MENGAPA MEMILIH TEKNOLOGI KELAUTAN

Makalah ini disusun sebagai salah satu tugas dalam mata kuliah Pengantar Teknologi Kelautan

Disusun oleh :
ALFI NUR SHOBAH STIFRONIS(4411100022)

PROGRAM STUDI TRANSPORTASI LAUT JURUSAN TEKNIK PERKAPALAN FAKULTAS TEKNOLOGI KELAUTAN

INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA

Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis akan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyusun laporan ini. Akhir kata. Penulis sangat menyadari bahwa karya tulis ini masih banyak kekurangan dan sangat jauh dari sempurna. saran. Oleh sebab itu penulis mengharapkan kritik. Amin. Makalah ini dapat tersusun berkat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak. Surabaya. penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya. dan masukan yang membangun dari para pembaca yang sekiranya dapat menyempurnakan makalah ini dan sebagai pedoman penulis dalam melangkah ke arah yang lebih baik lagi. Semoga makalah ini dapat berguna bagi kita semua.PERIODE 2011/2012 KATA PENGANTAR Puji syukur penulis sampaikan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul “Mengapa Memilih Teknologi Kelautan” tepat pada waktunya. apabila ada kata-kata yang kurang berkenan. Karena tidak ada manusia yang diciptakan sempurna sehingga penulis hanya dapat memberikan yang terbaik dari yang terbaik. 02 Oktober 2011 Penulis .

..............................2 1.....................................................1 Rumusan Masalah...............5 2..........ii BAB 1 PENDAHULUAN 1....................................... 3 Teknologi Kelautan dan Ilmu Kelautan........................................................................................................... 4 Perkembangan Teknologi Kelautan.........................................3 1.................................................... 2 Sejarah Maritim Indonesia...........................................2 BAB 2 PEMBAHASAN 2.......i DAFTAR ISI...........................1 Tujuan Penulisan........................................................................................................6 BAB 3 PENUTUP 3........9 i .................... 1 Pengertian Science dan Teknologi..........................................................8 DAFTAR PUSTAKA.........................................................4 Latar Belakang.......................................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR...........................................................1 Manfaat Penulisan..................................................................................................................................4 2.........................................1 1..3 2........ 1 Simpulan......................................................................

4. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Tujuan Penulisan Penulisan ini memiliki tujuan umum dan tujuan khusus. 1. Latar Belakang Selama ini kita sering mengabaikan dunia laut. mudah. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah. lebih aman. Indonesia adalah lautan yang ditaburi pulau. Sehingga seharusnya yang menjadi perhatian terbesar pemerintah dan masyarkat adalah lautan bukan daratan yang luasnya hanya sebagian kecil dari wilayah Indonesia. Untuk mengetahui perkembangan teknologi kelautan. Untuk sebuah kemajuan yang dibutuhkan bukan hanya ilmu tentang bidang yang akan dimajukan tersebut. Untuk mengetahui sejarah kemaritiman Indonesia. melainkan juga teknologi yang akan sangat mempengaruhinya. Ilmu dasar tentang saja banyak yang tidak mengerti. 2. Untuk mengetahui perbedaan science dan teknologi. bukan pulau yang dikelilingi lautan. nyaman dan sebagainya. 2.2. Pengetahuan masyarakat Indonesia tentang kelautan sangat kecil apalagi jika diminta untuk memajukan dunia kelautan.3. ii . ingin hidup lebih baik. Seseorang menggunakan teknologi karena ia memiliki akal. Rumusan Masalah 1. 3. Tujuan umum dari penelitian ini diantaranya: 1. 3. Bagaimana perbedaan science dan teknologi? Bagaimana sejarah kemaritiman Indonesia? Apa yang dimaksud dengan teknologi kelautan dan ilmu kelautan? Bagaimana perkembangan teknologi kelautan? 1.BAB 1 PENDAHULUAN 1. negara ini mampu berkembang hingga seperti ini bergantung pada laut Nusantara. padahal jika ditelaah lebih dalam. 4. Untuk mengetahui yang dimaksud dengan teknologi kelautan dan ilmu kelautan.1.

Dapat memberikan wawasan bagi kita tentang teknologi kelautan dan ilmu Sebagai motivasi kita untuk mampu memberikan yang terbaik terhadap Sebagai motivasi bagi pemerintah agar dapat meperbaiki kondisi kelautan serta perkembangan teknologi kelautan.4. dunia kemaritiman khususnya dunia maritim Indonesia. Manfaat Penulisan a. kemaritiman Indonesia. Institut Sepuluh Nopember Surabaya. 1. 1 . c. b.Adapun tujuan khusus dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah Pengantar Teknologi Kelautan yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Kelautan.

Pengembangan sains mensyaratkan sebuah kegiatan pencatatan dan dokumentasi yang ketat secara tertulis. 1. mengumpulkan data. Teknologi (technology) adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis. Langkah tersebut adalah merumuskan masalah. sedangkan bepikir induktif statistik diterapkan dalam pengolahan data-data statistik hasil pengamatan yang akan digunakan untuk menyimpulkan apakah hipotesa itu ditolak atau diterima. Sains dikembangkan dengan sebuah disiplin berpikir tertentu. 2003: 11) Sains sebagai proses merupakan langkah-langkah yang ditempuh para ilmuwan untuk melakukan penyelidikan dalam rangka mencari penjelasan tentang gejala-gejala alam. S. menganalisis dan akhimya menyimpulkan. "Real Science is both product and process. merumuskan hipotesis. pengembangan sains mensyaratkan budaya menulis (dan membaca) yang kuat. Salah satunya yaitu pendekatan saintifik yang akan menjamin bahwa setiap pengetahuan baru yang diperoleh melalui sebuah sebuah penelitian akan menghasilkan pengetahuan yang valid/sahih (tidak diragukan). Dalam sebuah penelitian berpikir deduktif logis diterapkan dalam hipotesa. Sund dan Trowbribge merumuskan bahwa Sains merupakan kumpulan pengetahuan dan proses. Sedangkan Kuslan Stone menyebutkan bahwa Sains adalah kumpulan pengetahuan dan cara-cara untuk mendapatkan dan mempergunakan pengetahuan itu. Sains merupakan produk dan proses yang tidak dapat dipisahkan. Pengertian Science dan Teknologi Sains (science) diambil dari kata latin scientia yang arti harfiahnya adalah pengetahuan. merancang eksperimen. Oleh karena itu. inseparably Joint" (Agus. Pendekatan saintifik menggabungkan antara proses berpikir deduktif logis dengan berpikir induktif statistik.BAB 2 PEMBAHASAN 2. ilmu pengetahuan terapan atau dapat pula diterjemahkan sebagai keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan 2 3 .

organisasi. Kapal sebagai produk teknologi memiliki sejarah yang amat panjang yang bisa ditelusuri sejak manusia mulai membangun peradaban di sekitar sumber-sumber air dan sungai-sungai. Nusantara mencatat dua kerajaan maritim yang amat berpengaruh di jamannya. Penjajahan Belanda atas Indonesia dilakukan secara bertahap yaitu melalui infrastruktur maritim kerajaan-kerajaan di Nusantara satu persatu dikuasai. bahkan Afrika Barat. namun memerlukan waktu. Tradisi maritim kita jauh lebih tua daripada yang lainnya. Teknologi juga dapat dipahami sebagai sistem kemampuan untuk mengahasilkan barang dan jasa. Hal ini disebabkan karena nenek moyang kita hidup dalam sebuah kawasan yang akrab dengan laut. Sejarah Maritim Indonesia Sejarah maritim Indonesia adalah sejarah yang amat panjang yang telah dimulai sejak manusia Austronesia berpindah ke kawasan Asia Tenggara. 2. yaitu Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Majapahit. 2. Teknologi boleh juga disebut sebagai hasil interaksi manusia dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya yang kemudian menghasilkan berbagai alat-alat. jauh lebih dahulu daripada penemuan Benua Amerika oleh Columbus. Ini karena menyangkut perilaku dan budaya konsumen beserta aspirasi dan gaya hidupnya. Kemampuan maritim ini adalah kemampuan menguasai ruang di laut untuk kepentingan pelayaran dengan misi perdagangan ataupun penaklukan (militer). bahwa pelaut-pelaut Indonesia telah mencapai Madagaskar. produk-produk teknologi customer goods memiliki kandungan seni yang tinggi.Hal ini memerlukan kemampuan integrasi teknologi yang canggih. Perlu diingat bahwa hampir semua produk-produk rekayasa semula dibuat untuk mempercepat proses-proses. secara . maupun penemuan Australia oleh James Cook. Budaya waktu merupakan salah satu ciri terpenting masyarakat industri. serta Australia. Teknologi merupakan perkembangan suatu media / alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah. Dengan menguasai infrastrukutur maritim ini. pengembangan teknologi mensyaratkan pendekatan multi-disiplin yang memerlukan sebuah technological teamwork. Kemampuan-kemampuan maritim berkembang sejalan dengan perkembangan budaya manusia. seperti disiplin waktu. Hasil-hasil studi mutakhir menunjukkan. Secara umum dapat dikatakan. Karena masalah yang dihadapi manusia bersifat multi-dimensi. Kemampuan tersebut tidak bisa dibangun sekejap mata. pembiasaan yanglama agar terbentuk sebuah budaya teknologi.hidup manusia. di samping kandungan teknik.

d. infrastruktur maritim ini juga dibawa pergi. Akibatnya. demokratis dan outward-looking secara perlahan-lahan menjadi asing bagi masyarakat Nusantara. b. Biologi Laut (Marine Biology): mempelajari bagaimana organisme di laut itu hidup dan berinteraksi satu dengan lainnya dan dengan lingkungannya. Teknologi Kelautan dan Ilmu Kelautan • Ilmu Kelautan (Marine Science. untuk kemudian dikuasai (politik devide at impera). Oceanography) Pengetahuan tentang hal-hal yang berada di permukaan dan di dalam laut sampai yang terdalam. Pulau-pulau terluar Indonesia tidak mampu kita duduki secara efektif sehingga mudah jatuh ke pemerintahan asing/tetangga. kemmampuan Search and Rescue kita terbatas sekali. Cara pandang kepulauan yang dinamis. Pemerintah Soekarno terpaksa meminta bantuan Uni Sovyet (saat perang dingin) untuk menggantikan armada laut Belanda. inward-looking. Juga kecelakaan di lau. Spesialis Kebijakan Laut (Marine Policy Specialist): mempelajari kebijakan (policy) pemerintah terkait manajemen da penggunaan sumber daya kelautan • Teknologi Kelautan Cabang dari engineering (rekayasa) yang mengkhususkan diri pada teknologi yang digunakan untuk memanfaatkan laut untuk kesejahteraan umat manusia. Dengan kepergian Belanda sejak kemerdekaan. hierarkis dan feodal. waste disposal. Belanda juga memaksakan cara berpikir agraris-feodal pada kaum elite kerajaan-kerajaan Nusantara sehingga mereka semakin mudah dipecah-belah. 3. prediksi pemanasan global dan kenaikan permukaan laut. hingga saat ini kita masih gagal membangun pemerintahan di laut yang efektif. mining. termasuk sistem pemerintahan di laut yang dikuasai oleh Belanda. statis.perlahan namun pasti. c. perairan Indonesia merupakan salah satu perairan tak bertuan tempat berbagai kejahatan dilakukan : illegal fishing. termasuk bagaimana interaksi sesamanya. dan sebagainya. Akibatnya. human trafficking. 2. oil smuggling. cara pandang kepulauan diganti dengan cara pandang pulau besar (daratan) yang agraris. 4 . Namun demikian. Dibawah ini adalah pengelompokan disiplin ilmunya : a. Kimia Laut (Marine Chemistry): mempelajari “nasib” dari organisme di laut. Geologi Laut (Marine Geology): mempelajari bentuk batuan di dasar laut yang dapat memberikan informasi sejarah yang terekam di komposisi sedimentasi mineral. egaliter. Oseanografi Fisika (Physical Oceanography): mempelajari sifat-sifat fisik dan gerakan air laut dan pengaruhnya terhadap lingkungan hidup kita e. Sejak saat itu.

3. Konversi energi laut o Sumber energi berbasis hidrokarbon tidak bisa diperbarui dan diperkirakan suatu waktu akan habis o Energi alternatif yang tidak akan habis bisa dipanen dari laut o Arus. Daftar berikut hanyalah beberapa contoh yang tentu saja amsih terus berkembang. Teknologi laut dalam o Eksplorasi untuk migas mulai bergeser ke laut dalam sampai pada kedalaman diatas 1000 m o Laut dalam juga menjadi sumber pertambangan o Penelitian dari marine science akhir-akhir ini menunjukkan bahwa laut dalam mengandung bahan-bahan untuk pengobatan. Teknik Kelautan (Ocean Engineering): mempelajari lingkungan laut untuk menentukan pengaruhnya terhadap bangunan apung/fixed di laut. 5 . 4. komestik dengan side effecti lebih kecil. Perkembangan Teknologi Kelautan Seperti disebutkan sebelumnya disiplin ini relatif baru dan mencakup berbagai disiplin engineering yang terus berkembang sesuai dengan sifat laut sebagai new frontier.Scope (Tradisional) Teknologi Kelautan : 1. 2. 1. Teknik Sistem Perkapalan (Marine Engineering): mempelajari permesinan kapal. memahami dan mitigasi dampak dari perubahan iklim termasuk pemanasan global 3. Penginderaan jauh di laut o Mendeteksi lokasi berkumpulnya ikan o Melihat pattern aliran di belakang kapal untuk memprdiksi data utama kapal termasuk mendeteksi kapal selam (aplikasi pertahanan) o Untuk mendapat data sehingga bisa diolah menjadi informasi timely yang kaurat untuk manajemen ligkungan. perbedaan temperatur. Teknik Perkapalan (Naval Architecture): mempelajari cara mendesain kapal. 2. bisa dikonversi dalam bentuk energi yang bisa dikelola untuk kepentingan listri o Tantangan saat ini adalah mengembangkan dan mencari teknologi yang paling efisien 2. gelombang.

o Early warning system untuk Tsunami 5. rute dan jalur transportasi yang optimum. transportasi khusus antar pulau seperti WISE (wing in surface effect). dll. 6. mode transportasi laut. dirasakn perlunya pengembangan keahlian ini secara mendalam o Penentuan jumlah dan kapasitas kapal yang tepat. manajemen armada kapal. ¬multi-moda integration dll. Sosiologi dan antropologi masyarakat maritim o Masyarakat maritim mempunyai budaya yang khas sehingga diperlukan studi khusus tentang mereka o Ini bukan hard science. Namun. teknologi desalination air laut menjadi air tawar. o Tenaga angin (wind power). pesisir memerlukan pengambangan teknologi yang bisa diadopsi dari berbagai disiplin engineering. Transportasi laut o Merupakan subset dari teknik perkapalan o Dengan semakin kompleksnya. Teknologi pesisir o Pengelompokan ini tidak unique.4. namun sering sangat berhasilnya aplikasi teknologi menentukan sukses atau o Banyak contoh aplikasi teknologi yang gagal bukan karena teknologi itu sendiri 6 .

BAB 3 PENUTUP 3. b. Kimia Laut. Sejarah maritim Indonesia amat panjang dan lebih tua di banding negara-negara lainnya. Spesialis Kebijakan Laut. Sedangkan Teknologi Kelautan adalah cabang dari engineering (rekayasa) yang mengkhususkan diri pada teknologi yang digunakan untuk memanfaatkan laut untuk kesejahteraan umat manusia. termasuk bagaimana interaksi sesamanya. c. transportasi laut. Adapun scope (tradisional) teknologi kelautan yaitu Teknik Perkapalan.1. Sedangkan teknologi (technology) adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis. Ilmu Kelautan adalah pengetahuan tentang hal-hal yang berada di permukaan dan di dalam laut sampai yang terdalam. Simpulan a. Geologi Laut. Teknik Sistem Perkapalan dan Teknik Kelautan. Perkembangan teknologi kelautan konversi energi laut. 7 . ilmu pengetahuan terapan atau dapat pula diterjemahkan sebagai keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Pengelompokan disiplin ilmunya : Biologi Laut. penginderaan jauh di laut. Infrastruktur maritim di Indonesia dibawa oleh Belanda. Pengertian dari sains adalah kumpulan pengetahuan dan cara-cara untuk mendapatkan dan mempergunakan pengetahuan itu. d. Oseanografi Fisika. teknologi laut dalam. sosiologi dan antropologi masyarakat maritim. teknologi pesisir.

Teknologi Kelautan.byethost24. Filsafat Ilmu Dick-Read.2008. Definisi Sains.2009. Reifel. ITS: FTK 8 8 . diakses 01 Oktober 2011) H.2010. (http://id. (Online). dan lain-lain. .Planning and Design of Fixed Offshore Platforms. (http://wartawargagunadarma. Rizki Febri. Management of Technology: The key to Competitiveness and Wealth Creation.l091k4. Teknologi dan Masyarakat. (Online).org diakses 01 Oktober 2011) Ardian.id. (Online).DAFTAR PUSTAKA Anonim1. Van-Nostrand Reinhold Ramelan.com. Lubuk Agung Khalil Tarek.2005.1986. McGraw Hill Imron.wikipedia. Ilmu Kelautan. Mizan McClelland. Asjhar. diakses 30 September 2011) S. Penjelajah Bahari. M.ac. Sumantri. 10 Cara Menjadi Orang yang Kreatif.2010.2000. Robert. (http://www.2011. R. Lucky. Jujun. Effendi. Teknologi.

9 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful