P. 1
i. Etika Profesi.ppt-1

i. Etika Profesi.ppt-1

|Views: 22|Likes:
Published by Ratih Ayuning Tyas

More info:

Published by: Ratih Ayuning Tyas on Dec 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/10/2012

pdf

text

original

I.

ETIKA PROFESI
 Ilmu didasarkan kepada : o das sein ( apa adannya ) o menolak premis moral “ das sollen “ (seharusnya)

das Sein = das Sollen
Prinsip ini dituangkan dalam : Peraturan Normatif, “ Kode Etik “ ( code : kumpulan peraturan & hukum
1

menyeluruh disusun secara sistematis ) cabang filosofi Etika sbg objek, kajian filosofi LANDASAN MORAL PENELITIAN (1). Untuk menemukan kebenaran (2). Penuh kejujuran
2

 (3). Bebas kepentingan  (4). Berdasar kekuatan argumentasi  (5). Percaya pada berfikir rasional  (6). Percaya pada verifikasi argumentasi  (7). Berdasarkan fakta ( faktual )  (8). Terbuka thd kritik  (9). Kritis dl menarik kesimpulan
3

 (10). Pragmatis  (11). Bersifat : a. Tdk mengubah kodrat manusia b. Tdk merendahkan martabat manusia c. Netral dari nilai-nilai dogmatis (12). Meningkatkan taraf hidup manusia dg memperhatikan kodrat, martabat dan keseimbangan
4

ETIKA PENELITIAN  “ Semua tahap penelitian disertai landasan  moral OBJEK PENELITIAN Ditujukan utk kesejahteraan umat manusia Ketidak etisan objek penelitian : (1) Mengubah kodrat manusia (rekayasa genetik) 5 .

tdk boleh ada yg disembunyi kan “  PELAKSANAAN PENELITIAN 6 . (2). Mengambil gagasan (ide) orang lain  PENGUMPULAN INFORMASI  “ Harus jujur.

harus dicatat dan ditulis dalam buku kerja atau buku catatan laboratorium 7 . tenaga dan berbagai hal. harus di acknowledged dalam ucapan terima kasih  2. gagasan. metoda. Semua bantuan berupa : bahan.PELAKSANAAN PENELITIAN  1. Apapun yg ada pengaruhnya thd pengukuran/pengamatan. artikel.

 3. Buku catatan laboratorium tidak boleh dirobek. tidak boleh dihapus. dan hanya boleh dicoret satu kali (satu garis coretan) saja sehingga masih bisa dibaca aslinya. Bila terjadi kesalahan penulisan. Koreksi dp ditulis disamping yg dikoreksi (baik angka maupun tulisan) 8 .

berupa volum. Contoh. Setiap prosedur yg digunakan jg harus dicatat. Namun setiap kali melakukan pengenceran ari HCl pekat.001 M tdk = 3 9 . 4. konsentrasi dan nomor botol yg digunakan. di dalam suatu penelitian HCl 0. perlu dicatat kembali cara perhitungannya. pH HCl 0. walaupun prosedur sdh dilakukan berkali-kali.001 M selalu digunakan dan selalu ibuat larutan yg baru dg formula (cara) yg sudah baku. Hal ini bertujuan untuk mudah menelusuri kembali bila ada masalah.Mis.

PENDAHULUAN 10 .FORMAT+PENULISAN LAPORAN  1. Harus ditulis dg jelas-singkat-akurat  3. Setiap peneliti wajib menyiapkan laporan tertulis  2. Suatu outline dasar berikut adalah berdasarkan kpd outline penelitian dlm journal.  I.

Tabel ari material dan reagen (yg dijelaskan bagaimana cara pembuatan reagen ) b. Tujuan atau maksud  b. PELAKSANAAN PERCOBAAN a. Teori  II. Diagram Alir ( flowchart ) 11 . a. Daftar Alat c.

grafik atau gambar ) IV. HASIL DAN DISKUSI 12 . Penyajian data ( tabel. Metoda perhitungan dan analisis statistik c. Catatan prosedur percobaan III.d. DATA DAN PERHITUNGAN a. Catatan data kasar b.

Kesimpulan  E. A. Literatur rujukan 13 . Mendiskusikan signifikansi dari data  C. data yg sudah diketahui  B. Apakah tujuan penelitian tercapai  D. Membandingkan hasil dengan nilai.

Tidak boleh plagiat  2. atau bahkan menumpangkan “nama” dlm suatu tulisan yg dalam suatu proses keseluruhan tidak tahu menahu 14 . Plagiarisme jg menyangkut tulisan ilmiah yg dibuatkan orang lain.PENULISAN LAPORAN  1. memodifikasi tulisan orang lain atau menyuruh org lain utk diaku sbg tulisan sendiri.

sejak dari ide (gagasan) sampai akhir penelitian 15 . Tdk blh menuliskan nama pada urutan pertama. Pengertian senior adalah : “ orang yang melakukan hampir semua pekerjaan “ atau proses penelitian. wlaupun secara kepangkatan lebih senior  4. 3. tetapi bukan terlibat paling banyak dalam suatu penelitian.

Integritas (3). Keteliti an (4). 2.1. Kehematan (5). Dl praktikum dosen dp mendididik maha siswa utk meniti karirnya. pengajar  an yg sanagt penting  2. Kepedulian lgkgn 16 . Prakt salah satu alat pendidikan. Etika Praktikum  1. Kejujuran (2). seperti :  (1).

“ Dari segi efisiensi pendidikan.1.2. sbb. seorang dosen akan lebih baik membimbing praktikum dan menulis teorinya dalam diktat dari pada memberi kuliah dan menyerahkan praktikum kepada mahasiswa “ 17 . Etika Praktikum (lanjutan )  3. “ Oleh karena itu mari kita renungkan apa yang ditulis oleh Tjipto Utomo dan Ruitjer (1994) dalam bukunya : Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Praktiukum Sebenarnya sangat penting dalam proses belajar-Mengajar. Pengawasan dan pemberian hukuman yang berat bagi  yg tdk jujur merupakan cara yg baik dl menanamkan  nilai-nilai tersebut  4.

Keterampilan/ Kebiasaan Yang Bisa Dikembangkan Dengan Praktikum A. Aspek Pendidikan       Kejujuran dan Harga diri Kemampuan Bekerjasama dalam tim Peduli Lingkungan Kecermatan dan Kehematan Percaya diri Kedisiplinan 18 .

Memotivasi Mahasiswa untuk lebih mendalami ilmu C.B. Aspek Pelatihan 1. Terlatih memecahkan masalah melalui percobaan 19 . Dapat mengukur secara kwantitatif 2. Aspek Pengajaran 1. Membuktikan teori yang didapat dari kuliah 2.

Terlatih menganalisis problem 4. Terlatih Mengumpulkan Informasi 5. Terlatih Menyusun Hipotesis 6. Terlatih Mengevaluasi data 8.Lanjutan 3. Terlatih Membuat rencana kerja 7. Terlatih Membuat Laporan dari Hasil Percobaan 10. Terlatih Bekerjasama dalam Tim 20 . Terlatih Menarik Kesimpulan 9.

Terampil dl pengelolaan dan pengolahan limbah laboratorium dan mempunyai kesadaran yg tinggi thd lingkungan 14. Terbiasa bekerja teliti dan hemat 21 . Terlatih Mengkomunasikan informasi 12.11. Terlatih Mencatat setiap langkah kerja dan hasil dg baik di dlm buku kerja 13.

tetapi pembimbing memberi… 22 . 15. Terlatih mngolah sumber daya alam dan tewkonologi sehingga bernilai ekonomi dan dp digunakan sebagai modal wirausaha  PRAKTIKUM DAN PEMECAHAN MASALAH  Dosen pembimbing tdk memberikan resep atau penuntun praktikum.

membuat zat dan reagen dan mengumpulkan data dg melakukan eksperimen di laboratorium O Kemudian dosen an asisten membimbing dan mengarahkan agar mahasiswa bisa memecahkan masalah 23 . memberikan soal atau masalah kecil yg harus dipecahkan oleh mahasiswa dg melakukan penelusuran literatur.

PRINSIP UMUM KESELAMATAN DI LABORATORIUM  1. Hindarkan hal-hal yang akan mencelakakan 24 . Ketahui daerah emergensi dan cara penyelamatan bila terjadi kecelakaan  3. Pelajari dan ketahui aturan dan prosedur yang digunakan. Ketahui alat-alat pelindung yang ada dan cara penggunaannya  4. Tentukan bahan sangat beracun (racun keras) dan ketahui cara-cara penyelamatan ( P3K )  2.

Semua bahan kimia harus punya label yang jelas dan pasti 25 . Hindari makan minum. mencemari lingkungan dengan mengikuti prosedur yang sudah ada( sisa Hg. Pb. dsb. 5. merokok di tempat penyimpanan bahan kimia  6. Hindarkan sisa bahan beracun.)  7.

mencampur bahan kimia eksplosif 26 . Hati-hati menggunakan api  9. Ikuti petunjuk dengan teliti ketika menambahkan.haus betul  11. 8. Jangan gunakan alat yang bukan peruntukannya  10. Posisi klem alat-alat kaca dsb.

Hindari kontak langsung (exposure) dengan bahan kimia yang mengeluarkan uap (gas)  16. Cuci bersih alat kaca. Gunakan alat pelindung (masker) mata.  13.kulit dsb. 12. Ikat dengan baik rambut bagi mahasiswi  14. tangan dsb ketika hendak 27 . Hati-hati dan ikuti petunjuk pemipetan larutan atau bahan kimia cair  15.

 Meninggalkan laboratorium RUANG MAKAN. Tidak boleh memindahkan makananminuman dari ruangan ini 28 . MINUM 1. gas) 2. Harus terpisah dari bahan kimia berbahaya dan beracun (padat. cair.

  3. Tidak boleh merokok di ruangan laboratorium. Tidak boleh menggunakan alat-alat kaca untuk aktivitas makan-minum PEMELIHARAAN RUANG LABORATORIUM 1. Kebersihannya harus terpelihara 2. Sisa bahan kimia harus disimpan pada tempat yang sudah disediakan 29 . kecuali di area yang sudah disediakan 4.

Ruangan laboratorium. Amankan bahan kimia yang tidak jelas labelnya  5. Cuci alat-alat yang dipakai sesuai aturan  4. meja kerja harus selalu bersih  6. 3. Alat dan bahan kimia harus tersimpan serta tersusun rapi  PEMELIHARAAN ALAT 30 .

Semua disusun secara rapih dan tertib  3. Semua alat-alat kaca harus disimpan dalam keadaan bersih dan kering  2. Jangan campurkan alat-alat yang mudah pecah dengan klem-klem besi  4.PEMELIHARAAN ALAT  1. Semua alat harus disimpan dalam lemari yang sudah tersedia 31 .

terakhir kali dibilas dengan akuades 32 . sebagai contoh buret berlemak dan yang krannya mampat.  6. biasanya dicuci dengan campuran K2Cr207 4M+H2S04 ( 1:1 ) dengan cara merendam alat-alat kaca tersebut dalam wadah kaca. Alat-alat yang sangat kotor. Semua alat kaca yang sudah dicuci.PEMELIHARAAN ALAT(LANJUTAN)  5.

asifikasi indeks Dewey ( Melvil Dewey. Ketahui lebih dulu bidan ilmu yang akan ditelusuri. sebagai berikut :  000 Umum  100 Filsafat 33 . 1873 ) :  Dewey mengklasifikasikan bidang ilmu dari 000 – 900an. lalu sesuaikan dengan kl.ETIKA DI PERPUSTAKAAN  1.

ilmu terapan.INDEKS DEWEY(LANJUTAN)         200 300 400 500 600 700 800 900 agama ilmu sosial bahasa ilmu murni teknologi. biografi 34 . seni terapan seni literatu sejarah.

edisi. penerbit.MERUJUK. tahun penerbitan dan halaman 35 . mempunyai tata cara tertentu :  1. Untuk buku ( text book ) hal yang perlu dicatat : Pengarang. Rujukan harus ditulis sebagai sumber literatur dan dimasukkan ke daftar pustaka  2. judul buku. MENCUPLIK  Merujuk dan mencuplik.

Rujukan berbahasa asing harus dibaca berulang-ulang 36 .MERUJUK…  2. Untuk majalah ( journal ) hal yang perlu dicatat adalah : Pengarang. tahun. volum. nomor. baik soft copy ataupun hard copy  4. Copi rujukan harus disimpan hati-hati. halaman  3. nama journal. judul(topik).

ETIKA DISKUSI ILMIAH  Kata ilmiah pada diskusi mengharuskan dua hal : menyangkut bidan keilmuan tertentu dan dengan landasan moral ilmu dan keilmuan  Macam-macam diskusi :  .Diskusi meja bundar  .Diskusi kelompok ( buzz groups ) 37 .

Rangkuman 38 . Peran serta pendengar  5.  Diskusi Panel dipimpin oleh seorang moderator dengan beberapa panelis atau nara sumber mengenai masalah tertentu  Urutan Diskusi :  1.. Presentasi oleh panelis (pemakalah)  3. Diskusi bebas  4.ETIKA DISKUSI…. Pendahuluan  2.

DISKUSI ILMIAH  Seminar : berasal kata Latin semin yang berarti “benih” dimana benig-benih kebijaksanaan tumbuh  Seminar merupakan pertemuan ilmiah yg dengan sistematik mempelajari suatu topik khusus di bawah pimpinan seoran ahli dan berwenang di bidang tersebut 39 .

kenudian secara bergiliran penyangga menyampaikan bahasannya.DISKUSI ILMIAH…  Ketua dan pembicara duduk di depan beserta para penyangga/pembahas  Setelah keua memberikan pengantar.Terakhir kali kesempatan diberikan kepada pendengar 40 . pembicara menyampaikan makalah.

Pertemuan antar wakil negara 41 . biasanya dalam bentuk rapat. Dlam ensiklopedia FM. kongres didefinisikan sebagai :  (1). Rapat yang diselenggarakan oleh suatu partai atau organisasi tertentu  (2).DISKUSI ILMIAH…  KONFERENSI  Konferensi sering juga disamakan dengan kongres.

DISKUSI ILMIAH…  LOKAKARYA ( WORKSHOP )  Bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta dengan menggunakan berbagai jenis metoda pertemuan  Dimulai dengan pandangan umum tentang masalah yang akan dipecahkan.Sesudah itu peserta dibagi kedalam kelompoh-kelompok 42 .

DISKUSI ILMIAH…  Setiap kelompok didampingi oleh penasehat ahli. Dalam lokakarya.Kesimpulan /keputusan dijadikan sebagai hasil lokakarya  SIMPOSIUM. 43 .KOLOKIUM DAN DEBAT  SIMPOSIUM. diskusi dan pengkajian sangat terarah dan mendalam secara teknis. masalah yang dibahas spesifik.

Pendengar bertanya dan para ahli menjawab  KOLOKIUM 44 .DISKUSI ILMIAH…  Simposium merupakan pertemuan terbuka dengan beberapa pembicara yang menyampaikan ceramah pendek mengenai aspek yang berbeda. tapi masih berkaitan tentang suatu masalah  Simposium dipimpin oleh seorang ketua yang bertugas mengatur jalannya diskusi.

. dalam kolokium para ahlui tidak mengajukan makalah prasaran  DEBAT  Berbicara kepada lawan untuk membela pendirian atau menyerang pendapat lawannya.KOLOKIUM. dipimpin oleh seorang ketua 45 . Bedanya dengan simposium.  Beberapa ahli diundang untuk memberi jawaban terhadap pertanyaan yang diajukan pendengar mengenai topik yang ditentukan.

cepat dan spontan. Pada tahap awal semua pendapat diterima dan tidak dikomentari lebih dahulu. suatu persoalan diajukan dan peserta diminta mengemukakan saran. semua peserta mengevaluasi masukan tersebut 46 .DISKUSI ILMIAH…  Curah Pendapat ( Brain Storming )  Dalam metode ini. Semua dicatat dipapan tulis atau pada kertas. pendapat secara langsung. Kemudian dibawah pimpinan ketua.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->