Penuaan dalam islam

ّ ُ ٍ َ ْ ُ ْ ِ ّ ُ ٍ َ ُ ْ ِ ْ ُ َ ْ ََ ّ ِ َ ِ ْ َ ْ َ ِ ٍ ْ َ ِ ْ ُ ْ ُ ْ ِ ُ ّ َ ّ َ َ ‫يا أيها الناس إن كنتم في ريب من البعث فإنا خلقناكم من تراب ثم من نطفة ثم‬ ُ َ َ َ ِ َ ْ َْ ِ ّ ِ َُ ْ ُ َ َ ّ َ ُ ِ ٍ َ َّ ُ ِ ْ َ َ ٍ َ َّ ُ ٍ َ ْ ُ ْ ِ ّ ُ ٍ َ ََ ْ ِ ‫من علقة ثم من مضغة مخلقة وغير مخلقة لنبين لكم ۚ ونقر في الرحام ما نشاء‬ ْ َ ْ ُ ِْ َ ‫إل ٰى أجل مسمى ثم نخرجكم طفل ثم لتبلغوا أشدكم ۖ ومنكم من يتوف ٰى ومنكم من‬ ّ َ َ ُ ْ َ ْ ُ ْ ِ َ ْ ُ ّ ُ َ ُ ُْ َ ِ ّ ُ ً ْ ِ ْ ُ ُ ِ ْ ُ ّ ُ ّ َ ُ ٍ َ َ َِ ‫يرد إل ٰى أرذل العمر لكيل يعلم من بعد علم شيئا ۚ وترى الرض هامدة فإذا‬ َ َِ ً َ ِ َ َ ْ َْ َ َ َ ً ْ َ ٍ ْ ِ ِ ْ َ ْ ِ َ َْ َ َ ْ َ ِ ِ ُ ُ ْ ِ َ ْ َ َِ ّ َ ُ ٍ ِ َ ٍ ْ َ ّ ُ ْ ِ ْ َ َ ْ ََ ْ َ َ َ ْ ّ َ ْ َ َ ْ َ ْ ََ َ ْ َ ْ َ ‫أنزلنا عليها الماء اهتزت وربت وأنبتت من كل زوج بهيج‬
Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsurangsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah. (qs Al Hajj 22:5)

<> Dia-lah yang menciptakan kamu dari tanah kemudian dari setetes mani, sesudah itu dari segumpal darah, kemudian dilahirkannya kamu sebagai seorang anak, kemudian (kamu dibiarkan hidup) supaya kamu sampai kepada masa (dewasa), kemudian (dibiarkan kamu hidup lagi) sampai tua, di antara kamu ada yang diwafatkan sebelum itu. (Kami perbuat demikian) supaya kamu sampai kepada ajal yang ditentukan dan supaya kamu memahami(nya). (qs Al Mu’min ayat 67)

َ ُُ ْ َ َ ْ ِ َ ُ ِ َ َ َ ٌ ْ ِ َ ِ ْ ُ َ َ َ ََ َ َ ْ ‫َ ل‬ ‫وا َْنعام خلقها ۗ لكم فيها دفء ومنافع ومنها تأكلون‬

Pada penyebutan pertama ALLAH memperingatkan Rasulullah untuk tidak tertipu pada kecantikan fisik orang-orang munafik karena penampilan seseorang tidak mencerminkan siapa dirinya Apabila cacat atau kekurangan yang ada pada diri saudari termasuk kategori darurat (seperti karena kecelakaan dan sakit) yang menyulitkan diri saudari atau menyebabkan suami menjauhkan diri misalnya.sifat dan sikap. dan sebahagiannya kamu makan (qs an Nahl ayat 5) ِ ْ َ ْ ِ َ َ َ ‫ّ ّ ِ َ َ َ ُ ْ ِ ْ َ ْ ٍ ُ ّ َ َ َ ِ ْ َ ْ ِ َ ْ ٍ ُ ّ ً ُم‬ ‫ال الذي خلقكم من ضعف ثم جعل من بعد ضعف قوة ث ّ جعل من بعد‬ ُ ُ ِ َ ْ ُ َِ ْ َ ُ َ ُ َ َ َ ُ ُْ َ ً َ ْ َ َ ً ْ َ ٍ ّ ُ ‫قوة ضعفا وشيبة ۚ يخلق ما يشاء ۖ وهو العليم القدير‬ Allah.kecuali hanya dua kali saja. maka operasi kecantikan tersebut boleh saudari lakukan inysa Allah. pada akhirnya semua akan hilang seiring berjalannya waktu. kalau ada yang menilai sebuah kecantikan hanya dari unsur fisik saja berarti penilaian tersebut adalah sebuah kepalsuan. Misalnya ada seorang model yang cantik luar biasa dan seksi. (qs Ar Ruum ayat 54) “Sesungguhnya Allah itu indah dan mencintai yang indah. bukan dilakukan untuk mempercantik diri dan hanya untuk menghilangkan kecacatan semata dan untuk menghilangkan atau menekan kesulitan. murah hati dan menyukai kemurahatian. Itu karena di dunia ini tidak ada yang kekal.” (HR. Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah. kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat. Jadi. Tapi seiring dengan berjalannya waktu. menyukai akhlak yang luhur dan membenci akhlak yang rendah. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa. Islam adalah agama yang menyeru pada kecantikan dan keindahan. Al-Baihaqi) Islam memandang kecantikan itu berdasakan pada dua unsur jasmani dan rohani. padanya ada (bulu) yang menghangatkan dan berbagai-bagai manfaat. Wallahu a'lam. Memang benar sekarang dengan kecantikan model itu banyak orang yang tergila-gila dan menyanjungnya. kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban.” (HR. Dimana kecantikan itu berupa kecantikan maknawi yaitu kecantikan berupa jiwa.akhlak. model tersebut akan kehilangan kecantikannya karena faktor usia. Karena itulah penilaian kecantikan harus didasarkan pada dua unsur tersebut. Bukhari) . Karena itu dapat kita lihat di dalam Al Qur’an Al Karim kecantikan wajah atau penampilan fisik pria ataupun wanita jarang disebut. “Allah itu indah dan menyukai keindahan….Dan Dia telah menciptakan binatang ternak untuk kamu.

S. setiap muslim dituntut untuk tampil indah menawan. dapat menjadi makanan bila dicampur dengan makanan. tidak merusak. Terutama lagi.” (Al-Baqarah: 168) . diantaranya adalah madu.Barangsiapa yang menjadikan setan menjadi pelindung selain Allah. ” (Lihat “Ath-Thibbun Nabawi. juga dapat menjadi obat bila dicampur dengan obat. dan tidak berlebihan. dan akan akusuruh mereka (mengubah ciptaan Allah). dapat juga menghaluskan wajah.Demikian cuplikan sebuah hadist yang cukup populer . lalu benar-benar mereka mengubahnya”. lalu mereka benarbenar memotongnya. manusia akan lahir sebagai orang yang biadab. Pakai kosmetik? Boleh-boleh saja. ‘karya Ibnul Qayyim al-Jauziyyah) “Dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka. asalkan bahannya bagus. kalau tidak bisa dibilang semuanya. pasti menimbulkan efek sampingan. An-Nisaa’ [4]: 119)“Hai manusia. Islam mengakui itu. Sementara mempercantik diri. menghilangkan gatal-gatal. asal tidak berbahaya. Al-Baihaqi dan lain-lain).dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. karena setan itu musuh yangnyata bagimu. makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi. umumnya. Manusia dilahirkan dalam keadaan menyukai yang indah-indah dan senang dengan yang bagus-bagus. toh bisa dilakukan dengan banyak membasuh wajah. bahan-bahan yang dikenal multi fungsi. memakai bahan kosmetik boleh-boleh saja. Namun kenyataan membuktikan. makasesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata. dan akan membangkitkanangan-angan kosong pada mereka dan akan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak). Jadi menurut para ulama. dan lain-lain. Karena Nabi bersabda. “Bahwa madu selain dapat menjadi minuman bila di campur dengan minuman. bahwa bahan-bahan kosmetika yang tersebar di pasaran sekarang ini. Ibnul Qayyim AlJauziyyah menjelaskan. Tanpa keindahan. Madu juga berfungsi membasmi kutu bila dioleskan di kulit kepala. At-Tirmidzi.” (Q.” (HR. atau melalui penggunaan bahan-bahan tradisional yang relative aman. “Segala yang berbahaya dan membahayakan adalah dilarang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful