“REMIX” PERANGKAT ANALISIS MANAJEMEN PEMASARAN : DARI 4P MENJADI 4A

 Mengapa perlu diadakan “Remix” dari 4P menjadi 4A?  Apakah alasan-alasannya dari perspektif konsep dan perangkat analisis pemasaran?  INTI BAHASAN menyangkut bagaimana meraih sukses bisnis berkelanjutan dengan jalan “Remix” perangkat analisis pemasaran 4P dengan perangkat analisis yang lebih efektif sehingga terjamin keunggulan daya saing serta profitabilitas perusahaan

1

. Paradigma 4P (bauran pemasaran) merupakan unsur-unsur utama harus dipadukan untuk merumuskan suatu program pemasaran.Teori ekonomi mikro sebagai dasar teoritis. hanya pendukung operasional program pemasaran. .Memiliki lebih banyak ketidak-cukupan dari pada manfaat. 2 .  Paradigma 4P tetap diperlukan tetapi bukan sebagai konsep sentral.

 Ke-empat A sebagai nilai utama merupakan hasil dari perpaduan sumber daya pemasaran dan non-pemasaran. 3 . Diperkenalkan perangkat analisis baru yakni 4A yang berorientasi pada pelanggan dan terdiri dari : 1. diyakinkan serta diingatkan untuk membeli ulang (dimensi brand awareness dan product knowledge) 2. Accessibility : 4. Acceptability : tawaran total memenuhi dan melebihi ekspektasi (dimensi functional dan psychological) pelanggan mampu dan bersedia membayar tawaran total (dimensi economic dan psychological) pelanggan secara mudah memperoleh dan mempergunakan tawaran total (dimensi availability dan convenience) pelanggan memperoleh informasi tentang karakteristik tawaran total. Affordability : 3. Awareness :  Ke-empat A itu secara keseluruhan merupakan nilai utama yang di-inginkan pelanggan.  Dimensi dari setiap A bersifat aditif.

Payers (nilai pasar : psychological dan economic) berkaitan dengan Affordability . Pelanggan (B2C) yang menginginkan nilai utama yang diwujudkan dari 4A.Users (nilai pasar : performance dan social/emotional value) berkaitan dengan Acceptability .Seekers (nilai pasar : inspiration dan education) berkaitan dengan Awareness . dibagi dalam 4 peranan yakni : .Buyers (nilai pasar : availability dan convenience) berkaitan dengan Accessibility  Dirangkum dalam Gambar 1 Brand Awareness Awareness Education Performance Value Product Knowledge Functional Acceptability Acceptability Social / Emotional Value Economic Value Psychological Acceptability Economic Affordability Affordability Psychological Value Availability Value Psychological Affordability Availability Accessibility Convenience Value Convenience Inspiration SEEKER USER PAYER BUYER 4 .

 Keunggulan rerangka 4A yakni customer-oriented. alokasi sumber daya efektif.  Apakah peranan paradigma 4P? 5 . affordability. Agar suatu program pemasaran sukses maka harus mencapai skor yang tinggi untuk semua A.  Dipergunakan Market Value Coverage (MVC) untuk mengukur keberhasilan dari program pemasaran. acceptability. Selanjutnya rerangka 4A bersifat dinamis dan tidak statis. pandangan holistik terhadap kegiatan bisnis. Implementasinya berurutan yakni mulai dari awareness.  Rerangka 4A tidak bersifat “compensatory” artinya setiap unsur A tidak dapat saling men-substitusi. dan accessibility. dan meningkatkan efektifitas dan akuntabilitas pemasar.

dimana pada akhirnya penilaian bisnis (business judgement) yang jitu dan tepat turut menentukan keberhasilan. Tergantung pada para pemasar bagaimana mempergunakannya. Agar pelaksanaan rerangka 4A mencapai sukses maka perlu perbagai penyesuaian.  Akhirnya dapat disimpulkan bahwa rerangka 4A membuka cakrawala baru dalam pengambilan keputusan manajemen pemasaran. Meskipun rerangka 4A merupakan perangkat analisis yang ampuh. 6 . tetapi rerangka itu hanya suatu perangkat analisis saja.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful