AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk

. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia. AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain. Potongan harga yang besar diberikan bagi penggunaan AutoCAD untuk pendidikan (pelajar dan pengajar). AutoCAD versi pelajar ini mempunyai fungsi yang sama dengan AutoCAD versi komersial lengkap, namun pada versi pelajar, jika gambar dicetak, maka pada gambar tersebut akan terdapat cetakan atau banner di keempat sisi gambar yang menjelaskan bahwa gambar ini diproduksi dari AutoCAD versi pelajar. Gambar yang dihasilkan dari AutoCAD versi pelajar dilarang digunakan untuk keperluan komersial. Mathcad memungkinkan insinyur untuk dengan mudah melakukan perhitungan, dan hasil desain. Mathcad mampu menerima dan menampilkan unit notasi matematika menggunakan tombol atau klik pada menu palet dengan tidak memerlukan program lain. Mathcad terdiri dari beberapa bagian sehingga mudah digunakan, bahkan memungkinkan pengguna untuk secara bersamaan memecahkan dan mendokumentasikan perhitungan teknik dalam lembar kerja tunggal, yang dapat disimpan atau mudah dikonversi ke beberapa format. Mathcad menggabungkan beberapa notasi, matematika notasi standar, teks dan grafik, dalam format yang rapi yang memungkinkan dalam menangkap pengetahuan tentangmatematika dan dapat memverifikasi desain untuk meningkatkan kualitas hasil yang diinginkan.

menginstruksi dan mempelajari tentang elektropneumatik. otomotif. FluidSIM menyatukan diagram sirkuit Editor intuitif dengan deskripsi rinci dari semua komponen.FluidSIM adalah perangkat lunak yang komprehensif untuk menciptakan.Semua fungsi program dapat berinteraksi dengan satu sama lain. animasi tampilan sectional dan video yang terurut. styling. CATIA merupakan salah satu program softwere buatan Dassault Systemes yang diperuntukan untuk kalangan engineer yang banyak dipakai dalam industri pesawat terbang. Selain fasilitas yang sudah cukup banyak disediakan oleh CATIA. komponen foto. mensimulasikan. menggabungkan berbagai bentuk media dan sumber pengetahuan dengan cara yang mudah diakses. hal ini memungkinkan engineer untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan produk sehingga proses modifikasinya akan lebih mudah. Hal ini ditunjang dengan kehandalan CATIA dalam desain produk assembling yang mempunyai jumlah komponen banyak juga kemampuan lainya dalam shape design. elektrohidraulik dan sirkuit digital. . Fasilitas material benda yang beragam sesuai standar internasional Softwere ini juga dapat menjadi jembatan penghubung antara dunia desain dan industri dimana prodak yang dibuat secara manual melalui desain CATIA dapat dikonfersikan langsung menjadi benda kerja yang lebih memuaskan consumen (pasar). juga disediakan analisa dan simulasi produk yang akan didisain. serta kemudahan (user friendly) dalam mengoperasikan software-nya. serta industri lainnya. Softwere ini juga dapat di koneksikan langsung dengan beberapa alat industri yang berhubungan dengan pencetakan masal benda kerja (manufaktur).

Fortran (atau FORTRAN) adalah sebuah bahasa pemrograman. Dengan kelengkapan sejumlah komponen yang ada kita bisa membuat kombinasi desain rangkaian yang hampir tak terbatas.198-1992 dan International Standard Organization.Programming Language _ FORTRAn atau singkatnya FORTRAN 90. Pertama kali dikembangkan pada tahun 1950 dan digunakan dalam bidang sains selama 50 tahun kemudian. Kemampuan yang disediakan Multisim adalah dapat memodelkan berbagai rancangan rangkaian. Standar ini menekankan penyempurnaan dari segi bahasa dengan memperkenalkan perkembangan yang ada dari standarisasi bahasa yang ada.Multisim adalah sebuah software aplikasi yang berfungsi untuk menggambar dan mensimulasikan rangkaian elektronika baik analog maupun digital. Dengan software Multisim ini. Salah satu kompailer FORTRAN untuk PC yang telah memenuhi standar FORTRAN 90 adalah MS FORTRAN PowerStation . memeriksa sifat dari keseluruhan rangkaian dengan melakukan analisa AC / DC atau transient. akan tetapi versi-versi terbaru dari Fortran kemudian dikembangkan dengan memasukkan kemampuan object-oriented programming. Multisim merupakan pengembangan dari software simulasi rangkaian elektronika yang sebelumnya terkenal dengan nama Electronics Workbench. Information Technology . Software ini dikembangkan oleh Perusahaan National Instrument yang bergerak dalam bidang produksi komponen-komponen elektronika. Pada perkembangannya. ISO/IEC 1539:1991. Pertama kali dikembangkan merupakan bahasa pemrograman prosedural. menguji suatu rangkaian dengan berbagai kemungkinan komponen. Pertama kali bernama FORTRAN yang merupakan singkatan dari Formula Translator/Translation. kita dapat memodelkan sifat dari parameter rangkaian analog dan digital. standar FORTRAN yang ditetapkan adalah American National Standard Programming Language FORTRAN ANSI X3. tetapi penggunaan huruf besar kemudian ditiadakan sejak versi Fortran 90.