P. 1
Tugas Geometri Bidang Dan Ruang Oleh Lina Herlinawati IB

Tugas Geometri Bidang Dan Ruang Oleh Lina Herlinawati IB

|Views: 52|Likes:
Published by Lina Herlinawati II

More info:

Published by: Lina Herlinawati II on Dec 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/06/2013

pdf

text

original

Geometri bidang dan ruang Segi banyak beraturan

Diajukan sebagai salah satu tugas Mata Kuliah Geometri Bidang dan Ruang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Matematika Universitas Wiralodra Indramayu yang diampuh oleh Dosen : Sudirman, S.Pd.

Oleh : Nama : Lina Herlinawati Kelas : I B

Universitas Wiralodra Indramayu
Jalan Ir. H. Juanda Km. 3 Singaraja, Indramayu 45213 Telp. (0234) 275946

Segi banyak beraturan

By Lina Herlinawati

4. 3. atau segi banyak beraturan yang jumlah sisinya merupakan hasil perkalian dari jumlah sisi. Sudut dalam dari sebuah segi banyak beraturan dengan jumlah sisi n. yang saling berpotongan di 0. Dengan jari-jari OA dan titik pusat 0 gambarlah lingkaran tersebut. 2. Maka 0 adalah titik pusat lingkaran keliling dari segi tujuh beraturan tersebut. ditentukan oleh rumus berikut: Segi banyak beraturan . maka segi tujuh beraturan yang diminta akan tergambar. segi banyak beraturan tersebut di atas. hanya segi tiga sama sisi. Segi banyak teratur digambar atas dasar pendekatan. 11 adalah panjang sisi segi tujuh teratur yang akan diselesaikan. sehingga perpanjangannya memotong setengah lingkaran pada titik F. I dan J. AB pada Gb. bujur sangkar. Jadi sudut dalam dari segi tujuh teratur adalah . H. seperti tampak pada Gb. Perpanjanglah BA sehingga titik C. 11. dan hubungkanlah titik D dan E.adalah segi banyak teratur yang dapat digambar secara geometris. Jika titik-titik ini berurutan dihubungkan dengan garis lurus. di mana BE = 5/7 BC. yang menghasilkan titik-titik G.  Istilah-istilah : By Lina Herlinawati . di mana BC = 2AB. Gambarlah garis bagi tegak lurus dari garis-garis AB dan AF. dan bagilah lingkaran ini dengan AB. Sudut FAB adalah sudut dalam dari segi tujuh beraturan yang dicari. Tentukanlah titik E pada garis BC. Gambarlah sebuah setengah lingkaran CABOF dengan jari-jari AB. Urutan pelaksanaannya adalah sebagai berikut: 1. Sebagai contoh diambil sebuah segi tujuh teratur dengan panjang sisi tertentu.

Suatu apotema segi-n beraturan membagi dua sama panjang Prinsip 6 : Prinsip 7 : Prinsip 8 : Prinsip 9 : sisi segi-n tersebut. 5) Sudut pusat suatu segibanyak beraturan adalah sudut dalam yang dibentuk oleh dua jari-jari yang melalui dua titik sudut yang berdekatan. Prinsip 10 : Untuk sebuah segi-n  sudut pusat besarnya  sudut dalamnya sama dengan sudut luarnya. 6) Apotema suatu segibanyak beraturan adlah garis dari pusat tegak lurus sisi segibanyak tersebut. Jari-jari suatu segi-n beraturan adalah sama Sebuah jari-jari segibanyak beraturan membagi dua sudut segibanyak sama besar. Apotema-apotema segi-n beraturan adalah sama. 2) Lingkaran Luar segibanyak adalah lingkaran yang melalui titi-titik sudut segaibanyak tersebut . 3) Pusat suatu segibanyak merupakan pusat lingkaran luardan lingkaran dalam segibanyak tersebut.1) Segibanyak beraturan adalah segi banyak yang sisi-sisinya sama panjang dan sudut-sudutnya sama besar. sedagkakan lingkaran dalam segibanyak adalah lingkaran yang menyinggung sisi-sisinya. Apotema juga merupakan jari-jari lingkaran dalam segibanyak tersebut.  Prinsip-prinsip dalam Segibanyak Beraturan : Prinsip 1 : nya Prinsip Prinsip Prinsip Prinsip 2 3 4 5 : : : : Jika segi-n beraturan mempunyai panjanh sisi s. maka keliling K = ns Pada sembarang segi-n dapat dibuat lingkaran luarnya Pada sembarang segi-n dapat dibuat lingkaran dalamnya Pusat suatu segi-n juga merupakan pusat lingkaran luarnya Suatu segibanyak sama sisi dalam sebuah lingkaran adalah segibanyak beraturan. Contoh: By Lina Herlinawati . 4) Jari-jari suatu segibanyak beraturan adalah garis yang menghubungkan titik pusat lingkaran dengna titik sudut segibanyak tersebut.

maka jika L = luas segidelapan beraturan. Contohnya pada segidelapan beraturan. r = R yang tak lain adalah jari-jari lingkaran. Jadi.Dengan menganggap lingkaran sebagai segi-n beraturan maka luas lingkaran dapat ditentukan dari keliling lingkaran dan jari-jari lingkaran. maka: • Lingkaran luar dan lingkaran dalam menjadi berimpit dan sama dengan lingkaran itu sendiri. dan s panjang sisi segidelapan beraturan maka: Jika segi-n beraturan dengan n menuju tak hingga atau dengan menganggap lingkaran sebagai segi-n beraturan dengan n menuju takhingga. Dengan demikian. r jari-jari lingkaran dalam. rumus untuk lingkaran akan menjadi: Luas lingkaran = Jika jari-jari lingkaran dimisalkan r maka diperoleh : Luas lingkaran = = Rumus Menghitung Diagonal Segi-n Beraturan untuk menghitung diagonal segi 28 By Lina Herlinawati . • Keliling segi-n beraturan tak lain adalah keliling lingkaran tersebut. R jari-jari lingkaran luar.

dari titik sudut C ada 2 diagonal (yaitu ke E dan F). Titik sudut E dan F sudah tidak ada diagonal lagi. + 3 + 2 + 1 bisa dihitung dengan mudah: 25 + 25/2 x (1 + 25) By Lina Herlinawati . E dan F). Kalo diperhatikan. untuk segi-28 d segi-28 = 25 + 25 + 24 + 23 + 22 + . dari titik sudut B ada 3 diagonal (yaitu ke D. dari titik sudut B ada 1 diagonal (yaitu ke D). segi-6 ABCDEF (dari titik sudut A ada 3 diagonal (yaitu ke C. dari titik sudut C sudah tidak ada diagonal lagi. (dari titik sudut A ada 1 diagonal (yaitu ke C).. segi-5 = 2 + 2 + 1 + 0 + 0 = 5 Misal. segi-4 ABCD. segi-5 ABCDE (dari titik sudut A ada 2 diagonal (yaitu ke C dan D). dari titik sudut C ada 1 diagonal (yaitu ke E).. D.. dari titik sudut D ada 1 diagonal (yaitu ke F). + 3 + 2 + 1 berarti. jika tinjau dari masing-masing titik sudut segi-3 = 0 + 0 + 0 = 0 (karena setiap titik itu bersebelahan) segi-4 = 1 + 1 + 0 + 0 = 2 Misal. maka akan terlihat sebuah pola: d d d d segi-4 segi-5 segi-6 segi-7 = = = = 1 2 3 4 + + + + 1 2 3 4 + + + + 0 1 2 3 + + + + 0 0 1 2 = + + + 2 0=5 0+0=9 1 + 0 + 0 = 14 d segi-n = (n-3) + (n-3) + (n-4) + (n-5) + . dari titik sudut B ada 2 diagonal (yaitu ke D dan E).. demikian juga dengan D).. dan E). segi-6 = 3 + 3 + 2 + 1 + 0 + 0 = 9 Misal. titik sudut D dan E sudah tidak ada diagonal lagi).tapi itu cuma berlaku untuk yang segi banyak yang sisi-sisinya sama (regular polygon) Cara Lain dalam memahaminya: Coba lihat segi-n.

com/2012/02/rumus-menghitung-diagonalsegi-n.rutgers. Misal.math. Jika tidak normal berarti beda kasus lagi. berarti kasus tersebut berbeda dengan penjelasan di atas.id/ardhi/files/2012/09/BA.blogspot.html http://www.ac. DAFTAR PUSTAKA http://blog.25 + 25 x 13 25 + 325 350 diagonal Catatan: Kasusnya ini di mana bentuknya itu yang normalnya (bahasa kasarnya = yang nekuknya ke dalam semua).pdf http://matematika-15.html By Lina Herlinawati . kayak segi-10 tapi bentuknya seperti bintang.GD-BAB-7-SEGIEMPAT-DANSEGI-BANYAK.unnes.edu/~erowland/polygons.

org/file/ARTIKEL/Artikel %20Matematika/Smd_Pembelajaran%20konsep%20segibanyak %20beraturan%20di%20SMP.http://www.pdf By Lina Herlinawati .p4tkmatematika.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->