You are on page 1of 7

ALKENA Alkena adalah sebuah kelompok hidrokarbon (senyawa-senyawa yang hanya mengandung hidrogen dan karbon) yang

mengandung ikatan karbon-karbon rangkap (C=C). Suku alkena yang paling kecil terdiri dari dua atom C, yaitu etena. Rumus umumnya adalah CnH2n.

1. TATA NAMA ALKENA Tata nama alkena menurut IUPAC adalah sebagai berikut: 1. Tentukan rantai induk, yaitu rantai karbon terpanjang dari ujung satu ke ujung yang lain yang melewati ikatan rangkap, berilah nama alkena sesuai jumlah atom C pada rantai induk. 2. Penomoran. Penomoran dimulai dari ujung rantai induk yang terdekat dengan rangkap. 3. Jika terdapat cabang berilah nama cabang dengan alkil sesuai jumlah atom C cabang tersebut. Jika terdapat lebih dari satu cabang, aturan penamaan sesuai dengan aturan pada tatanama alkana. 4. Urutan penamaan: nomor cabang-nama cabang-nomor rangkap-rantai induk Contoh:

3-metil-1-butena (benar) 2-metil-3-butena (salah)

Ketidakstabilan muncul karena ikatan π dibentuk dari orbital p yang tumpang tindih dan berdampingan.2. ISOMER CIS TRANS Karbon . Alkena dengan dua gugus pada sisi yang sama suatu ikatan rang dan dua hidrogen pada sisi yang lain disebut isomer cis. sebagian alkena yang tidak disubsitusikan muncul sebagai isomer cis dan trans. Elektronelektron dalam ikatan pi bebas berpindah kemanapun dalam daerah berarsir ini dan bisa berpindah bebas dari belahan yang satu ke belahan yang lain. Karena kekakuan karbon – karbon ikatan rangkap. Sedangkan. tapi pasangan lainnya dipegang dalam sebuah orbital molekul di atas dan di bawah bidang molekul. alkena dengan gugus pada sisi yang berlawanan disebut isomer trans. 3. Orbital molekul adalah sebuah ruang dalam molekul dimana terdapat kemungkinan besar untuk menemukan sepasang elektron tertentu. Pasangan elektron yang lain ditemukan di suatu tempat dalam bagian berarsir di atas atau di bawah bidang molekul.karbon ikatan rangkap tidak stabil. Isomer cis : cis-2-butena CH3 C=C H H CH3 . dan karena elektron pi terletak di atas dan di bawah daerah kosong dari molekul. Pada gambar di atas. Ikatan ini disebut ikatan pi. Elektron pi tidak sepenuhnya dikendalikan oleh inti karbon seperti pada elektron dalam ikatan sigma. STRUKTUR ELEKTRON ALKENA Ikatan rangkap antara atom karbon adalah dua pasang elektron bersama. garis antara kedua atom karbon menunjukkan sebuah ikatan normal – pasangan elektron bersama terletak dalam sebuah orbital molekul pada garis antara dua inti. maka elektron-elektron ini relatif terbuka untuk diserang oleh partikel lain. Ikatan ini disebut ikatan sigma. Salah satu dari pasangan elektron dipegang pada sebuah garis lurus antara dua inti karbon.

H – H + CH2 = CH2 -------------> H – CH2 – CH2 – H Beberapa contoh reaksi adisi pada alkena: 1. dan pembakaran . REAKSI – REAKSI ALKENA Reaksi-reaksi yang khusus bagi alkena.  Adisi adalah pengubahan ikatan rangkap (tak jenuh) menjadi ikatan tunggal (jenuh) dengan cara menangkap atom/gugus lain. Kemungkinan terjadi isomerisasi cis trans Cl C=C H H CH3 Tidak mungkin terjadi isomerisasi cis trans CH3 C=C H H H 4.Isomer trans : trans-2-butena H C=C CH3 H CH3 Isomerisasi cis-trans dapat terjadi apabila alkena mengandung dua atom atau gugus yang berbeda pada setiap karbon ikatan rangkap. polimerisasi . Pada adisi alkena 2 atom / gugus atom ditambahkan pada ikatan rangkap C=C sehingga diperoleh ikatan tunggal C-C. yaitu adisi. Reaksi alkena dengan halogen (halogenisasi) .

2. alkena asimetris akan menghasilkan dua haloalkana. Produk utama reaksi dapat diramalkan menggunakan aturan Markonikov. 3. yaitu: Jika suatu HX bereaksi dengan ikatan rangkap asimetris. Reaksi alkena dengan hidrogen halida (hidrohalogenasi) Hasil reaksi antara alkena dengan hidrogen halida dipengaruhi oleh struktur alkena. alkena simetris akan menghasilkan satu haloalkana. apakah alkena simetris atau alkena asimetris. . Reaksi alkena dengan hidrogen (hidrogenasi) Reaksi ini akan menghasilkan alkana. maka produk utama reaksi adalah molekul dengan atom H yang ditambahkan ke atom C dalam ikatan rangkap yang terikat dengan lebih banyak atom H.

Reaksi alkena dengan hidrogen (hidrogenasi) 5. sedangkan molekul raksasa yang terbentuk disebut polimer. Molekul yang bergabung disebut monomer. Reaksi alkena dengan asam sulfat (H2SO4)  Polimerisasi adalah penggabungan molekul. HUKUM MARKOVNIKOV Alkena dapat dibagi menjadi dua jenis.4. CH2=CH2 + 2 O2 --------> 2CO2 + 2H2O 5. ikatan rangkap membagi molekul menjadi stengahnya.molekul sejenis menjadi molekul-molekul raksasa sehingga rantai karbon sangat panjang. Reaksi alkena dengan air (hidrasi) 6.  Pembakaran adalah reaksi alkena dengan oksigen yang akan menghasilkan CO2 dan H2O. CH2 = CH2 atau CH3CH = CH3CH . alkena simetris dan alkena tidak simetris. Alkena simetris.

. Dlm reaksi ini molekul khilangan atom” ato ion” dri struktur”nya. Kereaktifan alkena terhadap halogen menurun seiring dengan pertambahan nomor atom halogen. Markovnikov : jika reagen yang tidak simetris ditambahkan ke suatu alkena yang tidak simetris. Reaksi ini melalui suatu intermediet karbokation yang disebut ion halogenium berjembatan.. REAKSI PEMUTUSAN RANTAI .... C – C -----> C = C + X – Y X Y Bila suatu alkil halida diolah dg suatu basa kuat dpt tjdi reaksi eliminasi. HK.. Reaksi antara etena dan klorin menghasilkan 1.2-dibromoetana yang digunakan dengan senywa Pb sebagi zat aditif bahan bakar kendaraan 7... I) ... CH2 = CH3CH atau C2H6C = CHCH3. 8... reaksi dehidrohalogenasi.. REAKSI – REAKSI ELIMINASI Kebalikan reaksi adisi..... kedua atom halogen akan masuk atau terikat pada atom karbon yang berikatan rangkap dari arah yang berlawanan sehingga rekasi ini dikatakan mengikuti pola anti addisi.. Produk organik reaksi eliminasi suatu alkil halida adlh alkena. ADISI HALOGEN PADA ALKENA Pada reaksi addisi alkena dengan halogen (Cl. contoh : …. bagian positif reagent tsbt (H+ dalam HX) akan trikat pada ikatan rangkap karbon yang telah mengikat hidrogen lebih banyak.. bukan CH3CH2CH2Cl Cl H+ masuk ke atom C yg punya atom H lbh bnyk 6. Alkena tdk simetris ikatan rangkap membagi molekul menjadi tidak sama... CH3CH = CH2 + HCl -------------> CH3CHCH3 ........ Memungkinkan utk menentukan produk yg dominan dalam reaksi adisi tdk simetris. Bbrapa reaksi eliminasi : reaksi dehidrogenasi (pelepasan hidrogen)... Pengubahan ikatan tunggal (jenuh) menjadi ikatan rangkap (tak jenuh) dengan cara melepaskan molekul yang kecil (ex : H2O ato HBr)... Br... reaksi dehidrasi (pelepasan air).2-dikloroetana yang merupakan bahan baku plastik PVC Reaksi antara etena dan bromin menghasilkan 1.

Contoh: C22H44 ----> C12H2O + C10H24 C17H36 ----> C9H2O + C8H16 . Proses ini banyak dipakai dlm proses penyulingan minyak untuk mendapatkan senyawa” yg diinginkan (mis : kerosin. dll). bensin.disebut reaksi cracking. yaitu proses pemutusan rantai karbon yang panjang menjadi rantai karbon yang lebih pendek.