PASSENGER SHIP 70 PAX

DIMENSI UTAMA LAMBUNG Panjang 30 meter Lebar 15 meter Tinggi 5 meter sarat air 3 meter bobot mati 810 ton kecepatan 15 knot (30 km/jam) jarak 75 mil laut pelayaran

KAPASITAS kru penumpang

10 orang 70 penumpang

DAYA KONSUMSI propulsi, listrik, navigasi

488 KW

Karena bentuk magnet superkonduktor ini silindris dan air mampu masuk ke dalam lubang ditengah lambung 4.SWATH (Small Waterplane Area Twin Hull) Aplikasi yang tepat dalam menerapkan rekayasa kapal dengan propulsi magnet super konduktor ini adalah dengan menerapkanya sebagai kapal penumpang (passenger ship) Kapal magnet superkonduktor ini cocok dengan konstruksi lambung kapal dengan jenis SWATH (small water-plane area twin hull) yang mirip dengan catamaran. bentuk peluru yang memiliki perbandingan panjang per lebar yang besar. bentuk konstruksi lambung yang seperti peluru ini memungkinkan untuk ditempati superkonduktor. Dengan bobot mati yang sama kapal dengan rasio L/B yang besar memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan kapal dengan perbandingan L/B yang kecil sehingga Keuntungan dapat didapatkan dengan desain kapal seperti diatas. rute pelayaran yang pendek. Tidak membutuhkan barang bawaan yang banyak . keuntungan sebagai berikut 1. bentuk lambung SWATH seperti peluru dan kapal selam. kenaikan daya mesin sebanding dengan kenaikan harga jual. hanya dari pulau ke pulau. daya mesin rendah. tidak ada gas buang yang dihasilkan karena gaya dorong bukan berasal dari motor pembakaran 3. sebab 1. kapal penumpang memiliki spesifikasi kecepatan tinggi. secara teoritis gaya hambat kapal sangat minimum yang sebanding dengan berkurangnya dasa mesin yang dibutuhkan 3. dengan luas garis air (waterplane area) yang kecil dapat meningkatkan kecepatan kapal 2. dalam membeli mesin. ramah lingkungan dan go green. sehingga kita mampu membeli mesin dengan harga murah 2.

memiliki efisiensi 99.99% dibanding motor pembakaran yang hanya 30 s/d 70 % Kerugian 1. electric propulsion sangat reliable. . kapal ini cocok untuk penyeberangan antar pulau seperti kepulauan seribu. kepulauan riau dll. biaya produksi tinggi karena bahan superkonduktor Di Indonesia.4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful