You are on page 1of 8

KONFERENSI ASIA AFRIKA

Oleh : Farhan Trunna Mahadika Hesyandi Najmi Leila Sepyanisa

LATAR BELAKANG .

TUJUAN .

NEGARA PEMRAKARSA .

Bentuk-bentuk kerjasama Di bidang : Ekonomi Militer Kebudayaan dan pariwisata Hukum  .

Menghormati hak setiap bangsa untuk mempertahankan diri sendiri secara sendirian mahupun secara kolektif. (a) Tidak menggunakan peraturan-peraturan dan pertahanan kolektif untuk bertindak bagi kepentingan khusus dari salah satu negara-negara besar. atau penyelesaian masalah hukum . yang sesuai dengan Piagam PBB. Menghormati hukum dan kewajiban–kewajiban internasional . menurut pilihan pihak-pihak yang bersangkutan. yang sesuai dengan Piagam PBB. besar maupun kecil. persetujuan. seperti perundingan. Menghormati kedaulatan dan integritas teritorial semua bangsa. Tidak melakukan tindakan ataupun ancaman agresi mahupun penggunaan kekerasan terhadap integritas teritorial atau kemerdekaan politik suatu negara. (b) Tidak melakukan campur tangan terhadap negara lain. Menyelesaikan segala perselisihan internasional dengan cara damai. Tidak melakukan campur tangan atau intervensi dalam soalan-soalan dalam negeri negara lain. arbitrasi. ataupun lain-lain cara damai. Memajukan kepentingan bersama dan kerjasama.Dasasila Bandung           Menghormati hak-hak dasar manusia dan tujuan-tujuan serta asas-asas yang termuat di dalam piagam PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Mengakui persamaan semua suku bangsa dan persamaan semua bangsa.

     GNB dibentuk pada tahun 1961. oleh : Joseph Broz Tito (Presiden Yugoslavia) Soekarno (Presiden Indonesia) Gamal Abdul Nasser (Presiden Mesir) Pandit Jawaharlal Nehru (Presiden India) Kwane (Presiden Ghana) .Gerakan Non-Blok Suatu organisasi internasional yang terdiri dari lebih dari 100 negara yang menganggap dirinya tidak beraliansi dengan blok kekuatan besar apapun.

4. neokolonialisme. rasialisme. Wadah perjuangan negara-negara yang sedang berkembang. 2. 3. Mendukung perjuangan dekolonialisasi dan memegang teguh perjuangan melawan imperialisme. Tidak membenarkan usaha penyelesaian sengketa dengan kekerasan senjata. apartheid dan zionisme. kolonialisme. .Tujuan Gerakan Non-Blok 1. Mengurangi ketegangan blok Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan blok Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet.