Narkoba dan macam-macam jenis narkoba

A. Pengertian

Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya, tidak semua narkoba berdampak negatif, karena banyak narkotika dan psikotropika yang memberi manfaat besar bagi dunia kedokteran. Seperti dalam hal pembedahan yang menggunakan alat bius (narkotika). - untuk lebih jelasnya akan kita bahas satu per satu sebagai berikut : 1. Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan, baik sintesis atau bukan. Yang dapat menyebakan penuruanan atau perubahan kesadaran dan hilang rasa. Zat ini dapat mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri serta menimbulkan ketergantungan. 2. Psikotropika adalah zat atau obat bukan narkotika, baik alami atau sintesis. Yang memiliki khasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat. 3. Bahan adiktif lainnya adalah bahan lain selain narkotika dan psikotropika yang dapat menimbulkan ke tergantungan.

contoh kodein. . adalah narkotika yg paling berbahaya. dan opium. ganja. adalah yang memiliki adiktif ringan. berdasarkan cara pembuatannya. Minuman beralkohol adalah minuman yang mengandung etanol yang diproses dari bahan hasil pertanian secara destilasi ataupun frementasi tanpa destilasi. dan bahan adiktif lainnya. Narkotika. dibagi menjadi 3 golongan. . .golongan 1. . contoh. narkotika.golongan 3. tapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian. Contoh petidin. yaitu : a. Kokain.golongan 2. Jenis-jenis narkoba : jenis narkoba ada 3. 1.4. heroin. Narkotika yang punya adiktif kuat. morfin. banyak tumbuh di aceh. sumatra dll. Narkotika alami # ganja. psikotropika. narkotika di bagi 3. benzetidin dan bentametadol. Digunakan untuk penelitian dan ilmu pengetahuan. daya adiktifnya sangat tinggi. B.

# koka. Banyak di segi 3 emas antara burma. # heroin. b. Serta segi 3 emas asia tengah antara afganistan. iran dan pakistan. c. thailand.# hasis. (operasi kecil seperti khitan) . # opium berbentuk bunga. dari getahnya di hasilkan opiat. Digunakan untuk pembiusan dan pengobatan bagi orang yang menderita ketergantungan narkoba (substitusi). banyak tumbuh di amerika latin. digunakan sebagai penghilang batuk. daratan cina. contoh : # petidin untuk obat bius lokal. di olah menjadi kokain. contoh : # morfin. Narkotika sintesis. eropa. digunakan untuk menghilangkan rasa sakit (obat bius) # kodein. dan belum di temukan manfaatnya secara medis. kamboja. adalah narkotika alami yang diolah dan diambil intisarinya. adalah narkotika buatan dari bahan kimia. # kokain. Narkotika sintesis. hasil olahan dari biji koka. di sebut juga putaw atau petai.

golongan 4. buprenorsina.# methadon untuk pengobatan pecandu narkoba. daya adiktif sangat kuat. di bagi menjadi 4 golongan : . Contoh MDMA. berguna bagi pengobatan. metamfetamin. # naltrexon untuk pengobatan pecandu narkoba. 2. daya adiktif kuat berguna bagi pengobatan contoh amfetamin. .golongan 3. berguna bagi pengobatan contoh lumibal. Fleenitrazepam. Psikotropika. metakualon. . .golongan 2. LSD. .golongan 1. Contoh nitrazepam (BK. digunakan untuk mengobati gangguan jiwa. daya diktif ringan. daya adiktif sedang. STP dan ekstasi.

misceline. Bahan adiktif lainnya. ekstasi dan shabu. contoh. berdasarkan ilmu farmakologi. . menimbulkan khyalan seperti LSD (lysergic acid diethyltamide). # halusinogen. Kelompok alkohol. diazepam. dan halusinogen. dan thinner. getak tanaman kaktus. ganja. # stimulan. dibagi menjadi 3 golongan : depresan. Dll. # dipresan/ penekan saraf pusat (penenang atau obat tidur) contoh. dumolid). Yang menggunakannya akan selalu ingin aktif. rokok. BK. rihipnol dan megadon.mogadon. perangsang seperti amfetamin. 3. stimulan. valium. kecubung.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful