BY : SGD-09

.

6 ≥50 jumlah 38 1.6 Dari data di atas dapat diambil kesimpulan bahwa semakin banyak rokok yang dihisap per hari.357 12 1. . semakin besar resiko timbulnya Ca-paru.Dokter A melakukan penelitian di Rumah Sakit X untuk mencari hubungan antara jumlah rokok yang dihisap per hari dengan risiko timbulnya Ca-paru.7 7.5 9.0 1-4 5-14 15-24 25-49 55 489 475 293 129 570 431 154 3.6 16. Penelitian tersebut menggunakan 1357 kasus Ca-paru dan 1357 kontrol.357 27. Hasil penelitian dapat dilihat pada tabel berikut : Jumlah batang rokok yang dihisap per hari 0 7 Kelompok kasus Kelompok kontrol 61 Odds Ratio (OR) 1.

Masalah . semakin besar resiko timbulnya Ca-paru. Jenis Penelitian 2.1.Penelitian tersebut menggunakan 1357 kasus Ca-paru dan 1357 kontrol. .Dokter A melakukan penelitian di Rumah Sakit X untuk mencari hubungan antara jumlah rokok yang dihisap per hari dengan risiko timbulnya Ca-paru.Dari data tabel hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa semakin banyak rokok yang dihisap per hari. Penelitian Kuantitatif . .

Karakteristik penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif 4. Cara menentukan Odds Ratio (OR) 7. Instrumen Penelitian 6. Teknik Pengambilan sampel . Defenisi penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif 2. Jenis-jenis data penelitian 3.Mahasiswa mampu mengetahui dan menjeltaskan tentang : 1. Desain Penelitian 5.

situasi dan sebagainya. mempunyai hipotesis dan di uji dengan alat analisis statistik. kegiatan. Penelitian Kualitatif adalah Penelitian yang temuantemuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistika atau bentuk-bentuk hitungan lainnya dan merupakan penelitian yang mengkaji kualitas hubungan. menggunakan instrumen atau angket. memiliki populasi dan sampel data lebih besar.Penelitian Kuantitatif adalah penelitian yang bergerak dengan angka-angka. (Strauss and Corbin) .

1. 2. Data Kuantitatif (data numerik) Data yang berhubungan dengan angka-angka. hasil pengklasifikasian atau penggolongan suatu data dan tidak berhubungan dengan angka-angka serta tidak dikaitkan dengan analisis statistik. Data Kualitatif (data kategorik) Data yang berhubungan dengan kategorisasi. . sifat variabel. baik yang diperoleh dari hasil pengukuran maupun dari nilai suatu data yang diperoleh dan data kuantitatif sering dikaitkan dengan analisis statistik sehingga disebut sebagai data statistik atau data numerik. karakteristik.

angket dan wawancara yang terstruktur Data bersifat kuantitatif Sampel besar.PENELITIAN KUANTITATIF . yaitu dari umum ke khusus.Tujuannnya menunjukkan hubungan antar variabel dan - menguji teori Teknik pengumpulan data kuesioner lalu observasi dan wawancara terstruktur Instrumen penelitian berupa test.Desain spesifik. . representatif dan ditentukan sejak awal Analisis deduktif.rinci . jelas .

tape recorder.Tujuannya menemukan pola hubungan yang bersifat interaktif - dan menemukan teori Teknik pengumpulan data participant observation dan dokumentasi Instrumen penelitian berupa buku catatan.. yaitu dari khusus ke umum . camera dan lain-lain Data bersifat deskriptif kualitatif Sampel kecil. fleksibel dan berkembang . tidak representatif dan berkembang selama proses penelitian Analisis induktif.Desain umum.

Analisis data . Operasionalisasi hipotesis 4. Rumusan hipotesis 3.Desain penelitian adalah rancangan penelitian yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat menuntun penulis untuk dapat memperoleh jawaban terhadap pertanyaan penelitian. Identifikasi masalah 2. Cara pengumpulan data 5. Defenisi dalam arti luas adalah Desain penelitian mencakup berbagai hal yang dilakukan peneliti mulai dari: 1.

Defenisi dalam arti sempit adalah desain penelitian mengacu pada jenis penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian yang berguna sebagai pedoman untuk mencapai tujuan suatu penelitian. .

. .Sebagai alat pencatat informasi yang disampaikan oleh responden . mengelola dan menginteprasikan informasi dari para responden yang dilakukan dengan pola pengukuran yang sama.Sebagai alat untuk mengorganisasi proses wawancara. . Kegunaan : .Instrumen penelitian adalah segala peralatan yang digunakan untuk memperoleh.Sebagai alat evaluasi performa pekerjaan staf peneliti.

Dokumentasi .Jenis-jenis instrumen penelitian.Tes .Angket atau kuesioner .Skala bertingkat ( ratings) .Wawancara atau interview . yaitu: .Observasi .

intensitass pajanan dan adanya interaksi positif. Rumus Odds Ratio : Odds Ratio (Ψ) = ad/bc Keterangan :a= kasus yang mengalami pajanan b= kontrol yang mengalami pajanan c= kasus yang tidak mengalami pajanan d= kontrol yang tidak mengalami pajanan .Odds Ratio (OR) dapat digunakan sebagai indikator “SEBAB” dengan menghitung besarnya resiko.

Pada prinsipnya teknik atau metode pengambilan sampel dibedakan menjadi 2. Non random sampling Pengambilan sampel bukan secara acak atau random dan tidak didasarkan atas kemungkinan yang dapat diperhitungkan tetapi semata-mata hanya berdasarkan pada segi-segi kepraktisan belaka. yaitu : 1. . Random sampling Pengambilan sampel secara acak atau random. 2.

Soekidjo.Metodologi Penelitian Kesehatan.2003.Jakarta.Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.Bandung.Metodologi Penelitian Kedokteran.2010..2010. EGC . Rineka Cipta . Eko. Alfabeta .Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis.2010.Jakarta.Sastroasmoro.Budiarto.Jakarta.Sugiyono. CV Sagung Seto . Sudigdo.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful