You are on page 1of 20

TRANSKRIPSI
Suatu proses untuk membaca informasi yang disimpan dalam urutan nukleotida DNA RNA. RNA sintesis membutuhkan enzim RNA polymerase.

. Pada dewasa yang melakukan transkripsi besar-besaran adalah sel-sel dari jaringan atau alat yang giat bekerja. Pada embryo: semua sel giat melakukan transkripsi. baik yang giat membelah atau tidak. yakni kelenjar dan saraf.TRANSKRIPSI Berlangsung pada seluruh sel.

TAHAPAN TRANSKRIPSI Mekanisme dibagi menjadi 3 tahap: – Inisiasi – Elongasi – Terminasi .

.

.

.

.

.

.

 RNA-polimerase akan mengenali titik promoter (sequence DNA spesific). linier (urutan tunggal). gulanya ribosa.  DNA dobel helix akan terbuka membentuk DNA single stranded.  Transkripsi DNA. hanya mengkopi sebagian dari DNA (satu gen saja) dengan enzim RNA-polimerase.  RNA merupakan nukleotida.PROSES TRANSKRIPSI  Transkripsi = DNA  mRNA. . basa urasil menggantikan thymin.

Sebagian DNA helix akan terbuka. RNA transkrip akan dimodifikasi sebelum keluar dari nukleus. sDNA sebagai template akan berpasangan membentuk RNA baru.RNA polymerase memulai proses transkripsi setelah berikatan dengan promoter. Pada ujung 5’ diberi “cap” dan ujung 3’ diberi poly A sebagai tail. membentuk single stranded DNA. .

 RNA transkrip terdiri dari ekson (coding sequence) dan intron (uncoding sequence). mencegah degradasi mRNA.  mRNA juga mengalami pemotongan (splicing) oleh spliceosome.  Intron akan dihilangkan membentuk mRNA pendek yang akan dikeluarkan dalam cytoplasma. “cap” merupakan nukleotida yang membantu ribosom menentukan tempat mulai translasi dan poli A (tail). Selain mRNA juga dibentuk tRNA dan rRNA. .

.

 Memberikan informasi yang diwariskan kepada sel-sel anak atau generasi berikutnya. yakni:  Sebagai sumber informasi bagi sintesis semua molekul protein pada sel serta organisme. .DNA MENGHASILKAN CETAKAN BAGI REPLIKASI DAN TRANSKRIPSI Informasi genetik yang disimpan dalam rangkaian nukleotida DNA mempunyai dua tujuan.

Kedua fungsi tersebut harus memenuhi persyaratan bahwa molekul DNA berfungsi sebagai cetakan. . Untuk replikasi informasi ke dalam molekul DNA turunannya. yaitu: untuk transkripsi informasi ke dalam RNA.

Mesin splicing dinamakan spliceosome.SPLICING Merupakan proses pembuangan intron dan penggabungan exon pada pre-mRNA untuk membentuk mRNA. tersusun atas lima protein small nuclear ribonucleoprotein (U1. U4. U2. U5 dan U6 snRNP) dan protein nonsnRNP (U2AF65.[20]. . U2AF35) [6].

Secara garis besar splicing dibagi menjadi dua langkah: Pemotongan 5’ splice site. . Pemotongan 3’ splice site dan penggabungan exon [20].

GU: 5’ splice site. AG:3’ splice site[20]. . garis tipis hijau: intron. Proses splicing secara garis besar . Garis tebal hijau: exon.Gambar 1.