MAKALAH MEDIA VISUAL

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di era globalisasi ini pendidikan merupakan salah satu investivasi panjang karena proses dari pendidikan itu sendiri akan dirasakan baik untuk saat ini maupun masa yang akan datang. Pendidikan tidak akan terlepas dari peranan media dalam pemanfaatannya di dunia pendidikan. Kita sadari semakin banyak saluran informasi dalam berbagai bentuk media. Dalam hal ini, kita sebagai calon pendidik dapat lebih mudah untuk menyampaikan materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan untuk menyalurkan pesan, merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik serta mengaktifkan pembelajaran dalam memberi tanggapan dan umpan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar pada diri peserta didik untuk melakukan praktek-praktek dengan benar. Maka dari itu, dalam makalah ini kami membahas tentang salah satu media pembelajaran yaitu media visual. Media visual merupakan media yang memberikan gambaran menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak. Media visual ini lebih bersifat realistis dan dapat dirasakan oleh sebagian besar panca indera kita khususnya indera penglihatan. Manfaat yang kita dapat dalam penggunaan media ini adalah pemakaiannya yang efektif dan efisien, praktis, dan lebih cepat dipahami oleh peserta didik. Oleh karena itu, pendidik dapat memanfaatkan media-media secara optimal sehingga menghasilkan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan seperti media visual untuk mempermudah dalam berinteraksi dan pemberian materi yang akan dibahas pada peserta didik.

1.2 Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan media visual? 2. Apa manfaat dari media visual? 3. Bagaimana cara pemilihan media visual?

4. Apa saja macam-macam dari media visual?

1.3 Tujuan Penulisan
Dengan membahas lebih rinci tentang media visual, kita dapat mengetahui apa itu media visual, manfaat-manfaat dari media visual itu sendiri, bagaimana cara pemilihan media visual yang baik dan benar serta macam-macam media visual yang dapat kita gunakan dalam proses belajar mengajar.

1.4 Ruang Lingkup
Kami selaku tim penyusun menempatkan pembelajaran menggunakan media visual dalam ruang lingkup yang cukup luas, maksudnya dari seluruh kalangan masyarakat. Akan tetapi diantaranya para peserta didik yang lebih dominan perlu adanya bimbingan dan motivasi pembelajaran meggunakan media visual.

1.5 Metode Penulisan
Dalam hal metode ini kami menggunakan adalah metode pustaka dan beberapa menggunakan media internet dalam pencarian materi.

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Media Visual
Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan. Dalam pendidikan, media diartikan sebagai komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi intruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Pengertian media menurut beberapa sumber adalah sebagai berikut:

3. 3 Briggs : media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar. Beberapa penelitian membuktikan bahwa pembelajaran yang diserap melalui media penglihatan (media visual). terutama media visual yang menarik dapat mempercepat daya serap peserta didik dalam memahami pelajaran yang disampaikan. perhatian. pendidik dapat menggunakan semua jenis media visual yang ada. Melalui penggunaan media visual yang tepat.2 Manfaat Media Visual Dalam penggunaannya media visual memiliki manfaat atau kegunaan. Media bersifat konkrit. dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar mengajar terjadi. 2 Gagne : media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang untuk belajar. Bila kita tinjau dari media pembelajaran yang mempunyai arti segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan sehingga dapat merangsang pikiran. Hal ini dapat menciptakan sesuatu yang variatif. 4. Lebih efiektif dan efisien dibandingkan media verbal lainnya karena jenisnya yang beragam. 2. maka semua obyek itu dapat disajikan kepada peserta didik. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa media visual merupakan salah satu media untuk pembelajaran. . Sedangkan media visual adalah media yang memberikan gambaran menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak. dan tidak membosankan bagi para peserta didiknya. Manfaatnya antara lain: 1. lebih realistis dibandingkan dengan media verbal atau non visual sehingga lebih memudahkan dalam pengaplikasiannya. perasaan. Media visual ini lebih bersifat realistis dan dapat dirasakan oleh sebagian besar panca indera kita terutama oleh indera penglihatan. Media visual ada yang dapat diproyeksikan dan ada pula yang tidak dapat diproyeksikan. Media visual dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para peserta didik dan dapat melampaui batasan ruang kelas. AECT : media sebagai bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan/informasi. 2.1.

misalkan penggunaan media Transparansi Overhead Tranparancy (OHT).5. maksudnya media visual ini mudah dioperasikan oleh setiap orang yang memilih media-media tertentu. Beberapa orang yang bisa mengoprasikan penggunaan media visual harus memiliki kemauan untuk belajar. 2. dapat dikatakan bahwa media pembelajaran visual merupakan media pembelajaran yang cukup baik dan efisien. dengan catatan orang tersebut telah mengusai cara penggunaannya dengan benar. objek tiga dimensi. 2. gambar bergerak. Ada beberapa faktor yang menghambat perkembangan kemampuan seseorang untuk menggunakan media pembelajan. yaitu: 1. c.media visual ini lebih bersifat realistis dan dapat dirasakan oleh sebagian besar panca indera kita terutama oleh indera penglihatan. Mengapa media pembelajaran visual merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran? Media pembelajaran visual telah terbukti lebih efisien dalam melakukan komunikasi antara pendidik dengan peserta didik. b. televise. yaitu: a. dll) mempunyai hubungan positif yang cukup tinggi. Siapakah yang dapat mengoprasikan media pembelajaran visual dengan baik dan benar? Sebenarnya. Dapat kita simpulkan bahwa media pembelajaran visual (seperti gambar diam. Menganggap media itu canggih dan mahal. Namun. Asumsi bahwa menggunakan media itu repot.3 Cara Pemilihan Media Visual Dalam pemilihan media visual ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam penggunaannya. d. Penggunaannya praktis. . Oleh karena itu. siapapun bisa mepergunakan media pembelajaran visual dengan baik dan benar. Apakah media visual itu ? Media visual adalah media yang memberikan gambaran menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak .

. sesuai dengan jenis medianya. Sedangkan untuk media pembelajaran yang diproyeksikan. dan disesuaikan dengan tempat kegiatan belajar mengajar. Dalam penggunaan media pembelajaran visual berbentuk benda nyata misalnya. media yang tidak diproyeksikan dapat dilakukan diluar kelas. Para pendidik dapat menyesuaikan jenis media visual apa yang dibutuhkan. Hal itu memungkinakan untuk media pembelajaran visual yang berupa benda nyata dan media grafis. Kapankan media pembelajaran visual dapat digunakan? Melihat berbagai macam jenis media visual. Misalnya. Kebiasaan menikmati ceramah/bicara tanpa media visual. dan dibutuhkannya aliran listrik. Asumsi bahwa media itu hiburan. dalam pelajaran biologi kita dapat menggunakan tumbuhan diluar kelas sebagai media pembelajaran visual. 4. g. tempat yang tepat adalah di dalam kelas. dapat kita simpulkan bahwa media pembelajaran visual dapat digunakan kapan saja saat dibutuhkan. Media grafis dan model pun bisa digunakan diluar kelas. Dimanakah media pembelajaran visual dapat digunakan ? Media pembelajaran visual baiknya digunakan di tempat yang tepat. Bagaimana cara pemilihan media visual yang tepat ? Cara pemilihan media visual yang tepat adalah : 1. tentu penggunaan media pembelajaran visual yang diproyeksikan ini lebih baik digunakan di dalam kelas.3. apakah di dalam atau di luar ruangan. apabila media tersebut memungkinkan untuk digunakan diluar kelas. Tidak bisa menggunakan media yang ada. Media yang digunakan harus memperhatikan konsep pembelajaran atau tujuan dari pembelajaran. e. memperkecil kemungkinan anak tetap konsentrasi terhadap pelajarannya. f. seseorang yang paling tepat untuk menggunakan media pembelajaran visual adalah seseorang yang tidak memiliki sifat menghambat seperti yang disebutkan diatas. 6. Tidak tersedianya media pembelajaran visual. Jadi. Mengingat kebutuhannya akan alat-alat yang cukup berat. 5.

ekosistem.2. 2. mudah diingat dan tidak membosankan sesuai dengan konteks penggunaannya. ketersediaan dan biaya yang digunakan.apakah sesuai dengan situasi dan kondisi yang tepat guna.variatif. Misal untuk mempelajari keanekaragaman makhluk hidup. 3. 4. pernafasan. dan organ tanaman. dan syaraf pada hewan. pencernaan. Media yang tidak diproyeksikan 1. Benda tersebut tidak harus dihadirkan di ruang kelas. Media realita adalah benda nyata. Waktu . peredaran darah. . Penggunaan model untuk mengatasi kendala tertentu sebagai pengganti realia. tempat . Kelebihan dari media realita ini adalah dapat memberikan pengalaman nyata kepada siswa. klasifikasi makhluk hidup. Model adalah benda tiruan dalam wujud tiga dimensi yang merupakan representasi atau pengganti dari benda yang sesungguhnya. tetapi siswa dapat melihat langsung ke obyek. Tepat sasaran kepada peserta didik yang sesuai degan kebutuhan zaman.4 Macam-macam Media Visual a. sistem ekskresi. 2. Pilihlah media visual yang menguntungkan agar lebih menarik. Memperhatikan karakteristik dari media yang akan digunakan . Misal untuk mempelajari sistem gerak. 5.

Media grafis tergolong media visual yang menyalurkan pesan melalui simbol-simbol visual.3. b. Dengan sketsa dapat menarik perhatian siswa. Misal untuk mempelajari organisasi kehidupan dari sel samapai organisme. Diagram / skema: gambar sederhana yang menggunakan garis dan simbol untuk menggambarkan struktur dari obyek tertentu secara garis besar. . Fungsi dari media grafis adalah menarik perhatian. Jenis-jenis media grafis adalah: a. dan memperjelas pesan. menghindarkan verbalisme. Gambar / foto merupakan media yang paling umum digunakan. dan mengilustrasikan suatu fakta atau konsep yang mudah terlupakan jika hanya dilakukan melalui penjelasan verbal. memperjelas sajian pelajaran. c. Sketsa adalah gambar sederhana atau draft kasar yang melukiskan bagian pokok tanpa detail.

Bagan / chart : menyajikan ide atau konsep yang sulit sehingga lebih mudah dicerna siswa. atau lambang verbal. Media proyeksi 1.com/2011/06/makalah-media-visual. guru dapat bertatap muka dengan siswa (tanpa harus membelakangi siswa). e. diagram. Perangkat media transparansi meliputi perangkat lunak (Overhead transparancy / OHT) dan perangkat keras (Overhead projector / OHP). Selain itu bagan mampu memberikan ringkasan butir-butir penting dari penyajian. http://ceva24chandra. sebab tata letak ruang kelas tetap seperti biasa. yaitu: Mengambil dari bahan cetak dengan teknik tertentu Membuat sendiri secara manual . Grafik yaitu gambar sederhana yang menggunakan garis.d.html b. simbol verbal atau bentuk tertentu yang menggambarkan data kuantitatif. titik. Transparansi OHP merupakan alat bantu mengajar tatap muka sejati. kartun. Misal untuk mempelajari pertumbuhan. Dalam bagan sering dijumpai bentuk grafis lain. seperti: gambar.blogspot. Teknik pembuatan media transparansi.

hanya kualitas visual yang dihasilkan lebih bagus. kita memerlukan suatu media atau alal-alat yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Untuk menyajikan dibutuhkan proyektor slide. Dalam satu paket berisi beberapa film bingkai yang terpisah satu sama lain. Media visual itu sendiri .1 Kesimpulan Dalam upaya mencapai suatu proses pembelajaran yang baik. Sedangkan kelemahannya adalah beaya produksi dan peralatan lebih mahal serta kurang praktis. Salah satu medianya adalah media visual yang lebih berkaitan dengan indera penglihatan. Manfaat film bingkai hampir sama dengan transparansi OHP. BAB III PENUTUP 3.2. Film bingkai / slide adalah film transparan yang umumnya berukuran 35 mm dan diberi bingkai 2X2 inci.

mempunyai kelebihan-kelebihan tersendiri seperti penggunaannya yang praktis. 3. tetapi siswa dapat melihat langsung ke obyek. Media realia adalah benda nyata. ekosistem. peredaran darah. Penggunaan model untuk mengatasi kendala tertentu sebagai pengganti realia. Jenis-jenis media grafis adalah: 1) gambar / foto: paling umum digunakan 2) sketsa: gambar sederhana atau draft kasar yang melukiskan bagian pokok tanpa detail. lebih efektif dan efisien serta dapat mempercepat daya serap peserta didik. para pendidik dapat memanfaatkan media-media khususnya media visual untuk mempermudah dalam pemberian materi yang akan diberikan. Kelebihan dari media realia ini adalah dapat memberikan pengalaman nyata kepada siswa. Pemilihannya harus tepat dan efektif sesuai konsep dan tujuan pembelajaran serta disesuaikan dengan perkembangan psikologis anak atau peserta didik dan menjauhkan media visual yang berbau pornografi sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik. dan organ tanaman. Dengan . Benda tersebut tidak harus dihadirkan di ruang kelas. 3. Model adalah benda tiruan dalam wujud tiga dimensi yang merupakan representasi atau pengganti dari benda yang sesungguhnya. 2. dan syaraf pada hewan. Oleh karena itu. Media yang tidak diproyeksikan 1. klasifikasi makhluk hidup. sistem ekskresi. MEDIA VISUAL 1. pernafasan.2 Saran Kita sebagai sebagai peserta didik. memperjelas sajian pelajaran. pencernaan. Misal untuk mempelajari keanekaragaman makhluk hidup. calon pendidik maupun para pendidik hendaknya perlu memperhatikan setiap pemilihan media pembelajaran yang akan kita gunakan terutama pada media visual. Fungsi dari media grafis adalah menarik perhatian. dan mengilustrasikan suatu fakta atau konsep yang mudah terlupakan jika hanya dilakukan melalui penjelasan verbal. Misal untuk mempelajari sistem gerak. Media grafis tergolong media visual yang menyalurkan pesan melalui simbol-simbol visual.

menghindarkan verbalisme. guru dapat bertatap muka dengan siswa (tanpa harus membelakangi siswa).sketsa dapat menarik perhatian siswa. Teknik pembuatan media transparansi. titik. seperti: gambar.html MEDIA VISUAL BAB 1 PENDAHULUAN 1. Film bingkai / slide adalah film transparan yang umumnya berukuran 35 mm dan diberi bingkai 2X2 inci. simbol verbal atau bentuk tertentu yang menggambarkan data kuantitatif. yaitu: . Misal untuk mempelajari organisasi kehidupan dari sel samapai organisme.Mengambil dari bahan cetak dengan teknik tertentu . Perangkat media transparansi meliputi perangkat lunak (Overhead transparancy / OHT) dan perangkat keras (Overhead projector / OHP). Sedangkan kelemahannya adalah beaya produksi dan peralatan lebih mahal serta kurang praktis.1 Latar Belakang Seiring denan berkembangnya zaman ditandai deng kemajuan teknologi. Untuk menyajikan dibutuhkan proyektor slide.com/2009/04/media-visual. dituntut untuk dapat . 5) grafik: gambar sederhana yang menggunakan garis. 2. Dalam satu paket berisi beberapa film bingkai yang terpisah satu sama lain. Transparansi OHP merupakan alat bantu mengajar tatap muka sejati. http://warungpendidikan. hanya kualitas visual yang dihasilkan lebih bagus. 3) diagram / skema: gambar sederhana yang menggunakan garis dan simbol untuk menggambarkan struktur dari obyek tertentu secara garis besar. Misal untuk mempelajari pertumbuhan. 4) bagan / chart : menyajikan ide atau konsep yang sulit sehingga lebih mudah dicerna siswa. atau lambang verbal.Membuat sendiri secara manual 2.blogspot. diagram. Dalam bagan sering dijumpai bentuk grafis lain. Selain itu bagan mampu memberikan ringkasan butir-butir penting dari penyajian. dan memperjelas pesan. Media proyeksi 1. sebab tata letak ruang kelas tetap seperti biasa. kartun. Manfaat film bingkai hampir sama dengan transparansi OHP.

3 Tujuan Penulisan Dapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah.mengikuti kemajuan teknologi yang telah ada. semangat dan isi kurikulum serta pembelajarannya harus memberikan pengalaman belajar peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan berkembangan ilmu pengetahuan. Untuk memenuhi tugas dari matam kuliah media pembelajaran 2. teknologi dan seni. Oleh karena itu. Oleh karena itu. Sesuai dengan kurikulum tingkatsatuan pendidikan ( KTSP ) yang berlaku sekarang.4 Manfaat Penulisan Manfaat penulisan dari makalah ini adalah: 1. 1. Bagaimana prinsip pemilihan media visual dalam pembelajaran 3. Aplikasi dari hal tersebut adalah penggunaan media pembelajaran khsusnya media visual. supaya pembelajaran dapat bermakna. Untuk mendeskripsikn pengaruh serta keefektivitasan penggunaan media visial dalam pembelajaran 1.teknologi da seni. macam medi visual. Bagi penulis dan pembaca dapat mengetahui keefektivitasan penggunaan multimedia dalam pembelajaran di sekolah dasar 2. Karena media visual menampilkan gambar dan penyajian secara jelas dan bermakna maka peserta didik akan dapat menyerapmakna dari pambelajaran itu. maka diadakannya pembelajaran dengan menggunakan multimedia. Begitu halnya dengan jenjang – jenjang pendidikan harus dapat dilfleksibel mengikuti perkembangan kemajuan yang ada. terpenuhinya tugas dari mata kuliah media pembelajaran. menyebutkan salah satu prinsipnya yaitu tanggap terhhadap ilmu pengetahuan. 1. teknologi dan seni berkembang secara dinamis. Bagi Guru dan calon Guru . mengapa demikain? .2 Rumusan Masalah Dalam penulisan makalah ini. terdapat beberapa masalah yang akan dikaji penulis dalam pertanyaan sebagai berikut. Untuk mendeskripsikan pengaplikasian media visual dalam pembelajran 3. kelemahan dan klebihan media visual 1. dapat mengetahui pengaplikasian media visual secara edukatif. Itu artinya bahwa ilmu pengetahuan. Bagi penulis. 1. . Apa manfaat media visual. efektif dan berlandaskan PAKEM. penulisan makalah ini dapat menjadi acuan untuk inovasi pembelajaran. Apa pengertian media visual dalam pembelajaran 2.

Jika peserta didik tidak mungkin dibawa ke objek langsung yang dipelajari. Media visual memungkinkan adanya interaksi langsung antara peserta didik dengan lingkungannya. 3.konkrit dan realistiskan.dan sebagainya. Obyek yang di mkasud bias dalam bentuk nyata.saah satuny adalah media visual.2 Manfaat media visual Manfaat media visual dalam pembelajaran sebagai berikut: 1.pesan pembelajaran yang disampaikan oleh sumber pesan kepada penerima pesan.media pembelajaran dapat mengatasi hal tersebut.keinginan dan minat baru . Media visual merupakan penyampaian pesan atau informasi secara teknik dan kreatif yang mana menampilkan gambar. Pengalaman tiap peserta didik berbeda-beda tergantung dari factor-faktor yang menentukan kekayaan pengalaman anak.teks. Apabila dikaitkan antara media visual dan pembelajaran maka pembelajaran itu akan menarik. 4.dipilih media visual karena kita harus ingat bahwa peserta didik khususya nak-anak terutama siswa sekolah dasar karena mereka masih berfikir konkrit.seperti ketersediaan buku. grafik serta tata dan letaknya jelas. Media visual membangkiktan . Media visual dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh peserta didik. sehingga pembelajaran akan menyenangka dan tidak menjenuhkan.model.yang benar . 2. Media visual dapat menanamkan konsep dasar.sehingga peneria pesan dan gagasan dapat diterima sasaran. kesempatan melancong. 2. semua yang guru utarakan atau sampaikan harus mereka buktikan sendiri dengan mata mereka. media pembelajaran merupakan saluran atau jembatan dari pesan.kemudian media dapat di bagi dalam berbagai macam.maka obyeknyalah yang di bawa ke peserta didik.1 Pengertian media visual Di dalam dunia pendidikan tentu kita mengenal media pembelajaran. efektif dan efesien apabila menggunakan media visual sebagai sebagai media pembelajaran nya.gerak dan animasi yang di sesuaikan dengan usia peserta didik yang dapat menarik peserta didik dalam belajar.BAB II PEMBAHASAN 2. kemudia media visual merupakansumber belajar yang berisikan pesan atau materi pelajaran yang di buat secara menarikdalam bentuk kombinasi gambar. maupun bentuk gambargambaryang dapat disajikan secara audio visual dan audial. miniature.

sehingga materi yang mereka simak akan terus teringat-ingat di benak mereka. dapat dibaca berkali-kali denga menyimpannya atau mengelipingnya. Repeatable.contohnya sekolah dasar.serta guru harus menguasai betul bagaimana menerapkan media yang sesuai. Media visual akan mengakibatkan perubahan efektif . 2. Buatlah media visual agar efektif yaitu bentuk media visual dibuat sesederhan mungkin agar mudah di pahami. 2.karena media visual memiliki peran yaitu memudahkan dalam penyampaian materi kepada peserta didik .peserta didik akan terbantu dalam memahami materi yang komplek. Tanpa media. Dengan demikian media visual sangatlah berperan penting dalam proses belajar mengajar. sehingga tidak menyulitkan peserta didik dalam memahami materi 5. Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa. karena pendidik harus dapat merangsang dan memberikan dorongan untuk dapat menumbuh kembangkan kreativitas siswa sehingga aka terasa kebermaknaan nya suatu pembelajaran. 3. media visualh sangat banyak manfaat serta fungsi apalagi media berbasis visual. Kekurangan media visual : . Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa media adalah sumber informasi utama bagi semua orang di dunia.dan.untuk itu. Keterangan gambar harus dicantumkan secara garis besar dan penggunaan warna harus realistic 2. Tetapi peranan guru atau pendidik sebagai motivator atau fasilitatorpun menjadi factor yang sangat penting. Gunakan gambar untuk membedakan dua konsep yang berbeda 6. Kita harus ingat bahwa manusia. kita akan mengalami kesulitan untuk mengetahui apa yang terjadi di sekeliling kita.3 Prinsip-prinsip pemilihan media visual Seperti yang telah di jelaskan diatas. 4. Media visual yang dipilih harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. media merupakan alat yang menhubungkan kita dengan dunia luar.dapat membuat orang benar-benr mengerti isi berita dengan analisa yng lebih mendalam dan dapt membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan.kognitif dan psikomotorik 6. efektif . Secara garis besar prinsip pemilihan media visual di kategorikan sebagai berikut : 1.kekurangan dan kelebihan media visual dapat di kategorikan sebagai berikut: Kelebihan media visual: 1.khususnya siswa dapat menyerap suatu materi apabila materi yang diberikan dikemas dalam bentuk yang menarik dan mengesankan. Medi visual harus bersifat fleksibel. Ketepatan dalam pemilihan media visual. Salah satunya yaitu media visual.4 kelebihan dan kekurangan media visual Seperti kita ketahui. Analisa lebih tajam. Pemanfaatan media visual juga berperan bagi peserta didik. menyenangkan) Supaya pembelajaran dapat bermakna. Namun setiap media tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan.dimana menyebabkan proses pembelajaran menjadi lancer dan materi yang disamapaikan dapat dipahami oleh peserta didik 2. bukan hdi hanya media yang menjadi factor pendukungnya.hadirkanlah media khususnya media visual dalam jenjang pendidikan trtentu.5. dengan maksud supaya pembelajaran menjadi lebih bermakana dan menarik serta tetap menguat system PAKEM (pembelajaran masa aktif kreatif .

Media grafis tergolong media visual yang menyalurkan pesan melalui simbol-simbol visual. kartun. Tidak adanya udio. diagram. 4. Dengan sketsa dapat menarik perhatian siswa. dan memperjelas pesan. media ini hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili isi berita. sistem ekskresi. seperti: gambar. dan syaraf pada hewan . menghindarkan verbalisme. Transparansi OHP merupakan alat bantu mengajar tatap muka sejati. klasifikasi makhluk hidup. titik. Misal untuk mempelajari organisasi kehidupan dari sel samapai organisme. Misal untuk mempelajari keanekaragaman makhluk hidup. Kelebihan dari media realia ini adalah dapat memberikan pengalaman nyata kepada siswa. Produksi.5 Macam-macam media visual a. Lambat. 3) diagram / skema: gambar sederhana yang menggunakan garis dan simbol untuk menggambarkan struktur dari obyek tertentu secara garis besar. b. dan kurang praktis 2. simbol verbal atau bentuk tertentu yang menggambarkan data kuantitatif. Benda tersebut tidak harus dihadirkan ruang kelas. Jenis-jenis media grafis adalah: 1) gambar / foto: paling umum digunakan 2) sketsa: gambar sederhana atau draft kasar yang melukiskan bagian pokok tanpa detail. sebab tata letak ruang kelas tetap seperti biasa. 2. Selain itu bagan mampu memberikan ringkasan butir-butir penting dari penyajian. 2. media visual hanya berbentuk tulisan tentu tidak dapat didengar . 5) grafik: gambar sederhana yang menggunakan garis. Fungsi dari media grafis adalah menarik perhatian. 3. Dalam bagan sering dijumpai bentuk grafis lain. 3. Misal untuk mempelajari pertumbuhan. Media proyeksi 1. dan mengilustrasikan suatu fakta atau konsep yang mudah terlupakan jika hanya dilakukan melalui penjelasan verbal. Visual yang terbatas. ekosistem. tetapi siswa dapat melihat langsung ke obyek. atau lambang verbal. 4) bagan / chart : menyajikan ide atau konsep yang sulit sehingga lebih mudah dicerna siswa. dan organ tanaman. Media yang tidak diproyeksikan 1. guru dapat bertatap muka dengan siswa (tanpa harus membelakangi . memperjelas sajian pelajaran. pencernaan.1. pernafasan. Model adalah benda tiruan dalam wujud tiga dimensi yang merupakan representasi atau pengganti dari benda yang sesungguhnya. biaya produksi cukup mahal karena media cetak harus menyetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati oleh masyarakat. Media realia adalah benda nyata.sehingga kurang mendetail materi yang disampaikan. Penggunaan model untuk mengatasi kendala tertentu sebagai pengganti realia. Misal untuk mempelajari sistem gerak. peredaran darah.

mengola interaksi dalam proses belajar mengajar termasuk segala system yang mengikat untuk bagaimana proses belajar mengajar dapat membawa hasil maksimal sebagai mana yang di inginkan.aspek kompetensi belajar dan mengajar. Disatu sisi tampak nya merupakan salah satu bagian suatu kehidupan yang sangat menyenangkan. sehingga hal ini menjadi masalah yang serius untuk membuka jalan penyelesaian . tapi sesungguhnya merupakan kegiatan yang sulit. . Hal ini jelas dirasakan siswa / murid karena kenyataan sekarang adalah sangat langka guru yang menggunakan media pembelajaran didala melaksanakan tugasnya sebagai tenaga pengajar. 2. Karena itu tidak heran kalau masalah pendidikan tidak pernah tuntas dimanapun.sementara itu kualitas dan kuantitas pendidikan sampai saat ini masih tetap merupakan bahan perbincangan sebagai pencerminan dari kondisi pendidikan kita saat ini yang fenomenal dan problematic. 1989: 15). kedua masalh tersebut sulit di tangani secara tuntas.persoalan ini tampak kelihatan mudah. yang diperoleh dari kegiatan belajar mengajar.belajar diperpustakaan . Keduanya merupakan sasaran usaha pembaharuan atau reformasi pendidikan nasional. Perangkat media transparansi meliputi perangkat lunak (Overhead transparancy / OHT) dan perangkat keras (Overhead projector / OHP).dan lain.disamping itu terjadinya krisis dimensional yang melanda kehidupan berbangsa.siswa). sebab gurulah yang menjadi kunci yang menentukan arah. yang sedikit bermuara pada penurunan kualitas pendidikan. Sebab membutuhkan profesionalisme dan penghayatan yng seksama menyangkut aspek.setiap hari merek dapat belajar dengan bebas. maupun kehidupan seorng mahasiswa dilingkungan perguruan tinggi. tapi mungkin pula menjadi hal yang sangat mencemaskan. bahkan dinegara-negara maju sekalipun. yaitu: Mengambil dari bahan cetak dengan teknik tertentu Membuat sendiri secara manual 2. Diantara komponen pembelajaran yang sering berbenturan dengan persoalan –persoalan pendidikan adalah guru dalam kaitannya dengan tugas. hanya kualitas visual yang dihasilkan lebih bagus. mungkin karena dalam proses beljar mengajar tersebut kurang menarik. Dalam satu paket berisi beberapa film bingkai yang terpisah satu sama lain. Film bingkai / slide adalah film transparan yang umumnya berukuran 35 mm dan diberi bingkai 2X2 inci. Teknik pembuatan media transparansi. Dilain sisi siswa atau mahasiswa juga dituntut menyelesaikan seluruh tugas sekolah maupaun kuliah. mengikuti kegiatan belajar dikelas. materi yang diberikan bersifat monoton.lain yang semuanya merupakan masukan bagi perkembangan pengetahuannya.baik bagi guru dilingkungn sekolah maupun di perguruan tinggi.hal yang menjdi kendala bagi mereka apabila pelajaran yang diterimanya itu sulit untuk dipahami. Sedangkan kelemahannya adalah beaya produksi dan peralatan lebih mahal serta kurang praktis.6 Penggunaan media visual dalam proses belajar mengajar Kehidupan seorang siswa di lingkungan sekolah. 1997: 25). padahal salah satu konsep kunci operasional pembelajaran yang harus di hayati oleh seorang guru atau pendidik adalah bagaimana cara mendesain pembelajaran agar dapat berjalan seefektif dan seefesien mungkin untuk mencapai tujuan (porwanto. Untuk menyajikan dibutuhkan proyektor slide. sebab terkait dengan variable lain sebagaimana yang di sebutkan diatas. Guru dituntut bersikap profesionalisme dan kompetensi dalam pembelajaran.membosankan. Manfaat film bingkai hampir sama dengan transparansi OHP. Betapa tidak. proses dan aktivitas pembeljaran itu (slameto.

FOTO/GAMBAR.html KELEBIHAN DAN KELEMAHAN MEDIA ( AUDIO.Salah satu jalan yang di tempuh alah dengan menggunakan berbagai media pembelajran dalam proses belajar mengajar. DAN ONLINE) 1. Kelebihan Media suara atau audio (Radio) adalah: . gerak dan animasiyang disesuaikan dengan usia peserta didik yang dpat menari minat peserta didik dalam belajar. MEDIA SUARA/AUDIO (RADIO) Media suara atau audio identik dengan media radio yang memang pendengarnya hanya bisa menikmati suara saja tanpa ada visualisasi ataupun teks. VISUAL. grafis serta tata dan letaknya jelas. sehingnga pembelajaran akan menyenangkan dan tidak menjenuhkan. KESIMPULAN Media visul adalah penyimpangan pesan atau informasisecara teknik dan kreatif mana menampilkan gambar.blogspot. sehingga pesan dan gagasan dapat diterima sasaran. baik media audio maupun media visual dan lain-lain yang dapat menunjang terlaksananya proses pembelajaran yang baik. CETAK. teks. Dipilih media visual karena kita harus ingat bahwa peserta didik khususnya masa kanak – kanak terutama siswa sekolah dasar karena mereka masih berfikir konkrit. http://agung030492. efektif dan efisien apabila mengguakn media visual sebagai media pembelajarannya. semua yang guru utarakan atau sampaikan harus mereka bktikan sendiri dengan mata mereka.com/2011/06/media-audio_14. Apabila dikaitkan antara media visua dan pembelajaran mak pembeajaran itu dapat menarik. kemudian media visual merupakan sumber belajar yang berisikan pesan atau materi pelajaran dibuat secara menarik dalam bentuk kombinasi gambar.

majalah. Dalam waktu satu jam mungkin hanya tersaji 2 atau 3 berita. c) Biaya produksi ataupun biaya yang diperlukan khalayak untuk mendengarkan radio relatif murah. MAJALAH) Media yang mengandalkan tulisan atau teks biasanya identik dengan koran. jadi mudah dimengerti oleh pendengarnya.a) dalam hal penyampaian informasi atau berita lebih cepat bahkan bisa saat itu juga. f) Pendengar tidak terbatas baik dari segi umur. berbeda dengan koran yang memang khalayaknya harus bisa membaca. e) Bahasa yang digunakan bersifat bahasa tutur. MEDIA TULISAN/ TEKS (KORAN. d) Saat mendengarkan berita di radio kita harus mengikuti jadwal atau waktu dimana radio tersebut akan menyajikan siaran berita. bahkan bisa di dengar tanpa menggunakan listrik tetapi menggunakan baterai.pengumpulan berita. b) Biasanya media ini bisa dinikmati sambil melakukan aktifitas yang lainnya. maka khalayak pun juga hanya bisa menikmati radio selama terjangkau oleh daya pancar radio tersebut. Jadi khalayak yang tidak berpendidikan pun bisa menikmati media ini. tetapi bisa menemani aktifitas pendengarnya di mana pun. c) Karena radio penyebarannya melalui alat pemancar. pengolahan berita (editing) . jadi pendengar tidak bisa mengerti secara detail tentang berita yang disampaikan. b) Jumlah berita yang disampaikan oleh radio terbatas. Hal inilah mengapa sampai sekarang radio masih digemari oleh khalayak apalagi yang ada di pedesaan. d) Pendengar yang buta huruf pun bisa memahami apa yang disampaikan oleh siaran radio. 2. tabloid dan lain sebagainya yang berasal dari proses pencarian berita. Meskipun sekarang sudah banyak radio yang tersegmentasi. Adapun untuk kekurangan Media suara atau audio ( Radio ) adalah: a) informasi yang disampaikan hanya sekilas dan tidak bisa diulang. Sehingga khalayak yang jauh tidak bisa menikmati siaran radio. Pendengar hanya bisa membayangkan saja. . Apalagi kalau cuaca yang kurang baik biasanya radio agak melemah daya pancarnya. itu pun berita yang paling penting dan sensasional. Jadi pendengar tidak harus memantau di depan radio. pendidikan. wilayah dan sebagainya. tidak sebanyak media cetak( koran). karena memang bahasanya sederhana dan tidak didukung oleh visualisasi. percetakan dan sampai pada proses distribusi kepada khalayak.

media cetak bisa di dapat oleh khalayak dengan harga yang cukup murah. Di saat pembaca ingin lebih memahami isi berita.ulang. Bahkan berita yang terjadi hari ini baru bisa diterima oleh khalayak pada hari esoknya. d) Jika dilihat dari harganya. Misalnya koran Jawa Pos.ekonomi. dengan harga Rp. MEDIA GAMBAR / FOTO . maka pembaca bisa mengulang – ulang membacanya. Dan ada kalanya bila berita tersebut bersifat continue maka ada sedikit pengulangan mengenai berita sebelumnya. Karena memang harus melewati proses yang panjang sampai di tangan khalayak. Biaya percetakan dan pendistribusian itulah yang tergolong mahal. Untuk kekurangan dari media cetak adalah: a) Media cetak lebih lambat penyampaian beritanya daripada media. karena media cetak harus dicetak dan didistribusikan sebelum dapat dinikmati masyarakat. Karena dengan biaya yang cukup murah kita bisa mendapatkan informasi yang lebih banyak. Terkadang disertai gambar atau foto yang lebih memperjelas isi berita yang ditampilkan.hal yang bersifat kompleks ataupun investigatif. c) Untuk biaya produksi media cetak tergolong mahal.olahraga atau yang lainnya. Jadi tidak ada keharusan untuk menyimak informasi satu per satu atau tidak harus berurutan. 3.berita yang dianggap menarik.Kelebihan media cetak (koran atau majalah) adalah: a) Karena media ini cetak ini hasilnya adalah berupa tulisan atau teks maka media ini bisa disimpan dan bisa di baca berulang. b) Selain itu juga bisa dikumpulkan dan dibuat kliping.media yang lain.benar mengerti dan faham tentang isi dan alur berita tersebut. sehingga pembaca benar. e) Bahkan kita bisa memilih berita mana yang ingin kita baca terlebih dahulu.misal tentang politik. Terutama mengenai sebuah berita yang fenomenal ataupun berita. c) Biasanya informasi di dalamnya lebih jelas dan mampu menjelaskan hal.000 kita bisa mendapatkan informasi atau berita sebanyak 30an halaman berbeda dengan media lain yang terbatas. sehingga pembaca harus memahami sendiri berita tersebut karena memang visualisasi yang terbatas. Ini yang lebih membedakan antara media cetak dengan media elektronik( baik radio maupun televisi). b) Selain itu media cetak hanya terbatas pada tulisan atau teks saja meskipun beberapa di dukung oleh foto atau gambar. 4.

Gambar biasanya lebih menarik daripada tulisan dan mudah di ingat oleh khalayak yang melihatnya. MEDIA AUDIO VISUAL/ VIDEO (TELEVISI) Media audio visual atau video (Televisi) merupakan media yang sekarang sedang digemari oleh khalayak. gambar atau foto biasanya dimaknai oleh khalayak dengan berbedabeda. Adapun kelebihan dari media audio visual (televisi) ini adalah: a) tidak hanya disajikan dalam bentuk suara . tanggal) atau segi kuantitas.jam.Sedangkan kelebihan dari gambar atau foto adalah mendukung atau lebih memperjelas dari teks atau tulisan. dimana maksud dari pemotret atau pengambil gambar berbeda dengan yang melihat foto atau gambar tersebut.anak maupun dewasa semua menggemari. ini juga yang menjadikan media televisi lebih menarik dari media lainnya. Sehingga menimbulkan pemahaman yang berbeda pula antara khalayak yang satu dengan yang lainnya. Misalkan foto atau gambar tentang bencana alam. Dengan adanya gambar atau foto. Jadi gambar tidak bisa terbaca dengan detail jika tidak di dukung dengan teks atau tulisan. tapi televisi juga didukung oleh video yang menarik perhatian penonton. b) Televisi bisa menyajikan laporan langsung dari tempat kejadian dan penonton langsung bisa mengetahui situasi dan keadaan di tempat kejadian perkara (TKP).Kekurangan dari media gambar atau foto ini adalah:Media Ini tidak akan jelas jika tidak diberi penjelasan yang detail. Karena tidak tertulis di situ. Dan khalayak bisa lebih paham dan mengerti maksud berita yang dimaksud. Bahkan sebuah berita terasa kurang jika tidak dilengkapi gambar atau foto. Jadi di saat pembaca berita (newscaster) membacakan sebuah berita . 4. c) Bahasa yang digunakan pada media televisi juga bahasa tutur seperti halnya media audio atau radio. Untuk kekurangan dari media televisi adalah: . Selain itu. Kadang juga bersifat ambigu. dan gambar biasanya hanya menampilkan suasana perwakilan dari seluruh kejadian yang terjadi. paling tidak pembaca media cetak bisa mengetahui keadaan atau kejadian tersebut meskipun tidak secara menyeluruh. penonton bisa lebih jelas karena di dukung dengan adanya video yang ditayangkan.baik dari segi waktu(hari. khalayak bisa melihatnya atau memantaunya ber jam.media gambar atau foto tergolong media yang sering digunakan untuk lebih memeperjelas atau mengabadikan sebuah peristiwa dan kejadian. Acara dalam televisisi pun biasanya dikemas semenarik mungkin sehingga khalayak dari semua kalangan baik anak. Dengan tayangan yang begitu jelas. maka dari gambar tersebut khalayak tidak tahu peristiwa tersebut terjadi hari apa tanggal berapa ataupun jumlah korban berapa.

Kebanyakan isi belum bisa di pertanggiung jawabkan.com/index/Berita-Nasional/Kelebihan-dan-Kelemahan-Media. http://www. Gabungan dari audio. atau hotspot. Karena biasanya hanya orang perkotaan yang bisa meng akses internet. 2. gambar dan tulisan.pramesnet.atau dari kalangan tertentu. Karena kebanyakan media online tidak ada peng edit atau filter. b) Proses penyampaian berita ke masyarakat ada kalanya membutuhkan waktu lama karena harus melewati proses pengambilan gambar. visual. jadi hanya orang yang mampu untuk browsing yang bisa menikmati media online. media. Untuk mendapatkan berita harus selalu terhubung dengan internet.benar mengetahui tentang televisi. MEDIA ONLINE Kelemahan Online 1. Belum lagi untuk biaya operasional media ini cukup mahal. Kelebihan Online 1.a) Produksi media televisi masih tergolong mahal. Jadi penulis/ atau yang memosting berita biasanya dari berbagai macam kalangan. Berita langsung dapat di terbitkan. Biaya relative mahal. Belum meratanya jaringan internet. karena harus memiliki PC atau laptop dan paling tidak wifi. digital. editing dan baru bisa disiarkan ke khalayak. Apalagi di pedesaan yang jauh dari jaringan internet.html . sumber Tags: jurnalisme. 5. 2. Setelah diposting secara otomatis bisa langsung terbit tanpa harus di cetak. Banyak pilihan 3.atau speedy 3. informasi. berita. online. portal. baik dari peralatan dan skill dari SDM nya pun juga harus yang benar. 4.

Tanpa media. biaya produksi.Kekurangan dan Kelebihan Media Seperti kita ketahui. media elektronik mempunyai audio visual yang memudahkan para audiensnya untuk memahami berita. Tidak adanya audio. dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan. Kelebihan serta kekurangan ketiga media tersebut adalah: Media Cetak Kelebihan :   Repeatable. media adalah suatu ‘alat’ yang menghubungkan kita dengan dunia luar. yaitu media cetak yang terdiri dari koran. media cetak hanya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili keseluruhan isi berita. majalah.(khusus televisi) . Media dapat digolongkan menjadi tiga menurut jenisnya. dari segi waktu media cetak adalah yang terlambat karena media cetak tidak dapat menyebarkan langsung berita yang terjadi kepada masyarakat dan harus menunggu turun cetak. dll. Kekurangan :     Lambat. dapat di baca berkali-kali dengan menyimpannya atau menglipingnya. dari segi waktu. Analisa lebih tajam. Tiga jenis media tadi juga mempunyai kekurangan dan kelebihannya berdasarkan kecepatan. dan yang masih tidak jelas statusnya yaitu media online dengan perangkat internet. media elektronik terdiri dari televisi dan radio. ketajaman berita. biaya produksi yang cukup mahal karena media cetak harus mencetak dan mengirimkannya sebelum dapat dinikmati masyarakat. media cetak hanya berupa tulisan yang tentu saja tidak dapat didengar. cetak dan elektronik. Media Elektronik Kelebihan :   Cepat. Ada audio visual. Media online juga sering disebut ‘media banci’ karena fungsinya sama – sama dapat digolongkan ke dalam dua media sebelumnya. kita akan sulit mengetahui apa yang terjadi di sekeliling kita. Media cetak sering kali hanya memuat berita yang telah disebarluaskan oleh media lainnya. Produksi. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa media adalah sumber informasi utama bagi semua orang di dunia. dll. Visual yang terbatas. media elektronik tergolong cepat dalam menyebarkan berita ke masyarakat luas.

Kekurangan :  Tidak ada pengulangan. dan hal itu dimiliki oleh media online. media elektronik menjangkau masyarakat secara luas. Melihat hal ini. Audio Visual. media online juga mempunyai audio visual dengan melakukan streaming. karena mengutamakan kecepatan berita yang dimuat di media online biasanya tidak seakurat media lainnya. otomatis media online akan lebih sering digunakan audiens dibanding kedua jenis media lainnya. media elektronik tidak dapat mengulang apa yang sudah ditayangkan. prospek media online akan sangat unggul dan dapat mengalahkan kedua jenis media lainnya. Kecepatan tersebut dapat mengalahkan kedua media lainnya karena audiens sekarang lebih mengutamakan kecepatan dan kemudahan dalam mengakses informasi. dari segi waktu media online sangat cepat dalam menyampaikan beritanya. Praktis dan Fleksibel. Terjangkau luas. Kekurangan :  Tidak selalu tepat. media online mempunyai keunggulan dalam segi kecepatan. media online dapat diakses dari mana saja dan kapan saja yang kita mau. Melihat kekurangan dan kelebihan yang dimiliki ketiga media di atas.( aga / aga ) http://periodismoenlinea.com/2008/01/29/kekurangan-dan-kelebihan-media/ . Apalagi jika seluruh dunia dapat mengakses internet dengan mudah.wordpress. Media Online Kelebihan :    Sangat cepat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful