Kandang Ayam Kampung Yang Baik

Ditulis Oleh AH MA D M ARY UK I on TH UR SD AY , JUL Y 1 9, 2 01 2 P AD A 7 :55 PM

Pembuatan kandang ayam kampung yang baik akan membuat hasil ternak ayam kampung kita menjadi optimal. Berbicara tentang kandang ayam, berbeda kandang akan berbeda pula cara pemeliharaan, keunggulan dan kekurangan. Begitu pula berdasarkan usia ayam. Baik itu usia baru lahir sampai siap panen pun berbeda pula. Kandang ayam kampung yang baik ini meliputi beberapa aspek yang harus dicermati oleh peternak ayam kampung. Beberapa aspek yang harus dicermati yaitu :

1. Biaya
Perkandangan memerlukan modal besar ke-2 setelah pakan. Pembuatan kandang ayam yang baik tidak harus menggunakan bahan yang mahal namun kuat dan dapat menjaga kehidupan dari si ayam kampung tersebut. Banyak bahan yang dipakai untuk menekan biaya pembuatan kandang ayam. Salah satunya menggunakan media bambu, strimin, dan bahan lain yang ringan, murah, kuat. Diperkirakan untuk biaya kandang ini adalah dengan biaya seminimal mungkin.

2. Kegunaan/fungsi
Setiap model kandang memiliki kelemahan dan kegunaan masing-masing. Kegunaan tersebut masih dibagi-bagi menjadi beberapa tergantung umur si ayam. Misalkan kita membuat kandang untuk sistem ren dan postal litter, keunggulan dan kelemahan juga berbeda-beda.

3. Keamanan
Kandang ayam kampung yang baik harus membuat ayam merasa aman dan nyaman. Usahakansuhu dalam kandang ayam kampung memenuhi kebutuhan ayam. Kandang yang lembab, terlalu panas, dan kurang aman, akan menyebabkan pemangsa akan masuk ke kandang. Seperti halnya ular, ular akan masuk ke kandang jika suhu dalam kandang rendah, atau lembab. Kandang yang dekat dengan sawah pun bisa dimasuki musang dan pemangsa lain. Tidak hanya pemangsa, kita tahu bahwa di jaman sekarang masih ada dan bahkan banyak tangan-tangan usil yang mengambil ternak ayam kita. Tips dari saya adalah buat pagar yang mengelilingi kandang.

4. Kualitas
1

Dalam pembuatan kandang kualitas kandang dan bahan dicari dengan bahan yang murah namun memiliki kualitas seperti kuat, tahan lama, dan mampu menjaga ayam. Arahkan kandang menghadap sinar matahari.

5. Jangka waktu
Jangka waktu penggantian kandang juga diperkirakan. Kita tahu bahwa kandang tidak selamanya awet. Saat pembuatan kandang, harus diperkirakan masa penggantian. Dengan begitu kita akan memprediksi jumlah biaya dan waktu yang akan dikeluarkan saat pergantian tersebut.

6. Lokasi/Tempat
Lokasi dan tempat mempengaruhi hasil ternak. Kondisi kandang yang dekat jalan raya akan membuat ayam stress. Maka dari itu kita memilih tempat untuk kandang yang tenang dan bebas dari keramaian. Usahakan kandang ayam berjarak 10 meter dari pemukiman. Tempat kandang ayam berada di lahan yang sejuk, kalau bisa terhalang oleh bangunan. Ini dimaksudkan agar ternak tidak terkena angin langsung. Lokasi kandang berada di tempat yang kering dan tidak lembab. Jika lembab akan mudah sekali terkena penyakit.

7. Sumber daya
Sumber daya di sini maksudnya adalah membuat kandang yang dekat dengan sumber air, sumber pakan, dan bahkan kalau bisa dekat dengan pemasaran hasil panen. Saya membuat kandang ayam yang dekat dengan pasar tradisional. Dengan begitu keuntungan akan berlipat-lipat. Untuk kandang ayam seperti di atas adalah kandang untuk petelur dan memang sangat sederhana. Tetapi bagi kami masih terdapat kekurangan yakni penggunaan bahan terlalu mahal dan tidak ada penutup dinding pada malam hari. Karena pada dasarnya untuk pembesaran ayam kampung pedaging adalah : 1. Lebih efisien jika ayam berada di tanah 2. Cahaya pagi bisa masuk secara langsung dan mengenai ayam (tujuannya adalah ayam lebih sehat) 3. Pada malam hari harus di tutup pada bagian dinding dengan bahan kedap udara (plastik, terpal dll) 4. Penggunaan kandang diharapkan mudah dikontrol dan mudah dibersihkan Dengan memperhatikan aspek-aspek di atas tentu kandang ayam kampung kita akan mudah kita kelola. Untuk anda yang ingin melihat koleksi kandang, bisa melihat di gallery kandang ayam. Bagi anda yang memakai metode atau model kandang ayam kampung yang terbaik dan termurah dengan hasil optimal, mohon sharenya di kotak komentar atau mengirim foto kandang ayam di sini

JAMU AYAM

Jamu bukanlah hal baru bagi orang Indonesia. Jamu adalah ramuan tradisional yang terdiri dari tumbuh – tumbuhan obat dan bahan organik lain. Jamu diminum untuk kesehatan peminumnya. Sehingga dengan meminum jamu, kesehatan lebih terjaga dan tidak mudah sakit. Jika jamu biasanya diminum oleh manusia, ternyata jamu juga bisa
2

dikonsumsi untuk ayam. Jamu ayam tersebut juga dibuat dari bahan – bahan alami, seperti dauh sirih, jahe, kencur, kunyit bawang putih dan tumbuh – tumbuhan obat lainnya. Saat ini ada banyak peramu jamu ayam, salah satu orang yang melakukan riset jamu ayam adalah JC Soenardi seorang Kepala BPP Kecamatan Tayu Kulon Kabupaten Pati yang telah menemukan racikan Jamu Ayam yang cukup lengkap dan terbukti. Jamu ayam yang dia racik dikonsumsi untuk ayam pedaging yang dia pelihara. Selain untuk menjaga kesehatan dan kualitas ayam pedaging. Jamu ayam juga dapat mencegah penyakit unggas yang cukup menghebohkan yaitu penyakit Flu Burung (H5N1). Jamu ayam bisa menjadi Obat pencegah Flu Burung tentu sangat menguntungkan petani unggas. Ketakutan bisnis ayam pedaging gulung tikar akan hilang dengan pemakaian Jamu Ayam secara teratur. Juga dengan bahan – bahan alami yang terkandung dalam Jamu Ayam, maka tidak ada efek samping dari pemakaian Jamu Ayam. Ayam pedaging saat ini mungkin banyak dikonsumsi oleh banyak orang, dengan pemakaian Jamu Ayam maka kualitas daging akan jauh lebih sehat untuk dikonsumsi oleh pembeli. Dan jika suatu saat Franchise Besar seperti KFC, CFC, Wendy’s dan masih banyak lagi melakukan standarisasi yang lebih detail kepada daging ayam yang akan mereka beli tentu Jamu Ayam dapat menjadi jawaban untuk kualitas daging ayam yang sempurna. Dari tulisan di atas, ternyata negara kita sangat kaya akan sumber daya alam yang berguna untuk menjamin kesehatan kita semua. Oleh karena itu mari kita jaga sumber daya alam di Indonesia tercinta ini. Untuk konsultansi bisa menghubungai Bpk. YC Soenardi (+62)81 2250 6621

Manfaat Air Gula Jawa Untuk Ayam Kampung
Ditulis Oleh A HM AD MAR YU KI on SUN DA Y, NOV EM BER 25 , 2 01 2 PA DA 10 :4 7 AM

Sahabat ternak, musim hujan kini telah tiba dan hujan pun setiap hari. Terkadang mulai pagi sudah turun hujan hingga malam. Tentu stamina atau daya tahan tubuh menjadi berkurang akibat cuaca dingin. Belum lagi masalah penyakit sering muncul pada musim penghujan. Pemberian obat ataupun jamu dirasa wajib diberikan demi suksesnya pemeliharaan ayam kampung. Untuk artikel ini kami ingin mengulas tentang manfaat air gula jawa untuk ayam kampung. Dengan tujuan menjaga dan menambah daya tahan tubuh ayam kampung. Dan berikut pengetahuan dan hasil percobaan kami di peternakan ayam kampung kami.

3

Tentang Gula Jawa
Gula Jawa atau sering disebut juga gula merah, dan ada sebutan unik yaitu gula mangkok adalah sejenis bahan makanan untuk memberi rasa manis pada masakan. Di beberapa negara ada sebutan lain yaitu : Gula Merah (Indonesia), Gula Jawa (Jawa), Panocha (Filipina), (Vietnam), Koko-to (Jepang), Au-tung (Thailand), dan Tur (India). Mot-Choi-Duong

Gula jawa terbuat dari bahan nira sementara nira tersebut adalah cairan yang keluar dari bunga pada pohon palma seperti kelapa, aren, dan siwalan serta tebu serta bahan lain. Tahukah anda manfaat air gula jawa untuk ayam kampung? Mari kita teliti lebih jauh!

Nutrisi Gula Jawa (sajian 100 g)
Energi (kkal) : 386 Protein (g) : 3,0 Karbohidrat (g) : 76,0 Lemak (g) : 10 Kalsium (mg) : 76 Fosfor (mg) : 37 Besi (mg) : 37 dan lain sebagainya

Tujuan Pemberian Gula Jawa
1. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh 2. Menambah nutrisi/sumber energi dalam ransum untuk DOC pada air minum agar mudah diserap. 3. Mengatasi dehidrasi pada ayam atau DOC 4. Menambah berat badan ayam kampung pedaging 5. Mencegah kematian pada ayam kampung.

Alasan Pemberian Air Gula Jawa
1. Air gula jawa dimaksudkan untuk menyuplai sumber energi mudah diserap untuk DOC. (Taxton at al (1974) 2. Kandungan nutrisi air gula jawa berupa sukrosa dan glukosa mampu mensuplai sumber energi dan nutrisi lain berfungsi untuk menambah stamina ayam kampung 3. Menambah nutrisi belum tersedia pada ransum ayam

Pemberian Air Gula Jawa Pada Ayam Kampung
Cara kami memberikan air gula jawa pada ayam 1. Ambil gula jawa sebesar 1 sendok makan (boleh berupa serbuk) adalah :

4

2. Tambahkan kedalam 1 gelas air (200 ml) 3. Tambahkan lengkuas (jawa : laos) 1 siung atau sebesar jari 4. Seduh hingga matang dan pemberian pada air minum. 5. Dosis adalah sehari 1 x.

Hal-hal perlu diperhatikan dalam pemberian air gula jawa
1. Campurlah beberapa bahan lain agar air gula jawa tidak dimasuki semut dengan lengkuas atau laos tadi atau bawang putih dan kunyit. 2. Pemberian boleh dilakukan pagi atau sore saja asalkan 1 x sehari 3. Pemberian diberikan pada musim dingin (penghujan) dan ketika ayam kelihatan lemas 4. Pemberian air gula jawa pada musim panas dapat menimbulkan konsumsi makanan menjadi sia-sia karena aktifitas ayam menjadi hiperaktif. Banyak pendapat bermunculan tentang manfaat air gula jawa atau gula merah ini. Maka dari itu kami mengambil kesimpulan bahwa inti pemberian air gula jawa pada ayam adalah untuk menjaga dan menambah stamina/daya tahan tubuh saat cuaca ekstrim (musim penghujan). Namun pada konsisi ayam sehat, pemberian air gula jawa tidak akan berpengaruh negatif pada ayam kampung. Akhir kata majulah peternakan Indonesia!

Manfaat Daun Sirih Untuk Ayam
Ditulis Oleh A HM AD MAR YU KI on FRI DA Y, AU GU ST 31 , 20 12 PA DA 10 :1 6 PM

Manfaat daun sirih untuk ayam kampung memang sudah banyak peternak yang tahu. Seperti bahan herbal lain bahwasanya daun sirih merupakan tanaman obat yang mujarab bagi hewan. Tidak hanya untuk ayam kampung manusia saja menggunakan daun sirih sebagai pengobatan. Berikut penjelasan dan pengalaman penulis tetang daun sirih tersebut

Nama Latin : Piper Betle L Nama Lokal : Sirih, Suroh (jawa) Kasiat daun sirih untuk peternakan :

5

1. Mengobati Luka/pendarahan
Biasanya digunakan pada ayam yang terkena masalah akibat kanibalisme, bertarung, maupun akibat luka masalah perkandangan. Contoh setelah ayam dipatuk (cocok juga diberikan saat ayam setelah diadu biasanya mata ayam sedikit kering dan berdarah) Dengan memberikan air daun sirih ini mata ayam kembali cerah dan bening

2. Sebagai pestisida alami
Daun sirih dapat dijadikan pestisida atau obat semprot kandang yang bisa dicampur dengan obat lain. Biasanya dicampur untuk menyemprot tempat bertelur ayam agar bebas dari hama penghisap seperti nyamuk dll.

3. Penghilang bau kotoran ayam
Memang daun sirih tidak begitu ampuh untuk menghilangkan bau pada kotoran ayam namun dengan manfaat daun sirih yang mempunyai fungsi memperlancar pencernaan dan membunuh bakteri saya rasa cukup bermanfaat

4. Pakan Organik
Daun sirih aman dikonsumsi bagi manusia ataupun hewan khususnya ayam kampung. Jadi pemberian pakan untuk ayam bila menggunakan sistem organik dapat pula diberikan kepada ayam.

5. Menghilangkan Ngorok pada ayam
Saya sudah mencoba memberikan air rebusan daun sirih pada ayam yang ngorok selama 1 bulan. Alhamdulillah sekarang sudah sembuh. Tentu dicampur dengan jeruk nipis dan air hangat. Pengobatan dan pemeliharaan ayam menggunakan daun sirih dapat dari dalam maupun dari luar tubuh. Jika sahabat menggunakan daun sirih untuk bagian tubuh luar bisa langsung ditumbuk dan dicampur dengan air. Namun jika diberikan pada pakan atau air minum disarankan untuk memasaknya terlebih dahulu. Atau paling tidak direbus Jika pemberian daun sirih untuk pakan tidak direbus maka ayam akan keracunan. Paling parah adalah ayam menjadi gila. Dosis adalah 1/2 daun sirih ukuran besar. Disarankan pemberian daun sirih dari dalam tubuh diberikan pada ayam dara atau ayam dewasa.

Manfaat Kunyit Untuk Ayam Kampung
Ditulis Oleh AH MA D M ARY UK I on TH UR SD AY , AU GU ST 2 3, 20 12 PA DA 3: 23 AM

6

Manfaat kunyit untuk ayam kampung sangat beragam sekali khususnya sebagai kesehatan ayam. Selain bawang putih kunir juga dipercaya menyembuhkan atau mengurangi gejala-gejala masalah pada ayam. Berikut ini sedikit ulasan tentang kegunaan kunir di bidang peternakan khususnya ternak ayam kampung Nama Ilmiah atau sebutan lain Kunir (Jawa), Kurkuma (Belanda), Kunyit (Indonesia), Koneng (Sunda), Saffron (Inggris), Konyet (Madura), Kurkum (Arab) Adapun manfaat kunyit untuk ayam yaitu : 1. Menambah nafsu makan Pemberian kunyit atau kunir merupakan langkah tepat dimana ayam mulai kekurangan nafsu makan 2. Antibiotik (vaksin) Bagi ayam organik khususnya ayam kampung pemberian vaksin digantikan oleh kunir 3. Diare Kunyit dipercara mengurangi mencret pada ayam. Diare pada ayam diakibatkan oleh minum yang terlalu banyak dan penyebab lainnya. Untuk itu pemberian kunir adalah pilihan yang tepat untuk mengobati diare 4. Lesu Ayam anda lesu atau kurang bergairah? Atau ayam anda terlihat murung? Cobalah memberi kunyit 1/4 siung kecil dan masukkan utuh tanpa di tumbuk untuk ayam dewasa. Dijamin manjur

Manfaat Bawang Putih Untuk Ayam Kampung
Ditulis Oleh AH MA D M ARY UK I on SUN DA Y, A UG US T 1 9, 2 01 2 PA DA 3: 05 AM

7

Manfaat bawang putih untuk ayam kampung pada dasarnya untuk penyembuhan. Disamping sebagai jamu ayam, bawang putih juga dipergunakan untuk mengobati beberapa masalah yang terjadi pada ayam. Berikut ini adalah khasiat dari bawang putih untuk ayam kampung.

1. Mengurangi diare
Ayam yang sedang mengalami diare karena beberapa faktor seperti cuaca dll, saya menyarankan memberi bawang putih agar kotoran tidak encer. Dengan ayam mengkonsumsi bawang putih maka sistem pencernaan akan lancar.

2. Meningkatkan ketahanan tubuh
Dalam suhu yang tidak stabil atau pergantian musim tentu ketahanan tubuh ayam juga berbeda-beda. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh akibat cuaca. Pemberian bawang putih dapat menambah suhu tubuh. Allicin yang terkandung dalam bawang putih merupakan senyawa anti jamur. Ini menyebabkan ayam menjadi tahan terhadap serangan bakteri maupun virus. Bawang putih juga dapat menyembuhkan flu pada ayam. Memperbaiki atau mengobati bagian tubuh ayam yang luka

3. Mengobati sakit pada telinga
Tentu penyakit pada telinga ayam memang sulit dikenali dengan jarangnya dijumpai penyakit pada telinga. Namun dalam hasil pengalaman saya, pemberian cairan bawang putih pada telinga dapat menurunkan ayam yang stress akibat suara bising (petasan bulan puasa). Cara pemberian bawang putih untuk jamu yaitu dengan memotong kecil-kecil sebagai ransum atau pakan atau diblender dan dimasukkan ke dalam air minum. Dosis yaitu kurang lebih 1/4 siung untuk 1 ekor ayam dewasa.

Gallery Kandang Untuk Ayam Kampung Asli
Ditulis Oleh A HM AD MAR YU KI on SUN DA Y, JU LY 1, 20 12 P AD A 6 :2 5 PM

Dari sekian banyak kandang untuk ayam kampung asli, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini kandang yang bisa dijadikan referensi bagi anda pecinta ayam kampung asli yang ingin membudidayakannya di rumah.

8

1. Kandang Ayam Sistem Ren

2. Kandang Ayam Kampung Sistem Postal Litter

9

3. Kandang Ayam Kampung Sistem Battery

Itulah beberapa macam kandang untuk ayam kampung asli yang bisa dicoba. Gambar akan selalu saya update

Tingkat Keefektifan Pakan Ayam Kampung
Ditulis Oleh A HM AD MAR YU KI on MOND AY , JUL Y 2 , 20 12 PA DA 9: 52 PM

Mengetahui tingkat keefektifan pakan ayam kampung sangatlah penting untuk mendapatkan hasil ternak ayam kampung asli yang terbaik. Semakin tinggi kualitas pakan akan semakin tinggi pula hasil ternak ayam kampung asli kita. Namun harus memperhatikan harga yang paling murah. Tingkat keefektifan pakan ayam kampung dinyatakan dalam Feed Convertion Ratio (FCR). FCR berarti Tingkat Keefektifan Pakan Ayam Kampung asli.

Sebelum mengetahui FCR, ada baiknya kita mengetahui kebutuhan pakan untuk ayam kampung asli sebagai pedoman untuk menghitung FCR. Cara menghitung FCR atau tingkat keefektifan pakan ayam kampung adalah mengetahui jumlah ayam yang dipanen x jumlah bobot rata-rata : jumlah pakan selama pemeliharaan. Yaitu dengan rumus :

FCR = a1 x a2 : b
10

a1 = jumlah ayam yang dipanen a2= jumlah bobot rata-rata ayam kampung b = jumlah pakan yang dibutuhkan selama pemeliharaan Contoh penghitungan FCR Jumlah ayam yang dipanen 1000 ekor, berat rata-rata 2 kg, berat pakan yang dibutuhkan selama pemeliharaan 3125 kg. Penghitungan, 3125kg : 2000kg = 1,6. (2000kg didapat dari jumlah ayam yang dipanen x berat rata-rata) Jadi jumlah FCR yang dihasilkan adalah 1,6 Kesimpulan : Semakin rendah jumlah FCR maka semakin bagus kualitas atau tingkat keefektifan pakan ayam kampung. Anda bisa menambahkan VITERNA Plus atau POC NASA dan lain sebagainya untuk menurunkan angka FCR dengan tujuan menambah tingkat keefektifan pakan ayam kampung.

Penyakit Ngorok Pada Ayam
Ditulis Oleh A HM AD MAR YU KI on WE DN ES DA Y, S EP TE MB ER 5, 2 01 2 PA DA 7: 04 PM

Penyakit ngorok pada ayam adalah penyakit yang sering terjadi pada peternakan ayam. Semua jenis unggas khususnya ayam kampung sering terjadi kasus penyakit ngorok. Tidak hanya peternakan ayam besar, ayam yang diliarkan pun sering terjadi kasus penyakit ngorok ini. Dalam posting ini penulis ingin berbagi semua tentang ngorok pada ayam khususnya peternakan ayam kampung. Tidak semua penyakit ngorok pada peternakan ayam kampung disebabkan oleh 1 penyakit. Ngorok pada ayam bisa juga disebabkan oleh beberapa penyakit berikut : CRD (Chronic Respiratory Disease), ILT, Korisa, Snot, ND, IB, maupun juga AI. Dalam posting ini saya tekankan pada CRD saja dan beberapa hal terkait tentang CRD atau gangguan pernapasan. Di masyarakat dikenal dengan istilah penyakit ngorok pada ayam. CRD ringan yang tidak terobati akan mengakibatkan CRD Kompleks. Yaitu perpaduan antara penyakit ngorok ringan dengan bakteri Escherisia Coli (Penyebab Colibacillosis). Dalam kasus peternakan ayam di sekitar peternakan ayam kami banyak peternak yang mengeluhkan tentang penyakit ini. CRD dapat menyerang ayam semua umur dan ratarata menyerang ayam usia muda (untuk pedaging) dan usia dewasa untuk petelur. Dengan melihat kasus ini tentu penyakit ngorok ini adalah penyakit yang sudah pasti dialami oleh peternak ayam.

11

Penyebab penyakit ngorok pada ayam kampung
1. Kualitas DOC yang kurang baik 2. Kesalahan manajemen perkandangan. 3. Pemberian Pakan yang bukan untuk usianya. 4. Kesalahan brooding (pemanasan DOC) 5. Kandungan Gas Amonia terlalu tinggi 6. Kondisi cuaca ekstrim

Pencegahan penyakit ngorok pada ayam
1. Seleksi DOC yang baru tiba atau baru menetas Pemilihan DOC yang lemah dan berilah multi vitamin pada ayam agar saluran pernapasan kembali normal. Biasanya transportasi pada DOC mengakibatkan dehidrasi pada ayam. 2. Pemberian pakan ayam sesuai dengan umur dan fungsinya Pemberian pakan yang tidak sesuai dengan umur dan fungsinya menyebabkan paruparu ayam dipaksa ekstra keras sehingga mengakibatkan penyakit ngorok. Pada ayam pedaging yang dipaksa tumbuh begitu cepat dengan memberikan makanan ekstra mengakibatkan pertumbuhan organ dalam tidak seimbang dengan organ luar. 3. Atur kelembaban sekitar kandang Kandang ayam yang belum diberikan penutup misalkan konblok atau masih tanah merupakan awal timbulnya penyakit pernapasan. Tanah yang berdebu akan terbawa oleh angin yang berdampak pada pernapasan ayam. Semprotlah area sekitar kandang atau litter (alas kandang) dengan air supaya debu tidak mengena ayam di dalam kandang. 4. Biasanya karena suhu yang panas dan kesalahan pemberian pakan yang mencampur dengan bekatul terlalu banyak dan diberi air. Sehingga hidung ayam terganggu oleh sisa pakan yang menempel di hidung.

Pengobatan Penyakit
1. Sanitasi kandang Seperti di jelaskan di atas bahwa kotoran yang tidak dibersihkan akan mengakibatkan gas amoniak yang berlebih. Seperti bau dan beberapa bibit penyakit berkembang di dalamnya. Usahakan mengganti atau menambah litter (alas kandang) yang sudah kotor dan bila perlu tambah dengan yang baru dan bebas debu. Jika menggunakan kulit padi usahakan bersih dan bebas debu tersebut. 2. Pemberian Pakan Hangat Pakan hangat di pagi dan sore akan nyaman bila berada di perut ayam. Usahakan secara rutin memberikan setiap pagi setelah malam terasa dingin. 3. Jahe, Kunir, Lempuyang dan Daun Sirih Pemberian jamu ayam akan sangat berguna bagi kesehatan ayam. Khususnya untuk menghangatkan badan dan memperlancar pencernaan serta pernapasan ayam itu sendiri 12

4. Suntik dengan Sulfamix 0,4 cc per berat badan (kg) Untuk ayam yang telah parah dapat diberikan obat ayam di atas dengan dosis dan takaran yang tepat. Ayam yang mempunyai gejala CRD ringan adalah ayam ngorok tapi mempunyai nafsu makan tinggi. Biasanya dimulai dengan tanda-tanda kaki berwarna hijau atau pucat. Tanda ini sangat jelas terlihat pada ayam yang mempunyai kaki kuning. Obat mujarab penyakit ini bisa menggunakan produk dari medion Selain itu saran dari kami obat ngorok yang paling ampuh adalah Thetra Cloor seperti gambar berikut :

Dosis yang diberikan adalah 2 gram setiap 1 liter air. Dalam 3 hari saja rata-rata ayam di peternakan kami sudah sembuh. Memang indikasi yang tertera mirip atau malah sama dengan obat Thrimenzyn namun dosisnya berbeda yaitu 1 gram.

Penyakit Berak Kapur Pada Ayam Kampung
Ditulis Oleh A HM AD MAR YU KI on WE DN ES DA Y, A UG US T 29 , 2 01 2 PA DA 2: 48 PM

Salmonellosis Pullorum atau yang lebih dikenal sebagai penyakit berak kapur pada ayam kampung memang sering terjadi pada ayam khususnya pada DOC umur 0-2 minggu. Penyakit pullorum ini hanya terjadi pada unggas saja khususnya ayam. Anak ayam yang terinfeksi menyebarkan penyakit lateral di pembenihan. Pada kenyataanya ayam yang telah terjangkit penyakit berak kapur akan mati setelah menetas. Penyakit dengan bakteri ini sering terjadi pada peternakan ayam yang menggunakan sistem pemeliharaan intensif. Akibatnya kotoran yang dikeluarkan tidak jauh dari tempat hidup ayam tersebut. Saat pergantian seperti ini sering kita merasakan pergantian musim. Baik suhu di siang hari maupun malam hari. Kadang siang terasa panas dan malam sangat dingin. Dengan keadaan suhu seperti ini dapat menyebabkan penyakit yang beragam. Sebagai pertanda akan datangnya penyakit biasanya siang panas dan malam akan terasa dingin. Ini jelas berdampak tidak baik bagi ayam.

Cara Penularan :
13

Vertikal Yaitu penularan dari induk yang terjangkit dan ditularkan saat induk bertelur. Bisa juga telur yang sehat tertular penyakit akibat feses atau kotoran induknya. Inkubator atau alat tetas telur yang terkontaminasi. Atau dari DOC yang baru terjangkit penyakit ke DOC yang lainnya. Bisa juga akibat telur yang pecah dan mengenai telur yang lain. Itu sebabnya terlur yang ingin ditetaskan harus bersih dan tidak retak.

Tanda-Tanda
Yang sangat terlihat jelas adalah feses atau kotoran berupa encer atau diare berwarna hijau, putih dan itu sebabnya disebut berak kapur. Mata sayup dan bahkan menimbulkan kebutaan. Kaki lumpuh dan berwarna kebiru-biruan. Sayap menjuntai ke bawah, nafsu makan turun dan pada hidung terlihat kebiruan akibatnya nafas terengahengah.

Pengobatan
Menurut Indra Wahyudi pemberian bonispet sangat manjur untuk mengobati berak kapur ini.Trimezyn-s juga bisa. Asalkan mengetahui langkah-langkah pengobatan penyakit yang baik dan benar. Biasanya menggunakan dosis 1 gram untuk 1 liter air minum atau 0,1 -0,2 g tiap ayam dewasa. Harga untuk obat berak kapur ini murah sekitar Rp. 2.500,- rupiah. Tentu kita tidak akan sungkan membeli demi pencegahan atau pengobatan bukan?

Pencegahan
Seperti halnya bangsa unggas yang lain yang kita pelihara atau ternakkan. Bahwa kita harus menjaga sanitasi kandang dan berbagai hal-hal yang merugikan ternak ayam kita. Terutama keamanan dan kenyamanan kandang. Dengan begitu penyakit berak kapur atau pullorum dapat diminimalkan

Membedakan Jenis Kelamin Anak Ayam
Ditulis Oleh A HM AD MAR YU KI on FRI DA Y, JUNE 2 2, 2 01 2 P AD A 1 0: 50 PM

Membedakan jenis kelamin anak ayam dalam istilah peternakan disebut chick sexing. Yaitu proses seleksi ayam berdasarkan jenis kelamin. Proses menyeleksi jenis kelamin anak ayam ini pertama kali ditemukan di Jepan pada tahun 1933 oleh Prof. Masui dan Hasimoto. Dalam tujuan bisnis ternak ayam kampung chick sexing memiliki peranan penting dalam sistem pemeliharaanternak ayam. Membedakan jenis kelamin

14

DOC umur 1 hari memang sangat sulit. Dengan sedikit kesabaran dan ketekunan metode itu sangat mudah dan menarik untuk dilakukan. Berikut penjelasan cara membedakan jenis kelamin ayam pada umur 1 hari tersebut. Tujuan Mengetahui jenis kelamin bibit ayam kampung serta membedakan ayam berdasarkan pejantan dan betina. Manfaat Memberi perlakuan khusus terhadap pejantan dan betina Mengelompokkan ayam berdasar jenis kelamin Membuat rencana ternak berdasar jenis kelamin Menyeleksi ayam berdasar jenis kelamin pada umur 1 hari Setelah mengetahui tujuan dan manfaat membedakan jenis kelamin anak ayam maka langkah selanjutnya adalah chick sexing tersebut. Menyeleksi anak ayam atau DOC umur 1 hari lebih sulit dibanding ayam dewasa. Maka dari itu penulis ingin berbagi tips chick sexing tersebut.

1. Vent Sexing
Vent sexing adalah membedakan jenis kelamin berdasarkan lubang alat kelamin atau cloaca. Artinya kita harus melihat jenis kelamin dari sana. Untuk calon pejantan memiliki tonjolan seperti jerawat atau lubang jarum berwarna kuning, putih dan bahkan ada yang hitam sedangkan untuk calon betina tidak ada. Sedangkan bagi betina memiliki ovarium yang merupakan sel telur yang berbentuk seperti V. Vent sexing sangat sulit dikarenakan membedakan tonjolan yang sangat kecil. Namun bagi yang sudah berpengalaman maka vent sexing sangat mudah. Pada kenyataannya tonjolan calon pejantan kadang tidak ada dan untuk betina malah ada tonjolan. Untuk itu mengapa peternakan besar yang memiliki sexer (petugas seleksi jenis kelamin) tidak bisa menjamin 100% ketepatan seleksi. Dengan metode ini masih menyisakan 5% ketidak pastian jenis kelamin.

2. Feather Sexing
Pada tahun 1969 metode membedakan jenis kelamin diperbaharui yaitu dengan Feather sexing yaitu menentukan jenis kelamin pada DOC dengan memperhatikan bagian tubuh ayam. Dalam hal ini adalah sayap pada anak ayam yaitu sayap primer dan sayap sekunder. Ayam betina lebih cepat tumbuh dari pada ayam pejantan. Sedangkan untuk calon pejantan biasanya lebih cepat besar. Dengan metode Feather sexing ini maka penyeleksian anak ayam akan lebih murah, mudah dan akurasi seleksi akan lebih tepat.

15

3. Alternatif Lain
Pada alternatif lain adalah menyeleksi bagi anak ayam yang masih ragu atas jenis kelamin tersebut. Alternatif yang digunakan adalah menunggu sampai tumbuh bulu secara penuh. Biasaya ayam yang berwarna mencolok akan menjadi pejantan. Itu sebabnya pejantan mempunyai warna yang beragam dari betina untuk menarik pasangannya. Seperti itulah salah satu cara beternak ayam kampung Anda tertarik bukan dengan warna bulu ayam kampung yang beragam? Itu sebabnyamengapa kita memilih ternak ayam kampung.
ALTERNATIF SUSUNAN PAKAN UNTUK ANAK AYAM KAMPUNG Alternatif : 1 • Jagung 20% • Beras 25% • Dedak Halus 25% • Bungkil Kedelai 12% • Kulit Kerang 5% • Tepung Ikan 12,5% • Garam Dapur 0,5% Alternatif : 2 • Jagung 20% • Beras 20% • Dedak Halus 25% • Bungkil Kedelai 22,5% • Kulit Kerang 5% • Tepung Ikan 5% • Garam Dapur 0.5% Alternatif : 3 • Beras 40% • Dedak Halus 25% • Bungkil Kedelai 24,5% • Kulit Kerang 5% • Tepung Ikan 5% • Garam Dapur 0,5% Alternatif : 4 • • • Jagung 73% Dedak Halus 5% Bungkil Kedelai 12%

16

• Kulit Kerang 5% • Tepung Tulang 3,5% • Tepung Ikan 3% • Garam Dapur 0,5% Alternatif : 5 • Jagung 49% • Konsentrat 22% • Dedak Halus 20% • Kulit Kerang 3% • Tepung Daun 5,5% • Garam Dapur 0,5% Alternatif : 6 • Jagung 45% • Dedak Halus 15% • Kacang Kedelai 30% • Tepung Ikan 7,5% • Tepung Tulang 2% • Garam Dapur 0,5% Alternatif : 7 • Jagung 30% • Dedak Halus 15% • Beras 25% • Bungkil Kedelai 15% • Tepung Ikan 10% • Tepung Tulang 4% • Garam Dapur 1% Alternatif : 8 • Jagung 32% • Dedak Halus 18,5% • Beras 16% • Bungkil Kedelai 22% • Tepung Ikan 9% • Grit 2% • Garam Dapur 0,5% Alternatif : 9 • Jagung Kuning 59% • Dedak 15% • Bungkil Kedelai 11% • Tepung Ikan 9% • Bungkil Kelapa 5% • Premix 0,5% • Garam 0,5% Alternatif :10 • • • • • • • • • • Jagung 45% Dedak Halus 20% Bungkil Kacang Tanah 6% Kacang Hijau 3% Tepung Tulang 1% Kapur 0,75% Kulit Kerang 0,25% Daun Petai Cina 0,5% Mineral Campuran 10% Multivitamin 0,15%

17

ALTERNATIF SUSUNAN PAKAN UNTUK FASE Rearing (AYAM KAMPUNG MUDA) Setelah mencapai umur sembilan minggu, sebaiknya anak ayam dipindahkan ke kandang rearing sampai menjadi ayam dara, yakni kira-kira umur 18-20 minggu. Kandungan nutrisi pakan tersebut harus mengandung energi yang tinggi yaitu 2.600 kkal/kg serta berprotein tinggi, yakni 14,8%. Alternatif : 1 • Jagung 46% • Dedak Halus 22% • Bungkil Kacang Tanah 6% • Kacang Hijau 4% • Bungkil Kelapa 5% • Tepung Tulang 1% • Kapur 0,5% • Kulit Kerang 0,5% • Daun Petai Cina 0,75% • Mineral Campuran 7% • Vigofac-6 0,15% Alternatif : 2 • Jagung 49,15% • Bekatul 32,76% • Tepung daun Singkong 3,4% • Tepung daun Kacang tanah 1,13% • Kedelai 5,56% • Tepung Cacing 2,26% • Tepung Bekicot 4,52% • Tepung Cangkang Bekicot 1,13% ALTERNATIF SUSUNAN PAKAN UNTUK FASE AYAM KAMPUNG DEWASA Alternatif : 1 • • • • • Jagung 50% Dedak Halus 20% Bungkil Kacang tanah 6% Bungkil Kelapa 3% Kacang Hijau 3%

Tips praktis mencegah penyakit ND/tetelo pada ayam kampung super

18

Anak-anak ayam lingnan dan ayam kampung remaja

Tips gratis dan praktis kali ini saya tulis berdasarkan atas pengalaman saya memelihara beraneka ayam sejak tahun 2000-an lalu (kalo gak salah tapi, hehe...). Selain itu juga untuk memenuhi janji saya pada artikel yang lalu tentang tips-gratiscara-membuat-anak-ayam-kampung-super-cepat-besar.

Berawal dari coba-coba yang saya lakukan, dengan niat menghasilkan daging ayam kampung yang tak terlalu banyak kandungan bahan kimia dan tentu juga maksudnya berhemat, hehe...saya memberi campuran beberapa bahan nabati pada ransum ayamyang mempunyai potensi mencegah penyakit menular pada ayam. Selain itu, ilmu ini juga sebagian saya dapat dari beberapa peternak yang kemudian saya padukan dengan kondisi di kampung saya. Dari hasil percobaan dan pengalaman saya, maka saya berani mengatakan bahwa beberapa tumbuhan/tanaman/bahan nabati memang mempunyai potensi untuk mencegah penyakit menular pada ayam, terutama tetelo/ND atau hanya sekedar flu biasa pada ayam. Singkat kata, tanaman yang sering saya pakai untuk pencegahan penyakit pada ayam yaitu : daun pepaya, temu ireng, temu lawak, kulit bawang putih, kulit bawang merah, daun teh, dan daun salam. (beberapa daun tanaman juga sering saya pakai untuk menambah vitamin/mineral pada ransum, seperti daun singkong, dan daun temu-temuan). Bahkan, sisa-sisa sayuran atau kulit bumbu-bumbu bekas yang tidak terpakai atau bahan sisa masakan istri saya, saya rebus kemudian saya campurkan pada ransum ayam. Pendek kata, tak ada daun atau sisa bahan sayuran yang terbuang percuma.

Cara aplikasi sangat mudah, yaitu sebagai berikut : 1. iris tipis-tipis daun-daun tersebut diatas 2. rebus daun dan temu-temuan tersebut sampai mendidih, kemudian diamkan hingga hangat. 3. nah, air rebusan tadi dicampurkan pada air minum ayam atau untuk ditambahkan pada pakan (pakan basah). Selain itu irisan daun/temu-temuan tersebut jangan dibuang, kan sayang. Irisan-irisan tersebut dicampurkan pada ransum ayam. Pemberian ini terutama pada pagi hari. 4. aplikasi diatas dilakukan secara teratur, terutama pada saat pergantian musim dimana penyakit biasa timbul. Rentang waktu pemberian obat tradisional ini sebaiknya 2-3 hari sekali. Di luar pergantian musim seminggu sekali saya rasa cukup. Selain berfungsi sebagai pencegahan, juga untuk menambah nafsu makan pada ayam dan menambah vitamin/mineral alami. Prinsipnya, jika ayam banyak makan (yang bergizi) maka akan sehat. Cara yang lain untuk pencegahan, penyakit tetelo yaitu dengan membeli obat vaksin ND Hitchner yang banyak tersedia di pasaran. Pemberian obat ini 19

biasa saya lakukan pada waktu ayam berumur 4 hari, 4 minggu dan 4 bulan. Aplikasi bisa lewat tetes mata maupun dicampur dengan air minum. Perpaduan yang terbaik, ya divaksin sekaligus diberi obat tradisional. Menurut pengalaman saya, Alhamdulillah ayam-ayam saya sehat. Walau ada yang terkena penyakit, ya wajar saja namanya juga makhluk hidup, hehe...tapi selama puluhan tahun memelihara ayam, alhamdulillah tak pernah sekalipun dalam serentak ayamayam saya mati berbarengan dalam jumlah besar. Selain ayam-ayam saya sehat, juga pertumbuhannya cukup baik, jadi ada pengaruhnya juga pemberian irisan daun-daunan dalam pakan ayam.

20

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful