Mau bikin efek foto seperti di bawah ini ?

(klik gambar untuk memperbesar)

Tilt shift photography adalah foto yang dibuat dengan menggunakan lensa tilt-shift atau lensa perspective correction. Tujuannya adalah agar dihasilkan foto dengan perspektif yang “berbeda” dibanding dengan tanpa manipulasi. Disebut perspektif yang “berbeda” karena memang “hukum-hukum” dasar seperti Depth of Field (DoF) dan wide curve yang dihasilkan akan nampak “tidak wajar”. Contohnya pada saat memotret gedung tinggi dengan lensa normal maka gedung cenderung distorsi dengan mengkerucut di bagian atasnya :

Dengan menggunakan lensa tilt-shift atau lensa perspective correction maka distorsi tersebut dapat diperbaiki sehingga foto menjadi terlihat normal:

Umumnya, Tilt-Shift banyak digunakan untuk memotret model miniatur atau meminiaturkan objek nyata. Dengan segala keunikan lensa tersebut, tentu saja harga lensa tersebut tidak murah. Untuk 1 buah lensa Canon TS-E 17mm f/4L saja dijual dengan harga Rp. 19.350.000.

untuk angle pengambilan foto yang akan diberi efek Fake Tilt-Shift. Siapkan Materi Gambar Di sini saya menggunakan foto jalan raya yang POI-nya terfokus pada bus pariwisata sebelah kiri bawah. . Pastikan mode yang dipilih adalah “Reflected Gradient”. hal ini sebagai analogi potret objek miniatur yang pada umumnya diambil dari “highangle”.Lalu bagaimana caranya membuat efek tilit-shit. hingga muncul label “Enter Quick Mask” pada jendela History. Buat Efek Blur Buka gambar tersebut di Adobe Photoshop untuk kita olah. Oh ya. sedangkan saya tidak mempunyai lensa tersebut? Kita dapat membuat efek miniatur atau tilt-shift photography ini dengan menggunakan Adobe Photoshop. Berikut langkahlangkahnya: 1. 2. Tekan G untuk menggunakan Gradient Tool. sebaiknya menggunakan “high-angle” (pengambilan foto dari atas). Tekan Q untuk masuk Quick Mask Mode.

. sehingga muncul garis-garis batas gradasi masking yang akan kita terapkan.Tekan Shift + tombol kiri mouse dan buat garis yang ditarik dari bagian gambar yang ingin difokuskan hingga menjauh. Hingga muncul gradasi warna masking seperti berikut. Tekan Q untuk keluar dari Quick Mask. saya tarik dari bagian badan bus menjauh ke arah atas. Dalam kasus saya.

Lalu berikan filtering efek Lens Blur dengan memilih menu Filter -> Menu -> Lens Blur. Masukkan nilai parameter blur yang ingin didapatkan. saya set 60 untuk radiusnya. . Pada contoh saya.

.Tekan OK untuk mengimplementasikan filter Lens Blur dan kita kembali ke workspace.

gambar yang dihasilkan dari Tilt-Shift adalah gambar yang mempunyai saturasi tinggi dan cukup “bright”. Pilih menu Image -> Adjustment -> Hue/Saturation atau cukup menekan Ctrl+U. saya set bernilai 40. Pada kasus saya. . Sehingga kita perlu mengeset nilai kedua atribut tersebut.Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan garis batas putus-putus. 3. Set Saturation dan Brightness Biasanya.

Lalu atur brightness dan contrast-nya dengan memilih menu Image -> Adjustment -> Brightness/Contrast. . Saya set 42 untuk Brightness dan 13 untuk Contrast.

ly/VQjV2r .com/tiltshift/ atau http://tiltshiftmaker.wordpress.Dan.http://andiktaufiq.http://fotografidesain.com/2010/10/efek-tilt-shift-photography-atau-efek-miniatur-dengan-adobe-photoshop/ .http://bit.http://bit.com/2011/02/12/belajar-tilt-shift-photography/ .http://bit.ly/UNcqG9 . voila… berikut adalah hasil akhir dari pembuatan efek Fake Tilt-Shift. Terdapat juga tool yang dapat mengautomatisasi pembuatan efek Fake Tilt-Shift ini.http://bit.artandmobile.ly/POzIZX .ly/ONTdY9 Sumber: .ly/VEzxau .http://bit.com/ Beberapa contoh hasil tilt-shit photography lainnya: – http://bit.ly/SXH4LK . kebetulan saya dapatkan yang aplikasi versi webnya dihttp://labs..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful