DEFINISI

Duplikasi merupakan suatu proses / metode untuk menciptakan duplikat. Duplikasi artinya menciptakan suatu tiruan / cetakan dari aslinya. Tiruan dari duplikat tersebut harus cukup bagus untuk digunakan dalam menciptakan tiruan-tiruan selanjutnya. Data :fakta, teks, hasil pengukuran, gambar, suara, dan video yang memiliki makna. Basis Data : kumpulan data yang terorganisir berdasarkan suatu struktur hubungan Informasi : data yang telah diproses sebagai bahan dalam proses pengambilan keputusan Mini-World : bagian dari dunia nyata yang direpresentasikan sebagai basis data DBMS : paket perangkat lunak yang digunakan untuk 12/21/12 pembuatan dan pemeliharaan basis data

Sifat Basis Data Merepresentasikan Merupakan sejumlah aspek dalam miniworld kumpulan data yang saling berhubungan dan mengandung makna tertentu untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik Ditujukan 12/21/12 .

DBMS Database management system merupakan general purpose software yang digunakan untuk: –Mendefinisikan –Mengkonstruksi –Memanipulasi berbagai aplikasi basis data 12/21/12 .

Basis Data dan Sistem Berkas Pendekatan basis data berkembang karena kelemahan pendekatan sistem berkas (file system) yang berkembang sebelumnya sistem berkas. programprogram aplikasi menyimpan data masing-masing pada file file berhubungan dengan satu program atau lebih 12/21/12 Pada Satu .

Ilustrasi contoh sistem pengolahan file 12/21/12 .

Masalah pada Sistem Berkas Adanya Duplikasi Data ketergantungan antara program dan data data kurang terstruktur (berupa flat file) pemeliharaan tinggi untuk dikembangkan Biaya Sulit/lama Sulit untuk berbagi data 12/21/12 .

Ketergantungan program dan data Setiap program aplikasi harus memiliki data sendiri – memungkinkan duplikasi data program aplikasi harus memiliki fasilitas pengolahan metadata (implisit maupun eksplisit) untuk setiap file yang digunakan program aplikasi harus memiliki 12/21/12 untuk membaca. fungsi Setiap Setiap .

Duplikasi Data Pemborosan Sangat ruang penyimpanan untuk menyimpan duplikat data. menyulitkan pemeliharaan (duplikasi kerja) terbesar: Permasalahan –Perubahan data di salah satu file menimbulkan inkonsistensi –Merusak integritas data 12/21/12 .

disimpan dalam format yang baku dan mudah dimengerti. 12/21/12 .Solusi: pendekatan basis data Pusat Data Data repositori data bagi seluruh organisasi. dikelola oleh suatu sistem pengendali.

Pendekatan Basis Data 12/21/12 .

Keuntungan Pendekatan Basis Data Ketidakbergantungan program dan data Redundansi Konsistensi data minimum data meningkat kondisi berbagi Meningkatkan data Produktifitas pengembangan aplikasi meningkat Penegakan standar 12/21/12 .

Elemen Pendekatan Basis Data Model data enterprise – Model grafis tingkat tinggi yang menunjukkan entitas data dan keterhubungannya untuk suatu organisasi • Basis data relasional – Teknologi basis data yang menggunakan tabel (relasi) untuk merepresentasikan entitas data 12/21/12 dan kunci primer/asing untuk .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful