Lem yang digunakan untuk membuat papercraft

Written by Maulana Jodi Prayogo
Friday, 25 May 2012 11:03

Tidak sembarang lem bisa dipakai untuk membuat papercraft. Berikut adalah daftar lem yang bisa dipakai untuk membuat papercraft beserta kekurangan dan kelebihannya. 1. Lem Putih PVAc Kelebihan : Ketika kering, lem ini akan berwarna bening doff (tidak glossy / mengkilat) bandingkan dengan lem UHU yang ketika kering akan berwarna bening mengkilap. Karena doff, maka lem ini tidak akan kelihatan berlepotan pada papercraft. Hampir bisa melekatkan segalanya, kecuali styrofam, matras, vynil, kaca. Kadar air relatif sedikit dibandingkan lem kertas biasa. Beberapa jenis kertas yang tipis akan melengkung apabila direkatkan dengan lem kertas biasa, tetapi tidak bila menggunakan lem ini. Kekurangan : Waktu pengeringan yang lama. Kesimpulan : Lem ini direkomendasikan untuk membuat sebuah papercraft

o 

  o  o

2.

Lem Kuning Kelebihan : Hampir bisa melekatkan segalanya. Kekurangan : Lem ini menggunakan bahan dasar bensin, sehingga sangat korosif terhadap material tertentu. Jangan sekalisekali menggunakan lem ini untuk menempel styrofoam. Dijamin 100% pasti hancur. Harus sekali jadi pada posisi yang tepat, karena sekali menempel, jangan harap bisa dilepaskan lagi tanpa merusak bahannya. Kesimpulan : Lem ini sangat tidak direkomendasikan untuk membuat papercraft.

o  o   o

setelah kering lem ini akan berwarna bening. Namun perbedaannya adalah setelah kering lem ini akan berwarna bening mengkilap. Lem UHU Kelebihan : Sama seperti lem putih. Hampir bisa melekatkan segalanya. tidak doff. o    o  o . Lebih cepat kering daripada lem putih. Kesimpulan : Lem ini sangat direkomendasikan untuk membuat papercraft.3. Kekurangan : Mengandung alcohol.

Glossy Photopaper Mempunyai ketebalan 100-220 gsm. 6. Bisa digunakan untuk pemula sampai expert. Bisa digunakan untuk model yang tingginya diatas 30 cm. Jenis ini merupakan yang paling mudah didapatkan. teksturnya licin dan cukup kaku. namun untuk model-model dengan ukuran yang besar (tingginya diatas 30 cm) kurang bagus karena tidak kokoh. Sangat cocok untuk paper model yang mengutamakan warna. 7. HVS Mempunyai ketebalan 70-100 gsm. digunakan untuk paper model kualitas mengkilap namun dapat dicetak di inkjet printer. kualitas cetak sangat terang. Bisa digunakan untuk model dengan tinggi sampai 40 cm. tidak mudah buluan/bulukan saat dibentuk. Bisa digunakan untuk pemula sampai expert. Lebih bagus dicetak dengan laser printer. Briefcard / BC Mempunyai ketebalan 160-220 gsm. . Kertas ini kualitas cetaknya terang. WF paper 'bisa disebut kertas buku gambar' Mempunyai ketebalan 120-160 gsm. Digunakan untuk paper model kualitas foto. 2. Kertas ini mudah ditemukan di buku gambar maupun sketchbook (tertera di cover belakang). Jasmine Mempunyai ketebalan 120-175 gsm Bisa digunakan untukMedium-expert Kertas mirip StarDream. dan menggunakan lem UHU. Cocok untuk paper model yang mengutamakan warna dan ketebalan. 07 October 2012 08:53 Berikut ini beberapa jenis kertas yang biasa dipakai dalam pembuatan papermodel 1. 3. Bisa digunakan untuk pemula sampai expert. Sering dipakai oleh papermodeller dunia dalam membuat robot seperti Gundam. 5. karena tebal dan kokoh. Bisa digunakan untuk pemula-expert. Inkjet paper Mempunyai ketebalan 100-135 gsm. StarDream Mempunyai ketebalan 120-220 gsm Bisa digunakan untuk expert Kertas mengkilap dan mempunyai berbagai macam warna. tinggal sobek dari buku gambar. Bisa dijadikan alternatif kertas jika kepepet. 4. Bisa digunakan untuk medium sampai expert. Hasil model akan mengkilap dan blink-blink. Biasanya digunakan untuk pembuatan gundam blank template. umumnya hanya satu sisi untuk mencetak. Bisa bikin hasil model mengkilap dan bisa untuk papercraft kecil sampai besar. cocok untuk paper model yang mengutamakan warna. Kertas ini cocok untuk papermodel dengan ukuran diatas 30 cm.Jenis Kertas Written by Lidwina Sunday.

tapi tidak tertutup kemungkinan untuk menggunakan jenis kertas yang lain yang dirasa cocok untuk pembuatan papercraft. Bisa dipakai untuk papermodel dengan tinggi diatas 30cm Jenis kertas diatas merupakan yang umum dipakai. . kokoh namun mudah dibentuk. Art Karton/Paper Mempunyai ketebalan ketebalan 120-220 gsm Bisa digunakan untuk medium-expert Kertas semi-mengkilap. Cocok untuk papermodel dengan hasil mengkilap.8.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful