P. 1
Tugas mikdas

Tugas mikdas

|Views: 1|Likes:

More info:

Published by: Theresa Michelle d'Arc on Dec 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/02/2014

pdf

text

original

TUGAS MIKROBIOLOGI DASAR

DNA dan Kromosom
Bakteri biasanya memiliki kromosom melingkar tunggal yang terdiri dari molekul DNA melingkar tunggal dengan protein yang terkait. Kromosom ini dilingkarkan dan dilipat (gambar 8.1a) dan melekat satu atau beberapa poin ke membran plasma. DNA dari E.coli merupakan spesies bakteri yang paling sering dipelajari, memiliki 4 juta pasangan basa dan sekitar 1 mm panjang - 1000 kali lebih panjang dari seluruh sel . Namun, karena DNA sangat tipis dan padat di dalam sel, ini adalah kabel twisted makromolekul melingkar hanya membutuhkan sekitar 10% dari volume sel. Lokasi gen pada kromosom bakteri ditentukan oleh percobaan pada transfer gen dari satu sel ke sel lainnya. Proses ini akan dibahas kemudian pada bab ini. Peta kromosom bakteri ditandai hasilnya di menit yang sesuai saat gen ditransfer dari sel donor menuju resipien donor (gambar 8.1b). Dalam beberapa tahun terakhir, urutan basa yang lengkap dari beberapa kromosom bakteri telah ditentukan. Urutan dan karakteristik molecular genom disebut genomik. Pertanyaan genetic yang terpenting ditujukan manyangkut bagaimana sel menggunakan informasi genetic yang tersedia untuknya.

Aliran Informasi Genetik
Replikasi DNA memungkinkan aliran informasi genetik dari satu generasi ke generasi berikutnya. Seperti yang ditunjukkan pada gambar 8.2, DNA dari sel replikasi sebelum pembelahan sel, sehingga setiap sel anak menerima kromosom yang identik dengan orang tua. Dalam setiap sel metabolisme, informasi genetik yang terkandung dalam DNA juga mengalir dengan cara lain: Informasi genetik yang terkandung dalam DNA ditranskripsi menjadi mRNA dan kemudian ditranslasi menjadi protein. Proses transkripsi dan translasi akan kami jelaskan kemudian pada bab ini.

Replikasi DNA
Tujuan Pembelajaran  Menggambarkan proses replikasi DNA Pada replikasi DNA, 1 molekul DNA “parental” double stranded dikonversi menjadi 2 molekul “daughter” yang identik. Struktur komplementer urutan basa nitrogen dalam replikasi DNA adalah kunci untuk memahami replikasi DNA. Karena basa pada dua untai DNA doublehelical saling melengkapi, satu untai dapat bertindak sebagai template untuk produksi untai lainnya. (gambar 8.3 pada halaman 214).

Karena setiap molekul DNA beruntai ganda baru mengandung satu untai asli. melalui rekombinasi. bergabung ke untai DNA oleh enzim yang disebut DNA polimerase.coli adalah bagian dari kromosom tunggal.1 (a). Untaian asli dan untaian baru daughter yang telah disintesis kemudian kembali menutup. masing-masing membuka untaian tunggal dan kemudian dikombinasikan dengan nukleotida baru. informasi genetik dapat ditransfer antara sel-sel dari generasi yang sama. hanya adenine yang dapat cocok ke tempat pada untai baru. . Krosomom sel prokariotik. hanya sitosin yang dapat cocok ke dalam tempat. Tangled mass dan untai DNA berulang ini muncul dari sel E. dua untai DNA parental terbuka dan terpisah satu sama lain dalam satu demi satu segmen DNA kecil. Terkadang. Sebuah peta genetik dari kromosom E.2 Sebuah gambaran aliran informasi genetik. Informasi genetik juga digunakan dalam sel untuk menghasilkan protein sel yang dibutuhkan. nukleotida baru yang ditambahkan. Gambar 8. Replication fork bergerak sepanjang DNA parental. Kemudian DNA parental dibuka sedikit lebih jauh untuk memungkinkan penambahan nukleotida berikutnya. Setelah selaras. dan sebagainya. melalui replikasi DNA. Sebuah versi kecil dari gambar ini dapat merangkum bab ini untuk menunjukkan hubungan dari proses yang berbeda. Ketika replikasi dimulai. (b). Titik tempat replikasi terjadi disebut replication fork. Setiap basa yang tidak tepat dengan pasangan basanya akan dihapus dan diganti dengan enzim replikasi. Nukleotida bebas hadir dalam sitoplasma sel dicocokkan dengan basa terbuka dari untaian tunggal DNA. untai konservasi dan satu untai baru. melalui transkripsi dan translasi. Dimana timin hadir pada untai asli. Sel yang diwakili di sini adalah bakteri dengan single circular kromosom. Unit berdasarkan menit pada panjangnya waktu diperlukan untuk mentransfer gen saat kawin antara dua sel. informasi genetik dapat ditransfer antara generasi sel.coli. proses replikasi disebut sebagai semiconservatif. di mana guanin hadir pada untai asli.Replikasi DNA membutuhkan kehadiran protein seluler kompleks yang mengarahkan sekuen peristiwa tertentu. Lampiran gambar Gambar 8.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->