telah selesai dan akan dinyalakan ulang. GRUB berfungsi untuk memperbolehkan „user‟ memilih sistem operasi mana yang akan dijalankan (jika terdapat lebih dari satu sistem operasi). Pilih „Yes‟ untuk melanjutkan proses pemasangan „GRUB boot loader‟. . Silahkan pilih „continue‟.MIRNA 16 27. 28.

MIRNA 16 29. . Sistem Ubuntu Server telah siap digunakan.

KESIMPULAN Jadi dalam menginstall Ubuntu Server pada computer kita harus melakukan konfigurasi secara teliti dengan menggunakan keyboard karna berbasis TUI (Text User Interface) sesuai dengan SOP. masukkan „username‟ dan „password‟ sesuai dengan yang telah di isikan pada saat proses instalasi Ubuntu Server tadi.MIRNA 16 30. . V.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful