BAB II TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Sifat Koligatif Larutan Sifat-sifat koligatif larutan ialah sifat-sifat yang dimiliki dimana sifat tersebut bergantung pada jumlah partikel dalam larutan,bukan jenis partikel. Berikut merupakan beberapa sifat-sifat koligatif larutan :
a. penurunan tekanan uap pelarut ( ΔP) b. penurunan titik beku larutan (ΔTb) c. kenaikan titik didih larutan (ΔTf) d. tekanan osmosis larutan (Π)

Larutan dapat berupa larutan non elektrolit dan larutan elektrolit. Dalam bagian ini akan dibicarakan sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit.
1. Penurunan tekanan uap pelarut oleh zat terlarut

Secara eksperiman ditemukan bahwazat terlarut nonvolatil, non elektrolit menyebabkan penurunan tekanan uap pelarut ketika telah terlarut.Proporsionalitas dari tekanan uap dari pelarut murni terhadap fraksi mol pelarut murni konstan. Dan perubahan tekanan uap terhadap fraksi mol zat terlarut. ΔP = P˚.Xterlarut 2. Kenaikan titik didih larutan Terjadinya penurunan tekanan uap, menyebabkan kenaikan titik didih. Karena suatu larutan dikatakan mendidih bila tekanan uapnya sama dengan tekanan luar nya. Hal ini dapat dicapai dengan peningkatan suhu.
3. Penurunan titik beku larutan

perubahan titik didih ΔTb.Ini adalah ukuran konsentrasi yang dinamakan molalitas (m). Konstanta Kb. 4.Pengaruh terhadap sifat koligatif adalah hampir proporsional terhadap perkalian molalitas oleh jumlah ion . Secara aritmatika.Titik beku larutan ialah temperatur pada saat larutan setimbang dengan pelarut padatnya. hanya molekul dipermukaan yang berubah ke fasa uap. Tekanan osmosis tidak tergantung dari jenis membran semipermeabel (membran yang hanya dapat dilewati oleh pelarut tetapi tidak dapat dilewati oleh zat terlarut) (Snyder. Tekanan osmosis larutan Bila larutan dalam air dipisahkan dengan air murni oleh suatu membran semipermeabel. tetapi pada titik didih beberapa molekul di dalam cairan memiliki energi yang cukup untuk mengatasi gaya tarik antar molekul. 1999). m Senyawa elektrolit dan asam yang terdisosiasi menjadi ion ion dalam larutan air memiliki efek kenaikan titik didih yang lebih besar (dan untuk sifat koligatif lainnya) dibanding hanya dengan molalitas yang dapat di prediksi. adalah sebanding dengan konsentrasi larutan yang ditunjukkan dalam jumlah mol zat terlarut non-volatil per kilogram pelarut.1980). Nilai konstanta kenaikan titik didih air adalah 0. 2.Ketika evaporasi. sehingga gelembung uap terbentuk di dalam cairan ( Kroschwitz. maka terjadi aliran molekul-molekul air ke dalam larutan.512 ˚C/m. Ketika kondisi ini terjadi. Persamaan yang digunakan untuk menghubungkan kenaikan titik didih terhadap konsentrasi adalah sebagai berikut : ΔTb = kb . dinamakan konstanta kenaikan titik didih dan konstanta ini berbeda untuk setiap jenis pelarut. dapat dikatakan bahwa cairan berada dalam keadaan mendidih. Larutan akan membeku pada temperatur lebih rendah dari pelarutnya.2 Kenaikan Titik Didih Suatu cairan mendidih ketika tekanan uapnya sama dengan tekanan luar dipermukaan larutan.

m .i Hasil eksperimen Raoult menunjukan bahwa kenaikan titik didih larutan akan semakin besar apabila konsentrasi (molal) dari zat terlarut semakin besar.2003) Bunyi dari hukum Van’t Hoff (i) adalah “ Bila temperatur naik pada sistem setimbang.1 Diagram Tekanan dan Suhu untuk Titik Didih dan Titik Beku dari Pelarut dan Larutan (Kelter. sehingga dibutuhkan suhu yang lebih tinggi agar tekanan uap larutan sama dengan tekanan atmosfir. keseimbangan akan berubah sehingga reaksi yang menyerap panas lebih mendekati tuntas. berikut merupakan persamaan kenaikan titik didih untuk senyawa elektrolit : ΔTb = kb . Berikut merupakan rumus dari faktor Van’t Hoff (i) yang berhubungan dengan jumlah ion dan derajat disosiasi : i =[ 1 + (n-1) α] Pada hal ini. Bila keduanya meningkat dengan jumlah yang sama .dari setiap spesi yang terdisosiasi.” Hukum ini pertama kali dikatakan oleh Van’t Hoff. yang memungkinkan kita untuk memprediksi pengaruh kenaikan temperatur pada keseimbangan uap cairan. baik evaporasi maupun kondensasi memiliki laju yang lebih besar ketika temperatur meningkat. Hasil eksperimen ini disederhanakan dalam gambar berikut ini: Gambar 2. Hal ini disebabkan semakin banyaknya molekul zat terlarut di dalam larutan yang menurunkan tekanan uap jenuh larutan.

dan temperatur pada saat mendidih bergantung pada konsentrasi gula. yang penting sebagai pertimbangan untuk kristalisasi. titik didih elevasi (BPE) tetap menjadi sarana yang sederhana. Faktanya. kuat dan murah untuk pemantauan jenuh atas kemurnian. dan disediakan dengan kondensat dan gas incondensible outlet. satu terletak di bagian atas. Sirkulasi paksa disediakan oleh dua impeller. Pada temperatur yang lebih tinggi. konsentrasi molekul dalam cairan akan lebih kecil. Dari penjelasan hukum Raoult dan tekanan uap larutan kita tahu bahwa adanya zat terlarut yang tidak mudah menguap di dalam suatu pelarut akan menurunkan tekanan uap pelarutnya. semua stainless steel.Tekanan uap pada temperatur yang lebih tinggi akan lebih besar. Sebuah Honeywell UMC 800 kontroler dalam hubungannya dengan PC berbasis Honeywell Plant Scape. ia harus di suling untuk memproduksi gula kristal untuk dikonsumsi. akibatnya tekanan uap larutan akan lebih kecil dibandingkan dengan tekanan uap pelarut murninya. Dalam rangka program umum di ASI pada optimalisasi dan otomatisasi kristalisasi sukrosa. 2. itu dianggap menarik untuk meninjau data BPE dan. kenaikan energi kinetiknya menuntut pemisahan rata-rata yang lebih besar sehingga akan ada lebih sedikit molekul per unit volume ( Kelter. Dengan demikian semakin banyak energi yang diperlukan untuk mencapai tekanan uap sebesar 1 atm (Timm. dari kemurnian.Dalam beberapa tahap selama proses. 2003). dikarenakan konsentrasi dari uap bertambah.maka akan terjadi keseimbangan. Calandria terbuat dari dua cincin konsentris. yang lainnya di bagian bawah downtake pusat. Versi . juice atau sirup dari batang sagu dididihkan. konsentrasi dan suhu Dari dua panci vakum percontohan berukuran ASI lebih besar. jika diperlukan melakukan tambahan pengukuran selama rentang yang bersangkutan.3 Aplikasi Kenaikan Titik Didih “Kenaikan Titik Didih Larutan Tebu dan Kegunaannya dalam Panci Pendidih Otomatis” Ketika sagu telah dipanen dan batang nya di ekstrak. Meskipun kemajuan dalam beberapa tahun terakhir dalam mengembangkan sensor baru untuk kontrol gula kristalisasi. kenaikan titik didih menawarkan cara untuk memantau tingkat kejenuhan larutan. dari gula putih ke kilang kelas rendah di pabrik gula mentah.1996). Di sisi lain. disediakan oleh tekanan-uap diatur. sepenuhnya di instrumentasi dan cocok untuk mengukur parameter yang relevan dari proses kristalisasi.

data dicatat dan dirata-ratakan. Perawatan diambil untuk menjamin sinkronisitas dari off-line W DS pengukuran dengan on-line rekaman. dengan di-rumah dikembangkan gula otomatis mendidih.dipertahankan pada tingkat yang konstan. . Serangkaian pengukuran elevasi titik didih dilakukan terhadap tebu di tiga tingkat kemurnian dan tiga tingkat tekanan absolute (Saska. perangkat lunak menyediakan koleksi parameter kontrol. Sekali lagi. kemungkinan kesalahan dalam mengukur baik suhu cairan atau tekanan absolut. terutama di panci besar. dan korelasi dari rata-rata data yaitu. yang diukur selama konsentrasi lambat selama 1 sampai 3 jam dari sekitar 65% sampai sekitar 80% refractometric kering padatan. tekanan uap. karena keduanya kemudian diimpor di excel untuk evaluasi dan grafik. kemudian digunakan dalam evaluasi BPE. suhu versus tekanan absolut. suhu air mendidih tercatat sebagai minuman keras gula. 2002). tingkat kecepatan dan agitator yang otomatis. dan setidaknya untuk mengimbangi efek teoritis pada titik didih kepala hidrostatik dan solusi apapun. dan efek dari superheat pada permukaan pemanasan baik diakui dan didokumentasikan dalam literatur. Kesulitan dengan lokasi sensor suhu. beberapa yang tidak terpakai dalam pekerjaan ini direkam pada frekuensi 3 sampel per menit pada drive "disk 3-1/2 dari UMC 800 controller.0 paket. Dengan pengambilan sampel periodik dan penentuan off-line dengan refraktometer. Superheat. dalam rangka untuk menjelaskan dan menghilangkan atau meminimalkan efek sistematik kecil. otomatisasi dan data dan tampilan Suhu dari minuman keras mendidih pada tekanan absolut berbagai kemurnian.400. Tekanan absolut.

Gambar 2. 2002) .2 Flowsheet Proses Pembuatan Gula (Saska.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful